Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Latihan Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Bagi pemula, belajar mengetik dengan memanfaatkan seluruh jari adalah skill yang harus dipelajari, supaya pekerjaan bisa terselesaikan dengan efektif dan efisien. Kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contoh teks latihan mengetik di keyboard.

Apa pengertian mengetik 10 jari? Mengetik sepuluh jari adalah salah satu sistem yang digunakan untuk mengetik menggunakan keyboard komputer atau laptop yang memanfaatkan keseluruhan jari di tangan dengan melihat tulisan yang akan diketik dan tangan bekerja dengan sendirinya menggunakan insting atau kemampuan yang sudah dilatih.

Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan apabila sobat kosngosan menguasai keahlian mengetik 10 jari ini. Pasalnya kamu akan bekerja lebih efektif dengan jari tangan yang tidak akan mudah lelah karena aktif seluruhnya

Kemampuan untuk memberdayakan seluruh jari ini akan semakin diasah apabila kamu melakukan latihan setiap hari. Dan semakin lama kamu menggunakannya semakin cepat kamu mengetik dan menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengetikan

Sebagian pemula yang baru mengenal komputer memang masih mengetik dengan menggunakan beberapa jari saja. Hal ini cukup lumrah karena memang sebelumnya mereka tidak akrab dengan keyboard komputer.

Bayangkan apabila sobat kòsngosan seorang pemula diberikan tugas untuk mengetik beberapa lembar teks dalam waktu yang singkat, tentu saja mereka akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas tersebut dan pastinya akan menyita waktu sobat kosngosan.

Sesuai dengan namanya mengetik sepuluh jari tentusaja menggunakan semua jari, atau keseluruhan dari dari kita. Dengan demikian bagian jari yang sebenarnya pasif harus ikut aktif seperti jempol atau jari tengah yang terkadang cukup sulit untuk digerakkan


Teks Latihan Mengetik 10 Jari

Teks Latihan Mengetik 10 Jari

Beberapa teks di bawah ini akan membantu sobat kosngosan dalam penempatan jari tangan pada semua tombol huruf yang ada pada keyboard komputer dan semoga bisa memperlancar dalam memanfaatkan 10 jari dalam pengetikan.

Untuk lebih maksimal kamu bisa membuat batasan waktu setiap menit untuk menyelesaikan beberapa teks di bawah ini (harap sesuaikan huruf kapital dengan huruf kecil-nya ya, supaya kamu bisa terbiasa nantinya)

Baca juga : Kumpulan Tes Masuk BUMN dan Jawabannya


Contoh teks mengetik 10 jari

Terik matahari tanpa ampun menghujam Kulit hitam itu. Menyentuhnya dan mencabiknya dengan Caranya sendiri. Rasa panas & ketakutan berbaur menyelimuti dirinya. Tak tau kemana lagi Ia akan bersandar setelah ini.

Pukul 16.00 WIB, kegelapan tiba-tiba datang dan seakan menjulur menenggelamkannya ke lubang yang sama untuk kedua kalinya. Namun setelah itu pergi dan muncul Kunang2 perkasa yang menyinarinya. Kunang-kunang itu ingin sekali membisikkan sesuatu ditelinganya, seakan dia telah mendapatkan hal terbaik di hidupnya.

Lebih dari 997 potongan jeruji besi tua yang menjadi temannya selama dua tahun belakang ini membuatnya muak. Tapi ia sadar kalau memang ia lupa diri pada waktu itu. Kini ia terusik akan datangnya suara itu. Ya, suara pemilik toko yang mengomeli pekerjanya yang tak becus

“Tresno, bangun Tresno! Jangan tidur saja kerjaan kau,” suara lantang milik Bang Togar itu menyentakkan tidur pulasnya. Tresno yang sedari tadi berada di tumpukan beras miliknya, kini terjaga.

“I. . . . . iya, Bang!” segera Tresno kembali mengangkati beras" itu ke dalam toko. Sulit membayangkan pria bujang mantan narapidana seperti Tresno mendapatkan jodoh wanita solehah seperti yang diidamkannya selama ini. Jangankan jodoh, pekerjaan saja sulit ia dapatkan. Kepercayaan masyarakat terhadap orang seperti Tresno memang mungkin sudah hilang.

Sekitar 1 bulan yang lalu Tresno dibebaskan dari tempat memuakkan itu. Karena bujuk rayu Syamsuddin dan Abrar yang membuat dia tak berpikir panjang waktu itu. Seketika itu motor haram yang berhasil mereka curi berubah jadi bunga uang yang menari-nari di depan mereka. Dari hasil pencurian itu, Tresno berhasil melunasi utang-utangnya di Malang, kota kelahirannya~

“Ini sudah, Bang?”{tanyanya menyudahi pekerjaannya}

“Ya cukuplah itu. Lain kali kalau ada pekerjaan kosong, kau akan ku pekerjakan lagi,” [tukas Bang Togar pelan, tetapi masih terdengar keras ditelinga Tresno.]

Setelah menerima uang penghasilan dari Bang Togar, Tresno berniat tidak pulang dulu ke rumah kontrakannya. Dia ingin belanja keperluan dapur. Walaupun Tresno hidup sendirian, ia lebih memilih masak sendiri di dapur mininya.

Angin sore berhembus di Pasar Kosngòsan yang ramai. Seorang anak perempuan menangis merengek tak karuan pada ibunya yang menjajakan cabai-cabai merah kepada para pelanggan yang lewat. Si ibu kelihatan repot.*

“Berapa sekilo, Bu?”tanya Tresno menghampiri ibu itu.

“Eh, oh, iya. 25, Nak,” jawab si ibu tergopoh-gopoh meladeni Tresno. Anak perempuan itu menatap muka Tresno. Tresno senyum tipis. Ajaibnya, anak perempuan itu berhenti merengek dan duduk manis di atas peti barang milik mereka.

“Nggak bisa kurang, Bu?”

23 -lah, harga mati ini,”

Si ibu sekarang melongo melihat anaknya duduk manis tak merengek lagi.

“Bungkuslah, Bu. Sekalian bawang merahnya seperempat,”pintanya sambil merogoh-rogoh saku celana jeans_nya.

“Ini, Nak, Ibu tambahin cabenya seperempat lagi,”

“Lho, kan saya minta sekilo, Bu. Mengapa jadi lebih?” Tresno heran dengan perkataan si Ibu.

“Anggap saja ini sebagai bonus, karena senyuman si Anak bisa membuat Aidah tidak merengek lagi,”terang si Ibu melebarkan senyum kepada Tresno. Kini Tresno mengerti maksud si Ibu.

Hiruk pikuk Kósngosan tetap saja terdengardi telinga Tresno. Suasana sore senja membawanya ke alam yang berbeda. Ada suasana khas yang ia temui disini. Perlahan cahaya kemerah-merahan berganti menjadi redup. Seiring perjalanannya pulang, angin sore tiada berhenti menghembus menerpa tubuh pria jakung itu. ****


Contoh soal teks latihan mengetik 2 :

Bonus demografi menjadi faktor utama pemerintah bisa mengandalkan konsumsi sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Menurut Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia RAPBN 202x sebenarnya belum kuat dan agresif mendorong konsumsi dan investasi.

"Oleh karena itu pertumbuhan kita terjebak di pertumbuhan natural yaitu pada kisaran 5%," jelas Piter kepada Kosngosan.com, Ahad

Beliau mengatakan bahwa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, bila mengandalkan konsumsi dan investasi bukan strategi yang buruk. Beliau menyebut banyak negara khususnya yang sudah aging atau kekurangan populasi menghadapi masalah tidak bisa mendorong konsumsi.

"Indonesiak kan demografinya masih didominasi orang muda, mengalami bonus demografi diuntungkan dengan potensi konsumsi," ungkap Beliau

Beliau memberikan keterangan lebih lanjut, pertumbuhan rata2 Indonesia yaitu 5% juga sebagian besar akibat geliat konsumsi. Oleh karena itu pemerintah Indonesia seharusnya memanfaatkan potensi tersebut untuk mendongkrak pertumbuhan dari sisi konsumsi.

"Maka itu APBN harus lebih agresif," tegasnya. Beberapa cara adalah dengan meningkatkan belanja pemerintah yang ditambahkan dengan pelonggaran belanja. Akan tetapi penerapan kebijakan tersebut akan menuai konsekuensinya yaitu neraca defisit akan melebar.

"Tapi jangan takut dengan pelebaran defisit, asal tetap di bawah 3% dari PDB," pungkasnya.

Menurut Beliau, belanja pemerintah Indonesia seperti bidang pembangunan dan belanja modal harus didorong untuk meningkatkan investasi dan konsumsi. Belanja rutin juga tidak perlu dipangkas, akan tetapi dikelola dengan baik supaya bisa membantu menumbuhkan ekonomi.


Contoh teks latihan mengetik sepuluh jari


the quick browns fox jum over the lazy dog
blowzy red vixens fight for a quick jump

The quick browns fox jum over the lazy dog
Blowzy red vixens fight for a quick jump

THE QUICK BROWNS FOX JUM OVER THE LAZY DOG
BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP

The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog
Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump

tHE qUICK bROWNS fOX jUM oVER tHE lAZY dOG
bLOWZY rED vIXENS fIGHT fOR a qUICK jUMP


Contoh teks soal mengetik lainnya



Kamu bisa membuat dan mengetik teks menggunakan metode 10 jari untuk membuat proposal seperti diatas. Atau kamu bisa download file Contoh Teks Latihan Mengetik Sepuluh Jari disini


Cara Latihan Mengetik 10 Jari

Sebelum kita ke pembahasan contoh soal mengetik 10 jari kita terlebih dahulu akan membahas Bagaimana cara cara dan tips melakukan ketikan dengan memanfaatkan keseluruhan dari jari kita tersebut :


Penempatan Jari

Kamu harus perhatikan aturan penempatan jari dibawah ini untuk tangan kiri :

1. Menempatkan jari telunjuk untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, juga nomor 4 dan 5
2. Menempatkan jari tengah untuk huruf D, E, C, dan nomor 3.
3. Menempatkan jari manis untuk huruf S, W, X, dan 2.
4. Menempatkan jari kelingking untuk huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol Windows
5. Menempatkan jari jempol untuk tombol spasi. Apabila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol, maka baru menggunakan jari jempol kiri ini begitu pula sebaliknya.

Setelah itu perhatikan aturan penempatan jari dibawah ini untuk tangan kanan :

1. Menempatkan jelunjuk untuk huruf J, H, U, Y, M, N, nomor 7 dan 6
2. Menempatkan jari tengah untuk menekan huruf : K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
3. Menempatkan jari manis untuk huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
4. Menempatkan jari kelingking untuk emua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
5. Menempatkan jari jempol untuk spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau slaha satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.


Mulailah berlatih

Setelah mengetahui aturan penempatan jari pada masing-masing keyboard yang ada di komputer, sobat kosngósan bisa langsung melakukan praktek dengan menggunakan game atau permainan Sudah diinstall di perangkat mu.

Atau kamu juga bisa langsung berlatih protokol aplikasi pengolah kata lainnya dengan mengambil beberapa teks untuk latihan seperti akan diberikan oleh mimin kosngosan dibawah ini. Penasaran? langsung scrool saja kebawah ya


Posisi duduk

Melakukan kegiatan pengetikan kamu juga harus memperhatikan posisi duduk yang baik dan benar sehingga kamu tidak mudah lelah yang akan mempengaruhi produktivitas kerja mu nantinya

Tang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus menempatkan punggung yang santai, kemudian posisikan kepala supaya tidak terlalu condong ke depan.

Selain itu posisi paha harus diperhatikan supaya tetap horizontal sejajar dengan lantai, mengarah ke tanah, untuk kursi yang memiliki bantalan harus menopang punggung di belakang dan jangan lupa untuk mengubah posisi duduk beberapa kali

Terakhir kamu juga harus bangkit sesekali dan melakukan peregangan tubuh untuk menciptakan aliran darah yang sehat dan juga jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan dan minuman air putih


Aplikasi Mengetik 10 Jari

Game mengetik 10 jari juga ada lho. Kamu bisa unduh aplikasinya untuk windows (perangkat laptop atau komputer) dan ada juga gamenya untuk versi android dan iphone. Kamu bisa dapatkan beberapa game nya dibawah ini :
  • Game Mengetik 10 Jari Windows DISINI
  • Game Mengetik 10 Jari Android DISINI
  • Game Mengetik 10 Jari iOS DISINI
Atau kamu juga bisa langsung mengunjungi beberapa situs online untuk berlatih langsung dari situs tersebut seperti : typing.com, typeonline.co.uk, typingtutor-online.com, speedtypingonline.com, dan masih banyak lagi (cukup ketikkan kata kunci "typing online" di mesin pencari)


Kesimpulan

Dan pada akhirnya mengetik 10 jari merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang yang bekerja di kantor dan berkutat dengan pekerjaan pengetikan di depan layar. Ini menyangkut masalah produktivitas kerja dan tentunya akan membuat pekerjaan lebih mudah.

Semoga tips diatas beserta contohnya bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian yang hendak belajar dan ingin menguasai teknik mengetik sepuluh jari.

Untuk membantu teman-teman yang lain jangan lupa tekan tombol share dan bagikan artikel ini di sosial media kalian, terimakasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya