Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Akun Fake Instagram Itu Milik Siapa

Bagaimana cara mengetahui siapa pemilik akun fake di IG? Buat kalian yang sering kesal karena diganggu oleh akun fake atau akun palsu di sosial media, bisa mengikuti beberapa tips dari kosngosan kali ini. Instagram saat ini menjadi akun sosial media yang semakin populer bahkan hampir semua kalangan sudah memilikinya, bisa itu anak – anak, remaja, maupun orang dewasa sekalipun.

Akan tetapi diantara sekian banyak pengguna akun Instagram, tidak sedikit merupakan akun – akun fake (palsu) yang bahkan cukup banyak presentasenya. Tentu hal ini sudah sering kita jumpai bukan? Sehingga kadang kita bertanya – tanya, siapa sih sebenarnya pemilik akun fake ini?

Orang – orang yang menggunakan akun fake kebanyakan memiliki alasan tersendiri untuk berbuat demikian. Salah satunya adalah khawatir identitas asli mereka terbongkar karena biasanya mereka menggunakan akun tersebut untuk kepo atau sekedar stalking saja. Tentu saja tidak ada yang salah dengan akun fake ini, tapi itu akan menjadi problem kalau akun akun ini sudah melakukan berbagai hal yang melanggar privasi

Karena ada juga  yang membuat akun fake untuk menebar fitnah atau ujaran kebencian sehingga merugikan pihak – pihak tertentu. Mereka biasanya membuat email baru di HP dan mendaftar akun IG baru. Tentu hal ini akan membuat banyak orang menjadi kurang nyaman. Bahkan lebih parahnya bisa melakukan perbuatan melanggar hukum lho.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? salah satunya adalah dengan melacak siapa pemilik akun tersebut sebenarnya. Dengan demikian, orang yang membuat akun itu akan ditangkap dan bertanggung jawab atas perbuatan nya, karena terjerat oleh UU ITE


Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake IG

Cara Mengetahui Akun Fake Instagram

Lalu sebenarnya bisa tidak sih kita mengetahui akun fake yang ada di Instagram itu milik siapa? Jawabannya adalah tentu bisa – bisa saja. Berikut akan kita bahas bagaimana cara yang bisa sobat kosngosan coba dibawah ini :


1. Mengecek Perubahan Nama Pada Akun Instagram Mereka

Jika kamu telah mendapati bahwa akun mereka merupakan akun lama yang sudah pernah berganti nama, maka kamu bisa mencoba melacaknya menggunakan cara yang satu ini. Sebab, tidak sedikit para pengguna akun Instagram yang seringkali merubah nama mereka dengan berbagai alasan tertentu. Baik untuk stalking, kebutuhan bisnis dan lain sebagainya. Untuk mengecek perubahan nama yang pernah mereka gunakan sebelumnya, berikut langkah – langkahnya :

a. Hal pertama yang pasti harus kamu lakukan adalah, buka aplikasi Instagram yang ada di ponselmu. Jika belum memiliki, maka kamu bisa mencoba mengunduhnya di App Store atau Google PlayStore terlebih dahulu.

b. Kemudian, sobat kosngosan bisa mencari akun yang kamu curigai dan belum diketahui identitasnya tersebut. Jika dia sudah pernah mengikuti akunmu, maka kamu bisa mencarinya pada daftar follower. Namun jika tidak, gunakanlah fitur searching (pencarian) pada explore. Yang harus dipastikan sebelumnya adalah, kamu harus tau betul username akun Instagram mereka dengan tepat.

c. Setelah kamu berhasil menemukan akun mereka, silahkan klik ikon titik tiga di sudut kanan tepatnya disamping profil akun mereka.

d. Kemudian pilih menu yang bertuliskan, About This Account atau Tentang Akun Ini.

e. Setelah menu terbuka, maka Instagram akan menampilkan detail informasi mengenai akun yang bersangkutan. Misalnya informasi tentang kapan dan dimana tempat akun tersebut dibuat oleh pemiliknya.

f. Kamu bisa memilih Nama Pengguna Akun atau Former Username yang tertera disana. Jika akun tersebut memang pernah berganti nama sebelumnya, maka penggunaan nama yang terdahulu juga akan ditampilkan.

g. Dari beberapa nama yang muncul, mungkin salah satu nama sebelumnya adalah nama asli dari pemilik akun Instagram yang kamu curigai tersebut.

Jika kamu menemukan username yang berbeda – beda pada sebuah akun Instagram, maka bisa dicurigai bahwa akun tersebut memang akun fake (palsu) yang sengaja dibuat oleh seseorang. Karena ciri – ciri yang khas dari akun fake adalah sering bergonta – ganti username pada akunnya.


2. Melacak Akun Fake IG

Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengetahui siapa pemilik asli dari akun Instagram yang fake adalah dengan melacak lebih jauh tentang informasi akun tersebut.

Nantinya sobat kosngosan.com juga bisa melihat apakah akun ini merupakan akun penipuan atau tidak. Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

1. Sama seperti cara sebelumnya, silahkan buka aplikasi Instagram yang ada di ponselmu terlebih dahulu lalu cari menggunakan fitur pencarian atau pada daftar pengikut yang ada di akunmu jika memang mereka pernah memfollow kamu sebelumnya.

2. Setelah berhasil menemukan akun mereka, maka buka profil dan klik ikon titik tiga yang ada di sudut kanan, tepat disamping profil Instagram.

3. Kemudian, pilih copy url akun atau profil Instagram tersebut.

4. Kemudian, beralihlah dan buka browser baik itu Google ataupun Chrome dan sejenisnya yang kamu miliki pada perangkat masing – masing. Lalu pada kolom pencarian, ketikkan Grabify IP Logger atau IP Logger, lalu tekan tombol pencarian dan tunggu halaman loading.

5. Akan muncul halaman baru dan buka website yang tadi.

6. Paste link url profil akun fake yang sudah kamu copy tadi pada kolom paste yang sudah disediakan pada halaman web.

7. Silahkan klik create URL (buat URL) yang ada. Kamu bisa memperpendek link URL yang kamu buat tadi menggunakan layanan Google URL Shortener sehingga link akan lebih singkat dan jelas.

8. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan, adalah salin atau copykanlah link url yang sudah kamu buat tadi dan kirim ke akun fake yang kamu curigai.

Usahakan pemilik akun tersebut harus mengklik link url yang kamu kirimkan. Buatlah beberapa deskripsi atau cerita yang menarik agar mereka penasaran dan tertarik sehingga mendorong mereka untuk mengklik tautan tadi.

9. Jika sobat kósngosan benar – benar berhasil membuat mereka mengklik link url yang kamu kirimkan, maka akan muncul IP Adress mereka. Silahkan kamu salin IP tersebut terlebih dahulu.

10. Sekarang kamu masuk kembali ke browser dan cari di kolom pencarian “IP Tracker”. Setelah menemukan website yang sesuai, kamu bisa langsung memilih opsi IP Tracker Option pada laman web lalu masukkan IP address dari akun fake yang kamu dapatkan dari layanan IP logger tadi.

11. Setelah kamu masukkan IP address pemiliknya tadi, tunggu sejenak dan tara! Laman baru yang muncul akan menampilkan informasi dan detail akun orang tersebut seperti memuat nama asli, lokasi mereka atau kode area pemilik dan beberapa informasi penting yang tercantum lainnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa sobat kosngósan coba untuk mengetahui siapa sebenarnya pemilik akun fake di Instagram yang sering mengepoi akunmu. Tidak terlalu sulit bukan?


3. Tips Menghapi Akun Fake IG

Mendapati akun kita sering dipantau oleh akun – akun palsu merupakan suatu keadaan yang cukup menjengkelkan dan membuat penasaran.

Apalagi jika setiap kamu update foto atau snapgram, pasti ada saja akun misterius yang tidak dikenal selalu melihat atau menyukai post an mu. Hal ini justru terkadang membuat beberapa orang menjadi tidak nyaman, bahkan dirimu sendiri.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya bisa juga kamu akali dengan membuat akun Instagrammu menjadi privat (private account) sehingga hanya orang – orang tertentu saja yang bisa mengakses dan melihat informasi yang kamu unggah di Instagram.

Dengan begitu, tidak sembarang orang bisa melihat post an yang kamu update baik itu foto atau instastory. Sebab jika mereka ingin mengakses dan memfollow akunmu, mereka butuh konfirmasi dan persetujuan dulu darimu

Sehingga selama permintaan mengikuti darinya tidak kamu terima, maka mereka tidak akan bisa membuka dan melihat unggahan dari akunmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Remove Follower dari Instagram.

Caranya adalah dengan membuka daftar follower pada akunmu lalu cari akun mereka. Disamping nama profil akan ada opsi unfollow dan remove. Silahkan pilih yang remove, dan otomatis mereka akan dihapus dari daftar followermu.

Dan semisal kamu merasa keberadaan akun mereka cukup mengganggu, maka kamu bisa langsung menggunakan fitur block sehingga mereka benar – benar tidak memiliki akses lagi untuk mencari akunmu

Baca juga : Cara Buat WhatsApp Baru dengan Nomor yang Sama


Bagian Penutup

Penting sekali untuk mengetahui terlebih dahulu bahwa suatu akun media sosial, khususnya instagram yang dituju memiliki tampilan yang benar-benar terpercaya jangan asal masuk ke halaman yang nama domain juga sobat kosngosan rasa tidak profesional.

Misalnya ada akun instagram yang memberikan link halaman untuk transaksi, tetapi masih menggunakan domain gratisan misalnya wordpress, blogspot atau weebly dan lainnya. Demikian, semoga menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini di sosial media kalian ya, terimakasih

Oleh rezaharahap