Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Contoh Kegiatan Sekolah Minggu yang Menarik

Apa itu sekolah minggu? Sekolah Minggu adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak SD pada hari Minggu ketika mengikuti ibadah dalam gereja. Kegiatan ini dilakukan untuk membuat anak-anak tidak bosan berada di dalam rumah ibadah, ketika orang orang dewasa melakukan prosesi ibadah minggu. Kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa dokumentasi kegiatan yang menarik untuk dilakukan oleh anak-anak pada kegiatan sekolah minggu

Kita bisa membayangkan bahwa orang tua yang membawa anaknya beribadah ke gereja mungkin tidak bisa untuk fokus beribadah karena memang sang anak sangat aktif. Hal ini membuat orang tua terkadang urung membawa anak-anak mereka.

Padahal kita bisa mengadakan sekolah minggu yang ramah anak, dan berisi kegiatan rohani sederhana (seperti ibadah kreatif) yang mengajarkan mengenai keterampilan pengetahuan serta menanamkan nilai-nilai ajaran agama Kristen untuk membuat generasi lebih religius.

Beberapa tujuan pelaksanaan sekolah hari Minggu ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai sarana untuk menanamkan ajaran Tuhan dalam kehidupan anak
  • Membuat anak mau secara mandiri datang ke Gereja
  • Melatih anak untuk melayani orang lain seperti teman-temannya
  • Menjadi salah satu sarana yang kondusif dalam mengajarkan Firman Tuhan
  • Mempersiapkan pelayan terbaik-Nya untuk generasi muda


Banyak yang bingung menyusun program sekolah minggu. Apalagi guru yang mungkin tidak memiliki referensi permainan menarik yang cocok untuk anak. Akan tetapi jangan khawatir kali ini kita akan memberikan rekomendasi jenis kegiatan sekolah minggu yang bisa menjadi referensi buat kalian

Baca dulu : Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen


Ide Program Sekolah Minggu


contoh kegiatan sekolah minggu

Sekolah minggu haruslah memberikan kegiatan yang ramah terhadap anak. Hal ini supaya mereka tidak merasa terbebani untuk mengikuti kegiatan ini secara rutin. Beberapa contoh program kerja untuk anak sekolah minggu yang sudah kosngosan.com rangkum di antaranya sebagai berikut :


Kegiatan Lari Pagi


Kakak guru sekolah Minggu juga bisa nih mengajak anak-anak beserta keluarganya untuk berolah raga bersama sambil mendukung pelayanan penginjilan di generasi ini.

Kegiatan lari pagi menjadi salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan anak anak. Kalau ada spot joging khusus, alangkah baiknya dimanfaatkan untuk kegiatan lari pagi ini


Acara Pertunjukan Bakat


Kegiatan ini cukup seru untuk dilakukan. Kamu bisa mengajak setiap anak dalam mempersiapkan bakat yang mereka miliki kemudian dipertunjukkan bersama keluarganya. 

Seperti misalnya bakat untuk menyanyi, bermain drama, panggung boneka, dan lainnya. Setelah itu, mereka bisa juga mempersembahkannya dan keluarga lainnya sebagai penontonnya.


Memasak Bersama


Sobat kosngosan bisa menyediakan bahan masakan yang mudah untuk diolah bareng keluarga di sekolah Minggu. 

Lalu kamu bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk memasak bersama dengan bahan yang sudah ada. Sambil makan kamu bisa menyampaikan firman Tuhan yang berhubungan dengan "makan bersama" atau "bersyukur atas hidup"


Game Membangun Komunitas


Kamu bisa membuat kartu domino ukuran besar seperti 1 x 2 m yang terbuat dari karton cukup tebal. Tulis garis tengah karton dan berikan lingkaran kecil pada masing sisinya. 

Jika ada yang di sisi kanannya enam lingkaran dan sisi lainnya tiga lingkaran. Bentuklah beberapa domino dan sediakan domino yang mempunyai sisi kosong (tidak ada lingkaran)

Cara bermainnya adalah dengan menyebarkan dominonya di lantai, lalu memulai lagu rohani. Seluruh keluarga juga bisa ikutan bermain dan mulai mengelilingi domino di lantai. Ketika lagunya berhenti, mereka harus menaruh salah satu ujung kakinya di lingkaran domino. 

Bagian domino yang kosong, bisa memuat sebanyak-banyaknya orang yang tidak mendapatkan lingkaran. Game ini sangat seru karena setiap anggota keluarga akan berlomba untuk membantu saudaranya yang lain untuk mendapatkan lingkaran


Bancakan atau Liwetan


Salah satu game ini bisa dilakukan dengan setiap keluarga membawa lauk yang akan disantap ketika mengadakan bancakan atau liwetan. 

Sebelum makan, kamu bersama anak-anak sekolah minggu bisa mementaskan drama Al-kitab yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Setelah itu setiap keluarga dapat mendoakan pergumulannya bersama, sebelum akhirnya menyantap makanan bareng-bareng


Game Topi Berair


Kamu bisa menyiapkan air dan gayung sebanyak kelompok yang ada, ada juga empat ember kecil untuk menampung air yang sudah di-estafet-kan. Bentuklah topi dari bola plastik yang dimodif agar bisa menampung air dilengkapi dengan karet di leher.

Topi boleh dipegangi dengan dua tangan ketika menerima air dari depan atau ketika memindahkan air ke belakang. Setelah menerima air dari depan bisa membalikkan badan dan memindahkan air ke teman yang berada di belakangnya, sambil mencondongkan badan ke depan atau membungkuk.


Game Matematika Seru


Setiap anak yang hadir pada sekolah minggu menyebut angka 1, anak berikutnya angka 2, angka 3 dan seterusnya sampai jumlah orang habis. 

Setiap anak harus hafalkan nomornya sendiri. Satu di tambah satu; jawabannya Dua. maka orang yang tadi mendapat nomor Dua, boleh berdiri, dan membuat soal baru.

Misalkan : Dua dikali Dua, maka orang yang tadi mendapat nomor boleh berdiri, dan membuat soal baru. Semua orang harus membuat soal dimulai dari angkanya sendiri. 

Untuk angka Nol, dipegang sendiri oleh sobat kosngosan ya. Siapa yang macet, tidak sadar kalau dia harus segera berdiri, maka dia kalah dan harus dihukum dengan bernyanyi, misalnya


Game Pikiran Positif


Semua anak bisa duduk melingkar, apabila belum saling kenal, hafalkan dulu nama anak yang main bersama dalam permainan ini. 

Pemimpin permainan menjelaskan aturan main. Yaitu setiap anak harus mengatakan suatu hal yang positif, dan cukup hanya satu kata saja.

Misalnya rajin, taat, manis, hebat, tekun, sabar, dan sebagianya.. Kata yang sudah diucapkan orang lain tidak boleh diulang lagi. Pengucapan harus cepat atau spontan, jika berselang lima detik saja, gugur. Pemain paling akhir yang masih terus bertahan dia menang.



Game Sambung Kata


Jenis game ini banyak sekali dilakukan oleh anak-anak sekolah minggu. Manfaatnya memberikan daya analisis kepada anak dalam memikirkan kata apa saja yang akan disandingkan dengan kata sebelumnya. Tidak ada perlengkapan yang dibutuhkan, para murid cukup melakukan langkah-langkah berikut :

  • Meminta anak anak membentuk lingkaran
  • Anak anak hanya boleh menyebutkan satu kata yang nantinya akan dilanjutkan oleh teman sebelahnya
  • Kamu bisa memulai permainan dengan memberikan satu kata lalu menunjuk peserta untuk meneruskannya
  • Saat anak mengatakan kata yang "tidak nyambung" maka dia gugur
  • Anak tidak boleh menjawab lebih dari 2 detik
  • Anak yang gugur harus keluar dari lingkaran
  • Game ini terus berjalan melingkar hingga tersisa 1 anak sebagai pemenang



Game Truth or Dare


Permainan untuk mengasah kejujuran ini memang sedang viral di media sosial, karena update fitur baru di stories salah satu media sosial terbesar itu. 

Permainan ini bisa diterapkan dalam kegiatan kelas yang menyenangkan. Dan cocok sekali digunakan untuk melatih perbendaharaan kata dari anak. Yang perlu dipersiapkan adalah botol, kartu dan spidol.

  • Kamu bisa mempersiapkan berbagai gambar yang akan digunakan untuk game. Gambar tersebut akan dipakai untuk bahan tebak tebakan
  • Meminta semua anak membentuk lingkaran. Game ini biasanya dimulai dengan memutar botol, atau kamu juga bisa memilih salah satu dari peserta
  • Ketika anak diberikan dua pilihan, maka mereka harus memilih menjawab segala pertanyaan dengan jujur atau harus melakukan apapun yang disuruh untuk menjawab gambar yang ada diatasnya
  • Anak dinyatakan sukses apabila mereka berhasil menjawab nama dari benda yang digambar di kartu dan diletakkan diatas kepalanya.



Game Daftar Benda


Kamu bisa meminta anak anak untuk berdiri membentuk lingkaran. Sampaikan tujuannya yaitu setiap anak diminta menyebutkan benda dalam kategori tertentu dan dilanjutkan dengan anak berikutnya. 

Misalnya sobat kośngosan memberi perintah, "Sebutkan benda yang ada di Gereja", maka setiap anak akan bergantian menyebutkan: kursi, meja, bunga, dan lain-lain.

Untuk menjaga supaya tidak terjadi kesepahaman dalam memainkan game ini, perlu disampaikan beberapa aturan yang berlaku, seperti:

Dilarang mengulangi benda yang disebut. Seperti : A menyebutkan "sapu", maka B tidak boleh "sapu lidi" C tidak boleh "sapu ijuk" karena sama fungsinya. 

Jadi benda yang dicari harus berbeda sama sekali
Tentukan batasan waktu berpikir, jangan terlalu lama misalnya sekitar lima detik saja.
Tentukan jurinya sebelum permainan dilakukan



Game Turunan Kata


Kamu bisa membagi anak dalam beberapa kelompok. Sampaikan kepada anak bahwa mereka akan bermain game "Turunan Kata" dimana setiap kelompok akan diberikan sebuah kata untuk kemudian di cari turunan katanya. Semakin banyak turunan kata yang terjadi maka semakin besar kemungkinan menangnya.

Misalkan untuk kata "Perlengkapan", maka turunan katanya antara lain: lengkap, kapan, naga, elang, papan, apa dan lainnya. Sebelum memulai, kamu harus menyampaikan pada awal peraturan yang wajib dipatuhi selama memainkan permainan ini :

  • Kata turunan yang dipilih tidak boleh nama orang. Kecuali ada benda yang sudah menggunakan nama itu. Misalkan di kelas ada yang bernama Mawar. Maka, turunan kata yang ditulis boleh Mawar karena Mawar adalah nama bunga.
  • Tidak boleh singkatan dalam bentuk apapun dan asosiasinya, resmi atau yang berasal dari trend di masyarakat. Misalnya: DPR, MPR, Baper, Perda, PSSI dan lain-lain.
  • Hanya menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai EYD

Bagaimana menentukan pemenangnya? Pemenang dapat ditentukan dari

Jumlah kata yang paling banyak. Semakin banyak kata turunan maka semakin menjadi pemenangnya.
Setiap kata turunan yang terjadi diberikan bobot. Seperti 3 huruf bernilai 10, 4 huruf bernilai 20 dan seterusnya (Tetapi cara ini lebih lama) 

Baca juga : Quotes Rohani Kristen



Game Meniru Pergerakan


Kamu bisa meminta anak anak untuk berdiri berhadapan saling berpasang. Tujuan game ini seperti meniru gerakan teman yang ada dihadapannya. 

Sampaikan bahwa kamu hanya akan memberikan instruksi 1, 2, 1, 2. Karena itu, sebelum game ini dimulai, anak anak wajib menentukan diri dan pasangannya siapa yang menjadi 1 dan siapa yang menjadi 2.

Lalu sobat bisa menyampaikan ketika menyebut "1" maka anak anak dengan kode "1" harus membuat gerakan dan "2" segera menirukan gerakan "1". Sebaliknya, jika kamu menyebut angka "2" maka "2" wajib membuat gerakan dan "1" wajib mengikuti gerakan "2".

Pemenangnya mereka yang paling sedikit melakukan kesalahan ketika menirukan gerakan pasangannya. Kalau perlu, tentukanlah tema gerakan yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan.



Game Kata motivatif


Kamu bisa menuliskan empat kalimat ini di papan tulis (bisa kalimat apa saja asalkan yang memotivasi dan quotes)

Sore ini sangat indah Langit dan Matahari begitu cerah Saya bersiap untuk belajar dan bersemangat Supaya banyak ilmu saya dapat

Lalu kamu bisa mengajak anak anak untuk mengucapkan kalimat tersebut secara berulang ulang. Kemudian sobat kosngosan bisa menghapus kalimat tersebut. 

 Kamu mengucapkan kalimat pertama, lalu anak anak mengucapkan kalimat kedua. Kamu mengucapkan kalimat ketiga, lalu anak anak mengucapkan kalimat keempat. Pastikan kamu sudah menghafal keempat kalimat tersebut sebelum memberikan aktivitas ini


Game Tepuk Cermat


Game ini akan membantu anak anak sekolah minggu supaya bisa fokus. Kamu bisa memberikan perintah kepada anak, "Bertepuk tangan tiga kali, bila guru menyebutkan nama buah. 

Bertepuk tangan dua kali, bila guru menyebutkan nama sayur" Lakukanlah permainan ini bersama anak. Kamu bisa mengubah nama bendanya dengan nama lainnya. Kamu bisa menggunakan lagu "Sedang Apa". Lagu ini mengajak anak untuk bertanya jawab berkelompok.


Game Membuat Pantun


Dalam permainan ini hanya memiliki aturan yang sederhana, yaitu guru memberikan perintah kepada anak anak untuk membuat pantun dengan sajak AA-AA atau AB-AB sesuai dengan nama nama benda yang sudah ditentukan. 

Kemudian membacakannya ke depan satu per satu. Game ini bertujuan untuk menambah kemampuan sastra para anak didik di sekolah minggu


Game Pesan Berbisik


Game ini cukup sederhana, kamu bisa membagi anak anak menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang
 
  • Masing-masing kelompok berbaris lurus sambil membelakangi guru
  • Anak anak yang terdepan dari setiap kelompok menghadap guru
  • Kemudian kamu bisa menyebutkan kalimat yang harus disebutkan secara berbisik kepada anak-anak dengan cara dihapal
  • Pilihlah kata yang sulit dan panjang. Seperti ular melingkar di pagar Ibu Diana
  • Anak anak yang terakhir dalam setiap kelompok bertugas menyebutkan pesan yang baru saja dia terima
  • Kemudian kelompok yang susah mengingat kata yang mirip dinyatakan kalah
  • Lakukakan sampai para anak tidak lagi meras jenuh


Game Analisis Berita Terkini


  • Game ini bertujuan untuk mengasah kemampuan public speaking dari anak anak sekola minggu
  • Pertama kamu bisa mengelompokkan anak anak dalam sebuah kelompok yang terdiri dari empat orang
  • Kemudian guru menginstruksikan anak untuk berdiskusi tentang kejadian sekitar yang sedang viral, misalnya tentang banjir
  • Setiap kelompok harus memiliki ketua tim-nya sendiri
  • Adapun peran dari ketua tim yaitu menyampaikan pendapat anggotanya di muka umum sekaligus memperkenalkan anggota kelompoknya
  • Kelompok lain diminta untuk berpenddapat mengenai hasil diskusi yang serupa


Game Sambung Kata


  • Game ini cukup sederhana untuk dilakukan anak sekolah minggu berbagai usia
  • Guru menyuruh anak-anak dalam membuat sebuah lingkaran
  • Kemudian anak anak hanya dapat menyebutkan satu kata saja
  • Sobat kosngosan.com kemudian menyebutkan satu kata lalu anak yang ditunjuk guru harus melanjutkan kata yang disebut
  • Rangkaian kata yang dibuat haruslah masuk akal dan sesuai EYD
  • Setelah menyebut rangkaian kata, anak anak selanjutnya menyambung kata terakhir yang disebutkan peserta sebelumnya
  • Misalkan Reza, Reza sehat, Sehat itu Harus, Harus mandi dan sambungan berikutnya
  • Apabila rangkaian kata yang disebutkan tidak masuk akal, maka anak tersebut harus keluar dari permainan dan diberi hukuman


Game Menghafal Nomor


  • Game ini bertujuan untuk mempertajam ingatan dan kemampuan numerik dari anak sekolah minggu
  • Guru kemudian memerintahkan anak anak untuk berhitung
  • Kemudian anak anak diwajibkan menghafalkan nomor yang telah dia sebutkan
  • Guru kemudian mengecek apakah para anak sudah menghapal nmornya
  • Guru bisa menyebutkan angka tiga misalnya, maka anak yang mempunyai angka tiga harus menjawab DOR dan menyebutkan angka yang lain
  • Angka yang telah dia sebutkan tidak boleh diulang kembali
  • Apabila anak anak tidak merespon dalam tiga detik, mereka tidak dapat mengikuti sesi game ini lagi
  • Teruskan permainan sampai menyisakan satu orang sebagai pemenang

Game Menyebut Benda


  • Langkah pertama anak anak bisa membentuk sebuah lingkaran yang ditentukan oleh gurunya
  • Lalu guru akan masuk ke dalam lingkaran yang telah dibentuk tersebut
  • Selanjutnya guru akan meminta anak anak untuk menyebutkan nama sebuah objek
  • Contohnya nama hewan yang sesuai dengan huruf akhir dari yang disebutkan 
  • Nah ketika guru menyebutkan anjing, maka anak anak harus menyebutkan nama hewan sesuai dengan huruf akhir kata anjing
  • Seperti g berarti gajah atau gagak
  • Peserta yang berhasil menyebutkan kata sesudah trainer, berhak untuk menunjuk peserta lain supaya menjawab nama hewan sesuai dengan huruf akhir gajah. 
  • Berarti H dan begitu seterusnya.
  • Anaka anak yang salah dalam menjawab, dianggap kalah dalam contoh permainan ini

Baca juga : Aplikasi Bimbe Online Gratis


Kata Penutup


Sekolah minggu memang sering disepelekan. Padahal dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa lebih aktif lagi untuk belajar dan mengetahui ajaran agamanya. Ini merupakan cara yang efektif untuk mengenalkan kepada mereka mengenai bagaimana orang dewasa beribadah

Semoga beberapa jenis kegiatan yang sudah dijelaskan oleh kosngosan.com diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat para tenaga pengajar yang mungkin ditugaskan untuk menjadi guru di sekolah minggu. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke sosial media mu dengan cara Klik tombol share di bawah ini
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya