Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Kalimat Perkenalan Guru dan Murid Baru di Sekolah Lengkap

Seperti apa contoh teks perkenalan antara guru dan murid pada pembelajaran sekolah baru? Ketika menjadi siswa baru di sekolah, terkadang kita bingung hendak memperkenalkan diri dengan cara seperti apa. Begitu juga dengan guru baru yang baru ditempatkan mengajar di suatu kelas

Namun setelah membaca artikel dari kosngosan berikut ini, kami rasa kalian semua bakal bisa dengan mudah memperkenalkan diri di depan kelas dan mendapat atensi penuh dari teman teman yang lain.

Pertanyaanya adalah, bagaimana cara perkenalan diri yang baik dan benar di depan kelas? Banyak orang yang merasa gugup dalam berbicara secara terbuka

Apalagi mendapatkan atensi karena menjadi murid atau guru baru. Permasalahannya disini adalah sobat kosngosan tidak cukup matang dalam mempersiapkan diri

Ya, kamu butuh yang namanya persiapan sama halnya seperti berpidato di forum resmi. Apabila perlu kamu juga bisa membaca berbagai contoh teks atau kalimat perkenalan

Hal ini akan membuat kamu bisa mendapatkan gambaran umum mengenai ucapan seperti apa yang akan disampaikan ketika memperkenalkan diri nanti

Mimin kosngosan sebenarnya sudah menulis beberapa tips mengenai Cara Berbicara di Depan Umum(bisa kalian terapkan supaya tidak gugup bicara didepan kelas), namun disini kita fokus kepada contoh teks yang akan menjadi referensi bagi kalian.

Bahkan terkadang perkenalan diri tidak cukup dengan hanya menggunakan Bahasa Indonesia tetapi juga bahasa Inggris, karena memang menyangkut kelas internasional atau ketika kamu berada di pelajaran bahasa Inggris. Tenang saja, semua akan kami rangkum ke dalam beberapa materi di bawah ini.


Tips Berkenalan di Depan Kelas

kalimat perkenalan guru murid

Buat kalian yang akan memperkenalkan diri perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini supaya bisa cepat akrab dengan lingkungan sekolah,

  • Mempersiapkan kata-kata Yang Akan diucapkan di depan kelas, supaya tidak blank saat perkenalan nanti
  • Datang lebih awal sehingga mengetahui kondisi kelas seperti apa
  • Memperkenalkan diri dengan gimmick yang akrab dengan sekali memainkan tangan supaya tidak terlihat kaku
  • Latihan dulu di tiktok, kamu bisa lihat contoh kata opening tiktok keren disini sebagai referensi
  • Apabila kamu seorang guru maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menguasai materi yang akan disampaikan, termasuk mencoba menghapal nama nama muridmu
  • Apabila kamu seorang murid baru Maka sobat kosngosan sudah mulai harus menghafal nama teman-temanmu serta mempersiapkan materi yang akan kamu pelajari hari tersebut.
  • Lakukan pendekatan dengan cara unik, misalnya menggunakan media belajar yang antimainstream, yang disukai murid murid dan mengandung nilai hiburan namun tetap mengedukasi
  • Berdoa dan jangan lupa tersenyum. Ya hal ini menjadi hal yang paling sederhana namun sering dilupakan guru maupun murid baru yang ingin bergabung dalam suatu komunitas yang namanya kelas


Contoh Teks Perkenalan Diri Guru Baru

Guru baru juga butuh penyesuaian untuk mengetahui apa berbagai karakteristik dari murid-muridnya. Karena beda murid juga beda pendekatan.

Berikut contoh teks perkenalan guru baru yang bisa sobat kosngosan sesuaikan :


Contoh teks 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Perkenalkan Nama Bapak adalah Muhammad Reza Harahap, Bapak adalah guru baru di bidang studi matematika yang akan mengajar dikelas ini menggantikan Ibu X. Anak-anak sekalian bisa memanggil Bapak Y.

Bapak sendiri adalah lulusan dari Universitas Z, dimana diterima di sekolah ini sebagai guru honorer. Bapak lahir di Kota Padang tahun 1994. Tinggal di perumahan A sejak dua minggu yang lalu.

Di sini Bapak ingin mengatakan bahwa mohon kerjasamanya untuk saling belajar di kelas. Apabila kalian merasa materi yang Bapak ajarkan terlalu sulit bisa ditanyakan baik di dalam kelas maupun di luar

Oh iya secara personal, Bapak ingin membicarakan mengenai hobi Bapak yang sering dilakukan ketika libur, mungkin kita bisa bermain futsal atau sepak bola bersama. Ada yang ingin bergabung?

Bapak saat ini memiliki keluarga kecil yang bahagia terdiri dari 2 Putri dan 1 Putra, yang usianya masih kecil-kecil. Istri Bapak adalah seorang pegawai kantoran di Perusahaan Kosngosan

Jadi sekali lagi bapak ingin tekan kan bahwa di kelas ini jangan ada murid yang melanggar peraturan, Ikuti apa yang sudah ditetapkan oleh sekolah dan kalian akan mendapatkan nilai terbaik dari bapak. Karena disini Bapak tidak hanya menilai dari prestasi akademik kalian, tetapi juga adab dan perilaku.

Demikian perkenalan kali ini, kita lanjut ke pelajaran ya. Sekarang bapak ingin bertanya, materi terakhir yang dari Ibu X apa ya? Coba siapa yang bisa menjelaskan tunjuk tangannya. Bapak akan dengan senang hati mendengarkan ....


Contoh teks 2

1. Selamat datang kembali ke sekolah! Bapak/Ibu guru menantikan sesi belajar yang hebat dengan kalian di kelas

2. Siswa yang tersayang, ini memberikan bapak/ibu guru kegembiraan yang besar untuk bersama kalian lagi di semester baru ini. Kami harap tahun ini memberi kalian materi pelajaran yang lebih baik lagi, supaya kalian sukses dan dapat belajar untuk bertahan di jalan menuju kesuksesan.

3. Senang bertemu dengan kalian di sini! Ibu/ Bapak Guru akan melakukan perjalanan tahun ini untuk menjadikan kami lebih baik saat kami membangun pendidikan sebelumnya yang diperoleh dengan cara yang lebih baik lagi, ayo semangat!

4. Senang bertemu dengan kalian di semester baru lagi! Ingat, tidak ada yang mencapai kesuksesan secara instan. Kalian harus bekerja untuk mencapainya.

5. Kalian semuanya unik, istimewa, dan luar biasa. Buat yang naik kelas, Ibu/ Bapak Guru ucapkan selamat!

6. Ibu/ Bapak Guru percaya kalian semua menikmati liburan semester kali ini kan? Ibu/ Bapak Guru sangat senang melihat kalian semua lagi. Lebih fokus dan bertekad daripada sebelumnya kali ini. Kami cinta kalian semua!

7. Saat kalian memulai masuk sekolah memasuki tahun ajaran baru, Ibu/ Bapak Guru ingin kalian selalu mengingat kata-kata ini: Kalian pasti bisa! Saya akan! Saya harus sukses!


Contoh Teks Perkenalan Diri Murid Baru

Nah bagi kalian yang menjadi siswa baru, juga butuh referensi teks perkenalan yang baik dan benar supaya nantinya ketika memperkenalkan diri tidak kaku, blank dan justru gugup.

Berikut contohnya, bisa sobat kosngosan sesuaikan dengan kondisi masing masing ya :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, kepada teman-teman sekalian, Sebelumnya apa kabar semuanya? Saya berharap semoga kita bahagia dan sehat di hari ini.

Perkenalkan nama saya adalah Muhammad Reza Harahap. Saya adalah murid pindahan dari sekolah X

Pada momen spesial ini Kak Saya ingin memperkenalkan diri kalian dapat memanggil saya Reza

Saya lahir pada tanggal 5 Oktober 2003, di kota Padangsidimpuan, salah satu kota kecil di Sumatera Utara

Sekarang saya tinggal di jalan soebrantas, kecamatan tampan. Dekat dari sekolah, jadi teman-teman ingin bersilaturahim bisa mengunjungi langsung ke rumah saya.

Adapun alasan saya untuk pindah sekolah adalah untuk mengikuti pekerjaan dari orang tua yang mengharuskan untuk pindah kantor di kota ini

Berbicara mengenai kesukaan saya sangat suka bermain badminton dan berenang jadi apabila teman-teman yang sehobi mungkin bisa berolahraga bersama pada akhir pekan.

Oh iya saya juga berharap semoga teman-teman bisa menerima saya dan memberikan arahan mengenai peraturan apa saja yang perlu ditaati di kelas ini.

Mungkin saya rasa demikian dari perkenalan kali ini jadi mohon kerjasamanya, saya harap kita bisa berteman dengan baik dan saling mendukung menuju kesukesan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Contoh 2

Selamat pagi semua teman-teman, saya ingin memperkenalkan diri. Sebelumnya Kalian pasti sudah mendengar berita tentang kedatangan siswa baru di sekolah ini.

Dan Saya adalah siswa baru tersebut, saya ingin memberitahu Nama saya terlebih dahulu yaitu Ucok Pardomuan.

Saya berasal dari sekolah blablabla yang ada di kota Medan. Jika kalian kepo ingin tahu mengenai alasan Saya pindah ke kota padangsidimpuan

Itu dikarenakan orang tua saya dimutasi kerja dan mau tidak mau kami sekeluarga harus pindah ke sini.

Sebelumnya saya juga ingin meminta tolong kepada teman-teman sekalian supaya bisa menerima saya apa adanya, bersedia untuk membantu saya dalam bersosialisasi dan juga menyesuaikan diri di lingkungan baru.

Selain itu saya juga akan meminta kepada teman-teman untuk memberikan bantuan

Apabila saya merasa kesulitan untuk mengikuti pelajaran karena saya tentunya membutuhkan matrikulasi terhadap kurikulum baru yang ada di sekolah ini.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman Dan juga guru yang sudah bersedia untuk memberikan kesempatan kepada saya di depan kelas ini untuk memperkenalkan diri.


Contoh 3

Halo teman-teman ku, sesuai dengan instruksi guru tadi saya disini ingin memperkenalkan diri karena sebagai seorang siswa baru tentunya kalian pasti ingin tahu mengenai profil saya, bukan?

Tentunya saya akan menjelaskan sedikit tentang diri saya pribadi.

Perkenalkan nama saya Ucok Marpaung, Saya adalah siswa yang berasal dari kota Berastagi.

Sebelumnya Saya tinggal bersama kedua orangtua, dan sekarang ngekost di kota Ini buat sekolah disini.

Saya juga menyukai organisasi OSIS dan Pramuka serta memiliki hobi olahraga futsal.

Jadi buat teman-teman yang ingin mengenal saya lebih jauh lagi, kalian bisa mendatangi tempat kost saya yang tidak jauh dari sekolah ini.

Oh iya Kalian juga bisa mengikuti saya di media sosial karena saya juga aktif di IG, Twitter dan TikTok. Saya juga ingin dimasukkan ke grup wa kelas ya.

Saya kira demikian perkenalan singkat saya kali ini semoga teman-teman bisa menerima saya apa adanya dan mohon kerjasamanya!


Contoh 4

Nama saya ….. dari Sekolah asal ….. Saya suka mempelajari tentang pelajaran ekonomi untuk seminar di sekolah

Serta melakukan penelitian tentang struktur organisasi, dan leadership melalui studi kasus di organisasi dan juga menjadi sukarelawan.

Saya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan saya senang untuk melakukan perjalanan 4 hingga 5 kali ke luar kota tiap tahunnya, untuk mengeksplor kebudayaan, serta bertukar budaya dengan daerah lain

Tempat terakhir yang saya kunjungi ialah Bali, provinsi yang maju di bidang pariwisata Selain itu, saya juga memiliki minat untuk mempelajari bahasa Inggris dan Cina

Dan mencoba mempraktekkan secara langsung bahasa tersebut dengan berkomunikasi dengan para siswa lain dari negara tersebut di sekolah ini. Sekian, mohon bantuan nya untuk perkenalan hari ini.”


Contoh 5

contoh teks perkenalan

contoh teks perkenalan


Contoh Teks Perkenalan Guru Baru Bahasa Inggris

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning! I am so happy to see you in this occasion. My name is Muhammad Reza Harahap. I am a new Mathematic Teacher in this class,

I'm from Padang, who now about this city? Nice, but I was born in Medan, on October 1994. Now, My family live at Soebrantas Street, Tampan, Pekanbaru.

I was graduate from USU and talking about hobby, I like playing futball and travelling on weeekend.

As a teacher, I really love book and keep read them. I have a dream to make you guys, love and read book too. Teaching is my passion.

I love it when I join social community in Medan, I began to teach kids around my house.

I also join an Private Course in Medan and Take income for it. I learn many things from my experience and now, here I am.

I think Mathematics became very important nowadays. That is why I am very interested in learning Mathematic too, and i choose this lesson as my major.

Talk about my family, I have 2 brothers, I really love them. They really support my career as a teacher.

We often spend time together in the weekend. I think that’s all about myself. Thank you so much for your attention. Can we begin the class ?


Contoh Perkenalan Murid Baru Bahasa Inggris

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning all! Allow me to introduction myself. My name is Muhammad Reza Harahap. I am the first in my Family. I was born in Padang, 14 July 2003.

Currently, my family and I live in Jalan Garuda Sakti, Bina Widya Residence, Tampan, Pekanbaru.

Talking about my hobby, I like playing Futsal and Footbal. So if you are interesting the samething, we can enjoy to play it together.

How about that? I can play guitar too, since 4th grade and now I have created 4 songs. I have a dream to make futsal team with all of you guys! We will play in many tournament. Hopefully my dream can come true.

I have 2 siblings who are still in elementary school. They’re twins. The reason why I go to this school from the first time is because this school has enough achievement and spawned a lot of students who can continue their study in top universities.

Hopefully I can follow them too. Yep, everyone want to continue their study, right?

Okay, I think that’s all I can say about this introduction. Thank you very much for your attention. I would like to express my gratitude. Let's be friend.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Baca juga : Cara Membuat CV Tulisan Tangan yang Keren


Kata Penutup

Memperkenalkan diri didepan kelas ada seninya, supaya sobat kosngosan bisa mendapatkan atensi penuh dari seisi kelas. Semoga beberapa tips dan contoh di atas bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian.

Sebagai bentuk partisipasi untuk pengembangan blog kosngosan, mimin harap kalian tekan tombol share, untuk membagikan artikel ini ke media sosial milik kalian sehingga jangkauannya lebih luas dan membantu teman-teman yang lain, terimakasih.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya