18 Contoh Kerjasama di Sekolah, Rumah dan Masyarakat

Bagaimana bentuk kerjasama yang bisa kita lakukan di sekolah, lingkungan masyarat dan juga dalam keluarga? Kerjasama adalah suatu jenis  persekutuan atau usaha bersama antar perseorangan atau kelompok dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam kerjasama terjadi interaksi antara satu pihak dengan pihak lain. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain maka kerjasama adalah suatu keniscayaan.

Ada beberapa manfaat bekerja sama, diantaranya adalah Kerjasama bisa memperkuat ikatan persaudaraan, interaksi ini juga dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan, kerjasama tentu saja dapat menyelesaikan tugas secara lebih cepat efektif dan efisien, dan dalam proses kerjasama bisa membuat tugas lebih ringan dan mudah.

Ketika dilahirkan, seorang anak membutuhkan pertolongan dari orang tuanya. Sampai kamu sekolah, selalu membutuhkan bantuan dari teman dan juga guru untuk membimbing mendapatkan ilmu. Dalam ruang lingkup masyarakat, seorang anggota masyarakat membutuhkan kerjasama dengan tetangga, baik itu transaksi ekonomi, sosial, dan juga dukugan moril

Lalu bagaimana cara memelihara kerjasama supaya tetap terjalin dengan baik? Setidaknya sobat kosngosan perlu menerapkan beberapa langkah di bawah ini :


  • Menetapkan tujuan terlebih dahulu
  • Membuat kesan yang positif
  • Menghargai setiap perbedaan pendapat
  • Menujukkan semangat dan antusiasme
  • Memberikan bantuan


Dalam prakteknya ada banyak sekali bentuk kerjasama di berbagai kehidupan manusia. Namun pada kesempatan kali ini kita akan fokus untuk membahas contoh kerjasama pada 3 aspek yang tidak asing lagi bagi kita. Mari kita bahas saja langsung dibawah ini.

Baca juga : Cara Mendapatkan Dana Kegiatan Sosial di Sekolah dan Kampus


Contoh Kerjasama


contoh perilaku kerjasama

Contoh Kerjasama Sekolah


1. Upacara Bendera


Bentuk kerjasama yang bisa sobat kósngosan lakukan di sekolah adalah dengan melakukan kegiatan upacara bendera yang rutin pada senin pagi. Upacara bendera itu dilakukan oleh petugas upacara yang terdiri dari berbagai posisi. Masing-masing posisi bertanggung jawab untuk melakukan tugasnya, seperti pemimpin upacara, pembaca teks UUD 1945, dll.


2. Belajar Kelompok


Dalam menyelesaikan suatu tugas atau membahas mata pelajaran yang sulit, kamu bisa bekerja sama dengan teman-teman yang lain dan membentuk suatu kelompok belajar atau kelompok diskusi. Dengan membentuk kelompok tentunya kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap suatu materi pembelajaran.

Belajar kelompok juga bisa dilakukan di luar sekolah. Artinya kelompok belajar bersifat fleksibel, dan bisa sobat kosngosan bentuk dengan jumlah yang tidak terikat


3. Piket Bersama


Piket adalah sistem pembagian tugas yang diberikan kepada pelajar untuk membersihkan halaman dan ruangan kelas. Biasanya kamu akan mendapatkan jadwal tiket sekali seminggu. Apa yang biasanya dilakukan oleh petugas piket? Kamu harus membersihkan halaman kelas, ruangan kelas, papan tulis, dan memperbaiki posisi bangku dan meja.

Piket adalah salah satu sistem kerjasama yang diatur oleh sekolah kepada murid untuk belajar bertanggung jawab terhadap kebersihan kelas nya masing-masing. Jadi ketika sobat kosngosan sudah mendapatkan jadwal piket, lakukanlah dengan baik, jangan justru kabur atau tidak menyelesaikan tugas mu.


4. Latihan Ekskul


Terkadang kamu juga tidak bisa mendapatkan pengalaman dari pembelajaran teori dalam kelas saja. Ada saatnya kamu untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di luar kelas seperti ikut organisasi intra sekolah (OSIS) atau praja muda karana (PRAMUKA).

Nah di dalam organisasi ekstrakurikuler, ada berbagai macam kegiatan yang bisa kamu ikuti. Dan umumnya kegiatan tersebut dilakukan secara tim dan membutuhkan kerjasama yang solid antar anggota. Misalnya kegiatan perkemahan sabtu minggu bagi anggota Pramuka, atau kegiatan rapat OSIS.


5. Ikut Olimpiade


Olimpiade di sini bukan berarti Olimpiade olahraga yang diikuti oleh berbagai negara. Namun Olimpiade kali ini maksudnya adalah perlombaan akademik antar sekolah di bidang pelajaran tertentu. Mengikuti Olimpiade akademik berarti sobat kosngósan membutuhkan kerjasama tim

Karena biasanya dalam mengikuti Olimpiade, sekolah mengirimkan beberapa perwakilan untuk bertanding melawan sekolah lain. Disinilah pentingnya bekerja sama secara tim untuk berbagi pengetahuan kepada rekan, Sehingga nantinya kalian bisa mendapatkan pemahaman materi yang lebih mendalam


6. Ikut Turnamen Olahraga


Selain pertandingan di bidang akademik, kamu juga bisa mengikuti pertandingan dibidang olahraga dan mewakili sekolah untuk turnamen antar kabupaten atau provinsi, bahkan nasional. Sama seperti Olimpiade, sekolah juga biasanya mengirimkan perwakilannya dalam bentuk tim yang terdiri dari beberapa orang

Misalnya sobat kosngosan harus bisa bekerja sama dengan teman-temanmu satu tim yang berjumlah 7 orang untuk pertandingan Futsal Walikota Cup. Kalian juga harus melakukan latihan yang rutin secara bersama untuk mendapatkan tim yang solid


Contoh Kerjasama Keluarga


7. Mengikuti Arisan Keluarga


Dalam ruang lingkup keluarga, seringkali dilakukan yang namanya arisan atau kegiatan kumpul bersama yang melibatkan seluruh anggota keluarga besar, kemudian mengumpulkan uang secara teratur pada tiap periode tertentu. Setelah uang terkumpul maka salah satu dari anggota keluarga akan keluar sebagai pemenang.

Arisan keluarga selain tentunya dapat mempererat tali silaturahmi, juga menjadi kegiatan kerjasama setiap anggota keluarga didalamnya.


8. Membersihkan Kamar Bersama


Kamar sejatinya adalah tanggung jawab pemiliknya. Baik itu dalam ruang lingkup kebersihan, kenyamanan dan keamanan didalamnya. Namun ketika pemilik kamar terdiri dari beberapa anggota keluarga, maka sobat kosngośan bisa bekerja sama untuk membersihkan dan mendesain kamar senyaman mungkin. Dari kerjasama ini nantinya akan menjadikan hubungan saudara atau siblings kalian semakin kompak.


9. Membersihkan Halaman Bersama


Sama seperti kamar, halaman juga adalah bagian dari rumah yang harus dibersihkan secara berkala. Hanya saja bedanya halaman adalah tanggung jawab dari seluruh anggota keluarga di rumah. Sedangkan kamar adalah tanggung jawab dari pemiliknya masing-masing.

Kalian bisa melakukan kerjasama di dalam rumah untuk membersihkan halaman di luar, pada akhir pekan misalnya. Kegiatan ini sekaligus bisa menjadi quality time bagi orang tua dan anak yang pada hari normalnya sibuk dengan kegiatan masing-masing.


10. Mendekorasi Rumah


Selain membersihkan halaman rumah, setiap anggota keluarga juga bisa bekerjasama untuk mendesain interior dalam rumah. Misalnya dengan melakukan pengecatan dinding, memberikan aksesoris, memasang foto, furniture, atap, dan berbagai ornamen lain yang membuat kalian bekerjasama menghasilkan ruangan rumah yang ciamik.


11. Membantu Ayah Bekerja


Seorang anak juga bisa bekerjasama dengan ayah untuk bekerja dalam mencari uang. Misalnya ketika ayah menyelesai kan laporan kantor di rumah, maka kamu bisa membantunya dalam menghitung setiap pos pos pemasukan dan pengeluarannya.

Atau bagian kerjasama yang paling sederhana adalah ketika Ayah pulang kerja, sobat kośngosan bisa membantunya menyiapkan pakaian rumah, handuk untuk mandi dan memijatnya sebentar setelah mandi dan istirahat.


12. Membantu Ibu Memasak


Sama halnya dengan membantu ayah bekerja, sebagai seorang anak kita juga bisa bekerjasama dengan ibu untuk mempersiapkan makanan di dapur. Tentunya ini ini cenderung kepada anak perempuan.

Selain kamu bisa quality time bersama ibu, kamu juga bisa mengasah skill memasak mu, yang nantinya akan berguna ketika kamu berumah tangga. Mulailah untuk belajar seperti mengenali bumbu masakan, memotong sayuran, bawang, mempersiapkan peralatan memasak, dan lain lainnya.


Contoh Kerjasama Masyarakat


13. Gotong Royong Lingkungan


Salah satu ciri dari masyarakat yang aktif adalah terlaksananya kegiatan gotong royong secara rutin yang dilakukan pada akhir pekan, ketika banyak anggota masyarakat libur beraktifitas. Sebagai anggota masyarakat yang aktif, kamu harus bisa bekerjasama dengan tetangga untuk membersihkan halaman disekitar, saluran air atau drainase, membersihkan rumah ibadah, dan berbagai kegiatan sosial lainnya


14. Mengikuti Ronda Malam


Ronda malam merupakan salah satu kegiatan dari sistem keamanan lingkungan mana setiap perwakilan keluarga Itu diwajibkan untuk mengikuti dan mengadakan patroli setiap malamnya, mengelilingi kompleks atau daerah tempat tinggal.

Hal ini sobat kosngosan bisa lakukan untuk meminimalisir atau mengurangi terjadinya tindak kriminal pada malam hari di mana orang-orang beristirahat dan tidur. Ronda malam menjadi kegiatan kerjasama antar tim, yang biasanya sudah ditentukan dengan sistem piket.


15. Ikut Musyawarah Lingkungan


Salah satu bentuk kerjasama demokratis antar anggota masyarakat adalah dengan mengikuti musyawarah lingkungan untuk memutuskan apa-apa saja yang penting terkait dengan kebijakan di lingkungan daerah tinggal kita.

Musyawarah sebagai salah satu norma masyarakat yang harus dijaga, dilakukan untuk mengambil setiap persetujuan mayoritas masyarakat terhadap suatu kan kebijakan yang membutuhkan perhatian besar, misalnya pemilihan kepala lingkungan, pembangunan rumah ibadah, balai desa, jembatan, aspalisasi jalan, dll.


16. Mengumpulkan Bantuan untuk Tetangga


Sebagai makhluk sosial tentunya kamu harus peka terhadap kondisi sekitar. Salah satunya adalah dengan membantu tetangga ketika mereka membutuhkan. Kamu bisa bekerja sama dengan masyarakat untuk mengumpulkan bantuan dana, dan memberikannya kepada mereka yang membutuhkan.

Misalnya ketika tetangga mengalami musibah salah satu keluarganya meninggal, maka kegiatan pengumpulan bantuan ini, bisa kamu lakukan di grup WhatsApp atau Telegram. Jadi setelah mendatangi keluarga tersebut, bantuan sudah bisa terkumpul dengan cepat dan segera diberikan kepada pihak yang berhak


17. Pemilihan Kepala Lingkungan


Sebagai salah satu negara yang paling demokratis di dunia, Indonesia tidak hanya melakukan pemilihan kepala negara, kepala daerah dan wakil rakyat. Akan tetapi dalam ruang lingkup yang lebih kecil, masyarakat juga harus melakukan kerjasama untuk memilih kepala lingkungan semisal ketua RT dan RW.

Bekerja sama untuk memilih pemimpin yang amanah tentunya akan memberikan peluang kepada semua orang yang benar benar berintegritas dan mampu menjalankan tugas. bentuk kerjasama pemilihan ini akan mengurangi praktek kecurangan pemilihan kepala lingkungan secara sepihak.


18. Menghadiri Pesta Pernikahan


Nah dalam kehidupan sosial ada kalanya sobat kosngosan diundang untuk menghadiri berbagai event, seperti misalnya pesta pernikahan dari tetangga. Tentu saja kamu harus menghadirinya dan memberikan kado sebagai bentuk penghargaan kepada pihak yang telah mengundang mu. Menghadiri pesta pernikahan bisa menjadi momen yang tepat untuk bersosialisasi dengan anggota masyarakat lain.

Baca juga : Contoh Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial Masyarakat


Kata Penutup


Bekerja sama dengan orang lain membuat pekerjaan terasa lebih mudah. Kita sebagai makhluk sosial tentunya selalu membutuhkan interaksi dengan pihak lain, sekali pun sobat bersifat introvert, tetap membutuhkan dukungan dari orang-orang disekitarmu dalam menjalani kehidupan.

Semoga materi mengenai contoh kerjasama diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat kalian dalam terus menjalin hubungan positif dengan pihak lain. Silakan tekan tombol share di bawah untuk membagikan materi ini ke sosial media milik kalian masing-masing, terimakasih banyak telah berkunjung di kosngosan ya!
By