Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Tugas Lewat Email di HP dan Laptop

Saat ini bekerja dan belajar dari rumah sudah menjadi tren yang dilakukan para pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran. Pengerjaan tugas dilakukan di rumah kemudian dikirimkan melalui email secara online. Terlebih saat ini kita menghadapi pandemi yang mengharuskan untuk beraktivitas di dalam ruangan (Work From Home)

Lalu bagaimana cara mengirimkan tugas melalui email menggunakan perangkat smartphone atau laptop milik kita? Berbagai jenis file bisa dikirimkan lewat email, seperti gambar (jpeg, png, gif), video (mp4, flv, mkv), audio (mp3), PDF, DOCX, PPT, XLXS dsb.

File dari Flashdisk, Hardisk atau memori internal juga bisa kamu kirimkan. Sebagian orang memang sudah sangat familiar dengan bekerja dengan email atau electronic mail. Namun bagi sebagian lagi, ada yang masih jarang bahkan belum mengenal bagaimana cara kerja email itu sendiri.

Email sendiri merupakan salah satu fitur utama dalam internet di mana kita bisa mengirimkan pesan secara online. Saat ini ada banyak sekali platform penyedia email gratisan sebut saja yang paling populer adalah GMail, Yahoo Mail dan Outlook. Apalagi untuk email dari google (gmail), di mana kamu pasti membutuhkan Gmail untuk membuat akun pada YouTube, Download Playstore, Menyimpan File di Google Drive dan belajar di Google Clashroom.

Dalam mengerjakan tugas kita disuruh untuk mengirimkan berbagai format file seperti jepretan photo tulis tangan, hasil ketikan dari ms word, juga dokumen dalam bentuk PDF, Audio dan video. Sehingga tugas yang kita kerjakan berbentuk digital atau soft file berbeda dengan tugas konvensional pada umumnya di mana kita pastinya mengerjakannya Di Atas Kertas dan mengirimkan bukti fisiknya untuk dikumpulkan

Dunia memang sudah berubah, hingga pada saat sekarang sobat kosngosan sudah sangat dimudahkan dalam mengirimkan berbagai hal menggunakan jaringan internet, termasuk tugas dan segala tetek bengeknya. Berikut ini akan kita jelaskan mengenai step by step bagaimana cara mengirimkan tugas menggunakan email :

Baca juga : Cara Scan Tugas Pakai HP


Mengirim Tugas Via Email di Laptop


Dalam mengirim tugas menggunakan email, sama saja langkahnya dengan mengirim pesan email pada umumnya. Yang penting kamu memperhatikan alamatnya diketik sesuai, subjek, badan email dan lampiran berupa tugas.

Langkah 1 :

cara mengirim tugas email laptop

Pastikan sobat kosńgosan sudah membuka browser di laptop, kemudian kunjungi halaman penyedia email gratisan yang kalian miliki. Disini mimin menggunakan platform GMAIL (GOOGLE MAIL) sebagai contohnya. Lihat bagian bagian penting yang sudah kami tandai diatas.

Langkah 2 :

cara mengirim tugas email laptop

Isilah Alamat email tujuan, CC dan BCC (jika ada), kemudian Subjek Email (isi dengan format TUGAS KULIAH/SEKOLAH - NAMA MATA PELAJARAN), kemudian pada badan/body email isikan biodata dirimu (kurang lebih bisa kamu lihat contohnya pada gambar diatas).

Sobat kosngosan juga harus memperhatikan alamat emailnya, jangan sampai salah mengetik satu huruf pun, nanti bisa-bisa tugas mu tidak sampai. Kemudian klik icon "Lampiran" pada bagian bawah (kotak merah yang ditandai)

Langkah 3 :

cara mengirim tugas email laptop

Kemudian pilihlah jenis file yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Diatas sudah ada beberapa contoh ekstensi file yang umum dimintai oleh Guru/Dosen atau Atasan dalam memberikan tugas.

Langkah 4 :

cara mengirim tugas email laptop

Setelah memilih file tugas yang sudah dipersiapkan sebelumnya, tunggu sampai proses upload selesai (seperti gambar diatas) setelah itu cek kembali apakah ada kesalahan penulisan pada badan email, subjek dan alamat. Jika sobat kosngosan yakin, maka silahkan tekan tombol "Send" yang berwarna biru dibawah.


Video Panduan


Kalau teman teman bingung dengan panduan tertulis diatas, bisa menonton video yang sudah mimin persiapkan dibawah ini. Video ini kami embed dari channel youtube kosngosan langsung, jadi kalian tinggal klik tombol play dibawah. (jangan lupa subscribe channel kosngosan juga ya!)




Mengirim Tugas Via Email di HP


Pada dasarnya mengirim tugas lewat email di HP Android atau iOS sama saja dengan mengirim tugas dari Laptop atau PC. Hanya saja kamu menggunakan aplikasi yang berbeda. Baca juga : Contoh Game Ice Breaking di Sekolah

Langkah 1 :

cara mengirim tugas email hp

Disini mimin kosngosàn menggunakan hp android sebagai contoh, dan menggunakan aplikasi GMAIL bawaan yang sudah terinstall secara default pada setiap perangkat android merek apa saja yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengakses dashboard email dari Browser mu, seperti chrome, modizlla atau Opera, dll.

Langkah 2 :

cara mengirim tugas email hp

Buka aplikasinya kemudian klik icon "plus" yang ada di bagian kanan bawah HP mu (seperti yang sudah di kasih margin merah diatas)

Langkah 3 :

cara mengirim tugas email hp

Isi bagian bagian yang wajib seperti pada panduan sebelumnya. Alamat email tujuan, CC dan BCC (jika ada), Subjek email sesuai dengan jenis tugas yang kamu akan kirimkan, dan juga biodata singkat mu untuk mempermudah guru, dosen atau atasanmu mengindentifikasi tugas2 yang dikumpul

Langkah 4 :

cara mengirim tugas email hp

Jangan lupa untuk memilih file tugas yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Untuk beberapa jenis file dokumen, kamu bisa mengirimkan nya dari laptop ke HP menggunakan kabel data, atau membuat dokumen dari HP menggunakan aplikasi office android atau ios.

Langkah 5 :

cara mengirim tugas email hp

Setelah semuanya selesai di upload, sobat kosngosan cek kembali apakah terdapat kesalahan dalam penulisan bagian bagian diatas. Setelah yakin sudah fix semuanya, tekan tombol sent di kanan atas (icon segitiga yang berwarna biru)

Langkah 6 :

cara mengirim tugas email hp

Kamu bisa mengecek email yang sudah terkirim di tab "Sent" atau "Terkirim". Disana ada daftar email yang sudah berhasil kamu kirim selama ini. Tinggal tunggu konfirmasi dari pihak guru, dosen atau atasan apakah mereka sudah mengecek tugas mu atau belum.


Mengirimkan Tugas dari Memori Eksternal (Flashdisk/Hardisk)


Banyak yang bertanya bagaimana cara mengirimkan tugas yang disimpan dari memori eksternal seperti flashdisk atau hardisk. Sebenarnya sama saja dengan langkah-langkah diatas saja Kita perlu untuk mencolokkan perangkat eksternal tersebut terlebih dahulu ke perangkat utama milik sobat kosngosan

1. Misalnya kamu ingin mengirimkan tugas dari laptop namun file tugasnya disimpan di hardisk, jadi kamu perlu untuk mencolokkan hardisk tersebut ke laptop dengan menggunakan kabel, pastikan harddisk tersebut terbaca di bagian partisi laptopmu. Kalau tidak, cek apakah driver USB sudah terinstal di laptop/PC mu. (googling untuk info lengkapnya)

2. Atau misalnya kamu ingin mengirimkan tugas dari smartphone namun filenya disimpan di flashdisk. Sebagian smartphone sudah canggih dengan menerapkan fitur OTG, jadi kamu bisa langsung mencolokkan flashdisk ke smartphone mu dengan adaptor OTG, dan file di flashdisk sudah terbaca di layar smartphone mu (khusus android ya)

Baca juga : Contoh Kegiatan Asik Saat JamKos Tiba


Kata Penutup


Mengerjakan tugas adalah kewajiban kita sebagai seorang pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran. hanya saja saat ini kita ditekankan untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan membuat format tugas dalam bentuk soft file kemudian dikirimkan menggunakan email secara online.

Demikian beberapa panduan singkat mengenai cara mengirimkan tugas via email baik melalui perangkat smartphone ataupun laptop juga PC. buat teman-teman kosngosan yang ingin berkontribusi silakan tekan tombol share di bawah dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lain juga supaya mereka bisa bekerja dari rumah dan tetap produktif.
Oleh rezaharahap