Cara Mengetahui Isi Sebuah Buku, Tanpa Membaca Keseluruhan

Buku adalah jendela dunia dan gerbang ilmu pengetahuan. Membaca buku akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan analisis mu. Dalam pelajaran bahasa Indonesia pun kita sering disuruh untuk mencari isi sebuah buku secara cepat dan ringkas. Lalu Bagaimana cara menentukan isi suatu buku secara singkat tanpa harus perlu membaca isinya secara keseluruhan?

Baiklah kali ini blog kosngosan akan membahas mengenai hal tersebut. Tentunya buku yang kita bahas disini bukanlah buku komik, akan tetapi buku yang memiliki teks keseluruhan dan memiliki topik tertentu seperti buku ilmiah politik ekonomi atau pembelajaran lain, juga buku sastra seperti novel.

Sayangnya saat ini minat membaca buku di Indonesia begitu rendah karena ada banyak sekali penggunaan smartphone atau gadget yang menurunkan daya minat anak-anak kita terhadap membaca buku. Tentunya ini menjadi suatu tantangan kepada kita bagaimana cara memperkenalkan buku kembali kepada generasi muda sehingga mereka bisa menambah ilmu pengetahuan melalui pembaca pembaca andal.

Terlebih bagi kalian yang berstatus sebagai mahasiswa membaca buku menjadi suatu kewajiban Karena dosen sering memberikan referensi buku yang cukup tebal untuk dibaca. Lalu Bagaimana cara menyiasati atau melakukan strategi yang efektif dan efisien untuk mengetahui isi dari buku tanpa harus membacanya secara keseluruhan?

Baca juga : Cara Meningkatkan Minat Baca Anak dan Orangtua

Ketika melaporkan dan merangkum isi sebuah buku hendaknya kamu menyertakan sumber buku yang akan di analisis sehingga buku yang kamu pakai sebagai acuan yang biasa disebut sebagai buku referensi mudah untuk ditemukan oleh orang lain.

Teknik analisis isi buku, tanpa harus membaca isinya keseluruhan


membaca buku

Sebenarnya kita tidak bisa mengetahui seluruh isi dari suatu buku tanpa membacanya sampai habis, akan tetapi kita bisa mengetahui gambaran besar atau gambaran umum mengenai buku tersebut dengan menggunakan beberapa teknik analisis.

Coba kamu bayangkan apabila kamu diberikan tugas untuk menganalisis beberapa buku dengan tebal halaman yang lumayan dalam waktu yang relatif singkat Apakah kamu bisa mengetahui isi dari keseluruhan buku dengan membaca secara manual dan habis? Bisa dipastikan Kamu tidak akan bisa

Oleh karena itu diciptakanlah suatu teknik yang bisa membuat kita mengetahui gambaran umum suatu buku tanpa harus membacanya secara manual, halaman per halaman dan sampai habis. Berikut yang bisa admin kosngosan jelaskan kepada kalian mengenai caranya

Langkah 1

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli atau memiliki buku dengan topik yang kamu sukai. Tentunya apabila kamu senang dengan topik atau judul yang yang dimiliki oleh buku tersebut, akan lebih mudah untuk mempelajari dan mengetahui isinya

Langkah 2

Setelah itu mulailah membuka buku pertama kali dengan membaca ikhtisar atau sinopsisnya. Dalam beberapa buku, kamu bisa membaca resensi, testimoni dan pendapat para pembaca yang dituliskan pada sampul belakang atau bagian awal dari buku. Ini juga nanti akan membantumu dalam memahami isi buku secara garis besar.

Langkah 3

Lihat daftar isi pada buku. Buku memiliki daftar isi yang terdiri dari beberapa bab atau judul yang nantinya akan membantumu untuk mengetahui bagian per bagian yang akan dijelaskan dalam buku secara garis besar.

Langkah 4

Persiapkan stabilo atau penanda lain, bisa juga menyediakan buku catatan kecil sebagai penanda. Kemudian Bukalah halaman per halaman secara cepat, bagian yang kamu anggap penting, kemudian Tandai menggunakan stabilo atau catat dalam suatu notes.

Langkah 5

Hal yang perlu kamu lakukan adalah jangan membaca setiap kata dalam hukum karena itu akan menghabiskan banyak waktu. Kamu bisa mencoba menyelesaikan satu baris kalimat pendek dalam satu kali penglihatan atau pemindaian. Kamu perlu menggunakan teknik membaca cepat, dan diperlukan latihan setiap hari untuk melakukan teknik ini secara baik dan benar

Langkah 6

Ciptakan kondisi membaca yang nyaman dan tenang serta membuatmu rileks. Selain itu jangan pernah mengulang bacaan yang sudah kamu baca. Hal ini tentunya akan menghabiskan waktu. Oleh karena itu tetap fokus pada bacaan selanjutnya sambil mencatat bagian yang paling penting halaman per halaman.

Langkah 7

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu informasi mengenai buku tersebut pada berbagai forum atau pembahasan baik di internet maupun seminar bedah buku. Ini menjadi cara yang cukup efektif dan efisien.

Kesimpulan


Setelah membaca secara cepat, dan menandai setiap bagian penting yang ada pada halaman per halaman buku tersebut saatnya kamu untuk menulis ringkasan yang terdiri dari beberapa poin yang sudah kamu catat atau tandai.

Tentunya tips-tips diatas tidak akan pekerjaan secara optimal apabila kamu jarang membaca buku. Oleh karena itu dibutuhkan latihan membaca buku secara berkala supaya kemampuan membaca cepat dan mengetahui isi buku tanpa membaca keseluruhannya bisa kamu lakukan.

Baca juga : Situs Aplikasi Baca Gratis Buku tanpa Download

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara mengetahui isi suatu buku tanpa harus membacanya secara manual dan keseluruhan semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa share ke media sosial milik kalian. Terima kasih
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel