Contoh Surat Pengantar Mengirim CerPen ke Penerbit

Setelah menulis cerita pendek, hal yang kamu lakukan selanjutnya adalah mengirimnya ke penerbit untuk diterbitkan di media mereka. Kamu butuh contoh surat pengantar dalam mengirim setiap karya tulisanmu, termasuk cerpen dan novel. Kosngosan akan membantumu bagaimana cara membuatnya.

contoh surat pengantar cerpen

Menulis cerita pendek memang menyenangkan karena bisa mengungkapkan isi pikiran kita ke dalam sebuah cerita yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Selain itu membuat cerpen juga tidak membutuhkan waktu yang lama seperti novel

Cerpen juga banyak peminatnya dan bisa sobat kosngosan kirimkan ke berbagai media seperti majalah dan koran, atau justru kamu kumpulkan ke dalam satu buku yang berisi kumpulan cerpen yang kamu buat.

Tentunya penulisan cerpen haruslah mengedepankan teknik dan prinsip penulisan karya sastra yang baik dan benar. Jangan lupa juga untuk mengikuti selera pasar. Dengan demikian karyamu akan mudah untuk diterima oleh penerbit

Baca juga : Contoh Cerpen Pendidikan untuk Anak Sekolah Penuh Amanat

Cerpen memiliki ciri ciri seperti dibawah ini :

1. Jumlah kata minimal 10.000 (sepuluh ribu)
2. Selesai dibaca dengan sekali duduk
3. Sifat fiktif (bisa juga perpaduan dari kisah nyata)
4. Memiliki satu alur tunggal
5. Cerita berasal dari kehidupan sehari-hari
6. Penggunaan kata yang mudah dipahami
7. Bentuk tulisan singkat
8. Penokohan cerita pendek bersifat sederhana
9. Mengangkat peristiwa saja dalam hidup
10. Kesan dan pesan yang ditinggalkan mendalam

Selain ciri ciri cerpen diatas, sobat kosngosan perlu juga mengetahui struktur pembentuk dari cerita pendek, seperti Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi dan koda.

Cerpen juga memiliki unsur instrinsik (membentuk cerpen dari dalam) dan juga unsur eksintrik (membentuk cerpen dari luar).

Sepertinya mimin tidak perlu menjelaskan terlalu dalam mengenai cerpen karena memang sudah sering kita pelajari di sekolah baik itu tingkat SD, SMP atau SMA dalam pelajaran bahasa Indonesia.

sejarah cerpen

Cara Membuat Surat Pengantar Cerpen


Surat pengantar cerpen adalah surat yang disertakan ketika sobat kosngosan hendak mengirim karya cerpen kepada penerbit, baik via kantor pos atau email langsung. Apabila dikirim menggunakan jasa kantor post, maka diprint bersama cerpennya dan diletakkan pada bagian paling depan

Apabila cerpen dikirim secara online melalui email, maka ditulis pada badan email, sementara cerpen di upload di bagian attachment atau lampiran disertai biodata lainnya.

Pada dasarnya surat ini bersifat fleksibel, ada juga penerbit yang sudah menyediakan format khususnya, sehingga kamu tinggal mendownload dan mengisinya saja sesuai dengan informasi yang mereka butuhkan. Namun secara garis besar, sobat kosngosan bisa lihat contohnya dibawah ini :

Contoh Surat Pengantar Cerpen


Penulis : Muhammad Reza Harahap
Email : muhammadrezaharahap@gmail.com
Twitter : twitter.com/redzaharahap
Facebook : facebook.com/redza.harahap
Telepon : 0823902579xx
Rekening : 00324-01-61-00105x-x (BTN)
Tggl Kirim : Kamis, 17 Februari 2020
Judul : Azab Pemain PUBG yang Suka Begadang-Muhammad Reza Harahap

Pekanbaru, 17 Mei 2020
Yth. Redaktur Kosngosan
di tempat.

Bersama ini saya kirimkan sebuah naskah cerpen yang berjudul “ Azab Pemain PUBG yang Suka Begadang ” (dalam lampiran). Saya berharap dan merasa terhormat cerpen ini Anda baca. Dan tentunya kelayakan pemuatannya sepenuhnya menjadi hak prerogatif Anda. Namun, jika TIDAK ADA PEMBERITAHUAN SELAMA 3 BULAN terhitung sejak tanggal pengiriman, saya akan menarik kembali naskah saya. Atas pembacaan dan pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Muhammad Reza Harahap



Baca juga : 6 Tips Menulis yang Baik dan Benar dari Tere Liye

Trims sudah berkunjung di blog kosngosan dan membaca mengenai surat pengantar cerita pendek diatas. Semoga kamu bisa menjadi cerpenis yang terkenal dan menghasilkan karya sastra yang disukai oleh banyak orang.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel