Contoh Pembuatan Body Note Skripsi dan Jurnal yang Baik dan Benar

Contoh Pembuatan Body Note Skripsi dan Jurnal yang Baik dan Benar

Baca juga :

Body note, foot note dan end note merupakan cara penulisan sumber informasi dari karya tulis ilmiah yang diletakkan pada bagian bagian tertentu pada karya tulis sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui dari mana sumber informasi tersebut berasal. Bagi kalian yang saat ini hendak membuat makalah, skripsi atau jurnal, membuat body note bisa menjadi pilihan untuk menambah khazanah pengetahuan pembaca.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan materi mengenai contoh body note dan cara membuat body note yang baik dan benar untuk penulisan skrisi dan jurnal, yang merupakan karya tulis dari hasil penelitian ilmiah. Namun sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dan materi pendukung lain tentangnya.

Apa pengertian Body Note? Body note adalah bentuk referensi dari penulis yang mencantumkan sumber kutipan langsung setelah selesainya suatu kutipan yang menggunakan tanda kurung. Body note ditulis menggunakan aplikasi pengolah kata seperti microsoft word.

Darimana contoh body note kita dapatkan? Ada banyak contoh penerapan bodynote pada berbagai karya tulis ilmiah seperti skripsi dan jurnal. Bahkan sebagian pasti pernah kamu dapati ketika mendownload file makalah atau skripsi dari internet.

Namun salah satu hal penting bahwa sebelum menggunakan karya tulis tersebut sebagai sumber referensi karya tulis mu, pastikan terlebih dahulu body note -nya valid dan kredibel.

Baca juga : Contoh dan Cara Membuat Surat Permohonan Penelitian Skripsi

Hal yang harus kamu ketahui adalah bagi penulis harus bersifat konsisten dalam penggunaan penulisan referensi. Apakah sebuah tulisan menggunakan bodynote, side note atau foot note seutuhnya. Artinya kamu harus memilih mana yang paling tepat untuk sumber penulisanmu. Jangan dicampur-campur untuk menghindari kebingungan pembaca.

Ketika kamu memilih menggunakan body note untuk keperluan skripsi atau jurnalmu, maka kamu sudah paham mengenai kelebihannya yaitu lebih memudahkan bagi pembaca dalam mengecek sumber kutipan yang langsung terdapat sebelum atau setelah kutipan tersebut, tanpa perlu berpindah ke bagian bawah halaman.

Artinya penggunaan body note lebih sederhana dan tidak merepotkan pembaca untuk membuka buka lembar karya tulis sehingga bisa memecahkan konsentrasi dalam pemahaman materi yang disampaikan didalam karya tulis.

Cara pembuatan body note menggunakan microsoft word otomatis


contoh bodynote

Membuat body note sebenarnya bukanlah hal yang sulit, apalagi sudah disediakan fiturnya di ms word. kita tinggal menggunakannya saja. Mari lakukan beberapa langkah seperti dibawah ini :

Langkah 1 :

Memahami penulisan body note. Body note memuat nama belakang penulis, tahun terbit buku dan halaman yang dikutip. Seperti misalnya Nama penulis adalah Muhammad Reza, maka cukup ditulis (Reza). Ada dua cara menuliskan catatan tubuh yaitu

Nama penulis, tahun terbit dan halaman berada dalam tanda kurung, ditempatkan setelah selesainya sebuah kutipan. Jika kutipan ini merupakan akhir kalimat, maka tanda titik ditempatkan setelah kurung tutup catatan tubuh. Contoh (Reza,2019:31-38)

Nama penulis menyatu dalam naskah tulisan, tidak berada dalam tanda kurung, sementara tahun penerbitan dan halaman berada dalam tanda kurung. Contoh Menurut Reza (2019: 31-38)

Langkah 2 :

Buka file skripsi atau jurnal yang sudah jadi menggunakan ms word. Pilih tab References untuk menambah referensi body note. Isi beberapa data sumber body note yang akan digunakan seperti title, year, city, dan publisher lalu klik oke.

Langkah 3 :

Letakan cursor di akhir paragraf yang akan dikasih body note, kemudian klik Insert Citation pada tab Reference. Pilih referensi mana yang berhubungan dengan paragraf tersebut yang sudah kamu masukkan sebelumnya. Maka akan langsung muncul body notenya di akhir paragraf.

Langkah 4 :

Bila ingin menambah yang lain, maka ulangi lagi cara tersebut pada akhir paragraf yang akan diberi kutipan sumber. Bila ingin mengedit kutipan, maka klik bodynote sasaran, muncul kotak sekitaran bodynote, lalu klik panah kecil di sebelah kanan untuk menampilkan pilihan edit citation atau edit source.

Panduan Lewat Video YouTube Kosngosan


Bila kalian berkenan, mimin juga sudah berikan video tutorialnya untuk kalian, bagaimana cara membuat Body Note menggunakan ms word yang baik dan benar. Cukup buka dan play saja video dibawah ini, supaya lebih membantu kalian dalam memahaminya. Oh iya, jangan lupa subscribe juga channel kosngosan ya, untuk mendukung mimin memberikan panduan lain yang bermanfaat untuk kalian, terimakasih


Contoh body note dari skripsi


Skripsi adalah karya tulis ilmiah, tugas akhir yang dikerjakan oleh mahasiswa strata 1, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi berupa penelitian ilmiah yang dilakukan, dengan menggunakan berbagai jenis metode penelitian.


I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan industri kelapa sawit yang pesat didorong oleh faktor pertumbuhan penduduk serta tingginya permintaan CPO oleh industri pangan, kosmetik, farmasi dan sumber bahan bakar alternatif (Fauzi, dkk, 2014). Kelapa sawit sebagai perkebunan terbesar di Indonesia menuntut tersedianya informasi untuk dijadikan sebagai sumber pengetahuan bagi subyek yang terlibat dalam industri kelapa sawit. Informasi tersebut dapat berupa teknis budidaya, penanggulangan hama dan penyakit serta sub sistem hilir kelapa sawit.

Informasi seputar kelapa sawit menjadi kebutuhan bukan hanya bagi subyek yang terlibat langsung dengan kelapa sawit, namun juga masyarakat umum yang yang berperan sebagai konsumen dari produk akhir kelapa sawit. Menurut Boone dan Kurtz (2010) bahwa salah satu langkah dalam memuaskan kebutuhan informasi adalah dengan melakukan pencarian (search), yaitu proses dimana pengguna mencari informasi mengenai kebutuhan yang ingin dipuaskan.

Contoh body note dari jurnal


Jurnal (dalam hal ini jurnal ilmiah) merupakan majalah publikasi yang memuat kumpulan karya tulis ilmiah, yang mengandung berbagai macam penelitian dan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, diterbitkan secara berkala oleh suatu lembaga, seperti misalnya Universitas atau Badan Penelitian.

Menurut Lull (1995: 31-38), di titik inilah esensi hegemoni: hubungan di antara agen-agen utama yang menjadi alat sosialisasi dan orientasi ideologis, yang berinteraksi, kumulatif, dan diterima oleh masyarakat

Pada titik inilah esensi hegemoni: hubungan di antara agen-agen utama yang menjadi alat sosialisasi dan orientasi ideologis, yang berinteraksi, kumulatif, dan diterima oleh masyarakat (Lull, 1995: 31-38)

Baca juga : Contoh Angket Tertutup Penelitian Skripsi Kualitatif Format Doc

Sekian materi mengenai contoh dan cara pembuatan Body Note Skripsi dan Jurnal yang Baik dan Benar, semoga kalian bisa menghasilkan karya tulis yang berkualitas dengan sumber informasi yang jelas menggunakan body note ini. Bagikan postingan ini dan juga beri komentar kamu di bawah ya.
Buka Komentar