Contoh Proposal Buku dari Penulis untuk Penerbit Mayor

Menulis buku merupakan suatu hobi dan passion yang mampu menghasilkan uang. Supaya buku kita diterbitkan oleh penerbit Mayor atau penerbit besar yang memiliki jangkauan distribusi luas di seluruh toko buku Indonesia maka kita harus mengirimkan naskah mentah terlebih dahulu kepada redaksi tersebut

Salah satu syarat dalam pengiriman naskah tersebut adalah adanya proposal, yang mengandung informasi menyeluruh terhadap isi suatu buku yang kita buat dan juga sebagai media promosi secara singkat (dalam 1 dan 2 halaman) kepada redaksi sehingga mereka bisa menentukan apakah buku tersebut layak atau tidak untuk diterbitkan

proposal buku

Berbeda dengan proposal biaya atau proposal bisnis yang kita buat, ketika hendak memulai bisnis baru, proposal pengiriman naskah lebih singkat, dan menjadi bagian terpenting dari suatu naskah buku

Setelah menyelesaikan penulisan buku, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengirimnya ke Penerbit bersama dengan proposal dan sinopsis.

Bagi kalian yang senang menulis buku namun masih belum diberi kesempatan untuk diterbitkan oleh penerbit Mayor maka salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi penulis indie.

Apa itu penulis indie? Penulis indie adalah mereka yang yang menghasilkan buku, mencetak, mempromosikan dan menjual karyanya tanpa melibatkan perusahaan penerbit sama sekali. Sehingga kelebihan yang didapat adalah kamu tidak perlu menunggu persetujuan dari penerbit mayor, karena seluruh tugas dan tanggung jawab buku tersebut ada padamu

Baca juga : Tips Jitu Membuat Buku Ajar yang Diterima Oleh Penerbit

Namun menjadi seorang penulis indie harus bisa mengambil resiko lebih, karena kamu harus mengeluarkan biaya untuk percetakan dan editing. Selain itu resiko kerugian buku tidak laku juga kamu tanggung sendiri. dan tentu saja keuntungannya juga maksimal apabila buku tersebut laris keras


Cara Menulis Proposal Naskah Buku


Proposal naskah buku merupakan surat yang disertakan ketika sobat kosngosan akan mengirim naskah buku baik berupa fiksi atau ilmiah kepada penerbit, baik melalui kantor pos dan email. Biasanya proposal ini dibuat dan disertakan dengan naskah asli bukunya, kemudian di upload di bagian attachment atau lampiran disertai biodata dan sinopsis dari penulis.

Pada dasarnya proposal jenis ini berbeda dengan proposal biaya atau kegiatan, jadi struktur nya lebih fleksibel. Ada juga penerbit yang sudah menyediakan format khususnya untuk proposal buku ini. Sehingga kamu tinggal mendownload dan mengisinya saja sesuai dengan informasi yang mereka butuhkan.

Secara garis besar, apa yang kamu masukkan dalam proposal ini haruslah mengandung seperti abstraksi (latar belakang, kata promosi dan ringkasan isi buku), serta identitas buku yang meliputi judul, penulis, jumlah halaman, dan jenis buku seperti apa.


Contoh Proposal Naskah Buku


Untuk lebih jelasnya, sobat kosngosan bisa lihat beberapa contoh proposal naskah buku dibawah ini, dan untuk mendapatkannya bisa di unduh dalam format doc, sehingga bisa di edit sesuai kebutuhan.


Yth. Redaksi X

Abstraksi

Buku ini sejatinya merupakan cerita penulis selama menjalani kehidupan kost, selama menjadi mahasiswa di salah satu kota besar di Sumatera. Berdasarkan pengalaman ini dengan ditambah berbagai bumbu humor, cocok untuk pembaca umum yang ingin mengetahui kehidupan anak kos dan lika-liku nya dilihat dari sudut pandang orang pertama.

Kebanyakan buku menceritakan mengenai kehidupan anak kos dalam gaya penulisan novel, yang mengutamakan alur cerita, berbeda dengan buku ini yang gaya penulisannya lebih kepada panduan, menjelaskan tips dan trik secara menyeluruh terkait hal-hal yang akrab dengan anak kos, ditambah dengan sisi humor.

Walaupun membahas seputar anak kos, namun segmentasi pembaca, penulis buat secara umum, sehingga bisa dinikmati siapapun. Dengan gaya penulisan yang sederhana, gambar dengan pembahasan yang ringan membuat pembaca dalam memahami isinya

Buku ini akan mengajak kita untuk mengetahui sisi lain dari anak kos yang mungkin terlewatkan kan. Selama ini kita menganggap bahwa kehidupan anak kos selalu disandingkan dengan ngenes, irit dan kumuh.

Di samping itu kita bisa melihat secara lebih luas mengenai kehidupan anak kost yang berperan sebagai mahasiswa mulai dari proses penerimaan mahasiswa baru hingga kepada mahasiswa akhir yang mengurus skripsi.

Walaupun bisa dikatakan buku ini berkategori fiksi, namun beberapa tips dalamnya bisa bermanfaat dan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi anak kos yang memang sudah lama tidak memiliki kitab panduan yang menuntun mereka menjadi anak berkualitas.

Identitas Buku

Judul Buku : Be An Anak Kost Ngenest
Penulis : Muhammad Reza Harahap
Jumlah Halaman : 104
Jenis Buku : Fiksi




Download contoh proposal buku 1 disini




Download contoh proposal buku 2 disini

Baca juga : Terapkan Rahasia Menulis yang Baik dan Benar dari Tere Liye Ini


Kesimpulan


Menjadi seorang penulis buku memang tidaklah mudah karena harus melalui berbagai proses panjang untuk bisa diterbitkan dan dipasarkan di toko buku. Teruslah berlatih dan gali terus potensi menulis mu, termasuk bagaimana cara membuat proposal naskah buku yang baik dan benar Seperti di atas.

Akhir kata mimin kosngosan mengucapkan terima kasih kepada pengunjung, Jangan lupa untuk Klik tombol share di bawah dan bagikan postingan ini di medsos kalian supaya teman-teman penulis yang lain juga bisa mendapatkan referensi untuk menulis proposal naskah buku yang baik
By

0 Response to "Contoh Proposal Buku dari Penulis untuk Penerbit Mayor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel