Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Minat Baca Anak oleh Orangtua

Apakah membaca menjadi bagian dari resolusimu atau tidak pada tahun ini? Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Baca Anak dan Orangtua? Kenapa membaca begitu penting untuk perkembangan anak ? Berikut kosngosan akan membahasnya.

Ketika kita berbicara dengan para ahli dan pecinta buku mengenai apa yang didapat ketika membaca sebuah buku, maka mereka akan menjawab membaca buku membuatnya lebih menyenangkan sehingga kita benar-benar membuang waktu secara produktif.

Sebenarnya sulit untuk menciptakan sebuah kebiasaan (yang melibatkan hobi seperti membaca) jika anak tidak menikmatinya, atau tidak menghargai dan tidak fokus dalam menelaah maksud dna tujuan si penulis dalam bukunya.


Tips Meningkatkan Minat Bacara Anak


cara meningkatkan minat baca

Minat membaca bagi anak juga mulai berkurang seiring bertambahnya jumlah pemakai smartphone. Buku konvensional sudah tidak dinilai lagi oleh anak anak sekarang. Oleh karena itu, menjadi tugas dan kewajiban para orang tualah dalam meningkatkan minat baca anak. Namun bagaimana caranya? Ikuti beberapa langkah sederhana dibawah ini !

Baca juga : Tips Menjadi Orang Tua Milenial yang Baik


1. Mulai dari Orangtua


Logikanya, tidak mungkin anak mau membaca jika orangtuanya sendiri tidak menyukai buku. Maka dari itu, untuk meningkatkan minat baca anak, maka orangtua juga harus meningkatkan minat nya terhadap membaca buku. Pernah mendengar orangtua adalah "RULE MODEL" bagi anak-anaknya? Oleh karena itu jangan pernah menyepelekan istilah ini.

Jika kamu akan membaca sebuah buku, bacalah tentang hal-hal yang kamu sukai terlebih dahulu, bacalah tentang hal-hal yang sudah menarik bagi mu


2. Tentukan Genre Bukunya


Menentukan genre dan buku apa yang harus anak kita cari menjadi langkah awal dalam meingkatkan minat baca si anak.  Perpustakaan menawarkan cara untuk membaca dengan mudah dan dapat mengeksplorasi preferensi yang disukai oleh anak kita.

Membaca di perpustakaan adalah cara untuk meningkatkan minat baca anak untuk pertama kali tanpa harus berinvestasi di buku. Tentu saja, orangtua juga harus menyisihkan anggaran belanja bulanannya untuk membeli buku yang sekiranya disukai oleh anak anak mereka.


3. Gabung Komunitas Pecinta Buku


Jika anak dan orangtua sudah tahu genre apa yang di sukai, maka mulailah mencari komunitas di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Jadikan setiap aktifitas internetnya lebih dekat dengan buku. Ada banyak akun media sosial yang menyediakan buku online untuk dibaca. Dan itu gratis, tanpa membeli buku sama sekali.

Internet dan forum membaca dapat mendorong pembaca dari semua tingkatan untuk mencari buku online yang berkualitas. Di internet tujuan setiap orang adalah membaca sebanyak yang mereka bisa dalam jangka waktu tidak terbatas.


4. Membuat Ruangan Khusus Membaca


Detail kecil juga bisa membuat perbedaan yang signifikan dalam pengalaman membaca anak. Adanya ruang fisik seperti ruang khusus baca bagi anak bisa meningkatkan mood membaca menjadi lebih baik. Kamu bisa berkonsultasi dengan arsitek atau justru mendesain sendiri bersama pasangan, sehingga menciptakan ruangan baca sangatlah efektif untuk meningkatkan minat baca anak anak

Bagi orang tua juga harus siap meletakkan teleponnya pada mode pesawat dan beralih mendampingi anak agar menambah motivasi. Penting untuk menyisihkan waktu bersama anak dan membaca bersama mereka menghabiskan quality time.


5. Membaca lewat Ebook dan Audio


Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Zaman dahulu kita hanya bisa membaca lewat buku yang terbuat dari kertas, sedangkan sekarng sudah banyak buku elektronik yang bisa diunduh dan dibaca menggunakan perangkat laptop, komputer atau smartphone milik kita masing masing.

Kami bisa menikmati secangkir teh dan sepotong brownies dengan bacaan kita saat lampu menyala di ruangan baca bersama anak. Kita juga harus mendorong anak untuk mendengarkan audiobook atau membaca e-book.


6. Biasakan Hadiah Buku


Apabila sikecil ulang tahun, mendapatkan rangking pertama dan prestasi lainya, jangan lupa untuk memberikan kepada mereka buku kesayangan. Hal ini menjadi salah satu cara untuk membuat mereka bisa menghargai buku.

Misalnya, saat teman kamu ulang tahun, atau sekadar kado untuk sahabat atau orang tersayang. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu sudah mengajak teman untuk membaca, begitu juga dengan anak anakmu di rumah.


7. Biasakan Menulis Diary


Diari atau buku harian memang sudah mulai ditinggalkan orang saat sekarang. Padahal dengan suka menulis diari, maka anak akan menjadi suka membaca lho! Sudah pasti kebiasaan menulis dapat dimulai dengan buku harian.

Mungkin saat sekarang ini, anak bisa memmulai dengan menulis blog atau di catatan pribadi online-nya. Menulis didahului oleh kegiatan membaca karena keduanya merupakan keterampilan berbahasa yang berkesinambungan. Oleh karena itu, orang yang terampil menulis biasanya juga pembaca yang baik.

Baca juga : Solusi Agar Anak Tidak Menyontek Saat Ujian


Kata Penutup


Membaca adalah gerbang menuju ilmu baru! Jadi sudah sepantasnya orangtua menerapkan kebiasaan baik ini kepada anak anak mereka. Jika kita berhasil sejauh ini dalam melatih dan meningkatkan minat baca anak, maka kita telah berhasil membentuk karakter anak yang memupuk datangnya ilmu pengetahuan. Demikian artikel mengenai Cara Meningkatkan Minat Baca Anak dan Orangtua, semoga dapat bermanfaat! Jangan lupa share artikel ini ya!
Oleh rezaharahap