20 Contoh Hak dan Kewajiban di Lingkungan Masyarakat

Sebagai seorang individu yang tinggal di tengah masyarakat, kita memiliki hak dan kewajiban dalam menjalankan peran sebagai anggota di lingkungan masyarakat. Sebagai makhluk sosial manusia juga harus menghormati hak orang lain, in dan juga wajib menjalankan kewajiban yang sudah tertanam dalam diri masing-masing

hak kewajiban masyarakat

Sebenarnya apa itu hak dan apa itu kewajiban? Hak merupakan sesuatu yang mutlak yang menjadi milik kita serta penggunaannya sangat tergantung dari diri sendiri. Kewajiban merupakan segala sesuatu yang harus dilakukan dengan tanggung jawab penuh.

Kedua hal ini sangat berbarengan dan berhubungan satu sama lain. Tidak mungkin Seseorang memiliki hak namun tidak memiliki kewajiban, begitu juga sebaliknya tidak mungkin seseorang memiliki kewajiban tanpa memiliki hak.

Dalam pelaksanaannya hak dan kewajiban dibagi ke beberapa bidang dan kondisi, seperti misalnya hak dan kewajiban di sekolah, di rumah, dalam keluarga, bernegara, hak dan kewajiban politik, bangsa dan negara, ekonomi, agama, sosial dan sebagainya.

Secara umum, hak dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti :


  • Hak absolut
  • Hak individual dan sosial
  • Hak legal dan moral
  • Hak positif dan negatif
  • Hak khusus dan umum


Nah pada kesempatan kali ini, mimin kosńgosan akan memberikan beberapa contoh hak dan kewajiban yang harus sobat kosngosan lakukan sebagai anggota masyarakat, dengan menjalankan tugas dan fungsi mu sebagai makhluk sosial berinteraksi satu sama lain dengan melakukan kewajiban seperti yang tertera dibawah ini.

Baca juga : 12 Jenis Kriminalitas di Masyarakat dan Cara Mengatasinya


Contoh Kewajiban


Taat Kepada Aturan


Setiap anggota masyarakat tentu saja terikat dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh kepala lingkungan, yang berasal dari hasil keputusan bersama. Tidak ada anggota masyarakat yang kebal hukum, semua memiliki kewajiban untuk taat dan patuh terhadap peraturan dan norma sosial yang telah berlaku. Ini merupakan kewajiban dasar yang harus ditaati oleh sobat kosngosan sebagai elemen masyarakat

Ikut Menjaga Kebersihan


Dalam rangka menjaga kesehatan dan kebersihan, sudah menjadi kewajiban bagi setiap anggota masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, menata lingkungan dan sistem pembuangan limbah rumah tangga. Dengan terjaganya kebersihan, maka lingkungan akan asri dan nyaman untuk ditinggali. Ini akan menjadikan lingkungan bebas dari penyakit yang bisa merugikan.

Ikut Menjaga Keamanan dan Ketertiban


Sebelum manusia menerima hak dasar nya untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman dalam kehidupan, pertama sobat kosngosań harus melakukan kewajiban untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, dengan tidak berbuat onar atau melakukan suatu kejahatan yang melanggar hukum.

Kewajiban ini erat kaitanya dengan menaati peraturan, dengan terciptanya keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat maka kehidupan bisa lebih baik

Memelihara Fasilitas Umum


Fasilitas umum seperti lapangan olahraga, jalan kompleks, gedung pertemuan, perlengkapan pesta pernikahan, tenda, kursi, sarana dan prasarana yang dimiliki bersama oleh suatu lingkungan wajib dijaga dan dipelihara oleh setiap anggota masyarakat. Ketika kamu menggunakan hak untuk meminjam fasilitas tersebut maka sejatinya kamu pertama kali harus melaksanakan kewajiban untuk menjaganya

Mengikuti Kegiatan Masyarakat


Hidup di desa atau kota, sama saja yaitu harus menjadi makhluk sosial, yang bisa berinteraksi dengan tetangga dan semua anggota masyarakat yang tinggal di daerah mu. Ketika ada perkumpulan, musyawarah atau kegiatan sosial keagamaan, sobat kosngosan wajib menghadiri menjaga eksistensi mu sebagai anggota masyarakat. Selain itu apabila diperlukan kamu juga bisa bekerja sebagai panitia untuk mengatur kegiatan tersebut

Melaksanakan Ketertiban Umum


Melaksanakan ketertiban umum adalah upaya menjaga supaya orang lain tidak terganggu dengan kegiatan kita, seperti misalnya tidak pulang malam bagi perempuan, tidak menyalakan musik keras-keras ketika waktu istirahat tiba, tidak menyalakan api yang menimbulkan asap berlebihan dan mengganggu tetangga, dan segala sesuatu yang bisa mengganggu kenyamanan dan ketentraman hidup anggota masyarakat lainnya.

Membantu Kelancaran Proses Birokrasi


Dalam pelaksanaan birokrasi di pemerintahan desa atau lingkungan, setiap anggota masyarakat memiliki kewajiban dan harus turut serta melancarkan proses birokrasi, seperti pengurusan kartu tanda penduduk atau surat keterangan lain yang berkaitan dengan pengurusan berkas administrasi

Menjaga Nama Baik Lingkungan


Ketika kamu hidup di kompleks perumahan A misalnya, maka sejatinya sobat kosngosan menjadi anggota masyarakat di lingkungan tersebut dan berkewajiban untuk menjaga nama baik perumahan A, tidak melakukan sesuatu yang melanggar hukum dan dapat mencoreng nama baik perumahan tempat kamu tinggal

Saling toleransi


Dalam kehidupan bermasyarakat dan saja terdapat berbagai umat beragama, suku dan budaya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia (apalagi di kompleks perumahan perkotaan). Sudah menjadi kewajiban bagi sobat kośngosan untuk saling tenggang rasa dan toleransi satu sama lain untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat

Melaksanakan ronda malam


Terakhir Mungkin cukup jarang ditemui di Perumahan atau lingkungan di perkotaan. Ronda malam merupakan salah satu realisasi dari sistem keamanan lingkungan (SISKAMLING) yang mengharuskan setiap anggota keluarga memiliki kewajiban untuk mengikuti ronda malam yang ditentukan berdasarkan jadwal ronda, sekali sebulan atau sekal seminggu, misalnya.


Contoh Hak


Hak Mendapat Perlakuan Adil


Setiap orang baik itu yang kaya dan miskin, tua muda, sehat sakit, apapun status dan perannya di tengah masyarakat harus mendapatkan perlakuan adil dalam segala aspek. Karena keadilan merupakan salah satu hak asasi dasar yang dimiliki oleh manusia ketika dia lahir. Begitu juga apabila sobat kosngośan hidup di tengah masyarakat, seluruh masyarakat wajib memperlakukan dia dengan adil dan berkeadilan.

Menggunakan Fasilitas Umum


Nah dalam masyarakat, tentu ada fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan secara bersama dengan penuh tanggung jawab. Seperti misalnya perlengkapan tenda yang bisa dipinjamkan kepada anggota masyarakat yang sudah membayar biaya keanggotan secara rutin, atau kita bisa memanfaatkan halaman badminton untuk bermain, atau mendapatkan fasilitas pengangkutan sampah karena sudah membayar biaya kebersihan, misalnya.

Hak Berorganisasi


Hak berorganisasi atau berserikat merupakan hak dasar yang dimiliki manusia. Sebagai anggota masyarakat kita berhak untuk memilih perkumpulan mana yang sesuai dengan diri kita, seperti misalnya kita ikut anggota nasyid satu RT, mengikuti majelis taklim A, dan sebagainya. Yang perlu sobat kosngosan ketahui adalah kita bebas memilih organisasi, selama organisasi tersebut tidak melanggar hukum dan pancasila.

Hak Memiliki Banyak Teman


Manusia merupakan makhluk sosial yang sejatinya membutuhkan teman untuk saling berinteraksi. Dalam kehidupan bermasyarakat tentu saja kita berhak memiliki teman dan berinteraksi dengan orang lain sesama anggota masyarakat.

Bahkan ketika kamu adalah seorang introvert, sobat kósngosan tetap membutuhkan yang namanya teman, walaupun itu sedikit. Memiliki teman dan pergaulan merupakan hak yang dimiliki manusia di lingkungan masyarakat

Meminjam Barang Warga


Dalam bermasyarakat, kita tidak boleh berlaku egois dan pelit. Sehingga salah satu kewajiban yang akan menghadirkan Hak adalah membantu sesama warga di Kompleks Perumahan, misalnya.

Nah sudah menjadi hak kita untuk meminjam atau meminta pertolongan orang lain, selama apa yang kita pinjam atau kita minta tolong tersebut tidak memberatkan dan dilakukan secara sukarela oleh orang yang kita minta tolong

Menerima Keamanan


Ketika kamu sudah menjalankan kewajiban untuk membayar uang keamanan, atau mengikuti kegiatan ronda malam atau siskamling, maka hak yang harus kamu dapatkan adalah menerima keamanan dan rasa aman. Termasuk rasa aman dari resiko pencurian yang dapat merugikan, karena dapat menghilangkan harta dan kekayaan. Selain itu rasa aman dari lingkungan dan pergaulan negatif juga menjadi hak kita sebagai anggota masyarakat yang menjunjung tinggi normal sosial dan agama.

Hak Memberikan Saran


Hak berbicara dan menyatakan pendapat merupakan hak dasar yang dimiliki manusia sejak lahir, begitu juga terhadap Peran kita sebagai anggota masyarakat yang berhak memberikan kritik dan saran untuk berbagai program lingkungan.

Namun hak berbicara ini harus disertai dengan kewajiban seperti menghadiri rapat lingkungan. Misalnya kita berhak memberikan pendapat untuk mengadakan lomba A, pada acara tujuh belas Agustusan, dan sebagainya.

Mendapatkan Bantuan Langsung


Dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya kemampuan ekonomi setiap anggota tidaklah sama. Ada yang memiliki kemampuan yang yang berkelebihan dan ada yang serba kekurangan. Nah sudah sepatutnya bagi anggota masyarakat yang memiliki kelebihan membantu anggota masyarakat lain yang mengalami kekurangan.

Bagi anggota masyarakat yang mengalami kekurangan, sudah menjadi haknya untuk mendapatkan bantuan. Jenis bantuan yang didapatkan bisa berupa uang, diberikan pekerjaan, sembako, bedah rumah dan sebagainya.

Hak pindah rumah


Tidak jarang sobat kosngósan sebagai anggota masyarakat memilih pindah rumah ke tempat yang lebih nyaman atau dengan alasan tertentu, misalnya mencari rumah yang lebih dekat dengan kantor. Ini merupakan hak, dan setiap orang bisa dengan leluasa mencari hunian baru, asal kewajiban membayar sewa dan pajak sudah dilakukan.

Hak mencari nafkah


Terakhir hak mencari nafkah atau penghasilan, mungkin menjadi salah satu hak asasi manusia dimana setiap anggota masyarakat bisa memanfaatkan tempat tinggalnya untuk dijadikan sebagai produksi bisnis, atau tempat yang dimanfaatkan untuk jasa pijat atau jasa bekam, misalnya.

Baca juga : Defenisi, Tujuan dan Manfaat Ronda Malam dan Siskamling di Tengah Masyarakat

Penutup


Dalam pelaksanaannya menjalankan kewajiban harus dilaksanakan dengan mendapatkan hak sehingga kita bisa dianggap memperoleh keadilan. Banyak sekali kondisi di luar di mana seseorang sudah mendapatkan hak namun tidak menjalankan kewajiban, atau yang lebih mirisnya mereka sudah menjalankan kewajiban namun tidak kunjung memperoleh haknya. Ini semua merupakan suatu kondisi yang tidak ideal karena kedua hal tersebut harus dilakukan dan didapatkan, karena merupakan hubungan sebab akibat.

Semoga materi dan contoh di atas bermanfaat dan menjadi referensi buat teman-teman kosngosan, jangan lupa bookmark dan tekan tombol share di bawah untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian
By

0 Response to "20 Contoh Hak dan Kewajiban di Lingkungan Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel