16 Tips Ampuh Agar Tidak Datang Terlambat Lagi Ke Sekolah

Sekolah merupakan kegiatan proses belajar mengajar secara formal. Bagi teman-teman yang saat ini statusnya adalah sebagai seorang pelajar, baik itu di sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), tentu saja harus berangkat sekolah secara rutin pada jam-jam tertentu.

Nah beberapa dari kita mungkin ada yang pernah mengalami terlambat masuk sekolah dengan alasan tertentu, misalnya karena telat bangun atau juga macet di jalan. Namun percayakah sobat kosngosan sekalian, kalau ternyata keterlambatan itu bisa diatasi?

berangkat sekolah

Tentu saja kita bisa menghindari hal-hal yang mengakibatkan kita terlambat. Seperti misalnya apabila kita sering mengalami kemacetan di jalan maka kita bisa berangkat sedikit lebih dini, atau menggunakan alat transportasi yang lebih simple misalnya jalan kaki atau bersepeda.

Mungkin terlambat satu atau dua kali tidak lah masalah. Bagi kamu yang beranggapan bahwa terlambat berangkat ke sekolah itu merupakan suatu hal yang lumrah, maka pikir-pikir dulu deh, karena selain kamu rugi waktu, sebenarnya kamu juga sudah membuktikan bahwa kamu tidak bisa disiplin. Dan ini akan berdampak nantinya ketika kamu kuliah dan bekerja

Walaupun ada peribahasa lebih baik terlambat daripada tidak, Jangan jadikan alasan ini untuk tetap datang terlambat ke sekolah. Karena sebenarnya kamu bisa datang tepat waktu atau bahkan di awal, hanya dengan menerapkan beberapa tips sederhana seperti yang akan mimin kòsngosan bagikan dibawah ini.

Baca juga : Pola Hidup Sehat Siswa yang Wajib diterapkan saat Sekolah

Tentunya akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu berangkat sekolah lebih awal, seperti misalnya kamu akan mendapati udara yang lebih sejuk, mood yang lebih baik, kamu bisa review pelajaran hari ini di kelas dengan lebih tenang, persiapan teknis sebelum upacara dan sebagainya.


Tips Datang Lebih Cepat Ke Sekolah


Baiklah tiba kita ke pembahasan utama, seperti apa sih tips yang bisa sobat kosngosan terapkan dalam keseharianmu untuk bisa datang lebih cepat ke sekolah? karena menjadi anti telat telat club, adalah jalan ninjaku, maka ayo ikuti tips dibawah ini

1. Mengatur Niat Sejak Awal


Niat adalah hal pertama yang paling penting, sebelum memutuskan akan bangun pagi keesekan harinya. tanyakan kepada dirimu sendiri, apakah memang kamu punya motivasi kuat untuk bangun pagi dan berangkat sekolah sejak awal? Kalau iya, maka kita teruskan pembahasan ini.

Sobat kosngosan harus berniat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi yaitu terlambat ke sekolah. Kamu bisa memulai menghilangkan kebiasaan buruk yang sama sekali tidak bermanfaat, seperti bermalas malasan dan bermain hp di atas tempat tidur.

Ini juga menjadi salah satu kunci, kalau niat mu baik untuk bangun pagi, maka Tuhan akan memberikan kesempatan bangun pagi itu. Jadi, orang hanya bangun pagi karena dia berniat untuk bangun pagi sebelum tidur tadi malam. Itu kuncinya, karena percuma hanya niat namun tidak ada tindakan ataupun usaha.

2. Penting, Jangan Begadang!


Nah ini kebanyakan yang dilakukan anak sekolah zaman now, yaitu bermain hp sampe larut malam. Begadang sudah menjadi semacam lifestyle, untuk melakukan hal yang bermanfaat atau sebaliknya. Kalau untuk begadang mengerjakan tugas dan belajar tidak apalah

Ini kamunya sering begadang untuk main ML atau PUBG, kan itu tidak baik namanya, atau bagi yang cewek suka scrool sosial media dan menghabiskan malamnya di depan layar demi menonton flim atau drama korea favoritnya.

Begadang sudah pasti menyebabkan kamu bakal telat bangun, ingat kata bang Rhoma, jangan begadang. Kalau begadang karena ada perlunya saja. Tentu akan membuat sobat kosngòsan untuk sulit bangun pagi karena masih mengantuk dan tubuh terasa kurang fit. Otomatis kamu akan terlembat ke sekolah.

3. Membiasakan Diri Bangun Lebih Awal


Pernah dengar peribahasa "Alah bisa karena biasa?" Dan ini harusnya kamu terapkan dalam kehidupan sehari harimu untuk sesuatu yang positif, bangun pagi misalnya. Paradoks memang, karena ada sebagian yang meskipun begadang tetapi masih bisa bangun pagi, ada juga yang tidak begadang tetapi susah untuk bangun pagi, jadi ini masalah kebiasaan juga sih.

Mulai hari ini, kamu harus bertekad untuk membiasakan diri bangun lebih awal. Misalnya setelah bangun kamu bisa melakukan akfitias olahraga, atau jogging sekitaran komplek. Semua akan terbiasa dan ketika sobat kosngosan rutin melakukannya tentu akan menjadi suatu hoby yang menyenangkan.

4. Shalat Subuh Bagi yang Muslim


Khusus buat yang beragama islam, memang memiliki kewajiban untuk mendirikan shalat subuh di waktu pagi. Tidak ada alasan untuk mangkir, karena kamu sudah baligh atau dewasa. Oleh karena itu seorang muslim yang baik sebenarnya mudah sekali bangun pagi dan tidak mungkin telat berangkat sekolah, karena memang mereka diharuskan untuk beribadah di waktu pagi.

Terkadang memang setelah sholat subuh akan timbul rasa ngantuk, untuk menghindari supaya tidak tertidur lagi, maka sobat kosngosan harus baca quran, berolahraga, membantu beres beres kamar, bagi cewek membantu ibu di dapur mungkin dan apa pun yang positif yang membuat kamu tidak bengong, kemudian rebahan dan akhirnya tertidur lagi.

5. Membersihkan Tempat Tidur


Masih berhubungan dengan tips diatas, Ketika kamu sudah bangun tidur dan tidak melakukan apa-apa maka itu sama saja dengan bohong, karena pada dasarnya manusia ketika tidak melakukan apa-apa akan merasa mengantuk kembali dan ingin tidur. Oleh karena itu ada baiknya ketika bangun kamu Segera membersihkan dan membereskan tempat tidur, Kemudian segera cuci muka.

6. Minum Air Putih


Lha apa hubungannya, bambang? Eits jangan salah, ini juga menjadi kebiasaan yang sehat lho, sebelum tidur untuk minum segelas air putih. Nantinya dengan kebiasaan meminum air putih ini, sobat kosngosan akan dibangunkan secara alami oleh mekanisme tubuh. Nah ketika kantung kemih sudah penuh ingin buang air kecil. Ini adalah cara bangun tengah malam yang cukup efektif, hanya saja kita tidak bisa setel waktu kapan akan bangun, lol

7. Menyetel Alarm di HP


Ini juga sudah menjadi opsi paling umum, untuk memasang alarm di smartphone sebagai alat bantu supaay bisa bangun lebih awal. Seperti contohnya kamu menyetel alarmnya supaya bunyi jam 5 pagi, dan usahakan alarmnya diberi nada yang keras supaya kuping mu yang budek pas tidur itu bisa kedengaran (becanda, ehe).

Selain itu sobat kosngosan yang susah bangun juga harus menyetel alarm minimal 2 kali pada waktu yang berbeda, apabila belum merasa cukup dengan satu bunyi saja. Saat ini teknologi semakin canggih, kamu bisa menyetel alarm menggunakan smartphone dan bisa menentukan sebanyak apa yang kita mau. Misalnya alarm pertama bisa di stel pukul 04:30, kedua 05:15 dan sebagainya tergantung kebutuhan.

8. Letakkan HP Jauh dari Tempat Tidur


Ini nih tips sederhana namun jitu untuk membangunkan kamu di pagi hari. Karena biasanya kita susah sekali bangun, ketika alarm bunyi hanya akan mematikannya kemudian melanjutkan tidurnya kembali. Jadi solusinya letakkan HP jauh dari tempat tidur, misalnya dia tas lemari, kalau perlu didalam lemari dan dikunci, supaya nanti kamu dengar dan ingin mematikannya, sudah ada cukup energi untuk mematikannya, pada akhirnya kantuk mu akan hilang juga.

9. Install Aplikasi Alarm Khusus


Aplikasi seperti "SpinMe Alarm Clock" bisa sobat kosngosan install di smartphone, cara untuk mematikan alarm ini hanya dengan berdiri sambil memegang smartphone dalam keadaan rata, dan kamu harus berputar pelan sebanyak dua kali. Atau aplikasi "I Can't Wake Up! Alarm Clock" yang mengharuskan kamu untuk menyelesaikan tantangan puzzle terlebih dahulu sebelum mematian alarmnya. Bisa dicoba kan?

10. Melakukan Persiapan Di Malam Hari


Ada banyak persiapan yang harus dilakukan, apalagi besoknya hari senin. Seperti mempersiapkan topi, dasi, pakaian, sepatu, buku, alat tulis dan lainya. Salah satu penyebab terlambat kesekolah yang paling sering adalah karena kurangnya persiapan. Seperti kamu pada malam hari hanya sibuk mengurusi yang lain, sehingga lupa dengan persiapan untuk ke sekolah. Dan ketika pagi hari, kamu akan direpotkan dengan mempersiapkan segala kebutuhan sekokah tersebut. Sangat tidak efisien kan?

11. Jangan Lupa Tidur Siang


Salah satu yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas tidurmu di malam hari adalah dengan tidur siang setelah pulang sekolah. Dengan tidur siang maka sobat kósngosan sudah mendapatkan asupan waktu tidur yang cukup sehingga akan mengurangi waktu tidur mau di malam hari yang mengakibatkan kamu akan mudah bangun di pagi nya.

Tidak perlu tidur siang lama cukup 1 jam kurang yang penting berkualitas dan tidur nyenyak. Tapi mungkin tips ini tidak akan berlaku bagi kamu yang sekolahnya badai sampai sore, atau yang ikut bimbingan belajar sepulang sekolah.

12. Memilih Rute Jalan Paling Pendek


Jika tidak ingin terlambat ke sekolah, ada baiknya kamu harus memilih jalan yang mudah dan singkat untuk dilewati. Apabila misalnya rumah kamu yang jauh dari sekolah, ditambah lagi dikota besar seperti Jakarta atau Surabaya, sering terjadi kemacetan yang bisa membuat kamu terlambat ke sekolah. Maka dari itu, mulailah mencari jalan tikus buat mendapatkan efektifitas perjalanan ke sekolah.

13. Meminta Bantuan Keluarga


Aabila memang alarm sudah tidak bisa lagi untuk membangunkanmu, maka sobat kosngósan bisa meminta bantuan orang terdekat seperti Ibu yang biasanya memang selalu bangun lebih dahulu dalam keluarga di rumah. Ada peribahasa yang bilang bahwa "Ibu adalah alarm terbaik", demikian itu memang benar adanya karena ibu akan membangunkan kita pada pukul 4, dan mengatakan bahwa jam sudah menunjukkan pukul 6.

14. Menaati Aturan Sekolah


Berperilaku disiplin terhadap peraturan sekolah memang menjadi kewajiban. Kamu akan lebih tahu mengenai konsekuensi yang akan diperoleh apabila terlambat, misalnya dihukum dengan mencuci WC sekolah, atau berdiri sambil hormat pada bendera merah putih, atau disetrap di depan kelas sepanjang pelajaran dan hukuman lain yang membuat mu kapok.

15. Mulailah Manajemen Waktu


Salah satu cara supaya tidak terlambat dengan memanajemen waktu sebaik mungkin. Ada baiknya kamu membuat jadwal atau schedule untuk aktifitas sehari hari, sesuai dengan roster mata pelajaran di sekolah. Misalnya malam hari kamu belajar atau mengerjakan tugas A selama 1 jam, setelah itu mempersiapkan kebutuhan yang akan di bawah besok.

16. Menaiki Kendaraan Pribadi


Hal yang terakhir yang bisa kamu lakukan supaya tidak terlambat ke sekolah adalah menggunakan kendaraan pribadi yang bersifat anti macet, seperti sepeda atau sepeda motor. Akan tetapi pastikan bahwa kamu sudah punya SIM C untuk mengendarai sepeda motor. Kalau belum, tinggal minta keluarga mengantarkan mu, atau pesan saja ojek online.

Baca juga :18 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK Bergaji Tinggi


Kata Penutup


Seandainya kamu tahu betapa meruginya datang terlambat ke sekolah mungkin kamu tidak akan mau untuk melakukannya lebih sering lagi. Sekolah merupakan salah satu Anugerah buat kamu untuk belajar hal-hal baru dan mencapai kesuksesan di masa depan. Ada banyak sekali anak-anak di luar sana yang belum diberikan kesempatan untuk bersekolah, jadi kamu pantas untuk bersyukur dengan tidak datang terlambat

Semoga tips dari kosngosan diatas dapat bermanfaat dan bisa benar-benar kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari Nah sebagai bentuk partisipasi kalian silakan tekan tombol share di bawah ini dan bagikan artikelnya di sosial media, terimakasih
By

0 Response to "16 Tips Ampuh Agar Tidak Datang Terlambat Lagi Ke Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel