Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email Baru di HP yang Sudah Ada Emailnya

Bagaimana cara buat email baru di hp yang sudah ada emailnya? Saat ini email sudah menjadi kebutuhan setiap pengguna di internet. Karena tanpa adanya electronic mail ini, kamu tidak bisa mendapatkan identitas dalam suatu layanan platfrom. E-mail menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki semua orang, terutama era media sosial seperti sekarang. Dengan memiliki akun email, sobat kosngosan dapat menggunakannya sebagai sarana pendaftaran bagi akun media sosial, pendaftaran akun marketplace, promosi atau untuk kebutuhan pengiriman file dan dokumen pada suatu instansi maupun perseorangan.

E-Mail (Electronic Mail) atau biasa disebut Surel adalah fasilitas internet yang menjadi alamat identitas kita di internet, dengan memilikinya, kamu dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, termasuk fungsi dasarnya adalah sebagai media pengiriman pesan menggunakan jaringan internet.

Dan saat ini, Email sudah berkembang pesat penggunaanya, sehingga kita bisa mengirim file, foto, video dan pesan dengan orang lain menjadi lebih mudah dan cepat.

Apakah bisa membuat email lebih dari satu dalam sebuah perangkat saja? Jawabannya adalah bisa. Dengan hanya satu perangkat saja kamu bahkan bisa membuat lebih dari 2 akun gmail.

Dan walaupun nomor HP yang digunakan sudah pernah dipakai sebelumnya, kita pun tetap masih bisa membuat email baru di hp dan nomor yang sama. Sebenarnya kamu juga bisa mendapatkan nomor kosong tanpa aplikasi seperti pembahasan sebelumnya.


Cara Buat Email Baru HP yang Sudah Ada Emailnya

cara buat email baru di hp

Sesuai dengan judul yang sudah kamu baca diatas, Lalu bagaimana sih caranya untuk membuat alamat email baru tersebut tanpa repot? Dalam pembahasan berikut ini, kosngosan.com akan membahas tentang bagaimana sih caranya membuat email baru di hp yang sudah ada emailnya? Berikut penjelasan lebih lengkapnya :


Cara Pertama

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat email baru melalui menu google yang ada pada pengaturan HP android yang kamu miliki. Disana, kamu diperbolehkan untuk menambahkan akun email yang sudah ada sebelumnya ataupun dapat juga membuat yang baru. Caranya adalah:

1. Pertama tama, buka pengaturan (settings) pada ponsel lalu cari dan pilih menu akun google (layanan dan preferensi).

2. Setelah menu terbuka, klik tanda panah di bagian sudut kanan laman. Nah selanjutnya kamu bisa memilih dengan menekan “tambahkan akun lain”.

3. Scan sidik jari yang telah disetting pada ponsel atau masukkan sandi PIN yang digunakan untuk masuk ke HP kamu (ini tergantung settingan masing – masing ponsel).

4. Setelah terverifikasi, akan muncul halaman baru berupa login akun gmail. Lalu silahkan klik “buat akun”.

5. Akan diberikan dua macam opsi yang bisa kamu pilih. Ada akun yang diperuntukkan untuk diri sendiri (akun pribadi) dan akun untuk pengelolaan bisnis (untuk mengelola bisnis saya). Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun jika akun email memang digunakan untuk keperluan pribadi, pilih saja “untuk diri sendiri”.

6. Setelah itu masukkan nama depan dan nama belakang untuk akun gmail nantinya sesuai dengan keinginanmu.

7. Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan informasi berupa tanggal lahir dan gender.

8. Selanjutnya sobat kosngoѕan pilih “buat alamat gmail anda sendiri”, kemudian masukkan nama alamat email yang ingin kamu buat.

9. Buat kata sandi (password) untuk akun email barumu. Sebaiknya pilih perpaduan kata yang rumit agar tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Berikan campuran huruf, angka atau simbol – simbol tertentu. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah, pastikan kamu mengingat dengan baik kata sandi yang kamu buat agar ketika ingin login email lagi nantinya, kamu tidak perlu kesulitan.

10. Berikutnya, masukkan nomor telepon yang aktif dan dapat dihubungi. Karena hal ini nantinya akan digunakan untuk mendapatkan kode OTP dan opsi verifikasi reset kata sandi apabila kamu lupa password akunmu.

Selain itu bisa juga digunakan untuk menerima panggilan telepon dan pesan, serta membuat layanan akun google berupa iklan yang lebih relevan. Maka pastikan nomor yang dimasukkan masih aktif dan benar ya. Tetapi jika kamu tidak ingin menambahkan nomor telepon, klik saja “lewati”.

11. Klik ‘berikutnya’ lalu akan muncul laman baru bertuliskan “privasi dan persyaratan” dari google. Scroll saja terus sampai ke bawah dan tekan pilihan “saya setuju”.

12. Nah, nantinya secara otomatis pada menu akun ponselmu akan muncul alamat email baru yang telah kamu buat tadi. Akun email ini juga akan tertaut ke dalam ponsel selama kamu tidak log out. Namun jika kamu ingin mengeluarkan email ini dari ponselmu maka tinggal pilih saja menu “hapus akun gmail”.


Cara Kedua

Untuk cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan melalui aplikasi gmail yang tersedia di setiap perangkat androidmu. Umumnya aplikasi ini sudah ada dan menjadi bawaan pada ponsel sehingga kita tidak perlu menginstallnya dari google playstore lagi. Nah untuk langkah – langkahnya seperti berikut ini :

1. Pertama, sobat kosngosan buka aplikasi gmail pada ponselmu kemudian pilih “menu akun” yang berada di sudut laman bagian kanan atas.

2. Nantinya akan muncul laman baru lalu cari dan pilih opsi “tambahkan akun lainnya”.

3. Akan tersedia berbagai macam pilihan akun email yang bisa kamu pilih. Diantaranya seperti Outlook, Hotmail, dan Live, Yahoo, Google, Exchange dan Office 365 dan beberapa opsi lainnya. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginanmu. Namun jika kamu ingin membuat akun gmail maka pilih saja yang Google.

4. Scan sidik jari atau sandi PIN yang biasa kamu gunakan untuk masuk ke ponselmu.

5. Nantinya akan muncul laman baru berupa menu login. Pilih opsi “buat akun”.

6. Nah, untuk langkah – langkah selanjutnya hampir sama dengan cara nomor 1 (mulai langkah nomor 5). Ikuti saja petunjuk dan instruksinya sampai akun email barumu benar – benar jadi.

Bagaimana, mudah kan untuk membuat akun email baru di HP yang sudah terdapat email sebelumnya? Sepertinya juga tidak sampai 10 menit untuk membuatnya.

Sekarang kamu bisa menggunakan lebih dari satu email hanya dalam satu perangkat android. Lalu, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah menggunakan dan menjaganya dengan bijak agar tidak mudah dicuri dan disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Sebab jika akun email tersebut biasa digunakan untuk sesuatu yang penting, maka akan sangat berbahaya sekali jika kata sandinya diketahui oleh orang lain.


Tips Mengelola Banyak Email dalam 1 HP

Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan jika kamu akan mengelola lebih dari satu akun email dalam perangkat androidmu :


1. Sebaiknya Miliki Lebih dari 1 Akun Email

Hal ini agar lebih mudah dalam pemisahan kepentingan seperti mana akun yang dikhususkan untuk sosmed, atau yang untuk kebutuhan kerja, untuk kepentingan personal dan bisnis lainnya. Sehingga kita juga memiliki prioritas tersendiri dalam mengelolanya.


2. Kita Dapat Membuat Email Tanpa Menggunakan Nomor Telepon

Pada umumnya dalam setiap proses login atau pembuatan akun baru, opsi nomor telepon selalu diminta untuk diisi. Namun sebenarnya hal ini sifatnya opsional lho! Artinya hal ini dilakukan sebagai langkah untuk pengamanan akun saja. Jadi tanpa nomor telepon pun, sobat ĸosngosan sebetulnya tetap bisa memiliki akun gmail.


3. Ada Persyaratan Usia untuk Memiliki Akun Google

Biasanya jika kita tidak memenuhi kriteria usia yang ditetapkan oleh google, maka fitur yang disediakan dari google juga akan terbatas dan tidak bisa kita gunakan sepenuhnya.

Jadi sebenarnya tidak harus valid juga untuk memasukkan informasi tahun lahir dalam pembuatan akun google (kecuali untuk akun – akun tertentu seperti akun sekolah, kuliah atau pekerjaan).

Baca juga : Contoh Alamat Email yang Keren


Kata Penutup

Surel atau email telah menjadi salah satu media komunikasi paling efektif, efisien, dan murah saat ini. Zaman dulu pengiriman surat hanya dapat melalui jasa pengiriman pos yang memerlukan waktu beberapa hari.

Tapi sekarang, dengan adanya email, sobat kosngosan sudah bisa melakukan apa pun di internet. Demikian pembahasan kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan tulisan ini di social media kalian ya, terimakasih

Oleh rezaharahap