Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Tips Banjir Orderan di WhatsApp buat Jualan

Cara berjualan di Whatsapp memang butuh teknik dan skill yang khusus. Meski hanya sebuah aplikasi chat, kamu tidak bisa seenaknya mengirim pesan spam asal – asalan dan broadcast pada semua kontak yang ada di HP mu.

Karena bukannya malah tertarik untuk membeli produk-mu, kamu bisa diblokir karena dinilai mengganggu dan memenuhi chat mereka. Lalu bagaimana sih cara mengoptimalkan aplikasi Whatsapp agar menjadi wadah marketing yang efektif dan mampu mendatangkan orderan yang melimpah?

Tentu saja dibutuhkan rahasia khusus supaya kamu banjir orderan setiap harinya. Sebenarnya WA hanyalah salah satu media jualan online saat ini. Berhubung kita bahas topik ini, maka kamu bisa mengulik beberapa tips sederhana dari kosngosan bagaimana berjualan produk yang banyak melalui aplikasi kepunyaan Facebook ini.


Cara Banjir Orderan Whatsapp

cara banjir orderan whatsapp

Tidak ada aplikasi banjir orderan. Semua harus dilakukan melalui proses yang tidak instan. Mari kita bahas bersama rahasia cara jualan online agar banjir orderan dalam artikel kali ini.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan di Whatsapp untuk kamu yang sedang menjalankan online marketing saat ini :


Buat Broadcast

Broadcast memang bisa membuat pesanmu lebih cepat sampai ke pelanggan tanpa harus mengiriminya satu – satu.

Namun sebenarnya ada cara yang lebih elegan daripada harus broadcast (BC) atau promosi melulu. Misalnya begini, setiap kamu mengirim 1 iklan pada broadcast, usahakan untuk mendahuluinya dengan tips atau materi yang bermanfaat.

Jadi isi BC juga tidak melulu tentang promosi, namun juga edukasi. Lakukan hal ini paling tidak 2 kali dalam seminggu. Materinya pun bisa beraneka ragam, tidak harus membuatnya sendiri juga. Sobat kosngosan bisa mencari referensi dari buku – buku bisnis atau artikel di internet.

Baca juga : Contoh Format Orderan Online Shop


Gunakan Penawaran Langsung Via Japri

Japri menawarkan prospek penjualan yang cukup efektif dilakukan karena lebih mendekatkan diri kepada pelanggan.

Selain itu japri juga lebih inggi closingnya daripada BC sebab sifatnya yang lebih personal. Konsepnya adalah, lakukan dengan menyebut nama dan dahulukan orang – orang terdekat yang sudah kenal dengan kita.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah closing. Jadi meskipun tidak kenal ya tidak mengapa, toh bisa kenalan terlebih dahulu.


Berikan Call To Action

Call To Action (CTA) dapat mempermudah pelanggan agar lebih cepat menghungi penjual untuk membeli produk yang ditawarkan.

Usahakan untuk memberikan opsi CTA ini pada setiap promosi. Tujuannya adalah sebagai penekanan untuk segera membeli dan menghubungi penjual. Cantumkan nomor yang aktif agar lebih mudah dihubungi.


Perhatikan Judul Pada Postingan WhatsApp

Judul postingan menjadi hal yang sangat menentukan daya tarik pelanggan terhadap promosi yang kamu lakukan. Usahakan menulis judul yang bisa membuat orang penasaran dan membuka chat kita.

Kamu bisa menerapkan teknik hypnotic writing supaya orang kepo dan ingin cepat – cepat mengklik pesan yang kamu kirimkan.

Selain itu, gunakan juga copywriting pada materi chat supaya lebih mudah untuk mengarahkan calon pembeli.


Gunakan Script Closing

Selalu gunakan script closing ketika ada calon pembeli yang baru bertanya atau akan order produk. Hal ini bertujuan untuk memastikan dan mempercepat calon pembeli tadi supaya benar – benar closing lalu membeli jualanmu.

Isi script closing yang kamu gunakan juga bisa bermacam – macam. Namun pastikan isinya mencakup informasi scarcity (keterbatasan promo), agar orang – orang berpikir dua kali untuk menolak order, dan closing script follow up (kombinasi beberapa teknik closing yang menjadi satu).


Bina Reseller Dengan Telaten

Fokuslah memanfaatkan Whatsapp untuk membina resellermu agar semakin mahir dalam berjualan. Buat jadwal rutin untuk membina mereka supaya dapat berjualan lebih elegan dan mendapatkan banyak orderan di Whatsapp maupun di media lain.

Jadi bukan hanya kamu sendiri yang berjualan, namun orang lain seperti reseller bisa mendapat untung juga. Semakin banyak tim reseller yang sobat kosngosan buat, maka nilai penjualan juga bisa berlipat ganda.


Posting Status Yang Menarik dan Bergambar

Teknik yang bisa kamu pakai contohnya seperti mengganti profil picture Whatsapp secara berkala. Tujuannya agar kontak pelangganmu juga tahu mengenai informasi profile picture yang kamu gunakan.

Kamu juga bisa memposting beberapa poster atau promo diskon di status Whatsapp untuk menarik minat mereka.


Gunakan Aplikasi WhatsApp Business

Untuk kamu yang sedang menjalankan online marketing di Whatsapp, akan lebih bagus untuk menggunakan Whatsapp Business sebagai akun jualanmu.

Pisahkan akun bisnis dengan akun pribadi supaya lebih mudah dan tidak mengganggu ya. Dengan menggunakan Whatsapp Business dijamin kamu akan diberikan banyak sekali fitur – fitur yang bisa memudahkan dan membuat promosimu berjalan lebih efektif.


Buatlah Katalog Produk

Katalog produk hanya bisa kamu temukan fiturnya pada Whatsapp Business. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa menampilkan produk – produk yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Selain itu kamu bisa menambahkan deskripsi, spesifikasi, dan juga harganya secara lengkap. Hal tersebut juga menjadi kewajiban yang memang harus kamu tampilkan pada katalog agar calon pembeli lebih mudah dalam memahami produk dan mencari apa yang mereka inginkan.


Berikan Promo Khusus Bagi Pelanggan WhatsAppmu

Agar lebih mudah dalam menarik perhatian customer, kamu juga bisa membuat diskon atau promo eksklusif terhadap produk yang kamu jual di Whatsapp.

Berikan penawaran yang menggiurkan supaya pelanggan semakin terpikat dengan produkmu. Diskon dan promo ini juga bisa kamu khususkan bagi mereka yang sudah lama tidak membeli di tokomu supaya nantinya mereka tertarik dan memutuskan untuk repeat order.


Setting Balasan Otomatis

Sobat kosngosan mungkin tidak bisa selamanya fast respon dan membalas semua pesan yang masuk secara bersamaan.

Sedangkan disisi lain, pelanggan bisa mengirim pesan padamu kapan saja dan dimana saja. Jadi usahakan jangan sampai membuat mereka menunggu terlalu lama sampai akhirnya mereka bosan dan malas mengirimu pesan lagi.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat setting balasan secara otomatis bagi pelanggan. Balasan otomatis ini sangat efektif untuk menjawab pertanyaan umum yang mungkin diajukan pelanggan seputar produkmu. Balasan otomatis ini bisa kamu temui fiturnya pada Whatsapp Business.


Berikan Keterangan Bisnis Dengan Lengkap

Selain membuat katalog produk beserta deskripsi, harga dan juga spesifikasinya, jangan lupa juga untuk memberikan keterangan mengenai profil usahamu ya.

Cantumkan alamat, brand produk, alamat website yang bisa diakses oleh siapa saja, email bisnis dan nomor lain yang mungkin bisa dihubungi. Buat pelanggan merasa semudah mungkin untuk menghubungi dan mencari tau lebih lanjut tentang usaha yang kamu jalankan tersebut.


Buat Greeting Message

Greeting message atau sapaan selamat datang dinilai merupakan poin tersendiri yang bisa menjadi nilai plus di mata pelanggan.

Cara ini bisa membuat merasa sangat dihargai dan diperhatikan olehmu. Mereka juga bisa memberikan nilai terbaik bagi pelayanan yang kamu berikan.

Kesan awal atau first impression yang baik juga mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian lo. Jadi pastikan kamu selalu memperlakukan semua pelangganmu dengan sebaik mungkin.


Kumpulkan Kontak Sebanyak – Banyaknya

Ketika kamu sedang melakukan iklan atau promosi jangan sampai kamu melewatkan tahap untuk mengumpulkan semua kontak dari para calon pembeli.

Jangan biarkan mereka hanya melihat – lihat produkmu saja tanpa berniat untuk membelinya. Jadi meskipun belum terjadi penjualan ketika kamu beriklan sekalipun, tetaplah berusaha untuk meminta nomor mereka agar masih ada peluang untuk ditawari atau dipromosi lagi.

Semakin banyak sobat kosngosan mengumpulkan kontak dari customer, maka semakin besar pula peluang penjualan yang kamu dapatkan.


Konsisten Upload Konten

Tips selanjutnya yang memang harus ada pada diri semua orang adalah tetap konsisten dalam segala promosi yang mereka lakukan.

Sejatinya kunci berjualan agar tetap laris manis adalah adanya konsisten dan kemauan yang kuat. Jadi meski jatuh pun, kamu tidak boleh langsung menyerah. Tetap semangat dan jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru ya.


Beralih ke Whatsapp Bisnis

WA Bisnis memang diperuntukkan untuk bisnis, Jadi ada banyak fitur yang tentu saja akan mempermudah kamu dalam melakukan transaksi, prospek dan mengembangkan interaksi mu dengan pembeli atau klien


Terapkan Teknik CopyWriting pada Setiap Caption Produk

Jangan menulis deskripsi produk asal asal an. Kalau kamu ingin menggaet minat dan perhatian calon pembeli, maka terapkan teknik copywriting dalam setiap penulisan pesan di whatsapp mu. Untuk mempelajari teknik CW ini, kamu bisa belajar di google dan cari kata kuncinya

Baca juga : Tips Banjir Orderan di TikTok Shop


Kata Penutup

Memanfaatkan WhatsApp tidak hanya sekadar menerima dan mengirim pesan dalam berbagai format (teks, rekaman suara, foto dan video), tetapi juga untuk media bisnis dan promosi yang cukup massif dan memberikan impact.

Oleh karena itu, jika kamu berjualan lewat wa, dan ingin banjir orderan, maka kami bisa menerapkan beberapa tips sederhana dari kosngosan diatas untuk pengembangan usaha mu kedepannya. Trims dan jangan lupa untuk share artikel ini, bookmart juga halamannya ya

Oleh rezaharahap