Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Cara Promosi Makanan Lewat WhatsApp

Bagaimana cara promosi makanan di WhatsApp? Ada banyak contoh wirausaha yang sukses menjual produk lewat WA. Aplikasi milik facebook ini, adalah platform chatting yang paling populer saat ini. Untuk itu kamu bisa memanfaatkannya sebagai media pengganti poster dan brosur, yang membutuhkan biaya cetak mahal.

Seperti yang kita ketahui, memulai bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak pertimbangan yang harus ditentukan supaya nantinya berbisnis tidak hanya sekedar ikut-ikutan ataupun coba-coba.

Trend berbelanja online lewat sosmed, yang didukung dengan infrastruktur yang memadai seperti jaringan internet dan penggunaan smartphone oleh masyarakat Indonesia, turut mendukung berkembangnya bisnis online.

Ada begitu banyak orang yang tergiur oleh contoh kata kata dan caption promosi produk, sehingga industri ini menghasilkan omset begitu menggiurkan setiap bulannya. Mereka hanya mengandalkan media sosial, aplikasi chatting dan juga e-commerce untuk menyebarkan produk mereka.

Bagaimana prospek bisnis promosi makanan lewat WA? Sepertinya tren belanja online menggunakan kartu kredit, ewallet dan cashless tetap menjadi primadona.

Memulai bisnis makanan online di tahun ini tentunya harus mempersiapkan modal baik berupa materi dan juga sumber daya yang cukup, seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini


Cara Promosi Makanan di Whatsapp

cara promosi makanan di whatsapp

Berikut adalah beberapa tips banjir orderan yang bisa sobat kosngosan lakukan ketika memutuskan akan memulai bisnis jualan makanan online di tahun ini dan menggunakan promosi lewat aplikasi chatting seperti whatsapp, telegram dan line untuk memaksimalkan penjualan. Check these out!


Mendaftar WhatsApp Business

Ketika kamu sudah fokus menjual produk makanan lewat aplikasi chatting, maka kamu harus mendaftarkan nomor mu ke whatsapp bisnis.

Karena akun wa bisnis lebih banyak fitur yang bisa membantu pebisnis online seperti mu dalam melakukan promosi. Nantinya kamu akan bisa membuat deskripsi singkat mengenai bisnis, jam operasional, email atau alamat toko, dan situs.

WA Bisnis juga punya fitur chat otomatis yang bisa memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang sering diajukan, chat otomatis yang mengenalkan konsumen ke bisnis

Kemudian chat ketika sedang tidak bisa mengakses aplikasi, chat salam untuk memperkenalkan pelanggan ke bisnis, dan juga adanya laporan statistik yang bisa melihat laporan apa saja yang sudah dilakukan


Membuat Chat Otomatis untuk Pelanggan

Apa yang dimaksud dengan chat otomatis? Ini merupakan sebuah fitur chat yang berasal dari script otomatis, dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang bisa digunakan untuk membalas setiap pesan yang masuk dari pelanggan ketika mengirimkan chat ke nomor wa bisnis kita.

Ada berbagai cara untuk membuat chat bot ini, kamu bisa googling untuk teknisnya. Ada pun kegunaannya adalah untuk memberikan respon yang cepat kepada konsumen, saat kamu tidak sedang aktif membuka wa. Ini sangat penting, karena konsumen akan merasa terlayani nantinya.


Membuat Grup WhatsApp Khusus Pecinta Kuliner

Membuat grup di whatsapp memang sudah biasa. Tapi kamu bisa membuat grup pecinta kuliner dan mengundang para pelayan setia mu untuk ikut masuk.

Disana, kamu sebagai admin bisa memberikan berbagai menu unik setiap harinya. Selain itu, disinilah tekniknya. Kamu bisa memanfaatkan marketing natural

Dimana ketika memberikan menu, kamu bisa menawarkan mereka untuk membeli kuliner yang kamu buat. Jadinya selain grup berbagi, ini juga akan memperluas pangsa pasar mu di whatsapp


Mempromosikan Nomor WA Ke Sosial Media

Untuk menambah jangkauan audiens whatsapp mu, kamu perlu untuk mempromosikan nomor wa mu tersebut ke sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Tapi sebelumnya kamu bisa membuat fanpage dan akun FB serta IG khusus kuliner. Terus kamu bisa mempromosikan nomormu di feed para pengikut dan teman teman mu sambil menawarkan kuliner yang kamu jual.


Jangan Ragu untuk Beriklan

Ketika kamu ingin memperluas audiens baru, kamu harus beriklan di paltfrom yang tepat. Setelah kamu membuat akun wa bisnis, selanjutnya promosikan nomor mu tersebut di instagram dan facebook ads.

Kalian memang harus mengeluarkan sejumlah uang, tergantung dari seberapa luas audiens yang ingin kalian gapai. Untuk lebih teknis nya, kalian bisa googlign bagaimana cara beriklan di facebook dan instagram (karena ini sepaket ya)


Mendapatkan Centang Akun Bisnis

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun bisnis melalui nomor telepon yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Pihak WhatsApp Bisnis akan memberikan centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi. Nah jika akun sobat kosngosan terverifikasi akun bisnis resmi

Pelanggan kalian akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis kalian akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan nomornya. Keren bukan?


Pakai Foto Profil Brand Bisnis

Photo profil untuk whatsapp bisnis sangat lah penting untuk mencerminkan calon pembeli melihat seberapa profesional kamu dalam berjualan makanan.

Untuk itu, kamu sudah harus punya brand dan logo bisnis sendiri, untuk dimasukkan kedalam foto profil mu tersebut.


Update Status tanpa Spam dan Tetap Konsisten

Salah satu kelebihan whatsapp dibanding medsos adalah, adanya faktor kedekatan antara kamu dengan si calon pembeli.

Makanya setelah kamu dan konsumen saling menyimpan kontak di hp, mereka akan bisa melihat kamu mengupdate status. Oleh karena itu, update lah status secara konsisten, misalnya setiap malam jam 7.

Penting diketahui, jangan buat status banyak banyak. Maksimal 5 video, teks atau foto saja. Tampilkan informasi mengenai produk jualan mu, seperti info open order, diskon, cashback dan promosi lain yang membuat orang tertarik untuk membeli


Pakai Teknik Copywriting WhatsApp

Kamu perlu tahu cara menyusun kata-kata yang baik dengan menerapkan teknik copywriting yang pas untuk menjual produk kuliner mu tersebut.

Kamu bisa mencari informasi yang relevan, melibatkan followers, dan berikanlah mereka sedikit informasi yang cukup menarik.

Demi mendapatkan kata-kata yang pas, dan mampu masuk ke dalam hati pelanggan dengan lebih dalam, maka kamu perlu belajar copywriting untuk deskripsi dan pesan di wa mu


Fokus Penjualan Makanan Online

Ada banyak orang mudah merasa bosan bahkan sering berpindah tempat dalam menjalankan bisnisnya. Apapun pekerjaan itu kamu harus melakukannya dengan senang dan tanpa beban.

Pilihlah jenis bisnis yang sobat kósngosan sukai seperti mimin yang suka menulis dan menjadi blogger, atau jika kamu suka membuat video, kamu bisa menjadi seorang Youtuber. Jika kamu suka berjualan bisa juga mencoba salah satu produk untuk diperjualbelikan secara online


Fokus pada Satu Jenis Kuliner

Ada banyak sekali jenis bisnis makanan online yang bisa kamu lakukan di internet, tetapi kamu tidak bisa mengerjakannya sekaligus, karena ini akan mengaburkan niche usaha mu

Kamu perlu mempelajari bagaimana cara kerja dari bisnis tersebut. Jika sudah berjalan dengan baik dan menghasilkan barulah mencoba bisnis lainnya.

Salah satunya kamu bisa mengambil bisnis dropship atau reseller dari brand makanan tertentu yang sudah terkenal. Tapi untuk tahap awal, fokus saja pada satu jenis kuliner, misalnya jenis minuman saja, keripik saja, atau mie saja.


Membuat Business Plan

Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki business plan, atau rencana bisnis. Business Plan sendiri adalah dokumen yang berisi perencanaan, ide pokok dalam memulai bisnis serta berbagai aspek yang mendasari kamu dalam memulai suatu usaha.

Rencana ini mencakup rincian tentang strategi, konsep, tujuan, sasaran, dan target yang akan dicapai dalam bisnis ketika sudah mulai digerakkan.

Kamu bisa baca cara membuat business plan yang baik untuk mendapatkan perencanaan yang lebih matang kedepannya.


Mengikuti Seminar Bisnis

seminar online

Disinilah kesalahan para pemula yang inggin terjun ke dalam bisnis online. Kamu harus mengikuti kursus atau pelatihan bisnis yang tepat, jangan sampai kamu memilih yang abal-abal.

Walaupun harganya tidaklah murah, jika ingin ikut pikir pikirlah terlebih, apakah kamu benar benar serius ingin terjun ke bidang tersebut. Untuk pemula, ada cukup banyak yang bisa kamu tonton di youtube.


Manfaatkan Lintas Platform

media sosial

Teknologi informasi di zaman sekarang ini, memang sudah menjadi hal yang wajib untuk diterapkan pada bisnis kamu. Terlebih bisnis online, yang memang membutuhkan media online sebagai pemarannya.

Sebaiknya sobat kosngosan harus memanfaatkan beberapa perangkat lunak Hal ini untuk membantu mu mengembangkan bisnis online tanpa kesulitan lagi. Seperti misalnya sobat kośngosan bisa membuka aplikasi whatsapp di android, iphone dan komputer.


Memprioritaskan Kepuasan Pelanggan

Disini adalah titik dimana keberhasilan bisa kamu dapatkan. Jangan hanya mengejar keuntunggan kamu kehilangan pelanggan bahkan bisnis yang kamu jalankan dinilai buruk oleh orang lain.

Saat konsumen merasa puas maka secara tidak langsung mereka akan mempromosikan ke teman, keluarga ataupun ke teman-teman mereka secara naluriah.


Belajar Panduan Marketing dan Promosi Online

Cara ini adalah yang cukup efektif karena kamu bisa tau berbagai macam tips dan panduan yang akan membuatmu berhasil dalam memulai bisnis. Setiap orang memiliki pengalaman masing masing.

Jadi jika sobat kosngosan banyak membaca buku mengenai kesuksesan pengusaha besar, maka kamu akan semakin kaya akan pengetahuan.

Kamu bisa menilai mana Tips dan Cara yang memang terbukti berhasil. Berlanggananlah dengan beberapa situs aktif di bisnis yang kamu tekuni


Tidak berhenti Belajar dari Pengalaman

Pengalaman yang paling berharga adalah saat kamu mengalami masalah atau kendala dalam sebuah bisnis. Jadikan kesalahan bisnis yang kamu pernah lakukan sebagai pelajaran

Dan jangan menyerah karena dengan mencoba dan memperbaikinya dari awal, sobat kosngósan akan menemukan apa yang harus dilakukan. Perbaiki terus dan tetap fokus supaya apa yang kamu jalankan mengalami perkembangan yang signifikan.


Aktif di Forum Online

Ada banyak forum yang bisa kamu ikuti dan mendapatkan ilmu secara gratis. Disana akan ada banyak problematika yang disampaikan dan diselesaikan secara bersama sama. Sebut saja beberapa forum yang mimin tau seperti Kaskus, Kompasiana, Detik Forum, Indowebster, Adsense Indonesia dan masih banyak lagi.


Membangun Jaringan Media Sosial

Facebook dan Instagram adalah sosial media yang cukup efektif untuk promosi bisnis yang sobat kosngośan jalankan. Kamu bisa membuat Fanspage atau Group dan kembangkan, hingga memiliki anggota yang banyak, kemudian buat beberapa cerita menarik supaya banyak di ikuti.

Lakukan promosi seperlunya saja supaya tidak di tinggalkan anggota. Supaya lebih dikenal alangkah baiknya menggunakan nama yang mudah di ingat.


Tidak Melakukan Kecurangan Bisnis

Banyak para pembisnis online melakukan kesalahan hanya untuk meraup banyak uang. Kesalahan yang fatal adalah melakukan kecurangan.

Mungkin orang banyak yang tidak mengetahuinya tetapi kamu wajib memahami siapa yang memberi rezeki tersebut. Jika kamu melakukan kecurangan maka dapat dipastikan bisnis ini tidak akan bertahan lama bahkan sulit dibangun.


Diversifikasi dan Pengembangan Produk

Semakin terkenal bisnis makanan kamu, semakin banyak kompetitor yang mencoba untuk mencontoh bisnis yang kamu tekuni. Hal ini wajar, karena jenis pasar nya sendiri adalah pasar bebas.

Lalu apa yang bisa sobat kosngosan lakukan sebagai pebisnis awal? lakukan peng-aneka-ragaman dan pengembangan produk atau jasa, sehingga menjadikan konsumen merasa berbeda, atau merasa khas terhadap barang yang kamu jual.


Investasi dan Ekspansi

Profit atau keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis online, harus disisihkan kedalam bentuk tabungan atau instrumen investasi.

Hal ini tentu saja agar aset yang kamu miliki terus berkembang, bukan semakin berkurang nilainya. Bijaklah memilih media investasi untuk mengembangkan aset mu di masa depan. Karena kamu tidak tahu bagaimana kondisi usaha kuliner mu 2 atau 5 tahun ke depan, bukan?


Beribadah dan Berbagi

Ini adalah tips terakhir melancarkan rezeki dan menambah omset bisnis online-mu. Apa yang harus kamu lakukan?

Selalu bersyukurlah atas nikmat yang sudah Tuhan berikan dengan cara menjalankan Ibadah, jangan lupa juga berikan sedekah atau bantuan kepada pihak yang membutuhkan.

Rezeki sobat kosngosan akan selalu mengalir dengan deras bahkan itu lebih dari perkiraan mu sendiri. Jangan pernah Tinggalkan Ibadah tersebut apapun yang terjadi.

Baca juga : Ide Bisnis Criptos (Crispy Potatoes)


Penutup

Memulai bisnis lewat wa memang menjadi pilihan yang cocok buat kamu sebagai pemula. Demikianlah yang dapat mimin kosngosan sampaikan untuk kalian para pebisnis pebisnis pemula yang ingin sukses di dalam memulai bisnis online nya.

Semoga apa yang disampaikan diatas bisa kalian terapkan dan aplikasikan pada kehidupan sehari-hari, dan mendapatkan ide segera untuk memulai jualan apa saja yang prospektif.

Jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah ini untuk membagikan tulisan ini dan memberikan semangat positif untuk teman-teman media sosial mu.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya