Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Contoh Manfaat Penelitian Karya Tulis Ilmiah

Apa saja contoh manfaat penelitian? Manfaat penelitian adalah suatu hasil positif yang didapatkan dari tercapainya suatu penelitian dalam karya tulis ilmiah. Ketika kamu melakukan penelitian untuk menyelesaikan tugas akhir mu berupa karya tulis ilmiah, baik itu skripsi, tesis atau disertasi, kamu wajib untuk menyertakan subbab ini pada bagian pendahuluan.

Dalam manfaat penelitian atau tujuan penelitian, peneliti harus menjabarkan secara detail mengenai manfaat dan Apa saja hasil positif yang sobat kosngosan dapatkan setelah nantinya penelitian tersebut berakhir.

Seperti misalnya dari aspek keilmuan apakah data atau informasi yang didapatkan dari hasil penelitian tersebut akan memiliki kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan selanjutnya

Atau jenis manfaat lain seperti yang berbentuk aplikatif, yaitu langsung bisa diterapkan sebagai solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada masyarakat saat ini. Manfaat ini bisa langsung diterapkan untuk kepentingan masyarakat umum dan memiliki nilai ekonomis

Walaupun demikian, manfaat penelitian atau tujuan penelitian menjadi bagian yang paling penting dalam suatu penelitian khususnya pada skripsi, disertasi atau tesis. 

Dengan adanya bagian manfaat penelitian maka pembaca akan mengetahui apa saja yang bisa diperoleh dari penelitian yang yang telah dilakukan oleh peneliti


Contoh Manfaat Penelitian atau Tujuan Penelitian

Contoh Manfaat Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi

I.4. Manfaat Penelitian


Manfaat dari penelitian dari skripsi ini adalah :

1. Bisa digunakan untuk pertimbangan terhadap Bank Muamalat Indonesia (BMI) untuk memecahkan problem yang berhubungan terhadap simpanan masyarakat

2. Sebagai syarat dalam memperoleh gelar S-1 pada Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia

3. Sebagai referensi menambah ilmu pengetahuan dan jadi bahan bagi penelitian yang akan datang

(Diambil dari skripsi yang berjudul "Pengaruh imbalan bagi hasil, jumlah kantor cabang dan suku bunga terhadap simpanan masyarakat pada bank muamalat indonesia periode tahun 2001.1–2006.4")


Contoh Tujuan Penelitian


1.4. Tujuan Penelitian

Dari tujuan penelitian yang ditetapkan, manfaat yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Bagi Akademis, pembahasan ilmiah perencanaan pajak ini diharapkan dapat memberi kesempatan untuk mengadakan pengkajian dan pembahasan terhadap ilmu-ilmu yang diterima dalam perkuliahan denngan kenyataan yang sebenarnya terjadi dalam perusahaan, sehingga dapat dikembangkan pada penelitian yang
lebih lanjut.

2. Bagi Masyarakat Wajib Pajak, pembahasan perencanaan pajak ini diharapkan dapat memberikan acuan pelaksanaan yang baik dan benar, seiring dengan legalitas Undang-undnag perpajakan.

3. Bagi Fiskus, pembahasan perencanaan pajak ini diharapkan memberi kemudahan dalam melakukan pemeriksaan perencanaan pajak yang dibuat oleh wajib pajak, karena telah disusun sesuai dengan Undangundang Perpajakan

(Diambil Dari Skripsi Yang Berjudul "Implementasi Tax Planning Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Pada Pt Bank Sulsel" Oleh Andi Ampa)


Contoh Manfaat Penelitian tentang Pajak


1.3. Kegunaan Penelitian

Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Bagi Peneliti, dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan dan wawasan peneliti tentang Pajak penerangan Jalan, dalam hal ini mengetahui potensi penerimaan dan efektivitas dari Pajak Penerangan Jalan.

2. Bagi Masyarakat, diharapkan dapat memberi informasi tentang Pajak Penerangan Jalan yang ada di Kabupaten Garut.

3. Bagi Pembuat Kebijakan, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam membuat kebijakan terutama untuk meningkatkan penerimaan daerah terutama melalui pengembangan potensi Pajak Penerang Jalan.

4. Bagi Ilmu Pengetahuan, diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar acuan bagi pengembangan ilmu pengetahuan di waktu yang akan
datang.

5. Sebagai bahan perbandingan dari penelitian yang telah ada, serta bahan masukan dan rujukan bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sejenis

(Mimin kośngosan mengambil Dari Skripsi Yang Berjudul : Analisis Potensi Penerimaan Dan Efektivitas Pajak Penerangan Jalan Di Kabupaten Garut" Oleh Indra Riady)


Contoh Manfaat Penelitian Sawit 


1.4. Manfaat Penelitian

1. Memahami proses pengembangan Website Informasi Sawit Pedia sehingga menjadi sumber referensi bagi penelitian selanjutnya dengan topik yang sama

2. Memahami respon atau tanggapan pengguna terhadap desain dan kemudahan penggunaan Website Informasi Sawit Pedia.

(Mimin kosngosan mengambil Dari Skripsi Berjudul : Pengembangan Website Informasi Kelapa Sawit Pedia Dan Persepsi User Terhadap Desain Dan Kemudahan Penggunaannya" Oleh Muhammad Reza Harahap)


Contoh Manfaat Penelitian Keuangan


1.4. Manfaat Penelitian

Adanya latar belakang yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka permasalahan dan tujuan yang dicapai dalam penelitian ini, yaitu manfaat yang bisa diambil yaitu sebagai berikut :

1. Bagi Investor, dengan melakukan penelitian mengenai faktor terhadap Price Earning Ratio maka  diharapkan dari hasil penelitian ini yaitu hasil analisisnya diharapkan bisa dipakai sebagai masukan bagi investor dan para pelaku pasar modal melakukan penilaian dalam sebuah saham erat dengan pengambilan keputusan dalam melakukan penempatan modal serta investasi di perusahaan di BEJ

2. Bagi manajer keuangan, bisa menambah wawasan tentang manajemen keuangan khususnya bagi perusahaan, bahwa investor akan melihat segala macam informasi yang ada dan dapat digali untuk menetapkan keputusan investasi. Untuk itu manajer kuangan dapat menentukan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi Stockholder dan keuntungan perusahaan.

3. Bagi para akademisi, bisa memberikan sumber literasi yang membantu dalam perkembangan ilmu akuntansi serta menambah wawasan tentang analisis saham.

(Mimin kosngosan mengambil Dari Skripsi Yang Berjudul "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Saham-Saham Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta" Oleh Abdul Kholid)


Contoh Manfaat Penelitian Kesehatan


1.5 Manfaat Penelitian

1.5.1. Untuk Peneliti

Memberikan pengalaman di lapangan bagi penulis yang merupakan penerapan dari teori-teori yang diperoleh selama mengikuti kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat UNNES, serta sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peneliti untuk melakukan penelitian dan penulisan ilmiah

1.5.2 Untuk Fakultas

Menambah bahan untuk kepustakaan dan menambah informasi mengenai kejadian kadar hemoglobin.

1.5.3 Untuk Para Guru dan Siswi SMP

Menambah pengetahuan mengenai kejadian kadar hemoglobin pada anak sekolah dan pentingnya menjaga agar kadar hemoglobin tetap normal sehingga prestasi belajar tidak menurun.

1.5.4 Untuk Mahasiswa

Menambah pengetahuan dan informasi mengenai kadar hemoglobin pada anak sekolah

(Mimin kosngosan mengambil Dari Skripsi Yang Berjudul "Hubungan Antara Kadar Hemoglobin Dengan Prestasi Belajar Siswi Smp Negeri 25 Semarang Oleh : Annisa Shinta Wijayanti)


Contoh Manfaat Penelitian Pendidikan


6. Manfaat Penelitian

Dalam penelitian ini diharapkan dapat membawa manfaat yang baik bagi peneliti, pihak STAIN Jember, praktisi, pengelolanpendidikan dan masyarakat pada umumnya. Adapun manfaatnpenelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Bagi Peneliti

1. Sebagai penambah khasanah ilmu pengetahuan tentang pendidikan Islam yang mengacu kepada realitas empiris
2. Sebagai modal dasar penelitian pendidikan pada tataran lebih lanjut.

2. Bagi Lembaga STAIN

1. Untuk Barometer interdisipliner keilmuan dan kualitas mahasiswa dalam bidang pendidikan
2. Untuk menambah perbendaharaan kepustakaan Tarbiyah
3. Bagi Pakar Pendidikan, penelitian ini bermanfaat untuk sumber perumusan konsep atau format pendidikan yang mengacu pada realitas yang berkembang di tengah masyarakat

3. Bagi Pengelola Pendidikan

1. Terciptanya pola pendidikan yang sesuai dengan agama Islam
2. Sebagai bahan masukan dalam merumuskan konsep atau format pendidikan yang memahami realitas, sosio-kultur di tengah pendidikan.

4. Bagi Masyarakat

1. Menciptakan tatanan masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan Islam
2. Bermanfaat bagi lapisan masyarakat sebagai wawasan pengetahuan pendidikan yang memanusiakan manusia
3. Sebagai interaksi yang sehat antara masyarakat mayoritas dan minoritas dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara

(Mimin kosngosán mengambil Dari Skripsi Yang Berjudul "Pendidikan Pondok Pesantren Tradisonal Dalam Persepktif Pendidikan Islam Indonesia Oleh : Sujari)


Contoh Manfaat Penelitian Pendidikan


E. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi:

1. Bagi pihak Guru

a. Sebagai masukan dalam melaksanakan pembelajaran secara variatif guna memaksimalkan kemampuan peserta didik.
b. Meningkatkan suasana aktif, kreatif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran di kelas.

2. Bagi pihak Siswa

a. Bisa meningkatkan penguasaan kosakatanya.
b. Bisa meningkatkan keaktifan dalam belajar, sehingga lebih kreatif dan lebih menguasai kosakata bahasa Indonesia dalam pembelajaran.

3. Bagi pihak Penulis

a. Bisa menambah pengetahuan dan pengalaman sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di masa yang akan datang.
b. Bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama pendidikan.

4. Bagi pihak Sekolah

a. Memberikan masukan kepada sekolah mengenai perlunya meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan permaianan teka-teki bergambar dalam pembelajaran di kelas rendah.
b. Menjawab permasalahan yang dihadapi di sekolah khususnya peningkatan proses pembelajaran bahasa Indonesia yang bisa dikembangkan dengan permaianan teka-teki bergambar sebagai upaya menunjang peningkatan hasil belajar.

(Mimin kosngosan mengambil dari skripsi yang berjudul : Peningkatan Proses Pembelajaran Kosakata Dengan Permainan Teka-Teki Bergambar Siswa Kelas I Sdn 01 Ulak Karang Selatan Padang Oleh : Rangga Sudarma)

Contoh Manfaat dan Tujuan Penelitian Lainnya


contoh tujuan penelitian

Contoh 2

contoh tujuan penelitian

Contoh 3

contoh tujuan penelitian



Cara Membuat Manfaat atau Tujuan Penelitian


Sebelum lanjut ke pada bagian contoh kita akan membahas terlebih dahulu mengenai bagaimana cara membuat bagian manfaat penelitian yang baik dan benar sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada :


Mengidentifikasi masalah

Peneliti hendaklah mengidentifikasi masalah yang akan diteliti, kemudian menganalisis berdasarkan wawasan dan kemampuan berpikir mengenai penerapan teori yang telah didapat dari mata kuliah yang telah diterima kedalam penelitian


Menggambarkan sistem penilaian

Manfaat penelitian adalah bagian awal yang harus ditetapkan oleh peneliti. Sehingga harus bisa digunakan untuk menggambarkan sistem penilaian penelitian dan juga sebagai sarana diagnosis dalam mencari sebab masalah atau kegagalan yang terjadi di dalam penelitian


Pahami tujuan pembuatannya

Dengan demikian, manfaat penelitian akan memudahkan pencarian alternatif pemecahan masalah, dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyusun strategi pengembangan terhadap hasil penelitian yang didapat


Menentukan target manfaat penelitian

Biasanya manfaat penelitian (termasuk manfaat praktis) tidak hanya untuk satu target saja, akan tetapi bisa bermanfaat untuk lebih dari satu pihak, misalnya manfaat penelitian yang didapat untuk siswa, untuk dosen, untuk kampus, pemerintahan, masyarakat dan sebagainya. 

Jadi kamu bisa menentukan berbagai target pihak yang nantinya akan memperoleh manfaat dari penelitian sobat kosngośan tersebut


Video Cara Menulis Manfaat Penelitian


Teman teman juga bisa menonton video penjelasan tentang bagaimana cara menulis manfaat penelitian yang baik dan benar, dengan menonton video penjelasan dibawah ini, tinggal klik tombol play dan tonton video yang sudah mimin embed dari channel youtube milik kosngosan. Happy watching!



Baca juga : Contoh Abstrak Karya Tulis Ilmiah


Kata Penutup


Penelitian merupakan sub bab yang ada pada bagian pendahuluan pada suatu karya tulis ilmiah yang wajib dibuat untuk melengkapi informasi terkait tujuan 

Hal penting apa saja yang akan pembaca dapatkan ketika sudah menyelesaikan penelitian tersebut. Oleh karena itu sobat kosngosan perlu untuk menulis manfaat penelitian dengan baik dan benar

Semoga beberapa contoh dan tips membuat manfaat penelitian diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat teman-teman yang hendak menyusun skripsi, tesis atau disertasi. Apabila kalian merasa bermanfaat silahkan bagikan ke teman teman yang ada di media sosial lainnya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya