Cara Membuat Buku Ajar yang Diterima Oleh Penerbit

Bagaimana cara menuliskan membuat buku ajar untuk anak sekolah yang baik dan benar peserta tidak ditolak oleh penerbit? Kali ini blog kosngosan akan membahas tips seputar panduan penulisan buku ajar yang baik dan benar. Simak pembahasannya dibawah ini.

Menjadi penulis merupakan salah satu profesi yang mulia karena bisa membagikan ilmu lewat tulisan dan buku yang dapat dibutuhkan oleh banyak orang. Terlebih menulis buku ajar, atau buku yang dipergunakan untuk pembelajaran di sekolah-sekolah.

Sebelum menulis bahan buku ajar yang baik, kamu harus memperhatikan yang namanya, kuadran penilaian, yang nantinya akan menjadi standar apakah buku tersebut layak itu benar atau tidak.

Bagaimanapun bagi seorang penerbit mereka tentu akan menekankan banyak aspek penilaian supaya nanti buku tersebut dapat diterima oleh masyarakat, terlebih buku ajar yang merupakan buku pegangan dan panduan dalam proses belajar mengajar.

Baca juga : Rahasia Menulis yang Dahsyat dan Diterima Penerbit dari Tere Liye

Buku ajar tentunya tidak sama dengan buku fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen. Buku ajar haruslah memiliki standar dan aturan yang jelas terhadap isi pengetahuan di dalamnya. Jadi apabila kamu ingin menulis buku ajar, kamu tidak bisa semena-mena atau seenaknya menulis seperti menulis buku fiksi.

Menulis buku ajar harus memperhatikan standar penilaian dari kurikulum pendidikan yang berlaku saat ini, RPP, RKP hingga peraturan dari pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan.

Tips Menulis Buku Ajar yang Berkualitas


cara membuat buku ajar

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan buku ajar yang berkualitas adalah dengan memperhatikan Quadrant penilaian buku layak terbit.

Terdapat dasar dasar yang perlu diperhatikan, sehingga apabila sudah terpenuhi maka penerbit akan dengan mudah penerbitan buku tersebut.

Selain memenuhi Quadrant kualitas, buka ajar juga harus update, memiliki jangkauan dan peluang pasar yang prospektif serta senantiasa disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini.

Pasar Sempit dengan Lifecycle Panjang


Untuk segmentasi buku ajar memang cukup jelas yaitu menyasar murid atau mahasiswa. Jadi perlu diketahui oleh penulis apabila menulis buku ajar itu tidak seporos Pak Ketika menulis buku populer seperti novel atau komik

Akan tetapi meskipun segmentasinya sempit, namun penggunaannya dan jangka waktu yang digunakan cukup lama karena selalu dibutuhkan setiap tahun, terlebih apabila buku ajar yang kamu buat sudah menjadi pegangan atau buku acuan yang wajib maka akan selalu dicetak setiap tahunnya

Pasar Luas dengan Lifecycle Panjang


Kamu juga bisa melihat permintaan dan keinginan penerbit terkait seperti apa Kondisi pasar saat ini. Ketika kamu bisa memenuhi permintaan penerbit, maka kamu bisa lebih diterima di penerbit mayor.

Kamu bisa memilih jenis buku dengan pasar yang luas tetapi lifecycle yang panjang, seperti buku ajar tentang aritmatika atau kimia dasar, kamu bisa lihat penggunaannya secara luas dan juga penggunaannya tidak memiliki masa kadaluarsa

Pasar luas dengan Lifecycle Pendek


Jenis buku selanjutnya adalah yang memiliki pasar luas namun memiliki massa penggunaan yang pendek seperti misalnya panduan aplikasi atau software komputer

Penggunaannya luas bisa dipakai oleh semua orang namun masa atau kadaluarsanya hanya sementara, Karena yang namanya aplikasi komputer selalu berkembang dan berubah-ubah

Pasar sempit dengan lifecycle Pendek


Jenis buku ajar selanjutnya yang harus kamu tahu adalah, kamu harus menghindari jenis buku dengan pasar yang sempit dan juga penggunaan yang singkat. Misalnya buku ajar ini seperti pembahasan aplikasi komputer tingkat SMA untuk persiapan ujian akhir, misalnya.

Kemungkinan besar buku yang sudah kamu tulis dan Tawarkan ke beberapa penerbit besar selalu ditolak karena memiliki pasar yang sempit dan masa pakai yang singkat juga, sehingga bukumu tidak memiliki prospek yang cerah untuk di komersialisasi.

Kesimpulan


Lalu bagaimana kesimpulan yang bisa kita ambil apabila kamu ingin membuat buku ajar yang diterima oleh penerbit mayor dan juga mendatangkan keuntungan yang maksimal sebagai royaltinya?

Maka jenis buku yang paling tepat untuk kamu buat adalah jenis buku yang memiliki pasar luas dan lifecycle yang panjang. Artinya buku yang kamu buat akan menyasar kepada target yang lebih umum, tanpa memiliki masa kadaluarsa.

Baca juga : Cara Mengetahui Isi Sebuah Buku, Tanpa Membaca Keseluruhan

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai tips dan cara menulis buku ajar yang baik dan benar serta diterima oleh penerbit. Semoga dapat menjadi referensi dan menambah pengetahuan dalam menghasilkan buku ajar yang berkualitas. Terima kasih dan jangan lupa untuk membagikan tulisan ini di media sosial kalian
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel