Contoh Proposal Pengajuan Magang Mahasiswa Berbagai Jurusan Lengkap

Bagi mahasiswa yang sebentar lagi akan melakukan magang atau praktek kerja lapangan, biasanya sebelum memilih kantor magang, kita diharuskan terlebih dahulu untuk memberikan proposal magang kepada perusahaan tujuan. dengan demikian perusahaan akan melihat detail mengenai Mahasiswa magang akan diterima di perusahaan mereka

Nah setelah menunggu beberapa saat, perusahaan akan memutuskan apakah menerima atau menolak proposal magang dari perguruan tinggi tersebut. Untuk itu kamu perlu mengetahui berbagai tips membuat proposal magang yang baik dan benar supaya diterima di perusahaan idamanmu

contoh proposal magang

Kali ini blog kosngosan, akan membantu kalian untuk membuat proposal magang sesuai kaidah yang benar disertai dengan contoh yang bisa kamu download dan edit sesuai dengan kebutuhan, baik yang masih berstatus sebagai pelajar SMK, atau mahasiswa di berbagai jurusan.

Magang atau internship, adalah suatu program pra kerja yang diberikan oleh sa wetu institusi pendidikan baik itu sekolah atau perguruan tinggi kepada para pelajar atau mahasiswa, untuk merasakan atmosfer bekerja yang sesungguhnya di suatu perusahaan yang sesuai dengan ruang lingkup dari jurusan yang kamu ambil saat ini.

Sejatinya program magang bisa membuat kamu merasakan bekerja yang sesungguhnya di perusahaan atau di kantor-kantor pemerintahan. Oleh karena itu memilih tempat magang merupakan salah satu hal yang paling penting karena nantinya ini berpengaruh terhadap pengalaman kerja mu

Banyak sekali orang yang yang Sembarangan memilih tempat magang, dan setelah menjalaninya mereka merasa bahwa magang hanya disuruh-suruh saja seperti pembantu, tanpa adanya kegiatan yang bisa meningkatkan keahlian.

Tentu saja ini sangat disayangkan, mengingat para karyawan di kantor juga sebenarnya harus ikut berkontribusi dalam program kerja anak magang di kantornya.

Beruntunglah kalian yang memiliki tempat magang di mana para pekerja kantor nya bersifat aktif, senang untuk mengajari kalian dan memberikan an-nahl aman pengalaman baru yang dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai modal untuk bekerja nantinya

Tidak seperti mimin saat kuliah dulu, jurusan mimin tidak memiliki program magang sehingga untuk bekerja pun pada awalnya benar-benar fresh graduate atau tidak memiliki pengalaman sama sekali.

Baca juga : Cara penulisan makalah proposal yang baik dan benar

Perlu kalian ketahui bahwa magang berbeda dengan kuliah kerja nyata atau KKN. magang di sini lebih kepada prioritas di ruang lingkup perusahaan atau kantor, sementara KKN merupakan kegiatan yang dilakukan di tengah masyarakat.


Penulisan Proposal Magang


Membuat proposal magang sama saja dengan proposal akademik lainnya. Berikut beberapa bagian yang perlu sobat kosngosan perhatikan sebelum membuatnya, untuk menyempurnakan proposal magang mu dengan baik

Langkah 1

Membuat bagian cover, atau sampul pada proposal adalah halaman awal yang pertama kali dilihat oleh pihak perusahaan. Pastikan sobat kosngosan memberikan sampulnya bagus dan menarik, Isinya biasanya merupakan logo perguruan tinggi, judul proposal, nama penulis, dan kampus beserta fakultas dan jurusannya.

Langkah 2

Membuat bagian pendahuluan, bagian pendahuluan berisi latar belakang, alasan dan teori yang melandasi kamu untuk melakukan magang di perusahaan atau instansi tersebut. pastikan kamu memberikan penjelasan yang komprehensif, supaya perusahaan tersebut yakin bisa menerima kamu magang atau magan di tempat mereka.

Langkah 3

Membuat tujuan magang, tujuan disini adalah hal apa saja yang akan kamu capai setelah menyeselesaikan magang atau magang tersebut. Apakah tujuan tersebut dapat menguntungkan perusahaan, memberikan manfaat untuk perusahaan atau tidak.

Langkah 4

Membuat bentuk kegiatan magang, bentuk kegiatan harus kamu jelaskan poin per poin, mulai dari persiapan sebelum melakukan magang, pelaksanaan magang, pembuatan laporan, serta detail waktu pelaksanaan, dan biodata dirimu secara lengkap.

Langkah 5

Membuat bagian penutup, bagian penutup menjadi akhir dari proposal kali ini, berisi pengharapan supaya kamu diterima magang di perusahaan atau instansi tersebut. Ditutup dengan ucapan terimakasih kepada pihak yang terlibat.


Contoh Proposal Magang


Pendahuluan

Program strata 1 Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Riau adalah bagian dari penyelenggara pendidikan tinggi. dimana salah satu misinya adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membentuk tenaga profesional yang handal di bidang ilmu agribisnis. sehingga diharakan nantinya sumber daya manusia yang dihasilkan dari proses pembelajaran di dalammya adalah tenaga yang siap menghadapi tantangan di bidangnya.

Magang merupakan kegiatan mahasiswa secara langsung dalam kegiatan kerja profesi pada suatu lembaga, perusahaan atau suatu instansi dalam jangka waktu dua bulan dengan syarat telah mengambil seluruh perkuliahan teori. dengan magang tersebut diharapkan dapat membantu menghasilkan tenaga kerja yang berpendidikan dan ketrampilan tinggi untuk mempraktikkan ilmu yang diperoleh, memiliki pengetahuan yang luas pada masalah sosial untuk melaksanakan praktek professional dalam konteks bermasyarakat dan untuk mempersiapkan profesional leadership, mampu bekerja secara efektif serta memiliki semangat belajar dan meningkatkan ketrampilan

Tujuan Magang

Tujuan Umum Magang

Magang di kantor perusahaan sawit kosngosan yang beralamat di jl. hr. soebrantas, mempunyai tujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon tenaga kerja professional.


  • Memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap aplikasi praktik ilmu agribisnis pada dunia kerja sesungguhnya
  • Meningkatkan ketrampilan profesi mahasiswa terhadap aplikasi praktik ilmu agribisnis pada dunia kerja sesungguhnya
  • Menumbuhkan dan menambahkan kesadaran sikap professional mahasiswa sebagi calon tenaga ilmu agribisnis
  • Menjebatani adanya kesenjangan antara teori dan praktik pada bidang ilmu agribisnis
  • Melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan profesinya


Tujuan khusus Magang

Magang ini mempunyai tujuan untuk melaksanakan praktik kerja di bagian ilmu agribisnis atau bagian yang relevan dengan latar belakang pendidikan praktikkan pada kantor perusahaan sawit kosngosan.

Bentuk kegiatan

Persiapan magang meliputi:


  • Pembekalan dari dosen pembimbing
  • Mengajukan permohonan kepada kaprodi dan atau oleh ketua pengelola unri
  • Meminta surat pengantar ke bagian akademik untuk mengajukan permohonan magang
  • Menyampaikan surat ke tempat magang dan mengecek kepastian
  • Setelah mendapat kepastian kemudian meminta surat izin penugasan magang dan menunjukkannya kepada dosen pembimbing


Pelaksanaan magang meliputi


  • Menyerahkan kelengkapan administrasi ke lembaga tempat praktik
  • Melaksanakan tugas yang diberikan lembaga dan mengisi catatan harian atau refleksi yang akan disahkan oleh dosen pembimbing dan lembaga tempat praktik
  • Membuat jadwal kegiatan yang harus dikonsultansikan kepada dosen pembimbing
  • Membuat laporan tertulis mengenai kegiatan yang dilakukan selama magang
  • Setelah magang selesai menyerahkan surat keterangan (rekomendasi) dari lembaga tempat magang dan diserahkan ke dosen pembimbing


Penyebaran laporan pelaksanaan magang

Laporan magang disusun berdasarkan bahan-bahan dari kegiatan magang sesuai catatan harian.
Catatan harian atau refleksi dan kelengkapannya yang relevan dengan pelaksanaan magang dilampirkan dalam laporan magang.

Menyerahkan dua lembar eksemplar laporan yang telah disahkan oleh:


  • Dosen pembimbing
  • Pembimbing magang dari lembaga tempat praktik.
  • Pengelola unri


Selanjutnya laporan akan diserahkan ke fakultas dan lembaga tempat kerja praktik

Waktu pelaksanaan magang :

Mulai : 15 februari 2020
Berakhir : 15 april 2020

Atau berdasarkan kesepakatan yang diberikan oleh lembaga tempat praktik sesuai dengan ketentuan dari universitas yaitu minimal dua bulan

Mahasiswa pelaksana magang

Nama : Muhammad reza harahap
NIM : 1206112169
Program studi : Agribisnis
Fakultas : Fakultas agribisnis dan ilmu kelautan
Alamat : Pekanbaru, Riau

Pembimbing

Pembimbing ditempat magang
Pembimbing akademik dari program studi ilmu agribisnis fakultas agribisnis dan ilmu kelautan universitas negeri riau

Penutup

Dengan diberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk praktik kerja lapangan di kantor perusahaan sawit kosngosan akan lebih mengenalkan dan mendekatkan mahasiswa pada lingkungan dunia kerja yang sebenarnya, sesuai dengan program departemen pendidikan nasional mengenal link and match antara dunia pendidikan dan dunia usaha.

Besar harapan kami atas kepercayaan dan kesempatan dari pihak manajemen kantor perusahaan sawit kosngosan yang nantinya akan dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin oleh mahasiwa untuk mencapai maksud dan tujuan yang diharapkan.


Contoh proposal magang SMK




Download contoh proposal magang anak SMK disini

Contoh proposal magang mahasiswa hukum




Download contoh proposal magang mahasiswa hukum disini

Contoh proposal magang mahasiswa pertanian




Download contoh proposal magang mahasiswa pertanian disini

Contoh proposal magang mahasiswa teknik




Download contoh proposal magang mahasiswa teknik disini


Kata Penutup


Magang menjadi salah satu kegiatan yang penting sebelum melamar pekerjaan secara langsung. oleh karena itu kamu harus memilih tempat makan yang berkualitas sehingga mendapatkan keahlian tambahan dari kegiatan magang yang kamu lakukan selama 1 atau 2 bulan

Semoga tips mengenai magang dan contoh proposal magang di atas bermanfaat untuk kalian, sebagai bentuk kontribusi jangan lupa tekan tombol share untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian. terimakasih banyak sudah berkunjung di blog kosngosan.
By

0 Response to "Contoh Proposal Pengajuan Magang Mahasiswa Berbagai Jurusan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel