Cara Membuat Peta Konsep yang Unik dan Menarik

Apa itu peta konsep? Apabila kamu seorang pelajar pasti sering mendengar istilah peta konsep dalam proses kegiatan belajar mengajar yang kamu lakukan di sekolah. Istilah ini adalah suatu gambaran yang mendeskripsikan mengenai keterkaitan antar konsep dari suatu materi yang menyatakan hubungan yang memiliki makna diantara konsep-konsep tersebut kemudian dihubungkan dengan satu kata penghubung sehingga terbentuklah suatu proposisi.

Pengertian yang lebih mudah adalah peta konsep ditunjukkan untuk memahami suatu materi dengan bantuan visual, berusaha untuk meminimalkan materi tersebut dan mengubahnya ke dalam bentuk visual sehingga lebih mudah dicerna oleh otak

Pengertian dari peta konsep ini berbeda menurut para ahli. Namun yang paling penting disini kamu sudah mengetahui gambaran umum dari peta konsep tersebut. Nah kembali ke pembahasan kosngosan awal, bagaimana sih membuat peta konsep yang baik dan benar itu?

Seperti halnya membuat suatu karya tulis, kamu membutuhkan yang namanya langkah-langkah, supaya konsep yang kamu hasilkan itu bisa dipahami membantumu dalam meningkatkan pemahaman suatu materi pembelajaran

Untuk lebih jelasnya, sobat kosngósan bisa melihat satu contoh peta konsep mengenai sub pembahasan dari mata pelajaran kimia dibawah ini, yaitu tentang koloid.

Baca juga : Tips Membuat Buku Ajar yang Laku Keras untuk Sekolah

contoh peta konsep


Panduan membuat peta konsep


Membuat peta konsepping memang bisa saja sembarangan sesuka hati. Namun agar lebih bagus dan mudah diingat, sobat kosngosàn juga direkomendasikan melakukan tahap tahap seperti dibawah ini. Berikut adalah langkahnya

Mencari kata kunci yang tepat yang bersifat mewakili setiap poin


Langkah pertama adalah penentuan kata kunci yang mewakili setiap poin seperti bab, paragraf, atau kalimat. Dalam satu bab tulisan akan memiliki kata kunci atau satu yang dibahas dan ingin disampaikan. Selanjutnya dalam sebuah paragraf juga memiliki satu ide atau kata kunci. Sampai seterusnya, dalam satu kalimat akan memiliki kata kunci.

Kamu pasti sering menemukan adanya kalimat pokok pada suatu paragraf. Hal ini bisa dijadikan sebagai kata kunci yang bisa diitemukan di awal atau di akhir paragraf.

Sebagai contoh kamu hendak membuat peta konsep mengenai analisis kelayakan usaha finansial dan non finansial es campur, maka kata kunci yang digunakan adalah kelayakan. Submaterinya bisa usaha finansial dan non finansial yang digunakan sebagai cabang peta konsep.

Menulis kata kunci di tengah kertas


Inilah salah satu yang membedakan metode peulisan peta konsepping dengan menulis biasa. Bila sobat kosngosan mencatat teks biasa, kamu akan memulai segala sesuatu dari atas ke bawah. Sedangkan peta konsepping akan dimulai dari tengah kemudian menjalar kemana - mana.

Kamu bisa mencatat posisi kertas secara landscape. Saat menuliskan kata kunci pakai bold atau huruf kapital, buat dengan warna yang mencolok. Kemudian lingkari kata kuncinya.

Membuat cabang dan sub cabang


Membuat peta konsep itu identik dengan membuat cabang yang keluar dari tengah kata kunci. Cabang ini bisa berupa sub bab atau sub judul dalam suatu pembahasan. Dan sub cabang bisa berupa  penjelasan dari setiap cabang yang sudah dibuat.

Hubungan cabang dan sub cabang dapat menunjukkan urutan, penjelasan atau tingkatan yang lebih mendalam mengenai kata kunci di tengah. Agar mudah dipahami, maka kamu bisa memakai warna yang berbeda untuk setiap cabang dan sub cabang.

Menghindari penggunaan kata kunci berlebihan


Membuat peta konsepping harus bisa memanfaatkan kata kunci seminimal mungkin. Tidak boleh menggunakan kata atau gabungan kata yang panjang (maksimal 2 kata saja) yang mewakili bab atau topik yang dibahas. Contohnya seperti = Tips Mengajari Anak Perempuan Memakai Jilbab Saat Keluar Rumah, maka kamu bisa mengambil kata kunci "Anak Jilbab".

Memanfaatkan gambar dan icon


Membuat peta konsep bisa menggunakan gambar sebagai pelengkap dan mempermudah sobat kosngosan untuk mengingat akan topik yang dibahas. Jangan gunakan gambar yang kompleks, cukup gunakan icon atau stickman yang dapat mewakili ide atau kata kunci. Misalnya untuk mewakiliki gender wanita, kamu bisa pakai ♀ atau untuk pria bisa menggunakan ♂

Menggunakan spidol, stabilo atau pensil warna


Salah satu yang membuat orang banyak menyukai peta konsepping adalah tampilannya yang unik dan kreatif. Hal in melibatkan penggunaan warna, gambar dan kata. Oleh karena itu apabila kamu ingin membuat MM secara manual, maka dibutuhkan alat tulis yang beragam. Beda apabila kamu menggunakan aplikasi, tingggal desain dan print saja..

Membuat peta konsepping menggunakan software


Kamu bisa menggunakan banyak aplikasi bawaan windows untuk membuat peta konsepping, seperti power point, word, photoshop, paint dan sebagainya. Namun tentunnya fitur yang diberikan juga terbatas. Bila kamu ingin leluasa dan lengkap, gunakan saja software yang khusus dibuat untuk peta konsep creator.

Beberapa software yang bisa sobat kosngosan download dan install di perangkat windows dan mac mu antara lain adalah :

XMind 8 (Download disini),
Mindomo (Download disini),
FreeMind (Download disini),
MindNote, khusus Mac (Download disini),
Scapple (Download disini),
MindJet (Download disini)

Petunjuk : Setelah klik link diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik agar tombol download muncul. Setelah mengklik, kamu akan diarahkan langsung ke halaman downloadnya. Silahkan kabari mimin melalui kolom komentar dibawah ini bila menemukan link yang rusak atau mati. Terimakasih

Dengan menggunakan software diatas, maka pekerjaan membuat peta konsepping akan terasa lebih mudah. Kami bisa menambahkan gambar sesuka hati, dan ikon-ikon juga telah disediakan oleh software tersebut. Dan yang kerennya peta konsep yang telah dibuat, bisa diekspor menjadi file power point (ppt) juga.

Membuat peta konsepping secara online


Kalau kamu malas membuat peta konsepping menggunakan software, maka cukup kunjungi saja website yang menyediakan fitur online peta konsepping. Hanya saja pastikan sobat kosngosan memiliki akses internet yang cukup stabil ya.

Adapun beberapa situs yang menyediakan layanan peta konsepping creator adalah Bubbl.us, WiseMapping, IdeaFlip, Lucidchart, MindMup, MindMeister, LucidChart dan masih banyak lagi. Kamu tinggal googling saja menggunakan keyword "peta konsepping creator"

Tonton Panduannya


Apabila kamu ingin menonton video panduannya lebih detail, bisa menonton tutorial dan penjelasan dari video yang sudah mimin upload di channel youtube milik kosngosán dibawah ini, tinggal tekan tombol play :



Baca juga : Panduan Mendaftaran Dapodik Sekolah Offline dan Online


Kesimpulan


Peta konsep tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Dia akan bermanfaat apabila pemilihan setiap kata kata dapat mewakili dari materi yang akan dipahami. Sehingga sobat kosngosan butuh tips untuk membuat peta konsep yang berkualitas dan mudah dipahami seperti yang ada di atas

Demikianlah postingan mengenai tips membuat peta konsepping yang baik dan benar kali ini, semoga kamu bisa terbantukan oleh adanya tips diatas. Karena belajar menggunakan peta konsepping bisa menajdi alternatif yang menyenangkan bukan?
By

0 Response to "Cara Membuat Peta Konsep yang Unik dan Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel