Cara Mengatasi Instagram Lemot Padahal Sinyal Bagus

Pernah mengalami instagram lemot, error atau down? Hari ini IG telah menjadi media sosial terbesar yang memiliki jutaan user di seluruh pelosok bumi. Jadi apabila kamu pernah mengalami gangguan media sosial (tidak hanya instagram saja), maka terdapat beberapa faktor penyebab hal tersebut bisa terjadi. Dan kali ini kosngosan akan membahasnya untuk kalian.

Instagram bisa saja lemot, eror atau bermasalah ketika diakses menggunakan iPhone, Android phone atau dari PC dan komputer. Permasalahannya adalah mengapa hal ini bisa terjadi? mengingat IG kini sudah dimiliki oleh Facebook, tentu saja manajemen dan sumberdaya teknologi yang dimilikinya juga sudah sekelas wahid.

solusi instagram lemot down

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya media sosial pernah mengalami permasalahan. Ada yang berasal dari server media sosial itu sendiri, kebijakan suatu negara atau justru permasalahan internal pada perangkat pengguna seperti di smartphone Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung atau yang lain.

Saat ini Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang tidak hanya untuk hiburan saja, ja tetapi juga digunakan untuk menggeruk bisnis, menjaga eksistensi dan juga sebagai sarana publik figur untuk menjaga hubungan baik dengan para followernya.

Kamu bisa mengakses Instagram melalui aplikasi, yaitu kamu bisa mendownload aplikasi yang sudah tersedia di Google Store atau di Apple store kemudian menginstalnya di perangkat mu, atau langsung mengunjungi di situs instagram.com

Berbeda lagi apabila sobat kosngosan mengunjungi Instagram menggunakan perangkat komputer atau laptop. Karena memang pada dasarnya media sosial ini untuk pengguna smartphone, jadi ketika sobat kosngosan membukanya lewat komputer atau laptop kamu tidak akan bisa mengupload foto atau video dengan cara biasa.

Kamu bisa baca pembahasan dari kosngosan mengenai cara upload dan simpan video atau gambar di Instagram lewat komputer atau PC DISINI



Solusi Instagram Bermasalah


Baiklah langsung saja kita ke pembahasan utama mengenai solusi bagi yang mengalami permasalahan ketika mengakses Instagram. Ada beberapa penyebab Instagram menjadi tidak bekerja dengan baik, dan itu akan dijelaskan satu persatu di bawah ini

Software Mod


Apabila sobat kòsngosan menggunakan aplikasi Instagram modifikasi atau biasa disingkat instagram Mod, Maka segera tinggalkan aplikasi itu. Karena aplikasi yang berasal dari pihak ketiga umumnya tidak bisa bertahan lama, dan akan mengalami error atau lemot ketika diakses Setelah sekian lama digunakan.

Ada beberapa jenis Instagram modifikasi yang terkenal dan banyak dipakai orang seperti GBInsta, Instagram Plus, GB Instagram, ZE Instagram, GBInsta Transparan, NMInstagram dan masih banyak lagi.

Semua aplikasi tersebut sangat rentan terhadap permasalahan di kemudian hari. Dan yang paling bahaya aplikasi pihak ketiga bisa mendapatkan informasi pribadi dan juga aktivitas di Instagram mu.

Solusi


Jadi satu-satunya solusi yang paling direkomendasikan oleh Admin kosngosan adalah, segera install atau hapus aplikasi Mod itu kemudian download Instal aplikasi Instagram resmi yang berasal dari Google Play Store atau Apple Store. Dengan demikian sobat kosngosan akan terhindar dari permasalahan yang bisa terjadi di kemudian hari

Terdapat BUG


Apakah sobat kosngosan mengetahui apa itu BUG? Bug merupakan masalah yang normal dan dapat terjadi pada software apapun itu. Penyebab bug ini tidak selalu karena kesalahan software. Dpat terjadi pemicu timbulnya bug karena adanya permasalahan pada smartphone yang sobat gunakan. Misalnya kemungkinan smartphone sudah di root, menggunakan custom rom dan sebagainya.

Solusi


Bagaimana caranya menghilangkan Bug? Caranya cukup sederhana saja yaitu update versi instagram baru, menghapus cache instagram, restart perangkat smartphone milikmu dan tunggu penyelesaian masalah internal instagram. Jika sudah selesai, maka sobat dapat membuka dan scrool di Instagarm lagi dengan lancar.

Software belum di Update


Salah satu kemungkinan IG itu lemot atau down adalah karena belum update aplikasi IG itu sendiri. Instagram merupakan salah satu media sosial dengan akses aplikasi yang sering melakukan update. Biasanya update ini sering sekali dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan berbagai fitur dan pelayanan baru untuk user-nya sendiri.

Selain itu hal ini juga bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang mungkin sedang terjadi di instagram. Sehingga jika sobat kosngòsan belum update ke versi terbaru, kemungkin besar akan mengalami instagram yang error atau bermasalahan nantinya.

Solusi


Sobat kosngosan hanya perlu membuka aplikasinya di playstore atau apple store. Kemudian pilih menu pilihan, dan klik Aplikasi saya, carilah aplikasi instagram. Klik update (apabila tersedia, kalau yang muncul tombol Open atau Buka, berarti update belum tersedia)

Bagaimana kalau sobat sudah melakukan update tetapi software instagram tersebut masih belum dapat di akses juga? Ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada saat proses update tersebut. Kamu dapat mengulanginya dengan cara menghapus software dan download kembali dalam IG versi terbaru. Coba saja, bila tetap nihil, bisa lanjut ke solusi selanjutnya.

Terdapat data Corrupt


Faktor penyebab berikutnya akses media sosial instagram tetap bermasalah setelah melakukan update atau setelah sobat mengguanakan aplikasi resmi, biasanya permasalahannya terjadi karena terdapat data software yang corrupt atau rusak. Tenang saja, ini bukan kesalahan mu kok. Jadi cukup melakukan seperti dibawah ini.

Solusi


Untuk mengatasinya sobat kósngosan hanya cukup melakukan cara pada poin –poin diatas. Solusi pada poin diatas sudah mencangkup menghilangkan data software corrupt ini.

Kamu juga dapat menerapkan cara lainnya yaitu menghentikan atau force stop sementara aplikasi lain yang sedang berjalan atau terbuka. Terlalu banyak software yang berjalan akan mengurangi kinerja dari smartphone, begitu juga aplikasi lain yang mungkin mengganggu.

Menyimpan banyak data


Kamu yang tidak terlalu memperhatikan penyimpanan data aplikasi IG, silahkan mengeceknya terlebih dahulu. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah sobat kosngosan terlalu lama tidak membersihkan data sampah yang tersimpan di memori internal smartphone mu, sehingga akses terhadap IG dan aplikasi lain selalu lemot dan bermasalahan.

Solusi


yang ampuh untuk mengatasi error di software merupakan dengan menghapus riwayat data atau clear cache/ clear data. Cobalah untuk menghapus data yang tidak penting, seperti menghapus cache atau data instagram yang ada di Android. Bagaimana caranya? Cukup sederhana dan mudah. Kamu tinggal masuk ke setelan/setting/pengaturan di HP Kamu.

Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu software/apps, lalu mencari software instagram. Setelah menemukannya, Kamu akan melihat menu yang mendetail. Selanjutnya, pilihlah Storage, pilih Clear data/clear cache.

Ketika proses selesai silahkan untuk kembali login pada akun instagram Kamu. Lakukan pembersihan data secara berkala untuk menjaga kestabilan performa software Kamu. Tidak hanya instagram, hal ini juga berlaku untuk semua software.

Server Instagram sedang down


Ini merupakan permasalahan yang diluar kendali kita, sebagai seorang pengguna IG biasa. Media sosial instagram memang sedang down untuk saat ini. Dan sobat kosngosan tidak bisa melakukan apa-apa karena memang permasalahannya bukan terletak di pihak pengguna namun di pihak Instagram itu sendiri. Namun bukan berarti kita berpangku tangan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah benar Instagram sedang mengalami permasalahan atau tidak

Solusi


Sobat kosngosan dapat mengecek sendiri apakah IG sedang down atau tidak dengan mengunjungi beberapa situs terkenal untuk melihat status web apakah sedang mengalami maintenance atau tidak.


  1. Is It Down Right Now? Website Down or Not?
  2. Is It Down Or Just Me?
  3. Down Detector


Sobat kosngosan bisa mengetik di tab “Check it” dengan kunci “instagram.com”. Kamu dapat melihat keterangannya apakah instagram memang sedang down atau tidak.

Untuk mengakses ketiga situs tersebut sobat kosngósan tidak perlu mengeluarkan duit karena bisa diakses gratis. Cara yang paling simpel Selain itu adalah dengan membaca berita di portal besar. Apabila Instagram sedang down, maka sudah pasti itu diberitakan di berbagai media massa

Kebijakan pemerintah


Nah yang paling terakhir ini hampir sama dengan permasalahan ketika server Instagram sedang Down. Artinya ini bukan suatu kesalahan yang berasal dari pihak pengguna atau kita sebagai penikmat.

Akan tetapi akses terhadap Instagram memang sedang dibatasi oleh pemerintah suatu negara, dengan tujuan tertentu. Misalnya saat kemarin pemerintah membatasi akses media sosial untuk menghindari penyebaran hoax atau berita palsu.

Solusi


Kita sebagai pengguna hanya bisa menunggu keputusan pemerintah untuk menormalkan kembali akses media sosial termasuk Instagram. Selain itu yang bisa kita lakukan adalah memerangi hoax dengan melaporkan akun-akun yang sering memberikan berita palsu sehingga ini akan mempercepat pemerintah untuk memberikan akses normal kembali terhadap Instagram

Baca juga : Cara Membuat Foto dan Video yang Instagramable Lewat HP

Bagaimana apakah kamu sudah mengetahui berbagai permasalahan yang sering terjadi pada media sosial Instagram dan cara mengatasinya dengan baik dan benar? Semoga saja artikel dari kosngosan diatas, bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk tekan tombol share dan bagikan artikel ini serta berikan komentar kalian di bawah, trims
By

0 Response to "Cara Mengatasi Instagram Lemot Padahal Sinyal Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel