Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Parfum Mobil Tidak Bikin Pusing dan Tahan Lama

Bagaimana cara membuat pengharum mobil agar tahan lama dan disukai banyak keluarga? Apabila kita salah dalam memilih pengharum di dalam ruangan mobil, maka suasana saat berkendara juga pasti akan terganggu. Oleh karena itu mimin kosngosan akan memberikan beberapa tips sederhana untuk kalian, dalam memilih parfum terbaik untuk bisa dinikmati bersama keluarga.

Ada banyak sekali merek parfum yang dijual di swalayan atau pasar, namun sedikit yang bisa bertahan lama dan disukai bau-nya. Ini adalah postingan tips non komersial, jadi mimin tidak akan merekomendasikan merek parfum mana secara spesifik.

Pada dasarnya parfum atau pengharum mobil tidak boleh dengan aroma yang menyengat, namun bersifat netral dan enak dihirup selama berkendara, apalagi berkendara jauh dan berjam - jam.

Pemilik mobil dan juga pengendara didalamnya pastinya menginginkan perjalanan yang nyaman dengan menghirup pengharum yang tidak menyengat, bukan? Selain itu perpaduan dengan ac mobil juga harus diperhatikan

Apalagi ketika menghadapi suasana macet di jalanan, dengan adanya ac dan pengharum mobil, hal ini bisa mengurangi rasa frustasi.

Namun tidak jarang kalian salah memilih pengharum. Ada yang beli dengan harga murah, namun cepat habis dan tidak memberikan aroma relaksasi yang melegakan. Hanya aroma kuat atau samar samar, sehingga kehadirannya tidak disukai anggota keluarga.

Baca juga : Rekomendasi Website Otomotif Indonesia Terbaik


Tips Agar Parfum Mobil Tahan lama Tidak Bikin Pusing


Tips Agar Parfum Mobil Tahan lama

Untunya sobat kosngosan mengikuti pembahasan dari kosngosan dibawah ini, beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan parfum yang cocok, diantaranya :


1. Memilih Parfum dengan Spray atau Liquid


Parfum mobil yang menggunakan spray atau liquid (cair) lebih bagus dibandingkan jenis lain. Penggunaan Parfum yang berbentuk spray atau liquid untuk mengurangi kotoran di dalam kabin mobil sobat kosngosan

Kelebihan Parfum jenis ini dibandingkan yang lain juga tentu saja lebih aman dan bisa dengan mudah diletakkan tanpa khawatir mengalami tumpah dan tercecer. 

Jadi jenis parfum seperti ini sangat cocok bagi yang punya anak kecil. Selain itu, liquid juga bisa lebih lama habisnya daripada jenis lain


2. Jangan Menggunakan Parfum Berlebihan


Meletakkan Parfum secara berlebihan, bukan membuat mobil kalian menjadi  nyaman namun malah menjadikan aroma-aroma yang dikeluarkan dari banyak Parfum akan menyengat. 

Aroma harum yang terlalu menyengat juga akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, atur lah pengeluaran parfum lebih proporsional. 

Jangan membuka bungkus parfum lebih lebar, karena bisa berlebihan dan menimbulkan aroma yang mengganggu


3. Memilih Parfum yang Beraroma Terapi


Rekomendasi selanjutnya dalam memilih parfum mobil yaitu dengan memilih wewangian yang memiliki efek aroma terapi, aromanya tidak terlalu menyengat, dan menenangkan tentunya

Tidak bisa dipungkiri bahwa perjalanan dengan mobil yang berada di dalam ruangan memerlukan ketenangan dan kenyamanan. 

Terlebih apabila sobat k0sngosan menghabiskan sebagian besar waktumu untuk perjalanan bisnis. Ide memilih parfum mobil yang beroma terapi merupakan pilihan yang tepat.

Aroma terapi sudah lama diketahui memiliki efek menenangkan bagi yang menghirupnya.
Beberapa rekomendasi parfum mobil yang beraroma terapi, seperti aroma teh, kopi, pandan, atau kayu manis, misalnya.


4. Menggunakan Parfum Berbentuk Gel


Apabila jenis parfum mobil yang sobat kosngosan gunakan adalah parfum jenis gel, maka mimin sarankan untuk meletakkanya agak jauh dari AC atau pendingin mobil

Mengapa? Karena terkadang banyak yang meletakkan parfum gel ini mendekat dengan AC, namun malah menyebabkan bau AC menjadi apek dan aliran udara di dalam mobil juga menjadi tidak baik.

Mimin sendiri menyarankan sobat untuk peletakkan parfum jenis gel ini pada bagian bawah jok ataupun pada bagian bagasi mobil atau pada bagian sudut mobil lainnya yang tidak mengganggu.



5. Meletakkan parfum di Tempat Strategis


Untuk menaruh atau meletakkan parfum mobil, tempat yang paling sesuai yaitu berada di atas dashboard mobil depan dan digunakan ketika hendak bepergian. 

Jadi wangi parfum akan menyebar dengan merata dari depan ke belakang. Jangan malah meletakkan parfum di bawah, atau menggantung di berbagai tempat yang bisa memberikan aroma menyengat



6. Bukalah jendela atau pintu mobil secara berkala


Udara yang baik untuk dihirup tetap saja adalah udara yang berasal dari alam, artinya sirkulasi atau aliran udara di dalam mobil tetap dibutuhkan untuk menghindari mobil bau lepek.

Membuka jendela mobil sesekali saat mobil berada di lingkungan yang sejuk atau rindang akan membuat udara masuk dan menggantikan udara yang berada lama di dalam mobil.

Biasanya ini sangat memungkinkan jika sobat kosngosan berkendara di daerah pedesaan yang masih memiliki udara segar. 

Sobat kosngosan bisa membuka sesekali jendela atau pintu mobil, sebelum atau setelah digunakan supaya sirkulasi udara baru masuk.


7. Membersihkan Tempat duduk dan Dashboard Mobil


Menjaga kebersihan didalam mobil juga turut menyumbang aroma mobil yang enak. Percuma kamu menggunakan parfum mahal-mahal, namun kebersihan didalam mobil tidak kamu jaga. 

Oleh karena itu sama halnya dengan rumah, sobat kosngosan juga harus membersihkannya secara berkala, bisa menggunakan vacum vleaner khusus

Sobat kosngosan bisa menggunakan vacum cleaner mini portable, untuk menyedot debu dan kotoran yang menempel di permukaan tempat duduk dan seluruh permukaan di dalam mobil. Sehingga ini akan menjauhkan mobil dari bau yang tidak sedap akibat kotoran.



8. Memilih Aroma Parfum yang Lite


Wangi lite atau ringan biasanya disukai oleh semua orang. Aroma parfum yang tidak berat dan cenderung seperti aroma natural atau alam, bisa menjadi pilihan terbaik. 

Namun kelemahan dari jenis aroma ini adalah tidak bisa menutupi bau apek di dalam mobil secara keseluruhan. Wangi lite cocok buat mobil yang memang sudah terjaga kebersihan dan aromanya, sehingga dijadikan sebagai tambahan pewangi saja


9. Memberikan Sirkulasi Mobil


Memberilan sirkulasi atau aliran udara pada kabin kendaraan adalah salah satu kunci yang bisa kamu lakukan untuk menjaga parfum tetap wangi.

Supaya kabin bisa tetap wangi, maka kamu bisa membuka jendela atau pintu mobil ketika istirahat atau berada di rest area

Hal ini berfungsi agar udara yang kotor dan apek yang terperangkap di dalam mobil bisa langsung terganti dengan udara baru yang segar dari luar mobil. 


10. Tambahkan Cuka Dapur


Kalau kamu pakai stella pengharum yang berbentuk padat, kamu bisa menambahkan cuka dapur dengan masukkan beberapa tetes cuka dapur (untuk 1 bungkus stella utuh yang dicacah bisa 18-20 tetes) 

Masukkan dalam mangkuk berisi sabun batang yang telah dicacah.  Tetesan cuka dapur bisa menjaga aroma dari cacahan stella batang menjadi tercium lebih wangi dan bertahan lebih lama jika digantung


Rekomendasi Parfum Mobil


Nah terakhir, mimin kosngosan akan memberikan beberapa rekomendasi parfum terbaik untuk kalian yang memang ingin supaya mobil terhindar dari bau yang tidak sedap, namun tetap memiliki aroma yang lite dan enak dicium, berikut adalah beberapa diantaranya : 

Carall
DOPE Car Perfume
Parfum mobil Kopi (Kope)
Autofriend Ted A Car
Meguiars Whole Car Air
Mariage Car Perfume
Bullsone Grasse L’Esterel
Blang
Fresh Bottle
Parfum mobil Weikasi
Vent Magic Monolick Freshener
Nanum 3in1
Little Trees
Glade Scented Gel Ocean Escape
Ambipur
Stella natural Cars Perfume
Bayfresh Hang ‘n Go
Cardia Car Freshener
California Scents Cool
Kagado



Informasi Tambahan Sejarah Parfum

Kata Penutup


Demikian semoga membantu dan menginsporasi kalian untuk memilih pengharum mobil yang sesuai dan tidak mengecewakan. Lakukan tips diatas untuk menciptakan suasana dalam mobil yang nyaman serta tidak berbau apek.

Jangan lupa bagikan juga artikel ini ya, tekan tombol share dibawah postingan kosngosan ini dan kirim ke media sosial mu seperti facebook, whatsapp atau twitter supaya teman teman maya mu bisa juga membaca dan mendapatkan pencerahan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya