Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen yang Baik dan Benar

Kamu sedang mencari kumpulan doa kristen untuk berbagai aktifitas sehari hari? Berdoa adalah suatu keharusan bagi setiap umat katolik dan protestan. Ada doa pagi, doa malam, doa kerahiman ilahi, doa salam maria, rosario, doa ratu surga dan doa lainnya.

Dan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh doa yang bisa kamu pakai untuk beribadah dengan baik dan benar

Berdoa adalah mengucapkan kata-kata pengharapan kepada tuhan, dengan mengharapkan berkat dan rasa syukur kita. Apabila kamu menginginkan sesuatu maka berdoa adalah salah satu cara untuk meminta kepada Tuhan.

Selain doa untuk ibadah, ada juga doa ketika kita hendak dan akan melakukan aktifitas sehari hari, seperti misalnya doa makan, doa penutup pelajaran, doa mau tidur malam, dan berbagai doa lainnya yang bisa memberikan pelengkap dalam kehidupan kita sebagai orang yang taat beragama.

Agama Kristen juga mengajarkan untuk beribadah dan apabila selesai beribadah kita bisa memanjatkan doa berkat penutup, seperti ucapan "terimalah berkat dari Allah Bapa", yang sering diucapkan oleh umat katolik dan protestan.

Doa penutup biasanya dipanjatkan setelah selesai ibadah untuk melengkapi doa pembuka pertemuan dalam suatu forum, seperti ibadah di gereja, misalnya Rangkaian doa ini merupakan salah satu bentuk kesuburan kita sebagai umat atas nikmat kebahagiaan, kesehatan dan juga waktu dan acara yang berjalan lancar.

Kita semua tahu bahwa setiap kegiatan ibadah di gereja pasti ada yang namanya doa pembukaan sebelum firman Tuhan setelah firman Tuhan doa syafaat doa persembahan dan kali ini kita akan membahas doa penutup atau meminta berkat

Adapun doa penutup biasanya dilakukan oleh eh si ibadah rumah tangga baik itu untuk kaum lelaki atau perempuan, serta anak muda dan sekolah minggu, kamu bisa menyesuaikan kata-kata doa di bawah ini dengan kondisi ibadah yang sedang dijalani.

Baca juga : Quotes Pastor dan Pendeta


Kumpulan Doa Penutup Kristen

doa penenang hati katolik

Apabila kamu merasa doa penutup di bawah ini kurang maka akan beritahu mimin, dikotak komentar dibawah ini, nantinya akan mimin perbaharui lagi doanya, supaya lebih lengkap dan membentu saudara saudara lain yang akan beribadah.

Contoh doa penutup 1


Terima kasih Tuhan, Bapa atas tuntunan dan penyertaan Engkau, sehingga ibadah kami pada hari ini dapat berjalan dengan baik. 

Sebentar lagi setelah ibadah ini selesai kami akan kembali kerumah kami masing masing dan kiranya Engkau mau menuntun kami supaya boleh sampai di rumah kami masing masing dengan selamat dan semakin bertambahlah takwa kami

Semoga setelah pulang nanti, kami dengan keadaan baik dan membawa damai sejahtera. Kiranya kasih karunia dari Allah Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai Kita semua dari sekarang sampai selama-lamanya, Amin.

Contoh doa penutup 2


Allah yang Maha Bijaksana, sungguh kami telah bersyukur atas kelarnya pertemuan ini. Engkau telah berkenan mendampingi kami dan menuntun pembicaraan kami ini. Terimakasih Tuhan atas petunjuk dan nikmat-Mu.

Kami memohon ampun kalau masing-masing dari kami masih kurang terbuka dan menghargai bimbingan-Mu, kami lebih memaksakan mengikuti jalan sendiri. Kami juga memohon ampun atas kekurangan kami yang terjadi dalam pertemuan ini.

Kami bersyukur atas hasil pertemuan. Dan kami yakin pertemuan ini diilhami oleh Roh Kudus sendiri. Sudilah Engkau memberkati kami dalam mengamalkan dari apa yang sudah dihasilkan oleh pertemuan ini. 

Demikian pula berkatilah semua saudara yang akan terlibat dalam pelaksanaan pertemuan ini.

Semoga hasil pertemuan ini akan membawa keberkatan dan pembaruan iman bagi seluruh hamba-Mu, sehingga kami semakin mantap menjadi umat-Mu,

Semakin terbuka untuk melayani satu sama lainnya, dan yang lebih penting dari itu semua adalah semoga kami semakin meningkatkan takwa terhadap-Mu. Demi Kristus, pengantara kami. Amienn


Contoh doa penutup dari Yohanes 15:1-8


Terimakasih Tuhan untuk hari ini telah Engkau berikan nikmat besar kepada kami. Kini kami telah selesai dengan acara kebaktian. Berkati kami supaya apa yang baru saja kami dengar dan kami baca dari firman-Mu itu dapat bermanfaat bagi kami.

Kami baru saja membahas mengenai pokok anggur yang benar, berkati kami supaya kami selalu berperilaku baik, supaya kami selalu menjadi ranting yang kuat, menjadi manusia yang taat terhadap perintah-Mu dan selalu tinggal didalam Tuhan.

Kami hendak pulang ke rumah masing masing, oleh karena itu Tuhan kami mohon untuk berkati kami selama kami dalam perjalanan, jauh dari marabahaya dan sampai dirumah dengan selamat.

Terima kasih Tuhan, doa ini adalah permohonan terbaik kami. Didalam nama Tuhan Yesus Kristus Haleluya, Amien


Doa Pagi


Allah, Bapa kami di dalam surga, kami berterima kasih kepada-Mu karena hari ini. Berilah kami iman yg hidup, berikanlah kami harapan yang kuat dan cinta yang ikhlas.

Kami akan berusaha bersungguh-sungguh dengan segala pikiran, perkataan yang akan kami ucapkan pada hari ini, 

Segala perbuatan kami berkenan kepada-Mu. Dan bimbinglah kami dengan terangnya Roh Kudus-Mu supaya kami semakin serupa dengan Yesus Kristus, Putra-Mu.

Berkatilah keluarga kami yang tercinta, berkatilah semua orang yang akan kami jumpai hari ini. Berkatilah pula persaudaraan kami dengan mereka

Kami memohon kebaikan, seperti Engkau baik hati bagi semua orang. Semoga teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepada-Mu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kami pada hari ini. 

Ini semua kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


Doa Malam


Ya Allah, Bapa yang maha baik, terima kasih atas perlindungan-Mu pada malam hari ini. Terima kasih pula karena Yesus yang Kau utus menjadi penolong kami di malam ini; 

Dia selalu menemani kami. Terima kasih juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing kami. Semoga malam hari ini kami selalu setia mendengarkan bisikan-Nya.

Bapa, berkatilah orang tuaku, saudaraku, anak-anakku, dan teman-temanku. Bantulah juga mereka yang bersusah hati, sakit, dan menderita. 

Semoga mereka merasakan penghiburan dari-Mu. Aku mohon bimbingan-Mu, ya Bapa, supaya di malam ini aku beristirahat dengan baik dan besoknya bisa melaksanakan tugas tugas ku dengan baik; rajin membantu sesama dan ramah kepada yang lainnya

Ya Bapa, utuslah santo/a pelindungku, para malaikat pelindung, dan Bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang malam ini. Ini semua aku mohon dengan pengantaraan Yesus, Tuhanku. Amin


Doa Kerahiman Ilahi


Ya Yesus, Engkau telah wafat,
namun sumber kehidupan telah memancar bagi jiwa-jiwa,
Dan terbukalah lautan kerahiman bagi seluruh dunia,
O Sumber kehidupan, Kerahiman ilahi yang tak terselami,
Naungilah segenap dunia, dan curahkanlah diri-Mu pada kami.
O, Darah dan Air, yang telah memancar dari Hati Yesus,
sebagai Sumber Kerahiman bagi kami,
Engkaulah andalanku!
Allah yang Kudus, Kudus dan berkuasa,
Kudus dan kekal, kasihanilah kami,
dan seluruh dunia ….. 3x
Yesus, Raja Kerahiman Ilahi,
Engkaulah Andalanku. Amin
(dilanjutkan setelahnya Doa Koronka)


Baca juga : Contoh Proposal Natal dan Tahun Baru dan Rincian Biayanya

Kata Penutup


Berdoa dan melakukan ibadah dalam kehidupan sehari-hari merupakan kewajiban bagi umat Kristiani di seluruh dunia. 

Oleh karena itu jadilah umat yang taat dan selalu berbuat bagi untuk sesama, menjaga toleransi dengan umat agama lain di Indonesia. Dengan demikian maka akan tercipta kehidupan beragama yang harmonis.

Demikianlah beberapa contoh doa penutup ibadah dan doa berkat untuk agama Kristen Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian yang membacanya. 

Oh iya untuk kalian yang membaca ini, Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian dan berikan juga komentar di bawah terima kasih
Oleh rezaharahap