Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pembuatan End Note Skripsi dan Jurnal yang Baik dan Benar

Dalam pembuatan karya tulis ilmiah, end note atau biasa disebut catatan akhir adalah salah satu metode penulisan sumber referensi yang bisa dicoba, baik terhadap jurnal, skripsi, makalah, laporan atau pun tugas akademik lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan membahas bagaimana cara menulis end note yang baik dan benar terhadap skripsi dan jurnal. Karena seperti yang kita ketahui, karya tulis harusla memiliki sumber informasi yang jelas, agar keabsahan hasilnya bisa dipertanggung jawaban nantinya.

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian end note secara ringkas. Endnote adalah bentuk penulisan referensi karya tulis yang diletakkan pada bagian akhir suatu tulisan, tepatnya sebelum Daftar Pustaka.

Pada umunya, teknik penulisan endnote ini hampir sama dengan footnote. Seperti juga ketentuan yang berlaku untuk footnote, juga berlaku untuk endnote, juga berlaku untuk ketentuan penulisan daftar pustaka.


Cara Pembuatan End Note yang Baik dan Benar


contoh endnote

Kamu bisa membuat end note secara otomatis menggunakan bantuan software pengolah kata, misalnya microsoft word. Ketika kamu menggunakan ms word 2013 atau 2016 misalnya, pengubahan catatan kaki (footnote) menjadi catatan akhir (end note) bisa kamu lakukan secara otomatis.

Walaupun Endnote biasanya diletakan di halaman paling akhir dari suatu dokumen atau file yang telah dibuat

Namun keberadaannya sangat lah penting untuk memberikan sumber dari mana informasi tersebut didapatkan. Hal ini supaya tidak membingungkan pembaca.

End note pada karya tulis merupakan salah satu teknik penulisan referensi yang banyak dipakai. Kamu bisa membuatnya menggunakan tool yang ada di dalam ms word. Adapun langkahnya sebagai berikut :

Baca juga : Contoh Pembuatan Body Note yang Baik dan Benar


Pertama :

Buka lembar kerja word yang sudah berisi karya tulis ilmiah. Arahkan paragraf yang akan diberikan sumber referensi, kemudian pada tab References pilih Insert Endnote (untuk membuat catatan akhir)

Kedua :

Lalu kursor akan berpindah pada bagian untuk mengetik isi endnote, nah secara default, Word akan menempatkan isi Footnote di akhir per halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen skripsi atau jurnal

Ketiga :

Isi end note seperti yang kalian inginkan. Secara otomatis word akan membuat end note pada akhir halaman kerja, artinya catatan itu berada paling akhir lembaran. Kalau ada 10 lembar, berarti Endnote berada di halaman ke 10, dan seterusnya.

Keempat :

Bila kalian tidak ingin menggunakan end note secara otomatis seperti diatas, kalian juga bisa membuatnya secara manual dengan mencantumkan sumber tersebut satu persatu pada bagian bawah paling akhir dari bab penutup/kesimpulan (sebelum daftar pustaka)


Panduan Lewat Video YouTube-Nya Kosngosan


Bila kalian berkenan, mimin juga sudah berikan video tutorialnya untuk kalian, bagaimana cara membuat end note menggunakan ms word yang baik dan benar. Cukup buka dan play saja video dibawah ini, supaya lebih membantu kalian dalam memahaminya.

Oh iya, jangan lupa subscribe juga channel kosngosan ya, untuk mendukung mimin memberikan panduan lain yang bermanfaat untuk kalian, terimakasih



Contoh End Note pada Skripsi


Pembuatan end note pada skripsi sebenarnya berada pada halaman terakhir setiap bab, misalnya bab pendahuluan, bab pembahasan dan bab penutup. Kamu bisa lihat contoh end note pada skripsi seperti dibawah ini :

endnote skripsi

1Penelitian Kelapa Sawit di Daerah Gambut, ditulis oleh Muhammad Reza Harahap dengan Judul yang sama (Pekanbaru:Gramedia, 2019), hal.56

2Pengembangan Website Kelapa Sawit Pedia, ditulis oleh Reza Harahap dengan Judul yang sama (Padang:Gramedia, 2021), hal.53


contoh end notes

contoh end notes


Contoh End Note pada Jurnal


Pada jurnal, sama saja seperti skripsi, karena merupakan bentuk karya tulis ilmiah juga yang memiliki bab per bab. Hanya saja jurnal lebih ringkas halamannya. Kamu bisa lihat contoh end note jurnal dibawah in :

endnote jurnal

3 Mary Douglas, “Taboo,” Man, Myth and Magic, ed. Richard Cavendish, new ed., 21 vols. (New York: Cavendish, 1994) 2546.

5 Kelly Rothenberg, “Tattooed People as Taboo Figures in Modern Society,” 1996, BME / Psyber City, 18 Jan. 2021

6 Sigmund Freud, Totem and Taboo (New York: Random, 1918) 17.

Baca juga : Contoh Pembuatan FootNote Skripsi dan Jurnal yang Baik dan Benar


Kata Penutup


End note merupakan salah satu metode penulisan sumber referensi yang wajib kamu ketahui caranya, apalagi buat mahasiswa akhir yang akan mengerjakan skripsi, tesis atau disertasinya. Jadi jangan sembarangan dalam mengutip, kamu harus perhatikan beberapa tips seperti yang dijelaskan diatas.

Bagaimana, sudah paham mengenai materi Pembuatan End Note Skripsi dan Jurnal kali ini? semoga bisa ya. Kamu yang saat ini tengah menggarap tugas akhir

Semoga disegerakan untuk selesai. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lainnya. Tinggalkan juga komentar mu disini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya