Contoh penulisan makalah proposal yang baik dan benar

Contoh penulisan makalah proposal yang baik dan benar

contoh penulisan makalah proposal

Makalah yang akan kosngosan bagikan sebentar lagi mengandung materi mengenai pembahasan proposal baik itu jenis proposal kegiatan, proposal usaha dan proposal penelitian. Untuk teknis penulisan serta bagaimana cara penulisan-nya yang sesuai dengan aturan baku. Silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Ada banyak sekali contoh makalah proposal seperti proposal kegiatan, proposal penelitian (skripsi) dan proposal usaha yang bisa kamu cari di internet. Namun beberapa diantaranya masih saja tidak memperhatikan kaidah penulisan proposal yang baik dan benar. Karena setiap jenis proposal memiliki aturan dan format penulisan yang berbeda.

Proposal yang baik tentunya diketik menggunakan aplikasi pengolah kata seperti microsoft word terbaru. Untuk jenis dan ukuran font biasanya menggunakan times new roman atau arial dengal ukuran 12 dan spasi 1.5 atau 2.

Proposal bisa diketik dan disimpan dalam bentuk pdf maupun doc kemudian dicetak dalam lembaran kertas HVS untuk kemudian diberikan kepada pihak yang bersangkutan. Misalnya proposal usaha, ditujukan kepada pihak investor, proposal kegitan yang ditujukan kepada peserta kegiatan yang terlibat dan juga proposal penelitian yang diberikan kepada pihak kampus.

Contoh Makalah Proposal


Makalah mengenai proposal secara umum bisa kamu dapatkan dengan scrool bagian dibawah ini, kamu bisa mengcopy atau mengunduh filenya lewat link yang ada dibawah ini.



Download Contoh Makalah Proposal 

(sumber Radhika Deva Sari)

Cara Penulisan Proposal


Untuk membuat dan menghasilkan proposal yang baik dan benar, kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis proposal apa yang akan kamu buat. Oleh karena itu mimin sudah merangkum tiga jenis proposal yang umum dicari internet, antara lain :

Menulis Proposal Usaha


contoh Proposal Usaha

Proposal usaha atau proposal modal merupakan proposal yang ditujukan untuk mendapatkan pembiayaan demi memulai suatu usaha atau mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi. tujuan penggunaan proposal ini biasanya diberikan kepada pihak pembiayaan atau investor. Oleh karena itu proposal ini memiliki motif komersial di mana tujuan akhirnya adalah pencairan dana untuk digunakan demi kepentingan bisnis.

Bagaimana cara membuat jenis proposal ini? 


Langkah pertama adalah buatlah Bab Pendahuluan. bab ini adalah bagian kamu menjelaskan mengenai latar belakang usaha, visi misi bisnis serta gambaran bisnis termasuk juga keadaan pasar saat ini.

Membuat profil badan usaha secara singkat dan jelas. Profil usaha bisa dibagi menjadi bagian jenis usaha, nama perusahaan dan lokasi.

Buatlah struktur perusahaan atau organisasi bisnis mu. Kamu bisa memberikan penjelasan mengenai mekanisme dan struktur pengelolaan bisnis, apakah dilakukan seorang diri, berdua atau dalam tim bisnis yang terdiri dari berbagai orang.

Produk. pada bagian ini kamu menjelaskan produk apa yang dihasilkan oleh usaha yang akan kamu lakukan termasuk jenis, pembuatan dan keunggulan produk.

Target pasar, pada bagian ini kamu harus menjelaskan mengenai sasaran kemana produk akan dijual.

Laporan keuangan, menjadi bagian yang paling penting untuk menjelaskan kepada pihak donatur mengenai kesehatan bisnis mu. Laporan ini berupa alokasi dana, perhitungan laba, dan sistem bagi hasil apabila bentuk kerjasama nya adalah berlandaskan hukum syariah.

Penutup, seperti bagian proposal lainnya, bagian ini memberikan kesimpulan dan meyakinkan donatur bisnis mu untuk memilih mu sebagai mitra bisnis mereka. Setelah itu kamu ikuti dengan ucapan terimakasih dan pemberian bagian lampiran yang berisi Biodata pemilik bisnis, surat perjanjian, surat Ijin Usaha dan sertifikat Usaha.

Menulis Proposal Kegiatan


contoh Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan ada banyak jenisnya seperti proposal kegiatan mahasiswa, proposal gotong royong atau kerja bakti, proposal pameran dan sebagainya. proposal ini hampir sama dengan proposal usaha, sama dengan proposal usaha, biasanya ditujukan ke pihak-pihak yang terkait dengan acara kegiatan tersebut. Juga diberikan kepada pihak sponsor yang membiayai kegiatan.

Pada dasarnya proposal kegiatan hampir sama dengan proposal usaha, yaitu sama sama bertujuan untuk mendapatkan bantuan dana. Sementara perbeadannya adalah proposal kegiatan tidak bersifat komersial. Adapun yang pertama kamu persiapkan adalah :

Pembuatan judul proposal dengan memperhatikan tujuan kegiatan. Kemudian buatlah bagian pendahuluan yang berisi Latar Belakang Kegiatan dan Tujuan Kegiatan.

Setelah itu, membuat bagian isi proposal yang berisi Tema Kegiatan, Macam-Macam Kegiatan Peserta, Peralatan yang dibutuhkan, Waktu dan Tempat Kegiatan, Susunan Acara Kegiatan, Susunan Kepanitiaan, Anggaran Dana.

Untuk bagian anggaran dana, kamu dan panitia kegiatan harus benar benar membuat deskripsi mengenai hal apa saja yang dibutuhkan dan nominal bantuan yang dibutuhkan. Perhitungan dana tersebut harus sesuai dengan kebutuhan kegiatan, jangan sampai kegiatan tidak berjalan dengan baik karena perhitungan dana yang tidak tepat.

Penutup, seperti bagian proposal lainnya, bagian ini memberikan kesimpulan dan meyakinkan donatur atau pihak sponsor kamu untuk memilih kegiatan kalian sebagai ajang promosi brand mereka juga.  Jangan lupa juga untuk mengucapkan terimakasih.

Menulis Proposal Penelitian


contoh Proposal Penelitian

Proposal penelitian merupakan proposal yang ditujukan untuk kepentingan akademik di perguruan tinggi. Seperti misalnya mahasiswa Strata 1 yang akan membuat skripsi, sebelumnya akan membuat proposal penelitian terlebih dahulu yang berisi bab 1 pendahuluan. Proposal ini merupakan langkah awal untuk menentukan terhadap penelitian selanjutnya.

Untuk memulai membuat proposal penelitian, sebenarna formatnya hampir sama dengan pembuatan skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya, hanya saja proposal penelitian adalah bagian awal dari proses pembuatan skripsi bagi mahasiswa S1.

Bagian judul

Bagian ini yang mewakili penelitian. Berisi informasi mengenai nama peneliti, institusi perguruan tinggi, jurusan, fakultas, tahun penelitian, dan halaman persetujuan.

Daftar isi

Sementara itu bagian Daftar isi berisi daftar halaman yang menunjukan keseluruhan bagian dalam proposal.

Bab Pendahuluan

Bab ini menjadi bagian terpenting dalam proposal ini. Terdiri dari latar belakang masalah, Perumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian. Bagain ini haruslah menjelaskan mengenai dasar penelitian yang akan dilakukan.

Bab rumusan penelitian

Bab ini berisi referensi dan materi yang mendukung penelitian, seperti misalnya teori, defenisi, data pendukung dan informasi berguna lainnya. Bisa juga terdiri dari Landasan teori, Kerangka teori, Kerangka konsep penelitian serta Hipotesis atau dugaan sementara.

Bab metode penelitian

Bagian ini menjelaskan hal teknis mengenai penelitian. Terdiri dari sub bab Jenis Penelitian, Populasi Dan Sampel, Lokasi Dan Waktu Penelitian, Variabel, Teknik Pengumpulan Data, Instrumen Penelitian, Tehnik Pengolahan Data dan Metode Analisis Data.

Daftar pustaka

Bagian terakhir adalah Daftar Pustaka yang memuat daftar referensi yang digunakan dalam penelitian tersebut, seperti jurnal, koran, tabloid, berita dan sumber online dan karya ilmiah lainnya. Penulisannya haruslah memenuhi aturan baku penulisan daftar pustaka.

Baca juga : Proposal Gotong Royong Bakti Sosial Masyarakat

Demikianlah materi mengenai Makalah Tentang Proposal yang Baik dan Benar kali ini, semoga kamu dapat mengerti setelah membacanya. Kamu bisa membuat proposal dengan baik setelah mengikuti beberapa tips yang mimin berikan diatas. Bagikan tulisan ini kepada teman mu yang lain supaya mereka juga bisa membuat proposal yang benar. Terimakasih telah berkunjung.
Buka Komentar