Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ScreenShot Mode Incognito di Browser HP

Bagaimana cara melakukan screenshot mode incognito? Dalam perkembangan HP Android dan iPhone terbaru, sobat kosngosan tidak bisa melakukan tangkap layar dalam mode incognito ketika melakukan browsing di browser perangkat HP. Hal ini bertujuan untuk menjaga privasi dan keamanan. Karena memang mode incognito dibuat untuk membantu pengguna terkait privacy

Apa sebenarnya mode incognito? Apabila kamu pengguna internet, pasti sering terlihat pada berbagai aplikasi baik itu browser seperti google chrome, modzilla, opera bahkan aplikasi youtube sekali pun.

Incognito mode merupakan salah satu tool yang diberikan oleh peramban atau berbagai aplikasi dengan mengurangi pengambilan data riwayat yang berada di pencarian seperti mengurangi cache, cookies, password dan history.

How to screenshot in incognito? Pernahkah kamu ketika mengakses menggunakan mode incognito, maka jaringan internet sedikit lebih lama dibandingkan dengan mode biasa? 

Betul sekali karena dalam mode ini setiap aktivitas browsing kita tidak akan menyimpan cache, cookies, password dan history, sehingga membuat peramban bekerja ekstra

Keuntungan Mode Incognito

Apabila sobat kosngosan merupakan pengguna mode incognito, maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya :

1. Kamu bisa menggunakan 2 akun secara bersamaan dalam satu jenis browser, misalnya kamu ingin membuka akun Google A pada browser mode biasa, dan akun google B pada mode incognito

2. Aktivitas berselancar ria lebih aman dibanding dengan model biasa

3. Kamu akan mendapati iklan yang lebih sedikit dibanding mode biasa, dalam hal ini, mode incognito tidak sepenuhnya memblok iklan tetapi akan mengurangi iklan yang bersifat mengganggu

Kekurangan mode incognito

Seperti yang akan kita bahas saat ini kekurangan dari mode incognito selain dari kecepatan akses yang berkurang, juga kamu tidak bisa melakukan Tangkap Layar atau screenshot dengan alasan keamanan.

Nah namun jangan khawatir karena mimin kosngosan akan memberikan beberapa solusi kepada kalian yang ingin tetap menggunakan mode incognito dan sewaktu-waktu ingin melakukan screenshot pada layar smartphone kalian

Baca juga : Cara Merekam Suara Supaya Jernih Menggunakan HP


Cara ScreenShot Mode Incognito

how to screenshot in incognito

Coba kamu SS layar hp mu di browser chrome dalam mode biasa, pasti mudah bukan? Namun coba kamu lakukan hal yang sama pada mode incognito, pasti tidak bisa. Karena memang mode incognito didesain untuk kegiatan anonim.

Ada berbagai cara yang bisa sobat kosngosan lakukan untuk membuat SS dalam mode Incognito. Dan hal ini tergantung dari sistem operasi android yang kamu pakai di perangkat smartphone mu saat ini.


Android Nouget Kebawah


Bagi pengguna android nouget dan versi android kebawah lainnya, kamu bisa melakukan ScreenShot dengan memanfaatkan aplikasi screen recorder yang sudah diinstall di HP


Langkah 1

Download dan install aplikasi screen recorder di android mu, kamu bisa memakai aplikasi screen recorder apa pun, baik kamu dapatkan dari google play, atau dari situs APK lain. Berikut contoh aplikasinya :

AZ Screen Recorder (Download Disini)
Screen Recorder - No Ads (Download Disini)
XRecorder, Screen Recorder and Video Recorder (Download Disini)


Langkah 2

Buka aplikasi screen recorder, klik tombol record/rekam, kemudian pergi ke browser mode incognito tadi dan mulailah merekam layar dalam format video. 

Setelah tersimpan dalam format video, maka sobat kosngosan bisa buka video tersebut dan silahkan screenshot dengan cara normal


Android Oreo Keatas


Nah untuk pengguna android versi Oreo keatas, cara diatas tidak akan bisa lagi, karena apabila kamu melakukan perekaman atau penangkapan layar dalam mode incognito, hasilnya akan terlihat blank atau hitam. Lalu bagaimana solusinya?
 

Cara 1 : Pakai browser selain chrome dan versi lawas

Dalam kasus ini, browser chrome terbaru memang memiliki tool keamanan yang bisa menghalangi setiap aplikasi yang mencoba melakukan perekaman dalam mode incognitonya. 

Jadi salah satu soluti jitu lainnya adalah kamu pakai browser lain dalam versi lawas.

Misalnya disini mimin berhasil melakukan SS seperti biasa pada mode incognito pada UC browser versi lama. Atau sobat kosngosan bisa mencoba browser lain misalnya Opera, Firefox dan lainnya.

Cara lain yang paling efektif adalah melalui perangkat dekstop atau laptop, yang menggunakan sistem operasi windows, cukup tekan tombol printscreen pada keyboard dan pastekan ke paint atau ms word, Selesai.

Note: Resiko menggunakan browser versi lama adalah keamanan berinternet menjadi kurang aman. Dan ada juga beberapa situs yang tidak bisa kamu akses pakai browser versi lama ini


Cara 2 : Pakai kamera HP  lain untuk take pict

Apabila ingin cara yang berbeda, tetap menggunakan smartphone android, maka alternatif lainnya adalah sobat kosngosan bisa mengambil foto layar HP target dengan HP yang lain. 

Pastikan hp yang menjepret memiliki kualitas kamera yang baik, sehingga hasilnya maksimal. Selain itu, kamu bisa menggunakan bantuan tripod atau alat yang bisa meletakkan HP pada posisi terbaik untuk memotret


Cara Screenshot Incognito di iPhone


Untuk perangkat iphone, pada umumnya lebih susah lagi. Karena sistem keamanan iPhone lebih baik dari pada Android. Jadinya jangan harap bisa SS di mode incognito di browser Safari atau Google Chrome milik mu

Tentunya cara satu satunya yang bisa kamu gunakan adalah pakai kamera HP lain untuk jepret layar yang dalam mode incognito tersebut. 

Sekali lagi, pastikan HP kedua yang menjepret iPhone tersebut sudah memiliki kualitas megapixel kamera yang baik, jadinya hasilnya akan maksimal. 

Kamu bisa menggunakan bantuan tripod atau alat yang bisa meletakkan HP pada posisi terbaik untuk memotret iPhone milikmu


How to Screenshot in Incognito Video

Apabila sobat ingin melihat panduannya dalam versi video, mimin sudah apload videonya di channel youtube milik kosngosan dibawah ini. 

Kamu tinggal klik tombol play dan tonton panduannya dengan seksama. Jangan lupa like, share dan subscribe juga channel youtube kosngosan nya



Baca juga : Jadi Membuat HP jadi Remote TV tanpa Infrared


Kesimpulan


Bagaimanapun juga keamanan data memang menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, dan mode incognito merupakan solusi paling sederhana untuk melindungi data yang kita miliki ketika melakukan browsing. Namun apabila kamu tetap ingin terlihat anonim, lebih baik menggunakan VPN saja.

Demikian pembahasan seputar mode incognito kali ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman sekalian. 

Bagi yang belum tekan tombol share silakan Tekan untuk membagikan postingan ini di media sosial milik kalian, terimakasih.
Oleh rezaharahap