Contoh Proposal Badminton (Bulu Tangkis) Untuk Turnamen Pertandingan

Suka bermain badminton? Olahraga ini merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dan banyak diadakan turnamen antar kampung. Sehingga tidak mengherankan, prestasi Indonesia di bidang olahgara badminton sudah diakui dunia sejak dahulu. Bagi yang akan mengadakan turnamen pertandingan bisa mendapatkan proposal biaya selengkapnya pada postingan kosngosan dibawah ini

proposal badminton bulu tangkis

Pada dasarnya proposal bulutangkis sama saja dengan proposal olahraga lainnya seperti proposal sepakbola proposal futsal atau voli. Yang membedakannya adalah detail kegiatan serta kebutuhan biaya untuk hal-hal teknis.

Sebelum kita membahas mengenai contoh proposal dan dan pembuatannya kita akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah bulutangkis dunia untuk menambah pengetahuan para pembaca sekalian.

Bulutangkis atau badminton berawal dari olahraga harga yang memainkan kok dan raket yang mulai berkembang di Mesir kuno (ada yang menyebut dari India atau China) sekitar 2000 tahun yang lalu.

Kemudian negara Inggris Raya turut memperkenalkan olahraga ini ke negara lain. Bulu tangkis sendiri masuk di Indonesia tahun 1930 an dibawa oleh organisasi yang bernama ikatan sport Indonesia atau disingkat ISI,

Bulutangkis sendiri yang mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia tahun 1947, kala itu olahraga ini termasuk salah satu bagian dari program pembangunan yang dicanangkan oleh Presiden Soekarno. Dan pada puncaknya prestasi terbaik di Indonesia adalah memenangkan Thomas Cup pada tahun 1958.

Baca juga : 5 Cara Mencari Sumber Dana Untuk Kegiatan Sekolah atau Kampus

Hingga saat ini negara Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam olahraga bulutangkis. Banyak sekali Legenda yang memenangkan kejuaraan dunia dan bahkan ada yang membuat rekor dan belum terpecahkan hingga saat ini.


Panduan Membuat Proposal Badminton


Membuat proposal turnamen badminton sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan proposal kegiatan olahraga lainnya. Disini kita akan lebih fokus ke estimasi wilayah dan detail teknis sehingga kamu nanti bisa menyesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya

Langkah 1 :

Membuat halaman kerja baru di word dan menggunakan penulisan standar, seperti penggunaan font Arial atau Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.5 dan after before line dikasih nilai 0. Berikan margin standar seperti 3-3-3-4. Aturan ini sebenarnya tidak baku, dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Membuat bagian pendahuluan, pada bagian ini kamu bisa menjelaskan latar belakang mengapa kegiatan pertandingan badminton ini dilakukan. Jelaskan secara lebih rinci dan mendetail mengenai dampak positif yang akan didapatkan dari kegiatan olahraga ini bila dilakukan.

Langkah 2 :

Lalu sobat kòsngosan membuat bagian dasar kegiatan, seperti apa turnamen pertandingan olahraga ini nantinya akan berjalan. Bagaimana mekanismenya, apakah kegiatan tersebut melibatkan seluruh warga desa, bagaimana sistem pertandingannya dan selengkapnya bisa kamu jelaskan disini.

Langkah 3 :

Kemudian buatlah bagian tujuan kegiatan, tujuan seperti apa yang akan diperoleh setelah kegiatan pertandingan olahraga ini berakhir. Apakah memberikan keuntungan positif berupa terjalinnya silaturahim, peningkatan kesehatan, dan sebagainya.

Langkah 4 :

Nah ini adalah bagian yang penting, yaitu sobat kosngosan harus membuat bab rincian kegiatan berupa waktu kegiatan, menjelaskan lamanya waktu kegiatan, perkiraan kapan pertandingan berlangsung dan juga detail tempat pertandingan dilaksanakan.

Langkah 5 :

Pertandingan ini tentu saja membutuhkan panitia, bukan? Maka dari itu susunan panitia, menjelaskan orang yang bertanggung jawab dalam program atau kegiatan badminton tersebut. Turnamen olahraga badminton yang memiliki struktur kerja apik, seperti wasit utama, wasit net dan petugas lain yang akan lebih mudah dipahami cara kerjanya dan tentunya lebih efisien dan efektif.

Langkah 6 :

Selanjutnya adalah membuat rincian anggaran, ini adalah bagian yang paling penting. Pada bagian ini akan dijelaskan berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap material yang diperlukan, dan biaya yang ditagihkan kepada setiap kegiatan pertandingan.

Setelah itu barulah bagian terakhir berupa lampiran yang berisi dokumen pendukung yang bisa dijadikan bahan pelengkap proposal. Setelah itu proposal dicetak dan dijilid kemudian diberikan kepada pihak sponsor untuk kemudian disetujui atau tidak.


Contoh Proposal Badminton


Berikut beberapa contoh proposal kegiatan pertandingan badminton yang bisa sobat kosngosan ambil, Sebagian ada yang di embed, dan ada juga dalam bentuk teks. bisa kamu download link nya ada dibawah ya



Permohonan Dana Badminton PT Kosngosan

A. LATAR BELAKANG

Dalam rangka mencapai tujuan menjadikan tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, maka kami bersemangat sepakat untuk mengadakan kegiatan olah raga secara rutin yakni “Badminton” dan sekaligus untuk menjalin kesatuan dan persatuan keluarga besar PT. Kósngosan.

Tentu saja untuk mewujudkan tujuan tersebut sesuai dengan harapan, membutuhkan kebersamaan dan dorongan dari semua pihak. Oleh karena itu besar harapan kami kepada Pimpinan dan semua pihak untuk bisa ikut serta memberikan dukungan dan bantuan kepada kami baik moril maupun materil.

B. RENCANA KEGIATAN

Rencana kegiatan yang akan kami lakukan adalah olahraga Badminton rutin yang akan ditujukan untuk karyawan PT Kosngosan.

C. PELAKSANAAN KEGIATAN

1. Tempat Pelaksanaan : GOR Badminton Santana, Gg.
Gotong Royong No.29, Tampan, Pekanbaru
2. Hari Pelaksanaan : Setiap Selasa
3. Waktu Pelaksanaan : Pukul 18.00-20.00 WIB

D. SUSUNAN KEPANITIAAN

Susunan Kepanitiaan Terlampir

E. ANGGARAN DANA

Anggaran dana terlampir

M. PENUTUP

Demikianlah proposal ini kami sampaikan, sebagai gambaran umum tentang keinginan untuk melakukan kegiatan olah raga tersebut, semoga mendapat tanggapan serta dukungan yang posistif dari semua pihak sehingga tercapai apa yang kita harapkan.

Besar harapan kami Bapak/Ibu membuka hati untuk membantu kami khususnya dana yang kami butuhkan. Atas bantuan dan kerjasama yang Bapak/Ibu berikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Panitia Pelaksana Kegiatan Badminton PT. Kosngosan

Ketua Pengurus Sekretaris

Muhammad Reza Harahap, SP


Kamu bisa Download Contoh Proposal Kegiatan Olahraga Bulu Tangkis diatas dengan Klik tombol unduh DISINI.

Penting sebelum nya, kamu akan diarahkan ke tab baru menuju safelink, tunggu beberapa detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik dan kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Disitu kamu bisa langsung tekan icon download dan mendapatkan file word proposal-nya.


Baca juga : Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Lengkap dengan Rincian Biayanya

Kata Penutup


Semoga dengan membaca cara pembuatan proposal dan contohnya untuk turnamen bulutangkis ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian. Kegiatan pertandingan olahraga seperti ini merupakan hal yang positif dan bisa meningkatkan kekompakan masyarakat.

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngósan, jangan lupa untuk memberikan saran dan kritik di kotak komentar juga bagikan artikel ini di media sosial kalian
By

0 Response to "Contoh Proposal Badminton (Bulu Tangkis) Untuk Turnamen Pertandingan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel