Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Ibadah Natal dan Tahun Baru Lengkap Rincian Biayanya

Sedang mencari contoh proposal kegiatan ibadah natal dan tahun baru di Gereja? Bagi umat kristiani memang merayakan hari raya ini begitu spesial dan harus dilakukan dengan acara yang spesial juga. Kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa contoh proposal biaya dan cara membuatnya yang baik dan benar.

Ada begitu banyak kegiatan dan ibadah kerohanian bagi umat Kristiani pada saat momen Natal dan tahun baru tiba. Di Indonesia sendiri, walaupun suasana Natal tidak seperti di luar negeri yaitu bersalju, tetapi tetap Semarak dengan adanya ornamen pohon natal dan santa claus.

proposal natal tahun baru

Adapun tema Natal setiap tahun yang berbeda-beda, tentunya menjadikan kegiatan di tiap tahun selalu berbeda dan membutuhkan biaya yang berbeda juga. Biasanya beberapa bulan sebelum Natal, panitia acara akan dibentuk untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Baca juga : Contoh Proposal dan Undangan Kegiatan Karang Taruna Desa

Natal dirayakan setiap tahun pada tanggal 25 Desember dan tahun baru tentunya dirayakan pada 1 Januari. Keduanya merupakan hari raya besar umat Kristiani dunia. Walaupun ibadah dan prosesi keagamaannya relatif sama, namun tradisi merayakan hari raya tersebut di tiap-tiap daerah tentu saja berbeda-beda.

Sobat kosngosan bisa komen dibawah, mengenai tradisi perayaan natal dan tahun baru di daerah tempat sobat berada. Di berbagai negara, tradisi Natal memang sangat kental seperti di Amerika, Natal biasanya terjadi pada musim dingin dan mereka mengadakan pesta jamuan makan malam bersama keluarga dengan menu kalkun.

Namun tidak kalah dengan tradisi natal di luar negeri di Indonesia sendiri umat Kristiani sering merayakan beberapa acara seperti Lovely December di Toraja, Gereja Penjor di Bali, Meriam Bambu di Ambon, Tradisi Marbinda di Sumatera Utara, Wayang Kulit Kelahiran Yesus di Yogyakarta, Tradisi Barapan di Papua dan masih banyak lagi yang harus dilestarikan.

Nah berbicara mengenai tradisi dan acara ala Natal dan Tahun Baru tentunya sangat membutuhkan biaya dan detail kegiatan serta struktur panitia. Oleh karena itu biasanya kita membutuhkan yang namanya proposal kegiatan untuk mendesain dan melakukan perencanaan secara matang.


Panduan Pembuatan Proposal Natal dan Tahun Baru


Cara Membuat Proposal Natal dan Tahun Baru


Langkah satu

Hal pertama yang bisa sobat kosngosan buat adalah dengan membuat bagian undangan. Sobat bisa membuat undangan yang diberikan kepada pihak tujuan untuk pengajuan proposal, misalnya kepada kepala daerah, tokoh publik dan perusahaan donatur.

Langkah dua

Setelah itu sobat bisa mempersiapkan bagian kata pengantar dan daftar isi. Bagian kata pengantar isinya ungkapan syukur dan terimakasih kepada Tuhan.

Sobat juga harus menjelaskan secara singkat tentang acara natal dan tahun baru kali ini. Sementara daftar isi mengandung seluruh navigasi halaman dari bab dan subbab judul proposal yang disertai informasi halamannya.

Langkah tiga

Selanjutnya sobat kosngosan harus membuat pendahuluan. Bagian ini menjelaskan latar belakang kegiatan natal dan tahun baru ini dilakukan. Jelaskan secara terrinci dan sedetail mungkin mengenai acara dan prosesi peribadatan yang akan dilakukan

Langkah empat

Barulah sobat membuat bab usulan kegiatan dan susunan acara natal dan tahun baru, yang terdiri dari detail usulan kegiatan, sumber dana, rencana kegiatan (yang isinya adalah informasi daftar biaya yang diperlukan) dan juga jadwal pelaksanaan kegiatan.

Ini adalah bagian yang paling penting. Karena bagian ini kita akan menjelaskan kepada para pihak terkait berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap kegiatan dan biaya yang diperlukan.

Langkah lima

Pada bagian penutup sobat bisa membuat ucapan terimakasih yang dibubuhi tanda tangan pihak penanggung jawab seperti ketua kegiatan acara natal dan tahun baru, sekretaris, bendahara dan sebagainya.

infografis kosngosan


Contoh Proposal Natal dan Tahun Baru


Apabila sobat kosngosan malas untuk membuat proposal dari awal, seperti yang dijelaskan para panduan pembuatan proposal natal dan tahun baru diatas, kalian bisa download saja contoh proposal yang ada di bawah ini dalam format DOC.

Tentu saja kalian bisa mengedit dan menambahkan bagian yang sekiranya diperlukan, dan menyesuaiakan dengan kebutuhan kalian masing masing. Langsung saja scrool dokumen ini untuk melihat preview-nya, dan download dengan menekan link dibawah nya.



Kamu bisa unduh proposal diatas dengan klik DOWNLOAD DISINI

Preview Proposal Natal dan Tahun Baru (Bagian Susunan Acara dan Rincian Biaya)


Tujuan

Kegiatan perayaan natal ini bertujuan untuk :

1. Salah satu sarana untuk merayakan Hari Kelahiran Tuhan Yesus Kristus
2. Terjaringnya anggota baru NHKBP Pekanbaru, dengan target minimal 20 jiwa
3. Sarana untuk terjadinya kaderisasi yang nantinya akan menjadi cikal bakal naposobulung HKBP Pekanbaru
4. Terbinanya kerohanian dan kedisiplinan masing-masing anggota yang ikut serta dalam perayaan natal.
5. Meningkatkan dan memberikan dorongan positif bagi remaja dan naposo mengenai musikalitas dan kekristenan.


Susunan Acara

Perayaan natal untuk HKBP Pekanbaru akan mengangkat tema mengenai “Sadaging, Saroha, Sahata di bagasan Jahowa”. Diharapkan dari acara perayaan natal ini, semua pantia acara dari HKBP Pekanbaru dapat bersatu dan menjadi lebih dekat, tidak hanya pada saat perayaan natal dan tahun baru saja, namun juga dalam kegiatan peribadatan rutin selanjutnya.

Dalam perayaan natal NHKBP Pekanbaru ini, akan terdiri dari :


  1. Ibadah Singkat
  2. Pembukaan Perayaan
  3. Makan
  4. Drama
  5. Koor Gabungan dengan tortor
  6. Persembahan Pujian
  7. Penutup


Estimasi Biaya

Pemasukan

Anggaran dari HKBP Pekanbaru = 5.000.000
Dana Usaha = 5.000.000
Donatur dan Undangan = 5.000.000
Total = 15.000.000

Pengeluaran

Pelatih koor = 500.000
Perlengkapan (dekorasi panggung, sound system, dll) = 7.500.000
Konsumsi (200org @ Rp.20.000) = 4.000.000
Humas (Dokumentasi) = 3.000.000
Total = 15.000.000
Selisih = 0


Penutup

Demikian proposal ini kami buat, besar harapan kami agar Amang/Inang dapat mendukung Perayaan Natal Naposobulung HKBP Pekanbaru, sehingga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita semua, khususnya naposobulung HKBP Pekanbaru. Atas perhatian dan dukungan Amang/Inang, kami ucapkan terimakasih. Tuhan memberkati.

Baca juga : Contoh Pembuatan Proposal Kegiatan Dana Desa Terbaru


Kesimpulan


Perayaan natal dan tahun baru memang menjadi yang spesial bagi umat kristiani seluruh dunia untuk setiap tahunnya, bertepatan di bulan Desember. Dan perayaan ini harus digelar semeriah mungkin. Dengan mengadakan proposal pengajuan dana kepada berbagai pihak sponsor, tentu saja acara nya akan semakin besar dan memberikan kesan positif.

Semoga dengan membaca panduan membuat proposal dan contoh proposal Natal dan Tahun Baru diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kalian yang akan merayakan hari raya tersebut. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan bagikan artikel ini dengan menekan tombol share di bawah terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya