Contoh Penulisan FootNote Skripsi, Jurnal yang Baik dan Benar

Bagaimana cara membuat catatan kaki (foot note) yang sesuai dengan kaidah penulisan karya tulis ilmiah? Untuk masing masing pembuatan sumber referensi baik skripsi, jurnal, proposal, laporan dan karya tulis ilmiah lainnya, haruslah mencantumkan sumber dalam tulisannya, salah satu metode penulisan sumber adalah footnote.

Apa itu footnote? FootNote atau catatan kaki merupakan bagian dari karya tulis atau makalah yang menjelaskan istilah yang asing atau memberikan keterangan sumber yang berfungsi sebagai pemenuhan kode yang berlaku apabila kita ingin mengutip beberapa kalimat atau paragraf hasil penelitian orang lain di karya tulis milik kita. Footnote digunakan untuk menghargai hak cipta orang lain dan menghindari dari adanya plagiarisme.

Ada banyak contoh footnote (catatan kaki) yang bisa kamu lihat dan yang paling sederhana dan sering dilihat dalah footnote dari wikipedia. Bila kamu sering membuka situs wikipedia untuk mencari bahan referensi tertentu, maka ada banyak footnote yang diberikan dan terkadang mengandung link yang menuju penjelasan yang lebih rinci

contoh footnote catatan kaki

Footnote jelas berbeda dengan daftar pustaka. Ketika kamu mengutip beberapa kalimat dari karya tulis milik orang lain, sobat kosngosan bisa memberikan keterangannya pada halaman khusus yang disebut daftar pustaka.

Baca juga :
Panduan Penulisan BodyNote yang Baik dan Benar
Panduan Penulisan EndNote yang Baik dan Benar

Kemudian salah satu teknik lain dalam kutipan bisa juga menggunakan catatan kaki. Penggunaan catatan kaki jelas lebih rinci dan detail mengenai bagian apa saja yang sudah dikutip berikut dengan sumbernya. Perlu sobat kosngosan ketahui meskipun kamu telah mengutip dan menjelaskannya di footnote, kamu tetap wajib menuliskan sumber nya di daftar pustaka juga.

Membuat footnote bisa saja di area pengolahan kata seperti word 2007, word 2010, 2013 hingga yang versi terbaru yaitu word 2016. Kemudian kamu bisa saja mengubah format karya tulis yang mengandung footnote tersebut kedalam bentuk PDF untuk berbagai keperluan, misalnya untuk jurnal online yang diterbitkan di website universitas.

Panduan FootNote


Cara membuat catatan kaki karya tulis menggunakan microsoft word


Seperti menulis karya tulis pada umumnya di lembar kerja, microsoft word telah memberikan fitur dan tool untuk sobat kosngosan membuat footnote dengan lebih baik dan rapi. Caranya adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Buka microsoft word di laptop atau komputermu. File word yang sudah mengandung kaya tulismu itu kemudian akan kamu masukkan beberapa keterangan footnote untuk memberikan keterangan sumber terkait.

Langkah 2

Klik tab REFERENCES kemudian pilih Insert Footnote. Secara otomatis word akan menampilkan bagian bawah dengan garis diatasnya seperti gambar dibawah ini

cara membuat footnote word

Langkah 3

Ketikkan catatan atau isi footnote yang akan kamu masukkan. Secara otomatis dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil serta dibagian bawah halaman akan ada angka dan keterangan yang telah kamu isikan.

Langkah 4

Jika pointer diarahkan ke angka footnote, akan muncul keterangan atau isi footnote. Kamu bisa melakukan hal yang sama untuk membuat footnote lainnya yang secara otomatis nomor footnote akan berubah mengikuti urutannya.

Hal hal yang perlu sobat kosngosan perhatikan dalam pembuatan catatan kaki ini antara lain :

  • Berikan nomor setiap bab dan judul dalam penulisan
  • Berikan nomor footnote berjarak 6 karakter dari sebelah kiri
  • Berikan jarak yang sama antara footnote yang pertama dengan footnote yang kedua dan selanjutnya
  • Kamu sebaiknya memisahkan antara catatan kaki dengan garis sepanjang 14 karakter dan margin kiri dengan spasi 4 dari teks
  • Disarankan menggunakan satu spasi untuk keseluruhan footnote
  • Jika sumbernya internet maka nama depan dan belakang penulis seperti “Judul dokumen,” nama website, alamat web lengkap, tanggal diakses
  • Untuk baris terakhir footnote berjarak 3 cm mulai dari bawah
  • Untuk keterangan yang sama dan berurutan ditulis dengan kata "ibid" kepanjangan ibidem artinya di tempat yang sama dan belum diselingi dengan kutipan lain
  • Penulisan nama pengarang tidak perlu dibalik seperti penulisan daftar pustaka
  • Bila penulisan tidak berurutan maka tulis op.cit (opere citato artinya dalam karangan yang telah disebut dan diselingi dengan sumber lain dan loc.cit (loco citato, maksudnya di tempat yang telah disebut) loc.cit digunakan jika kamu menunjuk ke halaman yang sama dari suatu sumber yang telah disebut
  • Penulisan nama pengarang ada dua orang atau tiga orang maka ditulis semua
  • Penulisan nama pengarang lebih tiga maka hanya ditulis nama pertama lalu di belakangnya ditulis et al., atau dkk
  • Pangkat dan gelar tidak perlu ditulis
  • Judul buku diberi italic atau bold jika diketik menggunakan word

Panduan Lewat Video YouTube Kosngosan


Bila kalian berkenan, mimin juga sudah berikan video tutorialnya untuk kalian, bagaimana cara membuat Foot Note menggunakan ms word yang baik dan benar. Cukup buka dan play saja video dibawah ini, supaya lebih membantu kalian dalam memahaminya.

Oh iya, jangan lupa subscribe juga channel kosngosan ya, untuk mendukung mimin memberikan panduan lain yang bermanfaat untuk kalian, terimakasih


Contoh catatan kaki karya tulis


Setelah kamu berhasil membuat footnote dalam lembar kerja microsoft word, kamu bisa melihat referensi footnote yang mimin berikan dibawah ini :

contoh footnote

Contoh footnote satu pengarang

1Muhammad Reza, Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan (Pekanbaru: PT Gagas Media, 2018), hlm. 4.

Contoh footnote dua pengarang

1Muhammad Reza dan Suci Bella, Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan (Pekanbaru: PT Gagas Media, 2018), hlm. 4-5.

Contoh footnote lebih dari 3 pengarang

1Muhammad Reza, dkk, Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan (Pekanbaru: PT Gagas Media, 2018), hlm. 4-5.

Contoh footnote sumber dari internet

1Muhammad Reza, "Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan" Kosngosan, diakses dari https://www.kosngosan.com/2018/10/ilmu-blog-dan-youtuber.html, pada tanggal 17 oktober 2018 pukul 08.00.

Contoh penggunaan istilah ibid (ditempat yang sama dan belum diselingi dengan kutipan lain)

1Muhammad Reza, Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan (Pekanbaru: PT Gagas Media, 2018), hlm. 4.
2Ibid., hlm. 15

Contoh penggunaan istilah op.cit (dalam karangan yang telah disebut dan sudah diselingi dengan kutipan lain)

1Muhammad Reza, Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan (Pekanbaru: PT Gagas Media, 2018), hlm. 4.
2Suci Bella, Manajemen konten viral internet (Padang: PT Multimedia, 2018), hlm. 24.
3Muhammad Reza, op. cit. hlm. 4.

Contoh penggunaan istilah loc. cit (ditempat yang telah disebut)

1Muhammad Reza, Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan (Pekanbaru: PT Gagas Media, 2018), hlm. 4.
2Suci Bella, Manajemen konten viral internet (Padang: PT Multimedia, 2018), hlm. 24.
3Muhammad Reza, Pendekatan Ilmu Blog dan Youtube terhadap pendidikan, loc. cit.

Update terbaru!

Contoh footnote dari website


Pertanyaaan selanjutnya adalah, bagaimana apabila sumbernya berasal dari internet? Maka bisa sobat kosngosan perhatikan, format penulisannya antara lain : Nama depan dan belakang penulis, “Judul dokumen,” nama website, alamat web komplit, tanggal dokumen tersebut di download.

Contohnya seperti : Reza Harahap, "Contoh Pembuatan FootNote Skripsi dan Jurnal yang Baik dan Benar" Kosngosan, diakses dari https://www.kosngosan.com/2018/10/contoh-footnote-cara-membuatnya.html, pada tanggal 27 Juni 2019.

Contoh footnote dari Koran


Pertanyaaan selanjutnya adalah, bagaimana menulis catatan kaki apabila sumbernya berasal dari koran atau surat harian mainstrem? Berikut format tulisan yang bisa kamu contoh : Nama Koran, Tanggal Terbitan, hlm. halaman.

Berikut contohnya : 2Harian Sindo, 27 Juni 2019, hlm.15.

Contoh footnote dari buku terjemahan (translate)


Bagaimana apabila sumber kutipan berasal dari buku hasil terjemahan? artinya buku tersebut pada awalnya berasal dari penulis asing, kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Berikut format nya : Nama Pengarang, Judul Buku, Terjemahan. Nama Penerjemah (Kota Penerbit: Nama Penerbit, Tahun, Penerbitan), hlm. Nomor halaman.

Contohnya : 1Neil Patel, Panduan Blog Dari Awal, Terjehaman. Reza Harahap (Pekanbaru: Pustaka Kosngosan, 2019), hlm. 21.

Kesimpulan


Adapun kesimpulan yang bisa diambil adalah footnote atau catatan kaki merupakan salah satu dari metode penulisan referensi pada karya tulis ilmiah yang mana peletakannya berada dibawah suatu karya tulis dengan hormat penulisan yang sudah ditentukan Seperti di atas.

Pastikan kamu menggunakan footnote dengan baik dan benar, sehingga pembaca tidak salah menafsirkan mengenai sumber informasi yang kamu kutip dalam karya tulis ilmiah mu seperti skripsi, jurnal atau laporan

Lihat juga : Contoh paper tugas kuliah yang baik dan benar

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh footnote dan cara membuat catatan kaki yang baik dan benar kali ini, semoga bisa membantu kalian yang saat ini sedang mencari literatur mengenai pembuatan footnote yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lain agar mereka juga bisa membuat footnote yang semestinya.
By

0 Response to "Contoh Penulisan FootNote Skripsi, Jurnal yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel