Contoh Undangan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Cara Membuatnya

Kamu sedang mencari surat undangan acara peringatan maulid nabi muhammad dalam format doc atau word? postingan kosngosan kali ini akan memberikannya kepada beserta cara membuat undangan formal yang baik dan benar. Sebagai momen kelahiran nabi besar yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal, momen ini sering diadakan dengan perlombaan dan acara keagamaan

contoh undangan maulid nabi

Biasanya yang banyak memperingati maulid nabi adalah dari remaja masjid, sekolah atau lembaga keagamaan yang mengadakannya di masjid, dengan ikut mengundang ustadz dan menceritakan mengenai kisah kelahiran nabi

Maulid nabi dalam kalender islam berada pada tahun Hijriyah, sangat ditunggu dan dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, karena selain berbahagia atas kelahiran nabi terakhir yang membawa pesan kedamaian, juga menjadi bukti kecintaan umat islam terhadap nabinya.

Bagi sobat kosngosan yang ingin mencari ucapan maulid nabi, postingan k0sngosan berikut ini sangat tepat untuk kalian. Bisa kalian gunakan untuk update feed beranda media sosial kalian dengan quotes dibawah, update di facebook, twitter, instagram, whatsapp atau line milik kalian. Baca quotes maulid nabi disini

Peringatan Maulid Nabi bisa meningkatkan pengetahuan dari generasi muda kaum muslimin mengenai kisah nabi yang mulai luntur dan tidak membekas bagi mereka. Dengan adanya acara Maulid Nabi ini maka diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi generasi muda untuk lebih mengenal Siapa nabi mereka.

Terlepas dari perselisihan perayaan maulid ini, ada yang mengatakan bahwa perayaan maulid nabi adalah bid'ah dan dibuat-buat, karena di zaman nabi sendiri beliau tidak pernah merayakan hari kelahirannya.

Ada juga yang menganggap ini sebagai bentuk kecintaan kita terhadap nabi, selama diisi dengan acara yang bermanfaat dan mengandung nilai ibadah didalamnya, mengapa tidak?

Namun disini mimin kosngosan berlepas diri dari hal tersebut, karena kita bisa ambil positifnya untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap baginda rasul sallallahhu alahi wassalam.

infografis sejarah maulid nabi

Cara Membuat Undangan Maulid Nabi


Membuat surat undangan maulid nabi, sebenarnya sama saja dengan surat undangan pada umumnya. Sobat kosngosan harus memperhatikan bagian surat sama seperti surat formal lain, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya penulisan.

langkah pertama

Buka lembar kerja word baru, kemudian atur margin sesuai dengan 3-3-3-3, penggunaan font time new roman atau arial, ukuran font 12 dengan spasi 1.5 atau yang menyesuaikan dan rapi dilihat. Mulailah membuat bagian surat seperti dibawah ini

langkah kedua

Buatlah kop surat atau kepala surat, sebagai salah satu bagian penting dari surat formal, berisi nama lembaga atau badan, kontak dan alamat institusi, serta logo di samping kiri bila ada.

Bagi surat undangan yang biasanya lipat 3, bagian ini ditampilkan di depan sebagai cover. namun saran mimin kosngosan lebih baik menggunakan surat formal yang memiliki kop surat.

langkah ketiga

Sobat kosngosan buatlah paragraf pembuka, tujuan surat, tanggal, tempat dibuatnya surat, ucapan salam dan kata pembuka yang mengarah kepada detail dan maksud acara. Setelah itu buat detail acara, mengenai tanggal, waktu dan tempat acara.

langkah keempat

Buat paragraf penutup. Berisi ucapan salam kembali diakhiri dengan pernyataan terimakasih apabila pihak yang ditujukan kepada undangan berkenan hadir, dengan tambahan catatan yang perlu di beritahukan.

Diakhiri dengan tanda tangan penanggung jawab, bisa dibuat juga dua posisi, sebelah kiri ketua panitia dan kanan sekretaris atau bendahara. Bisa juga buat bagian tembusan di akhir surat, kepada pihak yang lebih tinggi jabatannya.

Baca juga : Contoh Undangan Acara Isra Miraj

Contoh Undangan Maulid Nabi Muhammad


Apabila sobat k0sng0san malas untuk membuat surat undangan maulid nabi dari awal, bisa mengunduh contoh surat undangan maulid nabi dibawah ini yang sudah mimin sediakan kepada kalian. Tinggal unduh dan edit menggunakan ms word sesuai dengan keinginan.



Atau copy saja contoh suratnya dibawah ini

Nomor : 02/SPQ/II/2019
Lamp. : -
Hal : Undangan.
Kepada Yth. Bapak/Ibu..........................
Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Mengharap dengan hormat atas kehadiran bapak / ibu untuk hadir dalam acara “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW” sebagai bentuk acara keagamana yang bertujuan untuk mempererat silaturahim, yang akan dilaksanakan pada :
Hari/ Tanggal : Minggu, 27 Juni 2019
Tempat : Aula Sekolah Pendidikan AL-IKHLAS
Pukul : 07.00 WIB s/d selesai
Acara : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Demikian surat undangan ini, besar harapan kami supaya bapak/ibu bisa hadir dan memberikan partisipasinya. Atas perhatian bapak / ibu kami sampaikan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Padangsidimpuan, 25 Juni 2019
Kepala Sekolah AL-IKHLAS


M. Reza Harahap, S.A


Dapatkan contoh format surat undangan acara maulid nabi muhammad gratis dan editable DISINI

Instruksi sebelum mengunduh

Sobat kosngosan akan dialihkan ke halaman safelink, tunggu 5 detik, pilih download file, sobat kosngosan akan diarahkan ke tampilan docs online. Untuk mendownload file undangan ini, pilih "File" kemudian pilih "Download as" lalu pilih jenis format dokumen yang akan kamu download. Selesai

Baca juga : Contoh Surat Undangan Tahlilan Word

Semoga dengan membaca contoh undangan Maulid Nabi dari kosngosn di atas bisa membantu para panitia atau pembuat acara untuk memberikan undangan yang terbaik kepada para peserta maulid nabi. jangan lupa share post ini di medsos kalian ya
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel