Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Hasil Percobaan Membuat Es Buah dengan Berbagai Bahan

Bagaimana cara membuat es buah spesial? Dalam praktikum kewirausahaan, terkadang guru memberikan tugas untuk membuat es buah sederhana seperti yang dijual mamang es buah terdekat. Dengan berbagai bahan seperti pakai selasih, susu atau tanpa susu dan dengan campuran bahan bahan buah dengan packaging yang menarik.

Kamu pastinya sudah pernah minum es buah segar, bukan? Di youtube sendiri, Ada banyak sekali resep untuk bikin es buah. Kamu bisa mencoba berbagai resep tersebut tentunya dengan bahan yang murah dan menguntungkan apabila digunakan untuk jualan sehari hari.

Jenis minuman lain yang populer di masyarakat ini dinilai lebih sehat karena memang mengandung berbagai potongan buah. Pastinya ini akan lebih dipilih oleh kalian yang sedang diet dan bisa menyegarkan tenggorokan di siang bolong.

Negara Indonesia memang memiliki jenis buah-buahan tropis yang tidak bisa ditemui di negara empat musim seperti misalnya nangka, cempedak, pisang, mangga dan buah khas tropis lainnnya yang sering digunakan untuk bahan es buah

Bagaimana teman-teman sekalian apakah masih penasaran dengan tugas membuat es buah ini? Pastikan bahwa sobat kosngósan fokus untuk membuat es buah bukannya nanti setelah selesai langsung habis dimakan, hehehe.





Baca juga : Proposal Kewirausahaan Bisnis Es Buah

Cara Membuat Es Buah Sederhana

resep es buah sederhana

1. Latar Belakang


Es buah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Minuman dengan campuran potongan berbagai buah yang ditambahkan dengan es, susu atau santan dan gula ini menjadi salah satu pilihan minuman yang paling menyegarkan dan sehat ketika rasa gerah tiba.

Di Indonesia sendiri penggunaan es pertama kali masuk sejak abad ke-19 berdasarkan dari catatan pelancong yang bernama Chailley Bert asal negara prancis. 

Dahulu es didapat dari kapal Amerika yang membawa balok es karena saat itu orang Indonesia belum mengetahui cara pembuatan es. Sejak saat itulah di Indonesia sudah banyak ditemui berbagai minuman es.

Sebelum adanya kulkas, pembuatan balok es dilakukan dengan bantuan larutan garam untuk mencapai suhu mendekati titik beku dan dicampur dengan amoniak yang diimpor dari negara Eropa. 

Baru kemudian perkembangan teknologi membuat masyarakat sudah bisa membuat es dirumah dengan bantuan kulkas atau freezer.


2. Rumusan Masalah


Berdasarkan dari pemaparan latar belakang di atas maka dapat disimpulkan beberapa rumusan masalah yang akan digunakan sebagai dasar untuk membuat percobaan pembuatan es, yaitu :

  • Bagaimana Tips Memilih Buah untuk membuat es buah?
  • Apa saja alat dan bahan pembuatan es buah?
  • Bagaimana proses pembuatan es buah?


3. Alat dan Bahan


Sebelum melakukan percobaan pembuatan es buah, sobat kosngosan harus mengetahui berbagai alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum kali ini yaitu sebagai berikut :

a. Wadah tempat es
b. Gelas
c. Sendok
d. Gula Pasir
e. Susu Kental Manis
f. Santan cair
g. Daging buah yang terdiri dari mangga, kiwi, strawberry, alpukat, nenas, pepaya dan sebagainya.Penggunaan buah bisa diganti dan ditambah sesuai selera
h. Nata De Coco atau Rumput Laut
i. Es batu atau kristal
k. Daun pandan


4. Proses Pembuatan


Nah setelah sobat kosngosan mempersiapkan beberapa bahan dan alat diatas, silahkan mengikuti prosedur pemasakan es buah seperti yang sudah dijelaskan step by step dibawah ini :

Langkah 1

Pertama buka semua buah buah annya dan bersihkan bagian yang tidak diinginkan. Potong menjadi beberapa bagian. Sobat kòsngosan juga bisa memotong buah dengan bentuk yang unik, sehingga menarik perhatian anak nantinya.

Langkah 2

Setelah itu persiapkan kuahnya. Masak santan, susu kental manis, gula dan daun pandan hingga mendidih. Untuk takarannya, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Karena tidak ada takaran khusus untuk membuat kuah es buah, maka kamu bisa menyesuaikan dengan selera masing masing. Apabila ingin yang manis, tambahkan banyak susu dan gula .Untuk daun pandan bisa digantikan juga dengan kayu manis

Langkah 3

Setelah diaduk beberama menit, angkat dan dinginkan kuah nya. Kemudian taruh buah-buahan yang sudah dipotong potong tadi, rumput laut dan nata de coco dalam gelas siap saji

Langkah 4

Tuangkan kuah yang sudah dibuat tadi yang mengandung santan dan susu kental manis tadi dan berikan tambahan es batu atau es kristal.

Untuk es batu, sangat penting menjaga kualitasnya. Ada baiknya sobat kosngosan membuat sendiri es batu dari air yang sudah dimasak, supaya menghindari terjadinya diare

Langkah 5

Nah, es buah sudah selesai dibuat. Sobat kosngosan bisa menyajikannya dalam kondisi dingin. Bisa diminum menggunakan sendok. Selamat mencoba


Resep Es Buah Sederhana


Es buah sederhana rasanya segar banget. Es buah ini cocok untuk kamu yang tidak begitu suka es buah yang terlalu manis menggunakan sirup atau gula cair.

Bahan-bahan Es Buah sederhana ini :

beberapa potong kayu manis
potongan buah nanas (potong kecil)
500 gr gula pasir (atau sesuaikan selera)
2 ltr air
3 sdm selasih
potongan buah pepaya (iris kecil)
potongan buah melon (iris kecil)
5 sdm nata de coco

Cara Membuat Es Buah Sederhana :

Cuci bersih kayu manis dan nanas.
Rendam biji selasih ke dalam air panas, tunggu hingga mengembang.
Rebus air dan tambahkan gula pasir.
Masukan potongan nanas dan kayu manis, tunggu hingga aroma kayu manis dan nanas keluar.
Campur semua bahan lainnya.
Es buah sederhana sudah siap dihidangkan.


5. Hasil Pembuatan


Ternyata setelah dilakukan, membuat es buah tidaklah sulit, karena memang bisa dibuat dari bahan bahan sekitar yang sering sekali kita temui. 

Namun sobat kosngosan harus jeli untuk memadukan buah-buahan tersebut, jangan sampai ada rasa buah yang bertabrakan dan menimbulkan perpaduan rasa yang tidak enak

Jadi disini dibutuhkan kreasi dan inovasi dari sobat sendiri. Tidak ada patokan khusus untuk resep es buah karena memang membuat es buah itu cukup fleksibelnya resepnya. 

Sobat kosngosan bisa mengubah buah yang digunakan sesuai dengan buah yang sedang musim saat ini. Namanya buah bukan? karena buah tropis juga tidak selalu ada sepanjang waktu, jadi butuh penyesuian.

Artikel rekomendasi : Laporan Hasil Percobaan Membuat Tape Singkong dan Tape Ketan


6. Kesimpulan


Sebenarnya jenis es buah sangat ditentukan dari bahan dasarnya serta campuran untuk cairannya. Di sini kamu bisa mengombinasikan berbagai bahan yang ada dan bisa berkreasi dengan membuat es buah yang berbeda dari yang lain sehingga konsumen mu akan tertarik untuk mencoba

Selamat, karena sobat kosngosan sudah berhasil membuat es buah yang enak. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini jangan lupa untuk membagikannya dengan tekan tombol share di bawah. Ceritakan juga pengalaman kalian membuat es buah di kolom komentar
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya