Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan Online di Facebook Agar Banjir Orderan

Bagaimana cara jualan online di facebook bagi pemula? Selain itu, kita juga akan bahas cara agar marketplace facebook dilihat banyak orang. FB adalah jejaring sosial yang memiliki pengguna yang banyak bahkan hingga saat ini sampai milyaran, dan jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun. 

Bukan hanya sebagai media informasi dan sosial, kini Facebook juga menjadi wadah untuk berjualan, menghasilkan uang dan mempromosikan produk secara online.

Banyak sekali pelaku usaha yang kebanjiran orderan hanya dengan bermodalkan aplikasi Facebook gratisan ini. Namun bukan dengan asal saja, semua itu mereka dapatkan karena berhasil menerapkan strategi penjualan yang tepat bagi produk mereka.

Sebagai pemula, pasti sobat kosngosan bertanya bagaimanakah cara berjualan di marketplace FaceBook supaya bisa menggaet banyak pembeli?

Merilis beberapa TOS yang di-launching oleh Facebook, ada beberapa Term of Service (Syarat dan Ketentuan) penting untuk semua pemakai marketplace Facebook patuhi.

Beberapa ketentuan berjualan di marketplace Facebook yakni:

  • Penjual dilarang menjual barang tiruan atau mengganti info penting jadi gurauan
  • Tidak dikenankan semua wujud jual-beli jasa, hewan piaraan, mata uang, document penting, minuman keras, cairan atau anggota badan manusia, dan barang dewasa
  • Penjual di marketplace Facebook dilarang jual semua jenis alat perawatan kesehatan dan cedera seperti P3K, termometer, stetoskop, dan lainnya
  • Penjual harus memastikan gambar produk yang dipasarkan sesuai tambahan deskripsi produk
  • Deskripsi barang atau utas dilarang memiliki kandungan elemen diskriminasi yang menyentuh agama, ras, warna kulit, kewarganegaraan, dan lainnya yang sensitif


Cara Jualan di Facebook bagi Pemula

cara jualan di facebook

Lalu, bagaimana sih tipsnya agar mampu mendapatkan orderan yang melimpah di FB layaknya pengusaha – pengusaha sukses diluar sana? 

Sebenarnya tidak hanya fb saja, kamu bisa baca tips banjir orderan di whatsapp seperti yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahasnya bersama – sama. Berikut beberapa tips agar banjir orderan di marketplace Facebook :


Berikan Foto dan Deskripsi Yang Jelas

Ketika mendirikan usaha pada platform online, hal pertama yang perlu menjadi sorotan adalah keberadaan foto yang kamu gunakan.

Foto yang dimaksud adalah gambar produk yang akan kamu jual pada pembeli. Jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil foto produk, maka pelanggan juga akan tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga perlu menambahkan deskripsi yang jelas terhadap produk kamu. Berikan keunggulan dan kelebihan yang akan mereka dapatkan jika membelinya.


Bangun Profil Toko Yang Professional

Profesionalisme dalam usaha menjadi tolak ukur yang sangat penting bagi pembeli untuk memutuskan apakah produk yang ditawarkan layak mereka beli atau tidak.

Profil dan deskripsi yang jelas pada toko akan menggambarkan bahwa bisnis tersebut benar – benar professional.

Buatlah website toko online pada profil bisnis sobat kosngosan untuk memudahkan calon pembeli dalam menjangkau katalog produk yang sudah kamu sediakan. Berikan juga opsi dan kemudahan dalam pembayaran supaya mereka tidak bingung nantinya.


Manfaatkan Fitur Markeplace Pada Facebook Dengan Maksimal

Salah satu fitur yang ditawarkan Facebook adalah adanya marketplace khusus bagi orang – orang yang menjalankan usaha mereka secara online.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan dengan maksimal untuk menggaet banyak pelanggan. Memang tidak semua pengguna Facebook mendapatkan fitur ini.

Beberapa kriteria yang menjadi syarat tersedianya fitur adalah, keaktifan dan usia akun, serta postingan yang mengandung jualan di dalamnya. Jika kamu termasuk salah satu pengguna yang beruntung mendapatkan fitur ini, manfaatkanlah dengan tepat ya.

Hindari memposting kalimat atau gambar yang melanggar pedoman komunitas sebab hal ini bisa membuat rating marketplacemu menurut di algoritma Facebook.


Bergabung Dengan Grup Jual Beli di Facebook

Cobalah bergabung dengan beberapa grup atau komunitas yang ada di Facebook untuk memperluas jaringan komunikasi dan pertemanan.

Tapi pastikan kamu bergabung dengan grup yang memang sesuai dengan target market bisnismu ya. Contohnya seperti, jika kamu menjual produk baju atau thrift, maka carilah grup senada yang sefrekuensi dengan bisnismu.

Pastikan juga tidak menyebar informasi di grup yang salah karena kamu bisa dianggap pengganggu oleh anggota grup yang lain.


Hindari Spam Posting Produk

Kebanyakan para pelaku usaha selalu memposting jualan mereka secara terus menerus dalam waktu yang singkat setiap harinya.

Padahal hal ini dinilai tidak efektif dan justru kamu bisa saja dibanned karena dianggap spam oleh sistem facebook.

Para teman dan pelanggan sobat koꜱngosan juga bisa terganggu melihat aktivitasmu di beranda. Jadi, hindari hal ini ya. 

Kamu bisa menentukan jadwal posting yang berkala dalam jangka waktu tertentu agar beranda tidak penuh dengan foto produkmu terus.


Berikan Respon dan Pelayanan Yang Terbaik

Agar kamu tidak terkesan menjadi penjual yang acuh terhadap calon pembeli karena sibuk memikirkan jualan melulu, maka cobalah lebih ramah dan simpatik terhadap pelanggan.

Berikan respon yang baik meski hanya sekedar menjawab pertanyaan, atau saat berinteraksi dengan postingan mereka di Facebook.

Sesekali, sukailah postingan mereka, atau beri komentar yang baik agar mereka juga merasakan kehadiranmu yang hangat dan menyenangkan.


Bangun Personal Branding di Facebook

Personal branding sangat penting dilakukan, tujuannya agar pembeli yakin terhadap produk dan memilih untuk membelinya di tempatmu, bukan yang lain.

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membangun personal branding adalah, dengan menentukan personal brandingnya dulu.

Poin ini bisa kamu sesuaikan dengan jenis produk yang kamu jual. Setelah itu, kuasai ilmu personal branding, kamu bisa mencari berbagai referensi dari internet, buku atau mengikuti training. Barulah mulai sharing dan berinteraksi dengan pelanggan untuk membentuk kepercayaan mereka.


Perbanyak Target Pertemanan

Semakin banyak jumlah prospek yang kamu tawari, maka peluang terjadinya penjualan juga akan semakin tinggi.

Jadi, mulailah untuk memperbanyak pertemanan di Facebook, pelajari kemauan dan kebutuhan mereka. Pilihlah pengguna yang aktif saja, karena percuma memiliki pertemanan yang banyak jika akun mereka tidak aktif. Kamu bisa menargetkan pertemanan dalam kurun waktu tertentu, misalnya 1000 target dalam satu bulan.


Gunakan Trik Covert Selling

Pernah dengar istilah covert selling? Itu adalah sebuah trik dimana kamu ingin memposting status jualan namun tidak kelihatan seperti berjualan.

Menarik bukan? Teknik ini cukup ampuh dilakukan karena dinilai dapat memikat daya tarik audiens tanpa membuatnya bosan.

Jika sobat kosngosan pernah menjumpai story telling yang berujung endorse, nah kurang lebih ciri – cirinya seperti itu. Kita biasa menyebutnya dengan bahasa gaul “S3 Marketing”.


Buat Status Yang Bervariasi, Jangan Monoton

Membuat status atau postingan memang gampang – gampang susah. Kadang kita akan merasa stuck karena kehabisan ide dan tidak tau lagi mau membuat status seperti apa.

Solusinya, kamu bisa membuat beberapa status yang bervariasi. Jangan melulu soal jualan karena orang pasti akan bosan melihatnya.

Contoh status yang bisa kamu buat seperti : quotes motivasi, status lucu, tips dan trik, giveaway, atau daily activity. Selain membuat akunmu terlihat lebih hidup, pelanggan juga akan percaya bahwa akunmu dioperasikan oleh manusia, bukan dengan bot atau mesin.


Perbanyak Interaksi Dengan Teman dan Pengguna Facebook Lainnya

Selain memperbanyak teman dan komunitas, lingkaran interaksi yang besar juga sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

Kamu bisa memulainya mulai dari hal sederhana seperti memberikan love atau komentar pada postingan mereka, sebut namanya, tandai mereka atau berikan like jika ada yang mengomentari postinganmu.

Jangan ragu juga untuk menjawab chat atau komentar mereka agar pelanggan lebih cepat mengenalmu dan kamu bisa melakukan promosi dengan mudah.


Upload Konten Dengan Teratur

Meski tidak dianjurkan untuk spam post produk, bukan berarti kamu harus jarang upload konten ya. Tetaplah memposting sesuai dengan jadwal yang telah kamu tentukan sendiri.

Gunakan metode soft selling, yakni jangan langsung terang – terangan memposting apa yang kamu jual. Kemudian setelah mengupload beberapa konten, barulah beritahu jenis produk apa yang kamu tawarkan.


Minta Testimoni

Testimoni dalam online marketing cukup penting keberadaannya. Karena kebanyakan calon pembeli akan melihat testimoni terlebih dahulu.

Jika bagus barulah mereka akan order. Jadi mintalah testimoni dari pelanggan yang telah membeli produkmu sebelumnya.

Lalu posting testimoni tersebut agar bisa dilihat banyak audiens. Selain menambah keyakinan, adanya testimoni jujur juga penting sebagai masukan bagi produkmu kedepannya.


Berikan Harga Yang Kompetitif

Jika sobat kosngoꜱan mendapati banyak pelaku usaha lain yang menjatuhkan harga demi diborong banyak pelanggan, pastikan menahan egomu untuk tidak ikut – ikutan menurunkan harga juga.

Cara ini sebenarnya tidak benar sebab bisa berdampak buruk terhadap penjualan. Lebih baik kamu tetap konsisten dengan harga yang sudah kamu siapkan sedari awal.


Upgrade Strategi Jualan

Sebelum menyusun strategi baru, pastikan kamu sudah mengecek dan mengevaluasi kembali strategi marketing yang kamu gunakan sebelumnya.

Silahkan memilih strategi mana yang kurang efektif dan harus dihilangkan, dan mana poin yang bagus dan masih bisa dijalankan.

Kemudian lakukan riset kecil – kecilan dan amati bagaimana brand lain mempromosikan produk mereka. Nah, dari sini kamu bisa memodifikasi strategi mereka menjadi versi sendiri dan dipratikkan pada usahamu nantinya.


Cara agar marketplace facebook dilihat banyak orang

Selain itu, salah satu fitur unggulan untuk jualan di facebook adalah marketplace. Tapi tidak banyak orang tahu bagaimana potensi memanfaatkan marketplace facebook supaya dilihat banyak orang, dikomen dan akhirnya terjadi pembelian.

Berikut beberapa tipsnya buat sobat kosngosan :


Optimalisasi Profil 

Pastikan profil kamu terlihat menarik dan profesional. Unggah foto profil facebook yang jelas dan menarik, dan sediakan informasi yang relevan di deskripsi profilmu


Pakai Foto dan Deskripsi Produk yang Jelas

Setiap produk yang kamu upload di marketplace, harus memiliki foto berkualitas tinggi yang memperlihatkan dengan jelas fitur dan detailnya. Tambahkan deskripsi yang menarik, ringkas, dan informatif tentang produk yang akan kamu jual


Pakai Video Kalau perlu

Selain foto, kamu juga perlu memasukkan video singkat yang menampilkan kondisi produk yang kamu jual di marketplace. Upload lah video dalam resolusi yang bagus, supaya tidak blur dan jelas terlihat


Berikan Judul yang Relevan

Judul adalah salah satu unsur paling penting dalam produk yang akan kamu jual di marketplace. Misal kamu ingin jual hp iphone, maka kasih judul yang jelas, seperti "iPhone 4S 32Gb White", bisa juga tambahkan kondisinya, mulus, second, dll


Kasih Keyword yang Relevan

Untuk mengoptimalkan deskripsi produk, maka kamu wajib menambahkan keyword yang relevan untuk membantu orang menemukan produk kamu saat mereka melakukan pencarian di Marketplace Facebook


Aktif Menjawab Komentar di Marketplace

Setelah kamu bergabung dengan grup yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan di Marketplace Facebook, kamu juga harus menjawab setiap komen yang datang ke produk yang kamu posting di marketplace


Jawab Pesan dari Calon Pembeli

Selain itu,  biasanya calon pembeli juga langsung mengirimkan pesan ke facebook messenger mu secara langsung dengan mengirim pesan template seperti "Apakah ini masih tersedia?" dan kamu bisa langsung jawab , iya, tersedia gan


Pakai Iklan Berbayar

Marketplace Facebook juga menyediakan opsi iklan berbayar yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan produk kepada audiens yang lebih luas lagi, bisa pilih jenis kelamin, usia, tempat tinggal dan sebagainya yang tertarget


Ajak Teman Berbagi Link

Minta teman mu untuk memberikan ulasan dan rekomendasi positif tentang produk mu di Marketplace. Selain itu, ajak juga mereka untuk membagikan link-mu di wa, tele atau sosmed mereka.


Penutup

cara jualan online facebook marketplace

Di tengah-tengah ramainya perkembangan marketplace, FB atau Facebook masih menjadi salah satunya sosial media yang disukai beberapa kelompok.

Terutama produk hobi, barang bekas, elektronik dan otomotif. Apa lagi platform seperti marketplace, grup dan halaman FB masih cukup banyak pemakainya, Facebook saat ini masih terhitung sebagai pasar yang lumayan menjanjikan.

Semoga informasi dari kosngosan diatas, bisa bermanfaat buat kalian dan jangan lupa untuk bookmart halaman blog ini, share atau bagikan url artikelnya ke sosial media kalian juga ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya