20 Contoh Pojok Baca Kelas untuk SD, SMP dan SMA

Apa itu pojok baca? Pojok baca atau sudut baca merupakan salah satu media yang digunakan untuk menumbuhkan minat siswa dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah. Pojok baca menjadi bagian dari ruang kelas yang diubah menjadi suasana berbeda, supaya para siswa bisa lebih nyaman untuk membaca dan untuk meningkatkan kemampuan literasi nya. Pembuatan pojok baca sangat bergantung dengan kreativitas dan inovasi guru.

Diperlukan kerjasama antara wali kelas dan murid-murid untuk menciptakan sudut tempat para siswa membaca di dalam kelas. Pojok baca menyediakan berbagai buku-buku mengenai pendidikan dan ilmu pengetahuan yang disusun dalam suatu rak dan dindingnya didesain dengan kumpulan quotes, atau gambar yang menarik.

Pada tingkat Sekolah Dasar, keberadaan pojok baca sangat krusial. Disini guru harus berupaya semaksimal mungkin supaya ya membuat pojok baca berhasil menarik perhatian siswa untuk membaca dan betah berlama-lama di dalamnya.

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika membuat pojok baca di dalam kelas di antaranya adalah sebagai berikut :


  • Merangsang siswa supaya lebih menyukai kegiatan membaca
  • Mendekatkan buku pada siswa sehingga mereka lebih tertarik membaca
  • Membantu perpustakaan dalam memperkenalkan rutinitas membaca
  • Menjadi bagian dari proses pembelajaran oleh guru


Lalu bagaimana cara membuat pojok baca yang baik dan benar? Untuk membuat pojok baca dibutuhkan kerjasama antara sobat kosngo┼Ťan sebagai guru dengan siswa, yang menyangkut aspek desain, pengerjaan pagar, dinding, dan juga aksesoris tambahan yang menambah kesan ramai untuk pojok baca.

Baca juga : 16 Tips Ampuh Tidak Datang Terlambat Lagi Ke Sekolah


Cara Pembuatan Pojok Baca


Pembuatan pojok baca seharusnya menjadi kegiatan yang seru antara guru dengan murid murid. Karena ini dibuat didalam kelas atau bisa juga di luar, maka dibutuhkan peran serta semua pihak.

Pertama buatlah tim untuk pengerjaan pojok baca kali ini, yang terdiri dari desain, aksesoris, penyediaan buku, membuat pagar, bangku dan alas untuk lantai.

Pembuatan pagar

Untuk pembuatan pagar, sobat kosngosan dapat menggunakan tali rapia yang dibalut dengan kertas pernak pernik.

Kemudian memberikan tiang pada setiap sudut yang sudah ditanamkan pada pot mengandung semen. atau bisa juga pagar nya terdiri dari kumpulan bambu atau kayu dan dicat. Namun cara ini lebih memakan waktu.

Cat Dinding

Kamu juga bisa memberikan desain untuk interior dindingnya, bisa ditempel kertas origami yang dibentuk dengan berbagai pola, membuat pohon literasi, menulis quotes motivasi, gambar tokoh terkenal, dan sebagainya.

Fasilitas baca

Nah disini sobat bisa menggunakan sejumlah meja dan bangku, atau bisa juga membaca secara lesehan. Persiapkan rak buku juga.

Kemudian mintalah setiap murid menyumbangkan satu buku untuk pojok baca-nya. Nah selain itu sobat k├│sngosan juga bisa meminta bantuan dari pihak sekolah atau orangtua murid untuk menyediakan anggaran membeli buku yang berkualitas.

Memelihara pojok baca

Terakhir yaitu menjaga kebersihan pojok baca dengan sistem piket. Jadi seluruh siswa mendapatkan tugas masing masing untuk membersihkannya.

Untuk meningkatkan minat baca, guru harus memberikan tugas membaca dan menyimpulkan materi dalam buku, agar para murid dapat memanfaatkan waktu luang untuk membaca di pojok baca dengan nyaman.


Contoh Desain Pojok Baca


Contoh 1

contoh pojok baca

Contoh 2

contoh pojok baca

Contoh 3

contoh pojok baca

Contoh 4

contoh pojok baca

Contoh 5

contoh pojok baca

Contoh 6

contoh pojok baca

Contoh 7

contoh pojok baca

Contoh 8

contoh pojok baca

Contoh 9

contoh pojok baca

Contoh 10

contoh pojok baca

Contoh 11

contoh pojok baca

Contoh 12

contoh pojok baca

Contoh 13

contoh pojok baca

Contoh 14

contoh pojok baca

Contoh 15

contoh pojok baca

Contoh 16

contoh pojok baca

Contoh 17

contoh pojok baca

Contoh 18

contoh pojok baca

Contoh 19

contoh pojok baca

Contoh 20

contoh pojok baca

Baca juga : 18 Desain Susunan Bangku dan Meja Sekolah yang Bisa Ditiru


Kata Akhir


Dengan adanya pojok baca di setiap kelas, diharapkan dapat merangsang siswa dalam meningkatkan budaya literasi dan membaca buku yang belakangan ini mulai pudar. Guru juga harus bisa menciptakan ruangan pojok baca yang kreatif dan menarik sehingga menarik perhatian para siswa untuk berlama-lama di dalamnya.

Semoga beberapa contoh pojok baca pada pembahasan kosngosan kali ini bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi teman-teman sekalian terutama untuk guru yang ingin membuat nya di dalam kelas. Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan tekan tombol share dan bagikan ke teman-teman lain di media sosial, terimakasih!
By

0 Response to "20 Contoh Pojok Baca Kelas untuk SD, SMP dan SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel