8 Tips Aman Kredit Motor bagi Mahasiswa Baru

Bagaimana syarat dan proses yang aman untuk melakukan kredit motor bagi kalian yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa? Menjadi mahasiswa memang membutuhkan yang namanya kendaraan roda dua sebagai salah satu alat transportasi yang akan mendukung mobilitas mu.

cara kredit motor mahasiswa

Kali ini blog kosngosan, akan membahas beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk mengambil dan menyicil motor idaman yang akan kamu beli.

Karena membeli motor merupakan salah satu aset yang berharga, Oleh karena itu kamu tidak boleh sembarangan untuk memilih pabrikan motor. Selain mempertimbangkan harga, kamu juga harus mempertimbangkan service dan sparepart dan kondisi keuangan mu saat ini.

Di sini sebenarnya mimin kurang merekomendasikan sobat kosngosan untuk membeli motor secara kredit. Karena nantinya akan berimbas pada kondisi keuangan setiap bulan yang harus fokus membayar biaya cicilan.

Baca juga : Cara Membeli Apartemen bagi Mahasiswa sebagai Investasi Masa Depan

Kamu bisa memilih untuk membeli motor secara cash atau tunai dalam kondisi bekas atau second, sehingga harganya bisa lebih terjangkau. Hal ini apabila kamu memang membutuhkan fungsional nya saja tanpa memperhatikan brand atau prestise.

Namun apabila sobat kosngosan memang menginginkan motor baru dengan pengalaman baru, makan mimin tidak menyalakan sepenuhnya karena itu merupakan hak mu. Yang terpenting kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini :

infografis tips kredit motor

Memilih perusahaan leasing yang terpercaya


Tidak dipungkiri jika peminat kredit saat ini semakin meningkat. Hal ini dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menawarkan segala kemudahan dalam kredit.

Oleh karena itu jadilah pembeli yang cerdas dan tidak mudah tergoda. Sobat kosngosan harus lebih teliti memilih perusahaan leasing, carilah info yang sedetail-detailnya tentang kredibilitas perusahaan.

Memilih jangka waktu kredit yang paling cepat


Sebelum menyetujui ketentuan kredit, pahami dulu prosedur dan ketentuannya. Tentang berapa jumlah DP yang harus dibayarkan, bagaimana sistem cicilan, dan lainnya.

Sobat kosngosan harus memastikan penyedia kredit tersebut menawarkan jangka kredit yang secepat-cepatnya. Jangan tergiur dengan nominal cicilan yang sedikit namun membutuhkan waktu lama untuk melunasinya.

Harus mengetahui budget yang dimiliki


Motor yang bagus atau biasa kualitasnya akan sebanding dengan tinggi rendahnya harga yang dipatok. Memiliki motor yang mengikuti trend modern memang dambaan setiap orang, semua orang pasti ingin mempunyai motor kualitas bagus

Kualitas bagus itu justru akan membuat sobat kosngosan bekerja jauh lebih keras dua kali lipat untuk menghasilkan uang demi menutupi biaya kredit tiap bulan.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan uang terlebih dahulu ke ATM, bagi sobat kosngosan yang menyimpan uang di ATM, dan lakukan pengecekan di dompet bagi sobat kosngosan yang melakukan penyimpanan di dompet.

Memperhatikan down payment


Jika sudah melakukan pengecekan, maka lihatlah besaran uang muka, cicilan tiap bulan dan total pembayaran untuk menghindari salah hitung, agar sobat kosngosan tidak terlilit hutang di kemudian hari karena tidak bisa sanggup membayar lagi

Perhitungan yang paling pas adalah 30% dari gaji yang dihasilkan. Jika cicilan yang diambil melebihi 30% gaji, alangkah baiknya menunda atau mengganti pilihan motor dengan harga yang jauh lebih murah. Perhatikan dengan hati-hati harga dan persediaan uang ya.

Perhatikan tanggal pembayaran


Pembayaran cicilan bulanan dilakukan sebelum atau saat tanggal pembayaran yang sudah ditentukan. Hindari terlambat membayar cicilan, karena setiap keterlambatan akan dikenakan denda yang membuat hutang semakin besar.

Jadi penting bagi sobat kosngosan untuk memperhatikan tanggal pengangsuran cicilan bulanan dan cari tahu dulu mengenai biaya denda saat terjadi keterlambatan.

Meminta asuransi dan dokumen BPKB


Asuransi motor akan memberikan keuntungan bagi sobat kosngosan saat terjadi musibah, seperti kehilangan dan kecelakaan. Melalui asuransi, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih kecil. BPKB atau Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor akan diberi setelah urusan administrasi selesai.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa perusahaan leasing terkadang mempersulit pemberian BPKB. Oleh karena itu sobat kosngosan harus mengetahui dengan jelas kapan saat menerima BPKB motor.

Menabung untuk membayar bulanan


Menabung dan berperilaku hemat adalah salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan. Apabila sobat kosngosan adalah tipe yang suka berfoya-foya dan menghabiskan uang untuk barang yang bukan menjadi kebutuhan utama mu

Oleh karena itu mulailah merubahnya dan menabunglah dengan cara konsisten supaya kamu bisa mengumpulkan uang untuk DP serta pembayaran rutin bulanan dari kredit motor yang akan kamu ambil

Memulai bisnis sampingan untuk bulanan


Sejatinya sebagai mahasiswa memang harus memiliki bisnis sampingan sebagai penambah income bulanan, supaya sobat kosngosan tidak bergantung sepenuhnya terhadap uang kiriman dari orang tua setiap bulannya.

Dengan melakukan atau membuka bisnis tertentu, yang sesuai dengan passion dan tren bisnis mahasiswa saat ini, sobat kosngosan bisa memperingan beban biaya kredit perbulan yang akan kamu keluarkan ketika memutuskan untuk mengkredit motor idamanmu

Baca juga : Tips Membeli Laptop dan PC Bekas Untuk Mahasiswa

Semoga dengan membaca artikel kosngosan mengenai pembahasan bagaimana cara aman untuk melakukan kredit motor bagi kalian yang berstatus sebagai mahasiswa, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kalian yang saat ini memang berniat untuk memiliki sepeda motor. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel