Contoh Proposal Sepak Bola Futsal Untuk Turnamen Pertandingan [Lengkap Estimasi Biaya]

Bemain sepakbola dan futsal merupakan kegiatan olahraga yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Olahraga ini bahkan sudah sangat akrab dengan masyarakat indonesia. Kita bisa melihat ada berbagai lapangan sepakbola dan futsal yang tersebar antar lingkungan. Sewaktu kecil kita juga biasanya bermain ini, jadi tidak heran, sepakbola merupakan olahraga kedua setelah badminton yang menjadi favorit di Indonesia

proposal sepakbola

Sepak bola dan futsal merupakan olahraga yang menggunakan bola sebagai alat bermain. 2 olahraga ini membutuhkan kerjasama tim keahlian individu serta kemampuan teknik sehingga banyak orang yang menyukai bermain serta menontonnya

Ada berbagai macam teknik yang ada dalam permainan bola seperti teknik menggiring bola, mengoper bola, shooting atau menembak, teknik bertahan, heading atau sundulan kepala serta juggling.

Ketika bermain bola dibutuhkan lapangan sepak bola, wasit utama, hakim garis serta beberapa komponen lainn pendukung olahraga ini. Sebelum kita masuk ke pembahasan utama yaitu contoh proposal pengadaan turnamen sepak bola atau futsal kita membahas terlebih dahulu mengenai sejarah kedua olahraga ini

Tahukah sobat kosngosan, sepak bola dimulai sejak abad ke-2 sampai ke-3 sebelum masehi di Tiongkok di mana masyarakat saat itu senang bermain dan menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Kemudian sepak bola moderen berkembang di Inggris raya yang memiliki peraturan dan dan di gelar lah beberapa kompetisi. Hingga berdirilah asosiasi tertinggi sepak bola dunia atau FIFA pada tahun 1904.

Di Indonesia sendiri sepak bola baru berkembang secara modern dengan berdirinya PSSI atau persatuan sepakbola seluruh Indonesia pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.

Baca juga : Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Lengkap dengan Rincian Biayanya

Kemudian kita beralih ke sejarah Futsal dunia yang pertama kali dipopulerkan di kota montevideo negara Uruguay, pada tahun 1930 diperkenalkan oleh Juan Carlos ceriani. Sementara maksudnya futsal di Indonesia berawal ketika era 1998 sampai 1999. Dan secara resmi menjadi olahraga di Indonesia ketika AFC mendaulat Indonesia untuk menyelenggarakan kejuaraan final futsal tingkat Asia di Jakarta pada tahun 2002.


Cara Penulisan proposal


Membuat proposal turnamen sepakbola dan futsal sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan proposal kegiatan olahraga lainnya. Disini kita akan lebih fokus ke estimasi biaya dan teknis sehingga sobat nanti dapat menyesuaikan sesuai kondisi yang ada dilapangan masing masing.

Langkah 1

Pertama tentu saja membuat halaman baru di microsoft word dan menyesuaikan format penulisan standar, seperti penggunaan font Arial atau Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.5 dan after before line dikasih nilai 0. Berikan margin standar seperti 3-3-3-4. Aturan ini sebenarnya tidak baku, dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Selanjutnya buatlah bagian pendahuluan, sobat kosngosan dapat menjelaskan alasan atau latar belakang pengadaan kegiatan turnamen sepakbola dan futsal ini dilakukan. Jelaskan secara lebih rinci dan mendetail mengenai dampak positif yang akan didapatkan dari kegiatan olahraga ini.

Langkah 2

Sobat kòsngosan kemudian membuat dasar kegiatan, seperti apa turnamen pertandingan sepakbola dan futsal ini nantinya akan berjalan. Bagaimana mekanismenya, apakah kegiatan tersebut melibatkan seluruh warga desa, bagaimana sistem pertandingannya dan selengkapnya bisa dijelaskan disini.

Langkah 3

Buatlah tujuan proposal, tujuan seperti apa yang akan diperoleh setelah kegiatan pertandingan olahraga ini berakhir. Apakah memberikan keuntungan positif berupa terjalinnya silaturahim, peningkatan kesehatan, dan sebagainya.

Langkah 4

Bagian yang cukuppenting, membuat bagian perincian kegiatan berupa waktu kapan dilaksanakannya turnamen tersebut, menjelaskan lamanya waktu kegiatan, perkiraan kapan pertandingan berlangsung dan juga tempat pertandingan diadakan.

Langkah 5

Pertandingan ini tentu saja membutuhkan panitia. Maka dari itu susunan panitia, menjelaskan orang yang bekerja dan yang bertanggung jawab dalam program atau turnamen sepakbola dan futsal tersebut.

Pertandingan olahraga turnamen sepakbola dan futsal yang memiliki struktur kerja apik, seperti wasit utama, hakim garis, anak bola dan petugas lain yang akan lebih mudah dipahami cara kerjanya dan tentunya lebih baik dan efisien.

Langkah 6

Kemudian sobat kosngòsan bisa membuat rincian anggaran, ini adalah bagian yang paling penting. Pada bagian ini akan dijelaskan berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap material yang diperlukan, dan biaya yang ditagihkan kepada setiap kegiatan pertandingan.

Bagian terakhir yaitu membuat lampiran yang isinya kira kira adalah dokumen pendukung yang bisa dijadikan bahan pelengkap proposal. Setelah itu proposal dicetak dan dijilid kemudian diberikan kepada pihak sponsor untuk kemudian disetujui atau tidak.


Contoh Proposal Sepakbola




KEGIATAN

2.1. Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama “Kejuaraan Olahraga Sepak Bola antar SMK/SMA Sederajat”.

2.2. Tema Kegiatan
Tema kegiatan ini adalah “Mempererat silaturahim, kekompakan dan kebersamaan”

2.3. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2021 bertempat di Lapangan Merdeka, Kec. PASID.

2.4. Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan turnamen sepak bola ini menggunakan sistem gugur.

2.5. Jadwal Kegiatan
Rincian jadwal pertandingan sepak bola sebagai berikut :


  • Babak penyisihan dan perempat final
  • Babak semi final
  • Babak final


2.6. Panitia Pelaksana
Panitia pelaksana kegiatan Turnamen Sepak Bola 2021 terdiri dari OSIS dan Siswa Ekskul sepak bola SMA NEGERI 7 PASID , dan pendukung lainnya.

(Susunan Panitia Pelaksana Terlampir)

BAB III
ANGGARAN DANA

3.1 ANGGARAN PEMASUKAN
Dana kegiatan ini berasal dari :


  • Dana kesiswaan SMKN 1 PASID
  • Donatur PT Kósngosan
  • Sponsorship


3.2 ANGGARAN PENGELUARAN

Dalam lampiran

BAB IV
PENUTUP

Demikian proposal kegiatan Turnamen Sepak Bola Tahun 2021 ini disampaikan. Kiranya bisa kita pahami bahwa tanpa dukungan dari berbagai pihak, kegiatan ini tidak dapat terwujud, untuk itu kosngosan ucapkan banyak terima kasih


Download contoh proposal sepakbola DISINI


Contoh Proposal Futsal




A. LATAR BELAKANG

Perkembangan olahraga berlangsung sangat pesat sekarang ini, hal ini telah mempengaruhi berbagai kehidupan masyarakat. Bidang olahraga, Bola Futsal menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat populer di tengah masyarakat. Olahraga ini sering dimainkan oleh berbagai kalangan.

Karena itulah diperlukan kompetisi bola futsal yang sportif, ramah, dan damai. Adanya kompetisi/turnamen semacam itu sekaligus menunjukkan kepedulian dan keseriusan berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan masyarakat yang sehat sekaligus menyukseskan apa yang dicanangkan oleh pemerintah “Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, untuk mewujudkan manusia yang sehat jasmani dan rohaninya”

Kami Panitia Divisi Olahraga Cabang Bola Futsal yang sekaligus sebagai panitia pelaksana dan operator kegiatan akan melaksanakan Kejuaraan bola Futsal “PIALA AGUSTUS 2021” dengan format Antar Desa se-Kecamatan Tampan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 71, yang Insya’ Allah akan diselenggarakan mulai tanggal 10 – 17 Agustus 2021.

B. TUJUAN KEGIATAN

1. Menjalin persatuan dan kesatuan antar pemuda se–Kecamatan Tampan
2. Sebagai ajang kompetisi Futsal tertinggi antar desa se–Kecamatan Tampan
3. Sebagai wadah pengembangan bola Futsal khususnya di Kecamatan Tampan
4. Mengembalikan kejayaan dan kualitas bola Futsal di Kecamatan Tampan
5. Memberikan hiburan sportif dan edukatif bagi masyarakat sekitar
6. Meningkatkan sisi perekonomian masyarakat sekitar lapangan

C. NAMA KEGIATAN

Kejuaraan Futsal “PIALA AGUSTUS 2021” dengan format Antar Desa se-Kecamatan Tampan

D.TEMA KEGIATAN

“Mewujudkan Kembalinya Kejayaan bola Futsal di Kecamatan Tampan”

E. TEMPAT KEGIATAN

Lapang Bola Futsal BASAGA (Lapangan Kosngósan, Kecamatan Tampan)


F.PERKIRAAN TIM-TIM PESERTA DARI 8 DESA :

1.Desa Tampan : 2 tim
2.Desa pasirpanjang : 2 tim
3.Desa Purwasedar : 3 tim
4.Desa Mekarsari : 1 tim
5.Desa Cikangkung : 2 tim
6.Desa Gunungbatu : 2 tim
7.Desa Pangumbahan : 2 tim
8.Desa Ujung Genteng : 2 tim


G. TAHAPAN-TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN

1. Pelaksanaan Rehab dan Penataan Lapang bola Futsal
(Mulai Tanggal 01 Agustus – 05 Agustus 2021)

2. Sosialisasi dan Undangan Semua Tim Peserta
(Tanggal 06 – 07 Agustus 2021)

3. Registrasi Tim Peserta dan Technical Meeting
(Tanggal 09 Agustus 2021)

4. Pelaksanaan Pertandingan
(Mulai 10 – 17 Agustus 2021)

H. RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)

Dalam lampiran

I. PERKIRAAN UNTUK SUSUNAN KEPANITIAAN

Dalam lampiran

J. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan pengajuan dana ini disusun dan diajukan kepada pihak terkait sebagai gambaran dan acuan bagi pelaksanaan kegiatan “Kejuaraan Bola Futsal “PIALA AGUSTUS” dengan format Antar Antar Desa se-Kecamatan Tampan Tahun 2021” dan semoga menjadi pertimbangan selanjutnya untuk kelancaran kegiatan ini, terimakasih.


Download contoh proposal futsal DISINI


Baca juga : Contoh Proposal Badminton buat Turnamen Pertandingan Antar Lingkungan


Kata Penutup


Baik futsal maupun sepak bola merupakan olahraga yang digemari di tengah masyarakat Indonesia. Oleh karena itu ada banyak sekali turnamen dan pertandingan baik skala kecil antar kampung maupun skala besar antar Kabupaten untuk provinsi. Olahraga ini juga turut memberikan prestasi, dan penyelenggaraannya di tengah masyarakat turut mendukung pengembangan olahraga nasional.

Semoga artikel dari kosngosan ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi pembaca sekalian. jangan lupa untuk memberikan komentar dan juga share artikel ini di media sosial milik kalian, Terima kasih
By

0 Response to "Contoh Proposal Sepak Bola Futsal Untuk Turnamen Pertandingan [Lengkap Estimasi Biaya]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel