Defenisi, Tujuan dan Manfaat Ronda Malam & Siskamling bagi Kompleks Perumahan

Pernahkah kamu mengikuti ronda malam yang dilakukan oleh anggota kompleks perumahan? Ronda malam bertujuan untuk menjaga keamanan lingkungan. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh beberapa orang laki laki, dengan jadwal piket setiap bulannya.

Apa itu ronda malam? Pengertian ronda malam adalah bentuk penerapan dari siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) yang kegiatannya berupa patroli keliling disekitar lingkungan tertentu dengan jalan kaki atau menggunakan alat transportasi pada malam hari.

manfaat ronda malam siskamling

Siskamling dan ronda malam dilaksanakan untuk menjaga keamanan dalam suatu lingkungan berdasarkan kesepakatan bersama. Siskamling bertujuan untuk memberikan keamanan bagi masyarakat suatu kompleks perumahan yang penerapannya membutuhkan partisipasi seluruh anggota masyarakat yang bersangkutan.

Berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar tahun 1945 siskamling bertujuan untuk memenuhi rasa aman dan ketertiban di tengah masyarakat demi tercapainya masyarakat yang madani, adil, makmur dan beradab.

Ronda malam disebut juga patroli malam, atau keliling kompleks pada malam. Adapun dalam pelaksanaannya ronda malam harus dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama dari anggota masyarakat, yang melibatkan orang dewasa dan mewakili 1 orang setiap rumah untuk kemudian dilakukan jadwal piket. Banyaknya anggota ronda malam dalam satu kesempatan, tergantung dari jumlah anggota aktif.

Baca juga : Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial di Lingkungan Masyarakat

Namun idealnya satu kesempatan ronda malam bisa diisi oleh 3 atau 4 orang, yang kemudian dibagi menjadi dua tim, satu tim melakukan keliling dengan jalan kaki atau motor, yang diikuti dengan pemberian tanda berupa bunyi tiang besi yang dipukul atau membawa kentongan. Sementara tim yang lain menunggu di pos ronda.

Adapun di sela-sela kegiatan sobat kosngosan bisa melakukan aktivitas yang menghibur seperti main kartu, main gaple, mendengar musik, streaming bola, dan berbincang-bincang seputar permasalahan di tengah masyarakat, misalnya.


Manfaat Ronda Malam


Apabila sobat kosngosan ebrtanyaapa manfaat dari ronda malam yang merupakan salah satu penerapan dari sistem keamanan lingkungan atau siskamling, maka berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan bagi masyarakat apabila menerapkan ronda malam di daerahnya :

1. Keamanan

Ronda malam pada dasarnya dilaksanakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Berbagai resiko pencurian perampokan atau pelanggaran norma hukum dan susila lainnya yang mungkin bisa terjadi dapat diminimalisir dengan adanya kegiatan ronda malam ini.

2. Antisipasi

Selain itu juga dapat mengantisipasi berbagai permasalahan yang ditimbulkan akibat adanya gangguan keamanan di tengah masyarakat, musibah atau bencana alam lainnya yang sewaktu-waktu bisa terjadi di tengah malam

3. Silaturahim

Ronda malam dilakukan oleh orang dewasa dan mewakili tiap keluarga di masyarakat. Sehingga tidak jarang orang yang melakukan ronda malam itu bisa mengenal satu sama lain. Karena pada dasarnya setiap anggota masyarakat masih kurang berinteraksi satu sama lain apalagi di perkotaan Dimana mereka dituntut untuk bekerja pagi dan pulang malam.

4. Kebersamaan dan kekompakan

Ronda malam juga dapat menciptakan kebersamaan dan kekompakan sesama anggota masyarakat. Sehingga hal ini akan memudahkan setiap pengambilan keputusan yang terkait dengan masyarakat.

Seperti yang sobat kosngosan ketahui, kehidupan masyarakat perkotaan yang sibuk dengan pekerjaan, membuat mereka jarang sekali berinteraksi, oleh karena itu ronda malam bisa menjadi media yang tepat untuk memperakrab sesama anggota masyarakat di suatu kompleks perumahan

5. Melatih kemandirian

Mengapa ronda malam perlu digelar? salah satunya untuk melatih kemandirian suatu kompleks perumahan dalam menjaga keamanan wilayah nya sendiri, tanpa melibatkan satpam atau kepolisian. Hal ini berarti menciptakan keamanan juga tidak perlu biaya mahal, cukup kontribusi dari semua pihak yang mau berusaha untuk ikut aktif dalam kegiatan ronda malam ini.


Tujuan Ronda Malam


Tujuan ronda malam pada dasarnya sama saja dengan manfaat yang diperoleh (seperti yang disebutkan diatas). Ronda malam diadakan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Tidak hanya itu, ini merupakan salah satu bentuk wujud penerapan sistem keamanan lingkungan yang dilakukan secara mandiri oleh setiap anggota masyarakat pada suatu kompleks perumahan.

Keberhasilan dari ronda malam sangat bergantung dari partisipasi anggota masyarakat. Apakah panitia ronda malam aktif melakukan patroli atau keliling seputar kompleks, memberikan sanksi kepada anggota yang tidak berkenan hadir, dan seberapa konsisten penerapan dari ronda malam ini dilakukan

Hasilnya memang tidak langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat. Karena sesungguhnya ronda malam dikatakan berhasil, apabila tidak ada lagi kasus kriminal yang terjadi. Sobat kosngosan bisa membandingkan perumahan yang tidak mengadakan ronda malam dengan perumahan yang mengadakan ronda malam dalam beberapa bulan kedepan.

Intinya ronda malam akan memberikan rasa aman bagi setiap anggota keluarga. Tidak was was dan bisa melakukan kegiatan nya secara normal. Dapat meninggalkan rumah dengan tenang, tanpa harus takut lagi dengan resiko kemalingan.


Proposal Ronda Malam dan Siskamling




Download Proposal Pos Siskamling dan Ronda Malam DISINI

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pos Kamling merupakan sarana penting sebagai tempat untuk menjaga keamanan lingkungan masyarakat sekitar, dengan adanya Pos Kamling maka masyarakat akan merasa lebih termotivasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keamanan lingkungan seperti mengikuti kegiatan ronda, dan lain sebagainya.

Dalam upaya untuk mewujudkan kegiatan tersebut maka perbaikan terhadap Pos Kamling sangat perlu dilakukan karena Pos Kamling yang ada saat ini sudah sangat tidak memadai untuk menunjang kegiatan ini.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, kami mencoba untuk melaksanakan bentuk kegiatan berupa Pembangunan dan berinisiatif mengaktifkan kembali kegiatan Ronda yang ada di lingkungan dengan RT 003 RW 012 kelurahan Tampan, kecamatan Marpoyan, Kota Pekanbaru.

B. Lokasi

Adapun lokasi pembangunan Pos Kamling berada di wilayah lingkungan W dengan RT 003 RW 012 kelurahan Tampan kecamatan Marpoyan Kota Pekanbaru.

C. Target

Target yang diharapkan adalah terwujudnya situasi yang kondusif dan rasa aman bagi warga di lingkungan Widengan RT 003 RW 012 kelurahan Tampan kecamatan Marpoyan Kota Pekanbaru.

D. Rencana Kegiatan

1. Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Panita adalah :
Pembangunan Pos Kamling.

2. Peserta Kegiatan
Kegiatan Pembangunan Pos Kamling ini diikuti oleh seluruh warga RT 003 RW 012 lingkungan Widengan kelurahan Tampan, Kecamatan Marpoyan, Kota Pekanbaru.

3. Waktu dan Tempat
Kegitan Pembangunan Pos Kamling RT 003 RW 012 lingkungan Wi dengan ini direncanakan akan diselenggarakan pada :

Hari : Setiap hari Minggu / 2 minggu sekali.
Tanggal : Menyesuaikan
Tempat : Lingkungan Kosngosan RT 003 RW 012

4. Susunan Panitia
- Terlampir 1

5. Estimasi Biaya.
- Indikator Masukan

Dana yang akan dipergunakan untuk pembangunan tersebut di atas berasal dari dana swadaya masyarakat dan dari dana aspirasi pembangunan kelurahan Tampan dengan perincian sebagai berikut :

Besarnya biaya untuk pembangunan/ Rp. 16.651.000
Swadaya masyarakat Rp. 6.000.000
 Donatur Rp. 5.000.000

Sehingga kekuranganya sebesar Rp. 5.651.000
- Indikator Hasil

Dengan dibangunnya Pos kamling tersebut bisa digunakan dengan baik.
- Indikator Manfaat

Terwujudnya lingkungan yang kondusif dan aman.

Perincian biaya Estimasi :
- Terlampir 2

6. Penutup

Demikian proposal Pembangunan Pos Kamling di lingkungan Widengan RT
003 RW 012 kelurahan Tampan kecamatan Marpoyan Kota Pekanbaru ini kami
sampaikan dengan harapan untuk mendapat respon dari Bapak Kepala Kelurahan Tampan.

Pekanbaru, 4 September 2020

Ketua Panitia
Kosngosan

Baca juga : Cara Mengatasi Susah Bergaul dengan Masyarakat


Penutup


Dengan demikian kamu sudah mengetahui betapa pentingnya ronda malam dan siskamling dalam menjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat bukan? Apabila di lingkungan mu belum menerapkan kegiatan ini, kamu bisa mengadakan proposal untuk mengadakan kegiatan ini. Berkonsultasilah dengan pihak aparat desa atau lingkungan tempat kamu tinggal

Nantinya sobat kosngosan bisa mengajukan siskamling terpadu berdasarkan perencanaan yang sudah kamu susun sebelumnya. Terimakasih sudah berkunjung di blog kosngosan, jangan lupa untuk memberikan komentar dan bagikan artikel ini di sosial media kalian. Supaya teman teman yang lain juga ikut menghidupkan kembali siskamling dan ronda malam ini.
By

0 Response to "Defenisi, Tujuan dan Manfaat Ronda Malam & Siskamling bagi Kompleks Perumahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel