Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Channel YouTube Tentang Psikologi yang Mengedukasi

Apa saja channel youtube yang membahas tentang psikologi? Buat kamu yang ingin belajar psikologi dan ingin menonton konten video mengenai psikologi manusia mungkin bisa mulai menghabiskan kuota untuk menonton beberapa video video dari channel youtube ini. Karena sebagian ada yang membahas mengenai social experiment, wawancara dan penjelasan terkait psikologi seperti apa. Mari kita simak pembahasan dari kosngosan dibawah ini.

Apa pengertian dari psikologi? Psikologi adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari mengenai hakikat jiwa dan proses pengalaman yang timbul pada diri manusia. Berbagai pakar berbeda pendapat mengenai definisi ini namun intinya Psikologi itu mempelajari mengenai tingkah laku manusia.

Orang-orang yang pakar di bidang psikologi disebut sebagai psikolog. Mereka biasanya membuka jasa konsultasi mengenai kesehatan mental seseorang dan memberikan solusi terbaik untuk mereka supaya bisa terbebas dari depresi atau stres yang menyerang.

Karena psikologi berkaitan dengan perilaku manusia maka setiap aspek yang ditunjukkan oleh manusia dalam ruang lingkup kehidupannya bisa dipelajari. Seperti misalnya ekspresi marah atau sedih atau Ketika seseorang berbohong dan berbuat jahat semua itu bisa dianalisis menggunakan ilmu psikologi.

Ketika kamu mengambil jurusan Psikologi di perguruan tinggi, maka sobat kosngósan akan belajar mengenai berbagai jenis teori yang berkaitan dengan perilaku manusia. Sarjana psikologi juga memiliki prospek kerja yang cukup cerah dan banyak diperlukan oleh perusahaan karena bisa dimasukkan ke bagian HRD untuk proses rekrutmen karyawan baru

Pembagian dari ilmu psikologi itu sendiri bisa dikategorikan menjadi beberapa bagian yaitu :
  • Psikologi forensik
  • Psikologi kriminal
  • Psikologi sosial
  • Psikologi spiritual
  • Parapsikologi


Channel YouTube tentang Psikologi

channel youtube psikologi

Ketika kalian ingin mencari media pembelajaran psikologi selain buku, mungkin bisa melihat berbagai konten yang ada di YouTube terkait psikologi, yang bisa membantu pemahaman kalian untuk mempelajari beberapa materi di perkuliahan.

Atau bahkan mungkin kalian bisa melakukan penelitian skripsi dengan membuat konten video terkait psikologi seseorang di suatu tempat, yang berkaitan dengan profesi, kebijakan atau kondisi finansial, misalnya.

Kuliah Psikologi


Salah satu channel youtube tentang psikologi terbaik di Indonesia dengan jumlah subscriber yang cukup banyak dan konten videonya yang sudah lengkap membahas seputar tema psikologi dan kesehatan mental manusia. 

Didalam halaman about-nya channel ini memiliki visi membawa Indonesia cemerlang dalam Kesadaran Jiwa dan Misinya yaitu Membawa sobat kosngosan semakin mengerti mengenai psikologi.


Analisa Channel

Seorang ibu yang memiliki latar belakang ilmu psikologi dengan membangun suatu channel youtube yang bernama analisa channel. 

Kanal youtube ini cukup variatif kontennya. Kebanyakan membahas mengenai tips tips seputar kesehatan, bisnis dan tentu saja psikologi seseorang. 

Sebagai seorang ibu juga kerap kali memberikan tips kepada ibu dalam mengelola rumah tangga dan anak anaknya.


SKWAD Health

Meskipun channel ini tidak khusus membahas mengenai psikologi, namun SKWAD Health membantu para subscribernya untuk hidup sehat. 

Kanal ini akan membahas topik-topik seputar penyakit dan kesehatan dengan sumber informasi yang dapat dipercaya, dan tentu saja salah satunya mengenai kesehatan mental dan dunia psikologi

Psikologi

Channel ini seperti namanya cukup membantu sobat kósngosan dalam mendapatkan penjelasan untuk berbagai kondisi mental manusia, berbagai judul videonya 

Seperti bagaimana Menahan Rasa Amarah, Memimpin dengan Contoh, Bagaimana Memiliki Mental yang Tangguh dan berbagai konten terkait psikologi manusia disediakan dalam kanal youtube ini.


Nuha Channel

Channel ini membahas seputar berbagai macam Tes Psikologi dan Intermezzo di sekitarnya. Walaupun subscribernya masih terbilang sedikit

Namun content creatornya juga memberikan video yang berkualitas yang bisa membantu mu dalam melakukan persiapan ujian dibidang psikotes dan segala hal yang berkaitan dengan psikologi


Rifqi Hadyan


Sang content creator dibalik channel ini namanya adalah rifqi hadyan atau biasa disebut rifqi, dan menjadi salah satu mahasiswa di universitas indonesia dengan jurusan psikologi.

Channel ini kebanyakan akan berisi pendapat mengenai fenomena fenomena yang ada dimasyarakat dengan sudut pandang ilmu psikologi yang beliau pelajari saat ini baik dalam sisi disiplin ilmu maupun agama yang di percayai


Tes Psikologi - Sifat - Kepribadian

Seperti namanya, kanal ini akan memberikan sobat kośngosan banyak video Tes tentang Psikologi, Sifat dan Kepribadian yang bermanfaat sekali untuk kalian. 

Channel ini berisi tentang semua cara untuk mengetahui jati diri, kepribadian dan sifat seseorang. Mungkin tidak tepat 100% akan tetapi bisa sebagai acuan untuk mengetahui siapa sebenarnya diri mu sendiri.


Crack An Egg

Channel dengan nama yang unik bukan? Crack An Egg merupakan sebuah channel Youtube Indonesia yang memberikan karya-karya kreatif dan menghibur melalui talkshow interaktif yang pastinya akan menambah pengetahuanmu. 

Walaupun bisa dikatakan bukan channel yang membahas psikologi secara khusus, namun pembahasannya banyak seputar psikologi yang membantu mu


Psikologi Daring

Channel selanjutnya adalah psikologi daring yang memberikan video ringan seputar psikologi dan problematika manusia. Solusi yang diberikan atas permasalahan yang sering kita hadapi ditinjau dari segi psikologi

Seperti Tanda - Tanda Jika Dia Adalah Jodoh Kita, 5 Cara Mengatasi Rasa Malas, 5 Cara Meningkatkan Kinerja Otak, Cara Mengetahui Jika Doi Menyukaimu dan banyak lagi


Psych2Go

Kanal youtube ini merupakan milik orang luar negeri yang spesial membahas dunia psikologi. Membahas septuar psikologi yang menarik, psikologi menyeramkan, psikopat, pembunuh berantai, psikologi pop, psikologi politik.

Apabila sobat kosngosan sangat penasaran dan terbuka untuk informasi baru, ingin terhubung dengan orang lain dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang diri mereka sendiri

Maka tidak ada salahnya menonton video2 nya yang menarik. Jangan lupa aktifkan substitle nya juga supaya membantu pemahaman mu ya!

Baca juga : Persepsi dan Teori Pernikahan Ditinjau dari Ilmu Psikologi


Kata Penutup

Mempelajari psikologi tidak hanya terpaku dengan buku aku dan di dalam lokal saja. Kamu bisa memahami materi psikologi secara langsung dengan menonton video baik itu yang bersifat eksperimen atau pembahasan di berbagai kanal YouTube yang ada.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman kosngosan jurusan Psikologi ataupun umum yang tertarik dengan ilmu ini. 

Apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-temanmu yang lain yang ada di media sosial, terimakasih.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya