Cara Meningkatkan Minat Baca Anak dan Orangtua

Cara Meningkatkan Minat Baca Anak dan Orangtua

Baca juga :

meningkatkan minat baca

Apakah membaca menjadi bagian dari resolusimu atau tidak pada tahun ini? Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Baca Anak dan Orangtua? Kenapa membaca begitu penting untuk perkembangan anak ? Berikut kosngosan akan membahasnya.

Ketika kita berbicara dengan para ahli dan pecinta buku mengenai apa yang didapat ketika membaca sebuah buku, maka mereka akan menjawab membaca buku membuatnya lebih menyenangkan sehingga kita benar-benar membuang waktu secara produktif.

Sebenarnya sulit untuk menciptakan sebuah kebiasaan (yang melibatkan hobi seperti membaca) jika anak tidak menikmatinya, atau tidak menghargai dan tidak fokus dalam menelaah maksud dna tujuan si penulis dalam bukunya.

Minat membaca bagi anak juga mulai berkurang seiring bertambahnya jumlah pemakai smartphone. Buku konvensional sudah tidak dinilai lagi oleh anak anak sekarang. Oleh karena itu, menjadi tugas dan kewajiban para orang tualah dalam meningkatkan minat baca anak.

Logikanya, tidak mungkin anak mau membaca jika orangtuanya sendiri tidak menyukai buku. Maka dari itu, untuk meningkatkan minat baca anak, maka orangtua juga harus meningkatkan minat nya terhadap membaca buku.

Jika kamu akan membaca sebuah buku, bacalah tentang hal-hal yang kamu sukai terlebih dahulu, bacalah tentang hal-hal yang sudah menarik bagi mu

Menentukan genre dan buku apa yang harus anak kita cari menjadi langkah awal dalam meingkatkan minat baca si anak.  Perpustakaan menawarkan cara untuk membaca dengan mudah dan dapat mengeksplorasi preferensi yang disukai oleh anak kita. Membaca di perpustakaan adalah cara untuk meningkatkan minat baca anak untuk pertama kali tanpa harus berinvestasi di buku.

Jika anak dan orangtua sudah tahu genre apa yang di sukai, maka mulailah mencari komunitas di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Jadikan setiap aktifitas internetnya lebih dekat dengan buku. Ada banyak akun media sosial yang menyediakan buku online untuk dibaca. Dan itu gratis, tanpa membeli buku sama sekali.

Internet dan forum membaca dapat mendorong pembaca dari semua tingkatan untuk mencari buku online yang berkualitas. Di internet tujuan setiap orang adalah membaca sebanyak yang mereka bisa dalam jangka waktu tidak terbatas.

Detail kecil juga bisa membuat perbedaan yang signifikan dalam pengalaman membaca anak. Adanya ruang fisik seperti ruang khusus baca bagi anak bisa meningkatkan mood membaca menjadi lebih baik. Bagi orang tua juga harus siap meletakkan teleponnya pada mode pesawat dan beralih mendampingi anak agar menambah motivasi.

Kita menikmati secangkir teh dan sepotong brownies dengan bacaan kita saat lampu menyala di ruangan baca bersama anak. Kita juga harus mendorong anak untuk mendengarkan audiobook atau membaca e-book.

Jika kita berhasil sejauh ini dalam melatih dan meningkatkan minat baca anak, maka kita telah berhasil membentuk karakter anak yang memupuk datangnya ilmu pengetahuan. Demikian artikel mengenai Cara Meningkatkan Minat Baca Anak dan Orangtua, semoga dapat bermanfaat!

Buka Komentar