Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Contoh Sikap Sila ke 2 Pancasila di Sekolah, Rumah dan Masyarakat

Apa saja contoh sikap yang mencerminkan sila ke 2 pancasila yang bisa kita terapkan di sekolah, rumah atau masyarakat? Sebagai perwujudan dari sila kedua pancasila, kita sebagai warga negara Indonesia yang baik harus mulai menerapkan beberapa contoh perilaku dibawah ini dalam kehidupan sehari hari. Seperti yang kita ketahui, bunyi dari sila ke-2 adalah "kemanusiaan yang adil dan beradab"

Dimana kemanusiaan memiliki arti cerminan yang menggambarkan manusia dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang manusia yang utuh. Kemanusiaan merupakan sifat yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk yang berbudi memiliki sifat yang baik dan berjiwa sosial

Bunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab" menjadi sebuah bentuk kesadaran sikap dan tingkah laku manusia yang berdasarkan pada potensi budi pekerti manusia dalam menjalankan berbagai norma dan hubungan sesama manusia dan juga hubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Sila kedua dari Pancasila ini merefleksikan hubungan sosial dan budaya antar masyarakat di Indonesia. Hal ini ini membuat kita harus mengakui keberadaan hak asasi manusia dimana manusia harus dihormati haknya sesuai dengan harkat dan martabat sebagai ciptaan Tuhan yang memiliki derajat yang sama.

Kemanusiaan oleh Insinyur Soekarno sebagai internasionalisme yaitu suatu kebersamaan dan solidaritas antar bangsa dan sesama manusia di dalam bangsa itu sendiri. Di dalam nilai kemanusiaan terkandung penegakan keadilan dan kehidupan yang beradab

Apabila nilai kemanusiaan sudah hilang, maka manusia bisa tidak bernilai lagi. Bahkan sobat kosngosan, kita semua bisa menjadi seperti binatang yang menunjukkan sifat beringas dan tidak beradap. Untuk menghindari itu maka kita sebagai warga negara harus mengaplikasikan dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila khususnya sila ke-2.

Kemanusiaan itu sendiri akan terwujud apabila tindakan kita bisa merepresentasikan keberadapab, berahlak, dan memperlakukan sesama manusia yang mendahulukan prinsip keadilan dan keberadaban sebagaimana mestinya

Baca juga : Contoh Pengamalan Nilai Pancasila Sila ke 1


Contoh Sikap Sila Ke 2 Pancasila

contoh sikap sila 2

Mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban sesama

Manusia memiliki hak yang sama ketika pertama kali dilahirkan di dunia. Oleh karena itu sobat kósngosan harus menjunjung tinggi persamaan derajat hak dan kewajiban. '

Keadilan ini akan menghadirkan keserasian dan keharmonisan. Jangan ada lagi perbedaan derajat yang bisa menjadikan seseorang sebagai superior dan seseorang yang lain sebagai inferior

Tidak Melakukan Bullying dan Body Shaming

Bullying dan body shaming merupakan perilaku yang tidak menghargai sesama manusia sebagai ciptaan tuhan yang sempurna. Perilaku ini sangat tercela karena bisa mengakibatkan orang lain mengalami depresi, dan berujung pada bunuh diri.

Oleh karena itu jangan pernah mengejek, atau memberikan penilaian negatif terhadap seseorang sekalipun orang tersebut adalah penjahat. Karena Setiap orang berhak untuk menjalani hidupnya masing-masing dengan pilihannya sendiri.

Tidak Menyebar Hoax di Media Sosial

Hoax adalah berita bohong yang sengaja disebarkan untuk menyebabkan kegaduhan. Di internet sendiri sangat cepat penyebarannya, sehingga kita harus berhati-hati dalam menyebarkan suatu informasi yang belum tentu mengandung kebenaran.

Ada banyak sekali berita bohong yang berkaitan dengan kasus kemanusiaan dan agama. Sebelum sobat kosngosan men-share, reetweet, komentar, atau bagikan, silakan kroscek terlebih dahulu mengenai kebenaran berita tersebut, dan pertimbangkan kembali apakah berita tersebut bisa mengakibatkan konflik nantinya.

Melawan Terorisme

Salah satu aksi yang sangat tercela yang bisa merusak nilai-nilai kemanusiaan adalah aksi terorisme dan kejahatan kemanusiaan yang membunuh banyak jiwa. 

Sebenarnya aksi terorisme tidak bisa disangkut pautkan dengan agama, karena kasih ini sangat tidak sesuai dengan ajaran agama manapun di dunia.

Dengan melawan aksi terorisme seperti mengkampanyekan untuk memerangi terorisme, memberikan pemahaman nasionalisme kepada anak anak kita, dan menjauhkan mereka dari bibit radikal merupakan beberapa upaya kita dalam melawan terorisme.

Saling mencintai dan menghormati

Kita sebagai manusia dan makhluk sosial harus saling mencintai dan menghormati walaupun nyatanya kita berbeda agama, berbeda pandangan politik, beda suku, budaya, ras, bahasa dan sebagainya. 

Selama kita masih hidup dalam satu bumi yang sama, tidak ada alasan untuk saling membenci dan melecehkan

Tidak bertindak semena – mena

Manusia memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Kamu juga memiliki kebebasan, Namun kebebasan tersebut harus telah menghormati kebebasan orang lain. 

Artinya sobat kosngosan tetap harus bertindak sesuai aturan dan tidak semena-mena apalagi berbuat sesuatu yang bisa merugikan orang lain

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

Nilai-nilai kemanusiaan harusnya lebih tinggi dari apapun. Akan sangat berbahaya apabila seseorang melakukan sesuatu dan melanggar nilai kemanusiaan baik itu atas nama agama atau kepercayaan. 

Nilai kemanusiaan adalah nilai moral dalam hidup bersama atas tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu sebagaimana mestinya

Berani membela kebenaran dan keadilan

Kebenaran dan keadilan adalah suatu nilai mahal yang harus didapatkan oleh semua orang. Apabila kamu mendapati seseorang tidak mendapatkan keadilan dan kebenaran sebagaimana mestinya dia dapatkan, kita harus membela dan turut berkontribusi dalam membantunya untuk mendapatkan haknya.

Mengurangi tingkat polusi udara

Setiap orang berhak untuk mendapatkan udara yang bersih ketika bernafas. Nah sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kualitas udara 

Yaitu dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat mencemari udara seperti menghasilkan polusi dari proses pembakaran sampah, tidak kentut sembarangan, menjaga bau tubuh supaya tidak menggangu teman, dan hal hal sederhana lainnya.

Menjaga kelestarian lingkungan sekitar

Sila kedua juga mengharuskan sobat kosngósan untuk menjaga alam dan lingkungan sekitar. Banyak contoh perilaku sederhana yang merefleksikan sila kedua '

Seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak memotong pohon sembarangan, tidak membunuh hewan, dan menghindari segala sesuatu yang bisa merusak ekosistem alam

Mengadakan gerakan penghijauan kembali


Manusia juga membutuhkan lingkungan yang asri dan hijau serta layak untuk dihuni. Oleh karena itu kita wajib untuk melakukan gerakan penghijauan dengan menanam pohon di di pekarangan rumah. 

Sobat kosngosan juga bisa membuat pot pot mini berisi kaktus atau tanaman hidup lainnya dan meletakkannya di dalam rumah untuk mendapatkan suasana yang lebih Asri.


Kesimpulan

Contoh sikap dari sila kedua Pancasila Ini sebenarnya sudah dijelaskan di dalam undang-undang nomor 23 tahun 1997

Di mana sudah dijelaskan dalam ayat ayatnya bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk lingkungan hidup yang baik dan sehat serta mendapatkan hak terhadap informasi si dan dan berperan dalam pengelolaan lingkungan

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua dan bisa sobat kosngosan jadikan sebagai referensi dalam bersikap sebagaimana mestinya. Jangan lupa untuk tekan tombol share, bagikan artikel ini ke timeline media sosial mu ya, trims!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya