Cara Melamar Kerja di Indomaret Secara Online dan Offline

Bagaimana cara melamar pekerjaan di Indomaret? Seperti yang kita ketahui Indomaret merupakan salah satu brand swalayan modren yang yang dimiliki oleh PT Indomarco Prismatama yang merupakan anak perusahaan dari indoritel Makmur internasional, dan saat ini sudah memiliki ribuan tokoh yang tersebar di seluruh Indonesia.

melamar kerja indomaret

Sebagai salah satu pemain di industri ritel, Indomaret sering membuka lowongan pekerjaan di berbagai bidang yang ada di tokonya seperti Kasir (KSR), Pramuniaga (PRM), Programmer (PRG), Merchandiser (MD), Surveyor (SRVY), Helper (HLP), Drafter/Pengawas Lapangan (DRF), Driver (DRV) dan posisi lainnya. Masing-masing dari posisi ini memiliki gaji yang berbeda sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab yang dimiliki nya

Bagi teman-teman yang ingin melamar pekerjaan di Indomaret tentunya harus mempersiapkan berbagai berkas dan persyaratan yang diminta. Secara umum memang tidak ada yang membedakan ketika kamu ingin melamar pekerjaan di Indomaret dengan di instansi yang lain. hanya saja di sini kamu perlu memperhatikan beberapa tips yang akan mimin kosngosn bagikan.

Kamu pasti sering bertanya kenapa Indomaret sering membuka lowongan kerja? Hal ini selain karena mereka menerapkan sistem kontrak dan rotasi terhadap karyawannya, juga dikarenakan Indomaret sering melakukan ekspansi dengan membuka toko baru di berbagai daerah yang menjadikan perusahaan ini ini selalu membutuhkan karyawan baru di beberapa kesempatan.

infografis indomaret


Cara Melamar di Indomaret


Nah kembali ke pertanyaan awal bagaimana cara melamar pekerjaan di Indomaret supaya diterima? Kita mulai dari membahas beberapa tahapan yang harus kamu lalui sebelum nantinya diterima menjadi karyawan di salah satu perusahaan ritel terbesar dan hari ini.


Kirim lamaran online


Langkah 1 :

Persiapan berkas lamaran seperti :

1. Daftar Riwayat Hidup (pdf )
2. Scan Ijazah terakhir dan transkip nilai (pdf atau jpeg)
3. Scan KTP atau SIM (pdf atau jpeg)
4. Scan SKCK terbaru (pdf atau jpeg)
5. Scan Surat Keterangan Sehat terbaru (pdf atau jpeg)
6. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 (jpeg)

Langkah 2 :

Kemudian kunjungi alamat karir indomaret : https://indomaret.co.id/karir/pengajuan-lamaran.html (atau ketik di google "Lamaran Online Indomaret") maka akan muncul halaman portal karir indomaret. Kamu tinggal unggah dokumen tersebut di bagian yang sudah diminta

Langkah 3 :

Pilih posisi yang dinginkan, pilih kota penempatan dan sebagainya. selain melalui situs karir indomaret, kamu juga sebenarnya bisa mengirim lewat Email, tetapi harus tahu dulu alamat email HRD dari masing masing kantor cabang Indomaret di daerah sobat kosngosan. Jadi cari tahu saja di forum atau grup online pencari kerja daerah mu.

Atau sobat kosngosan bisa tonton video panduan cara melamar kerja online di indomaret pada channel youtube milik kosngosan dibawah ini :




Kirim lamaran offline


Langkah 1 :

Secara offline, berarti sobat kosngosan mengirimkan seluruh dokumen lamaran dalam bentuk fisik, baik melalui kantor pos, po box atau langsung diantarkan ke kantor cabang Indomaret di daerah mu. Lihat syarat dibawah ini :

1. Cetak Daftar Riwayat Hidup (satu lembar)
2. Fotokopi Ijazah terakhir dan transkip nilai (satu lembar)
3. Fotokopi KTP atau SIM (satu lembar)
4. Fotokopi SKCK terbaru (satu lembar)
5. Fotokopi Surat Keterangan Sehat terbaru (satu lembar)
6. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 (satu lembar)

Langkah 2 :

Siapkan amplop, kemudian cantumkan jabatan yang diinginkan di sudut kanan atas amplop. Untuk alamat tujuan di kanan bawah. Lihat format surat nya dibawah ini :

penulisan amplop lamaran kerja


Contoh surat lamaran kerja indomaret


Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. Indomarco Prismata, Tbk (Indomaret)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari media penyedia lowongan kerja, saya bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama PT. Indomarco Prismata, Tbk. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud adalah sebagai Kepala Toko

Berikut data singkat saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
Pendidikan terakhir : S1 Agribisnis
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Simpang Baru, Pekanbaru
Telepon : 0823902579xx
Status : Lajang

Saya memiliki pengalaman sebagai admin di ukmriau dan sebagai web developer di riau web design, memiliki kondisi kesehatan yang baik, senang belajar dan dapat bekerja secara individu maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Scan Ijazah Strata 1 dan Transkrip Nilai
3. Scan KTP
4. Pas foto terbaru
3. Scan Sertifikat Pendukung

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan bagi saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai peraturan yang ada. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.


Hormat saya,


Muhammad Reza Harahap


Tes Administrasi


Adalah tahapan awal yang harus kamu lalui dengan mengirimkan sejumlah berkas lamaran yang diminta biasanya terdiri dari surat lamaran, CV (daftar riwayat hidup), fc transkrip nilai, fc Ijazah, kartu kuning, skck, fc ktp, pas photo dan sertifikat lainnya.

Di sini sobat kosngosan harus memperhatikan kelengkapan dan kesempurnaan dari berkas yang kamu kirimkan. Dari sinilah nanti pihak HRD Indomaret akan melihat Apakah kamu memang layak untuk di tes selanjutnya


Tes Fisik dan Kesehatan


Nah ketika sobat kosngosan dinyatakan lulus tes administrasi, Maka selanjutnya kaya akan dipanggil ke kantor cabang daerah ah dan di sana kalian akan dikumpulkan. Oh iya untuk pakaian kalian harus memakai setelan hitam putih dengan sepatu.

Setelah mendatangi kantor tempat seleksi, lapor terlebih dahulu kepada satpam dan segera masuk ke aula tempat pengumpulan calon karyawan baru. Sebelum melakukan tes fisik kalian biasanya akan di Berikan penjelasan mengenai profil dari Indomaret oleh pihak HRD

Di sini biasanya laki-laki dan perempuan akan dipisahkan mudian karena akan di tes fisik dan kesehatannya oleh beberapa orang HRD, meliputi tes tinggi badan, tidak adanya cacat fisik, tes buta warna dan sebagainya. Jadi pastikan kalian tidak mengalami penyakit tersebut sebelum melamar kerja disini

Tes Psikotes


Kebanyakan dari tes sebelumnya kan langsung diketahui hasilnya kemudian lanjut ke pada tes psikotes atau tes tertulis. Nah di sinilah kamu perlu untuk belajar dalam mengerjakan soal-soal psikotes yang sebenarnya sederhana, karena lebih mudah dibanding dengan tes psikotes perusahaan besar.

Baca juga : Kumpulan Soal dan Jawaban Tes Indomaret Lengkap

Tes Interview


Ini merupakan rangkaian terakhir dari tes yang harus kamu lalui yaitu kamu akan diwawancarai oleh pihak HRD, atau mungkin kepala cabang, mengenai berbagai materi yang terkait dengan pekerjaan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Disini materi wawancara memang tidak baku karena bisa berubah-ubah sesuai dengan apa yang ingin ditanyakan oleh si penanya. Yang perlu sobat kosngosna perhatikan adalah tetap bersifat tenang dan jawab semua pertanyaan dengan baik.

Mungkin secara garis besar nantinya sobat kosngosan akan ditanyakan mengenai Apa itu pelayanan, kira-kira kamu bisa menerima apabila ditempatkan di toko Indomaret dimana saja didaerahmu, apakah kamu pernah belanja di Indomaret, dan sebagainya.

Baca postingan kosngosan yang memabahan beberapa tips menjawab pertanyaan interview HRD Perusahaan beserta bocoran jawabannya disini


Masa pelatihan atau Traning


Sampailah kalian pada masa training atau pelatihan menjadi karyawan toko Indomaret. Dalam masa training ini kalian akan diberikan berbagai pembekalan materi seputar bagaimana cara menghadapi konsumen, cara berkomunikasi, sistematika dan cara kerja di toko Indomaret seperti apa dan sebagainya.

Untuk mengikuti training ini, biasanya kalian harus memakai pakaian hitam putih atau pakaian yang sesuai kriteria (nantinya akan diberitahu), kemudian membaca perlengkapan belajar seperti alat tulis, dan penampilan kalian juga harus rapi dan sopan seperti bagi laki laki harus potong rambut kurang lebih 1 cm

Apa detail yang bakal sobat kosngosan lakukan selama masa training beberapa hari ? Singkatnya ini adalah pengenalan sistem kerja, metode kerja dan pemberian informasi seputar Indomaret dan tokonya.

Berapa lama waktu training ini? Untuk waktunya bisa berbeda antara laki-laki dan perempuan. Bisa lebih dari 10 sampai 14 hari. Apakah pada tahap ini ada yang masih gagal? Pada dasarnya sangat kecil kemungkinan kalian gagal, kecuali memang kalian tidak mau mematuhi aturan dan terkesan tidak disiplin selama proses training berlangsung.


Besaran Gaji Indomaret


Berapa besaran gaji karyawan di Indomaret? Pada dasarnya ini sangat tergantung dengan daerah tempat dimana kalian bekerja, dan juga posisi yang kalian ambil. Intinya semakin tinggi jabatan, semakin tinggi gaji.

Begitu juga apabila kalian bekerja di daerah dengan UMR tinggi, maka gaji kalian juga akan tinggi. Karena disini Indomaret menetapkan gaji karyawannya sesuai dengan standar UMR untuk yang paling minimal.

Untuk lebih jelasnya, sobat kosngosan bisa lihat informasi yang mimin posting sebelumnya mengenai besaran gaji karyawan Indomaret terbaru di berbagai posisi disini.


Kesimpulan


Pada akhirnya melamar di Indomaret merupakan salah satu pilihan yang bisa kamu ambil untuk bekerja. Biasanya perusahaan ini merupakan favorit para fresh graduate yang ingin segera bekerja dengan gaji UMR.

Jangan lupa untuk menekan tombol syarat di bawah dan bagikan artikel ini di media sosial kalian, terimakasih sudah berkunjung di blog kosngosan, mimin pamit semoga kalian semua diterima bekerja di perusahaan impian kalian, Aminn
By

0 Response to "Cara Melamar Kerja di Indomaret Secara Online dan Offline"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel