12 Contoh Sikap Nilai Sila ke-3 Pancasila & Penjelasannya

Apa saja bentuk implementasi perilaku yang mencerminkan nilai pancasila khususnya sila ketiga dalam kehidupan sehari hari? Adalah bersatunya berbagai macam entitas yang ada ada di Indonesia, sehingga muncul kebulatan tekad dan keserasian yang menciptakan persatuan bangsa dan negara. Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan

contoh sikap sila 3

Kamu pasti sering mendengar pepatah "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh". Dari pepatah tersebut bisa diambil pelajaran bahwa persatuan an merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh bangsa Indonesia. Persatuan dan kesatuan akan membuat bangsa ini semakin kuat dalam menyelesaikan berbagai problematika nasional

Persatuan berasal dari kata satu, yang bisa didefinisikan sebagai kondisi tidak terpecah dan masih dalam keadaan utuh. Ketika persatuan sudah retak dan mulai terjadi di Konflik, maka disitulah kedaulatan akan tergoyah.

Ada berbagai macam prinsip persatuan dan kesatuan yang dianut oleh bangsa Indonesia sesuai dengan sila ke-3 dalam Pancasila yaitu sebagai berikut :


  • Prinsip Wawasan Nusantara
  • Prinsip Bhineka Tunggal Ika
  • Prinsip Nasionalisme
  • Prinsip Kebebasan Bertanggungjawab
  • Prinsip Persatuan Pembangunan demi tujuan Reformasi


Sejak dulu persatuan dan kesatuan Indonesia terbentuk dari proses dinamis dan berlangsung lama dengan adanya unsur sosial budaya seperti sifat kekeluargaan dan gotong royong. Saat ini nilai-nilai tersebut sudah mulai luntur dan digantikan dengan liberalisme dan kapitalisme.

Baca juga : Contoh Pengamalan Nilai Pancasila Sila ke 1

Seperti yang kita ketahui belakangan ini, masuknya kebudayaan luar, menjadikan kita rentan disusupi oleh kebudayaan individualisme dimana akan menggoyahkan persatuan itu sendiri.Untuk menjaga persatuan dan kesatuan kamu perlu mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila


Contoh Perilaku Sila ketiga


Tidak Menyebarkan Hoax


Banyak sekali dari sobat kosngósan pengguna sosmed yang sengaja atau tidak menyebarkan hoax (berita palsu) tentang berbagai hal yang bisa menimbulkan perpecahan. Isu agama sesuatu yang sangat krusial dan sensitif, separatisme atau bullying dan penghinaan pada kelompok tertentu.

Jadi ada baiknya sobat melakukan klarifikasi terlebih dahulu sebelum menyebarkan atau membuat berita yang tidak terjamin kebenarannya. Ada banyak sekali konflik yang terjadi akibat penyebaran informasi bohong yang menyebabkan saling tuding dan fitnah. Oleh karena itu jadilah pengguna medsos yang bijak

Tidak Memberikan Ujaran Kebencian


Hate Speech atau ujaran kebencian merupakan perilaku yang tidak terpuji yang yang menggambarkan dan mewakili kebencian terhadap suatu kaum dengan cara mencaci, mengejek, dan melakukan penghinaan yang bisa menimbulkan konflik horizontal. Sebagai seorang warga negara yang baik dan santun kita harus menjaga setiap perkataan sehingga tidak menyinggung orang lain.

Menghormati Pilihan Politik


Ketika sobat kosngosan berbeda pendapat dan pilihan politik seperti misalnya kamu memilih calon presiden A, dan teman mu memilih calon presiden B, atau teman mu masuk partai C, dan kamu masuk partai D, maka setiap perbedaan politik tersebut seharusnya tidak membuat kita terpecah belah. Malah perbedaan ini bisa menjadi warna tersendiri, dan memberikan kedewasaan berpikir serta berperilaku yang tidak menimbulkan gesekan dan konflik horizontal

Menjunjung nilai persatuan dan kesatuan


Menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan berarti mengedepankan kebersamaan diatas perbedaan. Walaupun bangsa kita memiliki suku, budaya, agama, dan bahasa yang berbeda, itu semua dirangkai dalam bingkai pancasila dan NKRI. Tidak melakukan perbuatan yang menyinggung kelompok tertentu, dan saling menjaga perasaan satu sama lain demi terciptanya persatuan.

Tidak berkelahi dan tawuran


Pertengkaran hanya akan menghabiskan tenaga dan merusak persaudaraan. Ketika sobat kósngosan melakukan tawuran misalnya, maka kamu sudah menodai persatuan dan kesatuan yang telah terbentuk. Hilangkan egoisme mu dan mari saling berbicara satu sama lain. Yang diperlukan adalah komunikasi ketimbang adu otot yang hanya merusak diri dan fasilitas umum.

Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara


Kepentingan bangsa dan negara tentunya lebih bernilai dibandingkan dengan kepentingan golongan apalagi pribadi. Namun kebanyakan dari kita, khususnya pejabat saat ini lebih mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya dalam menghasilkan suatu kebijakan. Hal inilah yang mengakibtkan hilangnya persatuan dan kesatuan yang berujung kepada perbuatan yang merugikan bangsa sendiri.

Rela berkorban untuk kepentingan negara


Kita lihat perjuangan para pahlawan zaman dulu yang rela berkorban harta bahkan nyawa dalam melawan penjajah, demi untuk meraih kemerdekaan. Kita yang hidup dalam era kemerdekaan ini, hanya dituntut untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan sega sesuatu secara maksimal.

Ketika negara membutuhkan tenaga dan pikiran kita, maka sobat kosngosan wajib untuk berkontribusi secara maksimal sebagai bentuk nasionalisme dan patriotisme kita.

Memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa


Nasionalisme adalah motivasi kuat yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Ketika kita sudah memiliki keduanya, maka akan terwujud dalam kehidupan sehari hari, misalnya lebih bangga menggunakan produk dalam negeri, mengkonsumsi buah dan sayuran lokal, menggunakan bahasa indonesia, tidak melakukan impor yang tidak diperlukan dan sebagainya.

Anti diskriminasi


Diskriminasi atau perlakuan yang tidak adil terhadap golongan tertentu menjadikan persatuan dan kesatuan tidak akan terjalin dengan baik. Oleh karena itu kita harus mewujudkan nilai nilai anti diskriminasi seperti laki laki dan perempuan memiliki persamaan hak untuk bekerja pada posisi yang sama di segala institusi, memberikan hak yang sama untuk berpolitik dan sebagainya.

Saling tenggang rasa dan toleransi dalam pergaulan


Tenggang rasa dan toleransi adalah sikap yang harus sobat kośngosan terapkan dalam bergaul demi mendapatkan relasi yang lebih luas. Segala ucapan dan perbuatan kita semestinya selalu menghargai orang lain, tidak menyinggung perasaan dan memantik permusuhan.

Beberapa contohnya antara lain bergaul dengan siapa saja, menghormati hak orang lain, membantu teman yang terkena masalah, menjenguk teman yang sedang sakit, mengendalikan sikap dan menupuk rasa tanggung jawab

Memupuk nilai patriotisme


Patriotisme merupakan salah satu sikap bela negara dan nasionalis. Rasa patriotik berhubungan dengan sikap cinta negara. Bagi pahlawan zaman dahulu, mereka berjuang untuk melawan penjajahan, dan bagi kita saat ini sikap patriotisme diwujudkan dalam berbagai perilaku sehari hari

Misalnya mengikuti upacara hari besar kenegaraan, melaksanakan kegiatan bakti sosial, memelihara fasilitas umum, berprestasi di sekolah, kampus dan ikut mewakiliki negara dalam pertandingan internasional, mengapresiasi seni budaya lokal dan sebagainya

Memelihara ketertiban dunia


Pengamalan ini berdasar terhadap cita cita negara indonesia yaitu menjaga kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Ketertiban dunia bukan berarti sobat kosngosan harus berkontribusi dalam perdamaian dunia dengan aktif di PBB, tetapi lebih kepada pangalaman nilai positif di lingkungan seperti keluarga, sekolah dan tempat kerja

Baca juga : Contoh Pengamalan Nilai Pancasila Sila ke 2
Contoh Pengamalan Nilai Pancasila Sila ke 4
Contoh Pengamalan Nilai Pancasila Sila ke 5


Kata akhir


Persatuan adalah jenis ikatan bathin yang dimiliki oleh berbagai entitas, dan ketika persatuan sudah tercapai maka solidaritas dan kebersamaan akan terjalin. Ini adalah aset berharga yang harus dimiliki oleh bangsa ini, dalam menjaga pluralisme dan perbedaan yang ada. Dengan mengamalkan nilai dari sila ke tiga pancasila ini, maka kita akan terhindar dari konflik dan perselisihan.

Jangan lupa share artikel pembahasan kosngosan kali ini ya. Semoga teman teman yang lain juga bisa menjadikan ini sebagai referensi dan motivasi untuk mengaplikasikan nya ke dalam kehidupan sehari hari kita. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.
By

0 Response to "12 Contoh Sikap Nilai Sila ke-3 Pancasila & Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel