Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Peta Konsep yang Unik dan Menarik

Bagaimana cara membuat peta konsep yang baik dengan aplikasi word, excel, ppt dan dengan software aplikasi? Apabila kamu seorang pelajar pasti sering mendengar istilah peta konsep dalam proses kegiatan belajar mengajar yang kamu lakukan di sekolah.

Peta konsep adalah suatu gambaran yang mendeskripsikan mengenai keterkaitan antar konsep dari suatu materi yang menyatakan hubungan yang memiliki makna diantara konsep-konsep tersebut kemudian dihubungkan dengan satu kata penghubung sehingga terbentuklah suatu proposisi.

Tujuan pembuatan peta konsep ditunjukkan untuk memahami suatu materi dengan bantuan visual, berusaha untuk meminimalkan materi tersebut dan mengubahnya ke dalam bentuk visual sehingga lebih mudah dicerna oleh otak

Ada banyak defenisis dari peta konsep ini menurut para ahli. Namun yang paling penting disini kamu sudah mengetahui gambaran umum dari peta konsep tersebut. Nah kembali ke pembahasan kosngosan awal, bagaimana sih membuat peta konsep yang baik dan benar itu?

Seperti halnya membuat suatu karya tulis, kamu membutuhkan yang namanya langkah-langkah, supaya konsep yang kamu hasilkan itu bisa dipahami membantumu dalam meningkatkan pemahaman suatu materi pembelajaran

Baca juga : Cara Mengirim Tugas lewat Email di HP



Cara Membuat Peta Konsep Pakai Word, Excel dan PPT

Pada dasarnya, kalian pasti ada aplikasi microsof office yang sudah terinstall di laptop masing masing bukan? Itu sudah menjadi aplikasi wajib untuk komputer pada saat sekarang. 

Yang mimin kosngosan maksud MS OFFICE disini adalah aplikasi keseluruhan yaitu termasuk MS. WORD, MS. EXCEL, dan juga MS. POWER POINT.


Cara Membuat Peta Konsep dengan Word

Nah salah satu fitur umum yang ada di dalam MS OFFICE adalah adanya Tab Insert dan SMART ART. Kalian bisa lihat contohnya dibawah ini :

Kamu bisa klik TAB INSERT pada halaman ms word mu, disini mimin menggunakan MS Office 2013 ya. Nah pilih pada bagian Smart Art.

peta konsep ms word


Langkah 2

peta konsep ms word


Cara Membuat Peta Konsep PPT (Power Point)

Coba cek diatas, ada berbagai pilihan objek untuk Smart Art, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Lebih baik dicoba saja, karena ternyata mudah dan kamu tinggal memasukkan teks nya seperti yang bisa dilihat dibawah ini :


peta konsep ms power point

Kamu bisa mengklik tanda < pada pinggiran Smart Art nya, untuk memperbesar atau memperkecil dan menyesuaikan ukuran Peta Konsep mu.

Ketika kamu memilih jenis smart Art nya, maka akan muncul seperti diatas, kotak di sebelah kiri (Type your text here) ini ibarat draft dari Mind Mapingnya. Tinggal kamu ketik sesuai keyword yang ada

peta konsep ms power point


Cara Membuat Peta Konsep di Excel

Kamu juga bisa membukanya di MS. POWER POINT atau MS EXCEL, Sama saja, karena itu adalah fitur umum yang dimiliki oleh MS OFFICE. 

Kamu bisa saja ketik yang akan menjadi Title atau Judul dari Mind Maping. Seperti contoh “Website Online”, maka otomatis kata “Website Online” juga langsung tampil di Mind Mapingnya

peta konsep ms excel

Untuk membuat sub judul dari setiap Judul Bab, misalnya akan membuat sub dari Klasifikasi Domain. 

Langkahnya adalah, kamu cukup klik pada point Domain dan tekan Enter, maka akan muncul sub bab baru yang bisa kamu tambahkan sesuka hati

Tombol Enter untuk menambah Bagian Judul baru
Tombol Tab untuk membuat Sub Judul baru

Baca juga : Contoh Inovasi Pembelajaran di Era Society 5.0


Cara membuat peta konsep yang Baik dan Benar

Membuat peta konsep bisa saja sembarangan. Akan tetapi supaya lebih bagus, kamu direkomendasikan melakukan tahapan seperti dibawah ini :

Mencari kata kunci yang tepat

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari kata kunci yang bisa mewakili setiap materi yang akan dijelaskan. Misalkan dalam satu bab tulisan memiliki keyword yang dibahas dan disampaikan. 

Contoh seperti Cara Pembuatan Website Online, kamu harus menjelaskan mengenai Hosting, Domain, Wordperss, Panduan Instalasi dan sebagianya


Membuat aliran cabang dan sub cabang

Karena peta konsep identik dengan adanya cabang atau aliran, yang keluar dari tengah kata kunci. Cabang ini bisa berupa sub bab atau sub judul dalam suatu pembahasan. Dan sub cabang bisa penjelasan dari setiap cabang yang sudah dibuat.


Hubungan cabang dan sub cabang dapat menunjukkan urutan

penjelasan atau tingkatan yang lebih mendalam mengenai kata kunci di tengah. Agar mudah dipahami, maka kamu bisa memakai warna yang berbeda untuk setiap cabang dan sub cabang.


Jangan menggunakan keyword berlebih

Peta konsep harus bisa memanfaatkan kata kunci seefektif mungkin. Tidak boleh menggunakan kata atau gabungan kata yang panjang (maksimal 2 kata saja) yang mewakili bab atau topik yang dibahas.
 

Memanfaatkan gambar dan icon

Kamu bisa membuat peta konsep yang lebih menarik dengan adanya gambar dan icon yang akan mewakili setiap keyword yang akan dijelaskan. 

Cukup gunakan icon atau stickman yang dapat mewakili ide atau kata kunci. Misalnya untuk mewakiliki gender wanita, kamu bisa pakai ♀ atau untuk pria bisa menggunakan ♂

Cara Membuat Peta Konsep dengan Software Aplikasi

Kamu bisa menggunakan banyak aplikasi bawaan windows untuk membuat peta konsep, seperti power point, word, photoshop, paint dan sebagainya. Namun tentunnya fitur yang diberikan juga terbatas. Bila kamu ingin leluasa dan lengkap, gunakan saja software yang khusus dibuat untuk peta konsep creator.

Beberapa software yang bisa sobat kosngosan download dan install di perangkat windows dan mac mu antara lain adalah :

XMind 8 (Download disini),
Mindomo (Download disini),
FreeMind (Download disini),
MindNote, khusus Mac (Download disini),
Scapple (Download disini),
MindJet (Download disini)

Petunjuk : 
Setelah klik link diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik agar tombol download muncul. Setelah mengklik, kamu akan diarahkan langsung ke halaman downloadnya. Silahkan kabari mimin melalui kolom komentar dibawah ini bila menemukan link yang rusak atau mati. Terimakasih

Dengan menggunakan software diatas, maka pekerjaan membuat peta konsep akan terasa lebih mudah. Kami bisa menambahkan gambar sesuka hati, dan ikon-ikon juga telah disediakan oleh software tersebut. Dan yang kerennya peta konsep yang telah dibuat, bisa diekspor menjadi file power point (ppt) juga.

Cara Membuat peta konsep tanpa Aplikasi Software

Kalau kamu malas membuat peta konsep menggunakan software, maka cukup kunjungi saja website yang menyediakan fitur online peta konsep. Hanya saja pastikan sobat kosngosan memiliki akses internet yang cukup stabil ya.

Adapun beberapa situs yang menyediakan layanan peta konsep creator adalah Bubbl.us, WiseMapping, IdeaFlip, Lucidchart, MindMup, MindMeister, LucidChart dan masih banyak lagi. Kamu tinggal googling saja menggunakan keyword "peta konsep creator"


Video Cara Membuat Peta Konsep

Apabila kamu ingin menonton video panduannya lebih detail, bisa menonton tutorial dan penjelasan dari video yang sudah mimin upload di channel youtube milik kosngosán dibawah ini, tinggal tekan tombol play :




Kesimpulan

Peta konsep tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Dia akan bermanfaat apabila pemilihan setiap kata kata dapat mewakili dari materi yang akan dipahami. 

Sehingga sobat kosngosan butuh tips untuk membuat peta konsep yang berkualitas dan mudah dipahami seperti yang ada di atas

Demikianlah postingan mengenai tips membuat peta konsep yang baik dan benar kali ini, semoga kamu bisa terbantukan oleh adanya tips diatas. Karena belajar menggunakan peta konsep bisa menajdi alternatif yang menyenangkan bukan?
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya