Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi Doc

Kamu perlu memberikan lembar pernyataan keaslian skripsi pada tugas akhir-mu, untuk membuktikan bahwa karya tulis ilmiah tersebut memang benar adalah tulisan mu sendiri, yang berasal dari hasil penelitian yang kamu lakukan selama ini. Oleh karena itu, pernyataan keaslian ini diikuti oleh ketentuan hukum yang mengikat.

Jadi sewaktu waktu apabila ternyata, terbukti bahwa sobat kosngosan melakukan kecurangan, seperti melakukan duplikasi atau memberikan hasil yang tidak sesuai dengan penelitian yang sesungguhnya, maka kamu dapat bersinggungan dengan hukum, dan yang paling merugikan adalah dicabutnya gelar sarjana yang telah kamu miliki

Sebagai suatu karya tulis ilmiah yang dihasilkan dari mahasiswa akhir, skripsi haruslah original otentik dan berdasarkan apa yang yang telah diteliti. Ini juga harus bersifat terstruktur, serta berikan sumber apabila di dalam skripsi ambil pernyataan atau pendapat dari seseorang

Sehingga tidak boleh sembarangan dalam hal penulisan skripsi. Ada banyak kasus yang bisa kita lihat di perguruan tinggi dimana para civitas akademik melakukan plagiarisme atau duplikasi karya tulis orang lain. Hal ini dinyatakan dalam bentuk pelanggaran hukum dan dapat dituntut di pengadilan.

Tentu saja hal ini berkaitan dengan karya tulis ilmiah yang merupakan salah satu produk intelektual yang harus dilindungi. Oleh karena itu, kamu perlu membuat suatu pernyataan di mana yang menjelaskan bahwa skripsi yang telah kamu lakukan benar-benar dihasilkan dari proses yang benar dan berasal dari hasil pemikiran kamu sendiri

Dalam lembar surat pernyataan keaslian skripsi dinyatakan keterangan bahwa semua laporan yang ada pada skripsi dan kegiatan penelitian memang sepenuhnya berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dan ada konsekuensi sanksi yang diterima apabila pernyataan tersebut tidak benar.

Oleh karena itu sobat kosngosan pasti sering melihat lembar pernyataan skripsi selalu diletakkan di halaman paling depan dari suatu rangkaian penyusunan skripsi. Karena sekali lagi ini menjelaskan betapa pentingnya menghargai karya tulis orang lain, dan bagaimana perguruan tinggi menjunjung tinggi azas profesionalitas dan ke-otentikan publikasi ilmiahnya.

Baca juga : Contoh Penulisan FootNote Skripsi


Surat Pernyataan Keaslian Skripsi

lembar pernyataan skripsi

Surat pernyataan skripsi mengandung ikatan hukum yang mengikat antara penulis dengan perguruan tinggi. Oleh karena itu lembar ini ditandatangani oleh penulis di atas materai 10.000 kemudian ada sanksi yang harus diterima apabila ternyata skripsi yang ditulis tidak benar-benar original. 

Oke langsung saja kita akan ke pembahasan Bagaimana cara membuat lembar keaslian skripsi yang baik dan benar di bawah ini


Contoh Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi

Berikut beberapa contoh yang bisa menjadi referensi bagi sobat kosngòsan sekalian, bisa copy paste saja dan edit sesuai kebutuhan di microsoft word. Silahkan :

Contoh lembar pernyataan keaslian skripsi 1

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Suci Bella Lestari
NIM : 081610101045

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya ilmiah yang berjudul “Kekuatan Impak Tulang Mandibula Tikus Wistar Jantan Kosngosan yang Diberi Diet Tambahan Ikan Teri (Stolephorus sp.)” adalah benar-benar hasil karya sendiri, kecuali kutipan yang sudah saya sebutkan sumbernya, belum pernah diajukan pada institusi mana pun, dan bukan karya jiplakan. 

Saya bertanggung jawab atas keabsahan dan kebenaran isinya sesuai dengan sikap ilmiah yang harus dijunjung tinggi.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya, tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak mana pun serta bersedia mendapatkan sanksi akademik jika ternyata di kemudian hari penyataan ini tidak benar.

Pekanbaru, 10 Februari 20xx

Yang menyatakan,



Suci Bella Lestari
NIM 081610101045


Contoh lembar pernyataan keaslian skripsi 2

Yang bertanda tangan dibawah ini saya, Muhammad Kòsngosan Harahap, menyatakan bahwa skripsi dengan judul: Analisis Potensi Penerimaan dan Efektivitas Pajak Penerangan Jalan di Kabupaten Kampar, adalah hasil tulisan saya sendiri.

Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol yang menunjukkan gagasan atau pendapat atau pemikiran dari penulis lain, yang saya akui seolah-olah sebagai tulisan yang saya salin, tiru, atau yang saya ambil dari tulisan orang lain tanpa memberi pengakuan penulis aslinya.

Apabila saya melakukan tindakan yng bertentangan dengan hal tersebut di atas, baik disengaja maupun tidak, dengan ini saya menyatakan menarik skripsi yang saya ajukan sebagai hasil dari tulisan saya sendiri ini. 

Apabila kemudian terbukti bahwa saya melakukan tindakan menyalin atau meniru tulisan orang lain seolaholah hasil pemikiran saya sendiri, berarti gelar dan ijazah yang telah diberikan oleh universitas batal saya terima.

Pekanbaru, 01 September 20xx

Yang membuat pernyataan



Muhammad Kosngosan Harahap
NIM: C2B006037


Contoh lembar pernyataan keaslian skripsi 3

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi yang berjudul : “Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Sebagai Alat Pendukung Pengambilan Keputusan Pada Rumah Sakit Umum Kosngosan Pekanbaru”

Adalah benar hasil karya saya sendiri dan judul dimaksud belum pernah dimuat, dipublikasikan atau diteliti oleh mahasiswa lain dalam konteks penulisan skripsi level program S1 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau

Semua sumber data dan informasi yang diperoleh telah dinyatakan dengan jelas benar apa adanya dan apabila dikemudian hari pernyataan ini tidak benar saya bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh universitas.

Pekanbaru, 24 Januari 20xx
Yang membuat pernyataan


Muhammad Reza Harahap
NIM: 030503072


Contoh lembar pernyataan keaslian skripsi 4

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kampar” ini, serta seluruh isinya adalah benar-benar karya saya sendiri, dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika yang berlaku dalam masyarakat keilmuan.

Atas pernyataan ini, saya siap menanggung resiko/sanksi apapun yang dijatuhkan kepada saya sesuai dengan peraturan yang berlaku, apabila dikemudian hari ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan, atau ada klaim terhadap keaslian karya saya ini.

Pekanbaru, Juli 20xx

Yang Membuat Pernyataan


Muhammad Reza Harahap
NIM : 07450758


Template Lembar Pengesahan Skripsi


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

Judul Skripsi: 

Nama Mahasiswa: 
NIM: 
Program Studi:
Fakultas:
Universitas: 

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi dengan judul "[Judul Skripsi Kamu]" adalah hasil karya orisinal saya sendiri dan belum pernah diajukan sebagai skripsi atau tesis di lembaga pendidikan manapun. Seluruh isi skripsi ini adalah benar-benar karya saya, kecuali kutipan yang telah saya beri referensi dengan benar.

Saya juga menyatakan bahwa tidak ada bagian dari skripsi ini yang merupakan duplikasi dari karya orang lain tanpa mencantumkan sumber referensi yang tepat. Segala kontribusi dari pihak lain yang disebutkan dalam skripsi ini telah saya cantumkan dengan jelas dalam bagian pengakuan dan penghargaan.

Saya menyadari bahwa apabila pernyataan yang saya sampaikan dalam lembar pengesahan ini ternyata tidak benar, skripsi ini dapat ditarik kembali dan saya siap menanggung konsekuensi hukum yang mungkin timbul.

Demikianlah pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Ditandatangai di
Pada tanggal

Penulis

Download Lembar Penyataan Keaslian Skripsi Docx


Kamu bisa unduh contoh surat pernyataan keaslian skripsi dalam format word diatas dan edit sesuai dengan kebutuhan mu masing masing, semoga bermanfaat

Cara Membuat Surat Pernyataan Keaslian Skripsi

Dalam membuat lembar keaslian skripsi sobat kosngosan harus memperhatikan beberapa aspek wajib yang harus ditulis dalam bagian ini diantaranya adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Buatlah judul "Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi" kemudian langsung di bawahnya buat paragraf pertama berupa informasi pribadi penulis seperti nama, nomor induk mahasiswa jurusan dan fakultas


Langkah 2

Setelah itu pada paragraf selanjutnya buatlah pernyataan berupa kamu benar-benar menulis skripsi dari hasil karya sendiri, diawali dengan penulisan judul skripsi


Langkah 3

Selanjutnya sobat kosngosan harus memberikan paragraf yang menyatakan bahwa kamu menulis pernyataan ini dengan sebenar-benarnya dan bersiap untuk menerima sanksi atau resiko di kemudian hari apabila pernyataan yang kamu tulis ini tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya


Langkah 4

Pada bagian terakhir kamu menyertakan Tempat dan tanggal pembuatan skripsi, nama serta NIM di bawah, dan ditandatangani oleh kamu sendiri diatas materai 10.000.


Kesimpulan

Bagaimanapun juga lembar keaslian skripsi adalah suatu bagian penting yang menjelaskan bahwa penulis benar-benar menghasilkan skripsi tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan tidak melakukan plagiarisme atau duplikasi.

Sehingga pernyataan ini akan berakibat adanya ikatan hukum, yang akan dimiliki oleh penulis skripsi. Jadi apabila ditemukan ketidak orisinalitas dari skripsi yang bersangkutan maka penulis dapat diberikan sanksi dan sanksi yang paling berat adalah penghapusan gelar sarjana.

Semoga dengan melihat contoh dan mengetahui cara pembuatan lembar orisinalitas skripsi diatas dapat membantu dan menjadi sumber referensi bagi teman-teman kosngósan sekalian. Jangan lupa untuk berkontribusi dengan tekan tombol share di bawah dan bagikan artikel ini di sosial media kalian
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya