Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Lengkap dengan Rincian Biayanya

Bagaimana cara membuat proposal kegiatan sekolah yang baik dan benar? ketika organisasi sekolah ektrakulikuler seperti osis atau pramuka hendak mengadakan suatua acara, maka diperlukan yang namanya proposal acara untuk menjelaskan detail acara dan biaya yang diperlukan. Berikut kosngosan akan uraikan kepada kalian contoh dan cara membuatnya.

Banyak acara seperti kegiatan bakti sosial, 17 Agustusan, halal bihalal atau hari ulang tahun guru yang sering diadakan di lingkungan sekolah. Penyelenggaraannya biasanya ditunjuk dari organisasi ekstrakurikuler seperti Pramuka atau OSIS



Berbagai kegiatan di sekolah memang dilakukan untuk membuat lingkungan sekolah semakin semarak dan tidak monoton terhadap pembelajaran teoritis semata. Tetapi juga memberikan warna tersendiri untuk merayakan momen-momen tertentu.

Dibalik keberhasilan acara di sekolah tentunya ada kerja keras dari panitia. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah membuat proposal kegiatan menyusun panitia sesuai dengan job yang dibutuhkan, serta melakukan koordinasi baik antar panitia guru dan juga yayasan sekolah

Baca juga : Contoh Undangan Rapat Sekolah dalam Format DOC

Sahabat kosngosan ketika hendak Membuat Acara sekolah harus memikirkan konsep acara terlebih dahulu. Apabila hendak menerapkan sistem demokrasi maka kalian bisa melakukan voting melalui media sosial seperti Facebook atau mengadakan musyawarah rapat.

Intinya jangan lupa untuk menyertakan peran serta guru untuk Meminta nasehat dan pihak yang bertanggung jawab terhadap berlangsungnya acara. Beruntung apabila sobat kosngosan langsung memiliki sponsor atau donator untuk acara tersebut

Namun apabila kalian kesulitan untuk mendapatkan sponsor sementara acara yang akan dilakukan membutuhkan dana yang relatif besar, maka cara satu-satunya adalah dengan membuat proposal biaya kemudian mengajukannya ke beberapa pihak yang dianggap layak untuk berperan sebagai sponsor atau donatur.

Cara membuat proposal sekolah lengkap


Pendahuluan,

Pada bagian in sobat kósngosan harus bisa menjelaskan latar belakang mengapa kegiatan ini dilakukan. Seperti kurangnya pengetahuan tentang sesuatu, sehingga dibuatlah acara untuk mengenang dan sebagainya. Jelaskan secara lebih rinci dan mendetail.

Dasar kegiatan,

Dasar kegiatan menjelaskan seperti apa kegiatan itu nantinya akan berjalan. Bagaimana mekanisme kerjanya, apakah pekerja berasal dari murid di kelas, organisasi atau memperkerjakan pekerja dan sebagainya.

Tujuan kegiatan,

Ini adalah bagian yang menjelaskan tujuan akhir yang akan didapatkan bila dana sudah didapatkan. Tujuan akhirnya adalah sesuatu yang harus dicapai dengan terselenggaranya acara tersebut.

Waktu kegiatan,

Bagian ini menjelaskan rentang waktu, perkiraan pengerjaan acara hingga selesai serta kapan program atau hari H akan dilakukan.

Tempat kegiatan,

Tentu saja, sesuai dengan namanya, sub bab ini menjelaskan dimana acara tersebut akan terselenggara, dan dimana saja kegiatan nya akan dilaksanakan. apakah di kelas, ruang guru, halaman atau aula serba guna.

Susunan panitia,

Tentu saja sub bab ini menjelaskan dan memperkenalkan orang orang yang bertanggung jawab dalam program pembangunan pos siskamling dan yang mengatur ronda malam.

Anggaran,

Bagian ini merupakan bagian yang sangatpenting. Disinilah kemudian akan dijelaskan berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap kebutuhan acara yang diperlukan, dan biaya yang ditagihkan kepada setiap siswa atau dari donatur

Lampiran,

Ini biasanya mengandung dokumen pendukung yang bisa dijadikan bahan pelengkap proposal. Semakin lengkap lampiran, semakin bagus karena donatur dan pihak yang membaca jadi tahu mengenai detail yang terkait dengan pelaksaanaan acara.

Contoh proposal kegiatan sekolah pdf


Nah apabila sobat kosngòsan tidak ingin repot menulis proposal kegiatan sekolah dari awal seperti yang sudah dipandukan di atas, kamu bisa mengunduh contoh proposal di bawah ini dengan format DOC yang bisa kamu edit menggunakan Microsoft Word sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari sekolahmu. Namun lihat dulu preview filenya sebelum kamu download, scroll terus ke bawah sampai tombol download muncul.



PENDAHULUAN

Maulid Nabi merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi seluruh Umat Islam. Peristiwa ini merupakan peristiwa kelahiran Nabi besar Umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW.

Sebagai Umat Islam kita dianjurkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, serta ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan melaksanakan berbagai kegiatan positif lainnya yang diselenggarakan di SMA AL-AZHAR.

Baca juga : Panduan Pendaftaran Dapodik Sekolah Offline dan Online

Diharapkan dengan melaksanakan kegiatan pada bulan Maulid ini, seluruh Umat Islam, khususnya yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan hikmah dan pahala dari Allh SWT, terlebih lagi untuk mengembangkan dan memotifasi kemampuan siswa.

DASAR KEGIATAN

Agenda kegiatan tahunan dalam peringatan hari besar islam di SMA AL-AZHAR

VISI DAN MISI

Visi

Terwujudnya generasi muda muslim yang taat dan berjiwa tauladan yang baik

Misi

Menumbuhkan perhatian pelajar terhadap seni baca Al-Qur’an, mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW serta senantiasa meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

TUJUAN DAN MANFAAT

TUJUAN


  • Meningkatkan keimanan dan ketakwaan
  • Mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW.
  • Meneladani sifa-sifat terpuji nabi muhammad saw
  • Menumbuhkan perhatian pelajar terhadap seni baca Al-Qur’an
  • Melatih pelajar untuk menyampaikan informasi dan gagasan didepan umum.
  • Mempertahankan perjuangan Nabi Muhammad SAW.
  • Memanfaatkan waktu dengan begitu saja.


MANFAAT


  • Bertambahnya keimanan dan ketakwaan
  • Bertambahnya ilmu tentang perjuangan nabi muhammad saw
  • Menghargai hidup dan waktu yang dimiliki
  • Terbentuknya jiwa tauladan yang baik
  • Terjalinnya persaudaraan dengan sesama muslim


TEMA KEGIATAN

Satu Langkah Lebih Dekat Dengan RASULULLAH Sallallahu Alaihi Wassalam

PANITIA PELAKSANA

Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia yang terdiri dari guru-guru SMA AL-AZHAR Kecamatan TAMPAN. (susunan panitia terlampir)

PENGISI ACARA

Pengisi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW terdiri dari guru-guru SMA AL-AZHAR Kecamatan TAMPAN. (susunan pengisi acara terlampir)

SASARAN

Siswa-siswi SMA AL-AZHAR Kecamatan TAMPAN dapat lebih mengenal dan mencintai agama islam. (daftar hadir siswa-siswi terlampir)

PELAKSANAAN

Nama Kegiatan : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Tema Kegiatan : Satu Langkah Lebih Dekat Dengan RASULULLAH SAW
Kegiatan : Perlombaan kegiatan keagaamaan

Pelaksanaan : Hari/Tanggal : 20 september 2019
Waktu : 08.00 s/d selesai
Tempat : Aula Serba Guna SMA Al-Azhar

Peserta : Seluruh warga SMA AL-AZHAR Kecamatan TAMPAN

RENCANA ANGGARAN BIAYA

Anggaran pelaksanaan maulid nabi ini dari anggaran BOS (rencana anggaran terlampir)

PENUTUP

Dengan tersusunnya acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, maka diharapkan kegiatan yang berlangsung nantinya, akan berjalan dengan baik dan lancar.

Kami selaku pengurus kegiatan, berharap adanya dukungan dari sekolah dan tentunya kerja sama yang baik antara setipa panitia yang telah ditugaskan sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
Semoga Allah SWT meridhoi niat baik ini dan dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan demi kelancaran acara ini.

Download Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Format DOC DISINI

Petunjuk


Setelah sobat kòsngosan klik tombol download di atas kamu akan beralih ke halaman safelink tunggu beberapa detik hingga tombol download muncul, sehingga kamu akan dibawa ke media penyimpanan Google Drive. Selamat mendownload.

Baca juga : Contoh Surat Dinas Sekolah untuk SD, SMP, SMA

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan dan membaca pembuatan proposal kegiatan sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian. Jangan lupa untuk berikan komentar dan share artikel ini di sosial media kalian.
By

0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Lengkap dengan Rincian Biayanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel