Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Abstrak Skripsi pdf Berbagai Jurusan Lengkap

Bagaimana cara membuat abstract karya tulis ilmiah yang berkualitas? Sebagai salah satu bagian dari skripsi, abstrak wajib dibuat oleh penulis untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi dari keseluruhan penelitian. Bagian ini membutuhkan penulisan yang terstruktur dan harus dibuat dengan memperhatikan kaidah yang berlaku.

Abstrak sebenarnya hampir sama dengan ringkasan atau ikhtisar dari keseluruhan karya tulis ilmiah, dalam hal ini skripsi yang memiliki fungsi untuk mempermudah pembaca dalam memahami maksud penulisan dari karya tulis yang bersangkutan.

Untuk sistematika penulisan abstrak sendiri berbeda-beda sesuai dengan peraturan dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Ada yang mewajibkan penggunaan abstrak dalam bahasa Inggris ada juga yang menggunakan abstrak dalam bahasa Indonesia, dan ada juga keduanya

Apabila sobat kosngósan ingin mengetahui ciri-ciri dan karakteristik abstrak yang dimaksud bisa dilihat dibawah ini :

1. Memiliki paragraf utuh yang menjadi satu kesatuan dan berdiri sendiri
2. Mengikuti kronologis dari penelitian mulai dari awal hingga hasil
3. Memiliki transisi antara Informasi yang disampaikan oleh penulis
4. Isinya adalah ringkasan laporan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya tidak menambah data yang baru
5. Mewakili keseluruhan isi dan mudah dipahami pembaca
6. Untuk penulisan abstrak sendiri sobat kosngosan tidak bisa menulis sembarangan karena memang apabila ditulis secara serampangan maka pembaca akan mendapatkan pemahaman yang tidak utuh.

Oleh karena itu kamu perlu mengetahui beberapa tips penulisan abstrak yang baik dan benar sebelum mimin kosngosan memberikan contohnya kepada kalian.


Baca juga : Contoh Pembuatan Body Note Skripsi yang Baik dan Benar


Format penulisan abstrak


contoh abstrak skripsi

Dalam teknik penulisan abstrak dibutuhkan beberapa apa perhatian yang harus diterapkan, sebagai berikut :

Jumlah kata

Abstrak dibatasi jumlah katanya hanya sekitar 150 sampai 200 kata tergantung dari peraturan perguruan tinggi terkait. Jadi ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada dosen mengenai peraturan jumlah kata dalam abstrak ini

Struktur paragraf

Abstrak tidak ditulis dengan satu paragraf utuh seperti potongan artikel, akan tetapi abstrak ditulis dalam beberapa paragraf utuh yang memberikan penjelasan mengenai isi penelitian secara singkat jelas dan mudah dimengerti.

Untuk teknik penulisan menggunakan jarak spasi 1 dengan kalimat pertama agak mendalam, jam menggunakan font 12 dan Times New Roman serta beberapa peraturan lain yang mungkin berbeda antar perguruan tinggi

Isi Abstrak

Pada bagian atas, paling atas bisa ditulis judul penelitian, informasi penulis seperti nama penulis, nim, nama dosen pembimbing, dan alamat email, kemudian dibawahnya ditulis judul berupa "Abstrak"

Dalam paragraf pertama berisi isi pembahasan dan terhadap identifikasi masalah penelitian, dan juga memberitahu mengenai judul dan rumusan masalah penelitian

Paragraf selanjutnya memberikan gambaran secara jelas mengenai penelitian proses dalam menjawab rumusan masalah, penjabaran metode penelitian dan teknik pengumpulan data

Paragraf selanjutnya membahas mengenai hasil penelitian dan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh penulis

Terakhir sobat kósngosan akan menjelaskan beberapa saran dalam pengembangan penelitian selanjutnya, bila ada mahasiswa akhir yang berniat untuk. Meneruskan penelitian tersebut

Kata kunci, memberikan beberapa kata kunci (keywords) yang berhubungan dengan penelitian dan istilah sering dipakai dalam skripsi tersebut. Jumlah maksimalnya tergantung dari peraturan perguruan tinggi, antara 3 sampai 5 kata kunci

Video Panduan Pembuatan Abstrak karya tulis ilmiah yang baik dan benar bisa kamu tonton dibawah ini, tinggal click tombol play dan kamu bisa menonton video yang sudah mimin upload di channel youtube kosngosan, semoga membantu ya




Contoh abstrak skripsi bahasa inggris


ABSTRACT

Bioethanol can be produced from lignocellulosic waste through waste breakdown by cellulase enzymes into simple sugars followed by fermentation. This second generation bioethanol technology (G-II) is able to increase the valueadded waste. In addition, cellulase-producing microbes can be used to speed up the composting process. The purpose of this study was to obtain cellulolytic bacterial isolates potential to accelerate the decomposition process of waste rice straw lignocellulose.

In this study, isolates derived from rice straw and bamboo ground was isolated and purified, and the capability of isolates to degade cellulose was tested using the medium of Cellulose Congo Red Agar (CCRA). Enzyme activity in degading cellulose was tested with dinitrosalycilic acid (DNS). A total of 1.5 kg of rice straw was incubated with 5% inoculant. Various isolates applied were isolate DDH92, isolate JP72, and sterile water as a control with the incubation time of 10, 20, and 30 days. The analyses included levels of cellulose and C/N ratio in the incubation time of 30 days.

The results showed that cellulolytic bacterial isolates DDH92 of Actinomycetes goup was capable of producing highest cellulase activity of 50.675 x10-3 Units/mL Utilization of these bacteria to speed up the composting of rice straw to successfully accelerate the decline in C/N ratio to be 19.38 for 30 days, faster than the result of research before that takes up to 6 weeks.

Keywords : cellulolytic bacteria, cellulase enzymes, actinomycetes bacteria, bioethanol G-II, composting waste.


Contoh abstrak skripsi manajemen


ABTRAK

Sukses tidaknya suatu perusahaan tergantung dari sumber daya yang dimiliki perusahaan tersebut. Berbagai upaya dilakukan oleh suatu perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain salah satunya adalah menciptakan kepuasan kerja karyawan. Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan kerja belum optimal dikarenakan praktek dilapangan kurangnya komunikasi dan interaksi antara pemimpin dan bawahan serta lingkungan baik fisik maupun non fisik yang kurang mendukung proses bekerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan AJB Syariah Kosngosan Cirebon.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Syariah Bumiputera Cirebon yang berjumlah 55 orang. Oleh karena populasi kurang dari 100, maka sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 55 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi pustaka, dan kuisioner.

Sebelum melakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan ujicoba instrumen untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data tersebut ditransformasikan dan di uji normalitas agar dapat diketahui apakah data berdistribusi normal. Setelah itu bisa dilakukan uji regresi ganda, uji t, dan uji F serta koefisien determinasi.

Dari hasil uji regresi diketahui besarnya pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 48% dengan nilai Fhitung = 23,960 > Ftabel = 3,175 dengan signifikasi 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja karyawan AJB Syariah Bumiputera Cirebon. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja


Contoh abstrak skripsi ekonomi bisnis


ABSTRAK

Tujuan dalam Research ini adalah menganalisis potensi penerimaan Pajak Penerangan Jalan dan efektivitas Pajak Penerangan Jalan di Kabupaten Kosngòsan selama tahun 2005 hingga tahun 2009. Selain itu, dilakukan pula perhitungan daya pajak (tax effort). Untuk mengetahui potensi penerimaan dan efektivitas dibutuhkan suatu data Research yang menggunakan runtut waktu (time series). Research dengan menggunakan runtun waktu akan membantu melihat bagaimana kinerja dari penerimaan Pajak Penerangan Jalan.

Model analisis yang digunakan yaitu analisis perhitungan potensi penerimaan yang didasarkan pada basis pajak dan tarif pajak Pajak Penerangan Jalan kemudian perhitungan efektivitas Pajak Penerangan Jalan yang didasarkan pada realisasi penerimaan dan potensi penerimaan Pajak Penerangan Jalan, untuk daya pajak (Tax Effort) perhitungannya didasarkan pada realisasi penerimaan Pajak Penerangan Jalan dan Produk Domestik Regional Bruto di Kabupaten Kosngosan.

Hasil perhitungan potensi penerimaan Pajak Penerangan Jalan menunjukkan bahwa potensi Pajak Penerangan Jalan di Kabupaten Kosngosan belum tercapai secara optimal. Golongan Rumah Tangga memiliki potensi penerimaan Pajak Penerangan Jalan paling besar. Efektivitas Pajak Penerangan Jalan menunjukkan bahwa pemungutan dan pengelolaan Pajak Penerangan Jalan belum efektif. Daya Pajak (Tax Effort) menunjukkan masih rendahnya daya pajak, artinya kemampuan masyarakat dalam membayar pajak di Kabupaten Kosngosan masih rendah.

Kata kunci: Realisasi penerimaan Pajak Penerangan Jalan, Potensi penerimaan, efektivitas, daya pajak (tax effort)


Contoh abstrak skripsi teknik informatika


ABSTRAK

Mata merupakan salah satu panca indera manusia yang sangat penting, jadi kesehatan mata perlu dijaga dalam kehidupan sehari-hari. Upaya penyembuhan penyakit mata di tanah air terkendala minimnya jumlah dokter dan sistem pengobatan yang kurang terorganisasi. Saat ini satu dokter mata harus merawat sekitar 250.000 penderita penyakit mata. Permasalahan kekurangan tenaga dokter mata terjadi juga di Kabupaten Sikka. Kurangnya sarana dan prasarana medis serta jauhnya tempat pelayanan kesehatan menyebabkan masyarakat harus megeluarkan dana lebih untuk memeriksakan kesehatannya. Hal ini tentu akan membebani sebagian masyarakat yang memiliki latar belakang perekonomian yang rendah.

Berdasarakan masalah diatas, penulis mengembangkan sebuah sistem pakar berbasis SMS Gateway yang bisa membantu masyarakat untuk mendiagnosa penyakit mata sehingga masyarakat dapat mengambil langkah cepat untuk menanggulangi penyakit tersebut. Untuk menangani masalah kekaburan data sistem ini menggunakan logika fuzzy. Berdasarakan hasil pengujian yang dilakukan terhadap 30 orang pasien atau masyarakat yang sedang mengalami penyakit mata maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini bisa memberikan kontribusi, baik bagi pasien maupun dokter untuk melakukan diagnosa penyakit.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Logika Fuzzy, Penyakit Mata, SMS Gateway


Contoh abstrak skripsi bahasa indonesia


ABSTRAK

Kata kunci: cerita anak, keterampilan menyimak cerita anak, media animasi audio visual.

Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sebelum menguasai keterampilan lainnya. Menyimak cerita anak yang merupakan salah satu karya sastra, bisa melatih siswa mempertajam perasaan, penalaran, daya khayal, serta kepekaan terhadap masyarakat, budaya, dan lingkungan hidup. Oleh karena itu, keterampilan menyimak cerita anak perlu ditingkatkan. Penerapan dan penggunaan media dalam pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Berdasarkan observasi awal, keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas VI SDI I Kòsngosan Islam Pekalongan masih kurang dan belum mencapai nilai standar yang ditetapkan oleh sekolah tersebut.

Berdasarkan paparan di atas, Research ini mengangkat permasalahan seberapa besar peningkatan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual dan bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VI SDI I Ma’had Islam Pekalongan setelah dilakukan pembelajaran menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual.

Tujuan Research ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VI SDI I Ma’had Islam Pekalongan setelah dilakukan pembelajaran menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual.

Manfaat Research ini adalah memberikan masukan bagi pengembangan teori pembelajaran menyimak pada umumnya dan khususnya pembelajaran keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual. Bagi guru, Research ini memberikan masukan untuk menggunakan media yang tepat dan variatif bagi pembelajaran menyimak. Bagi siswa, Research ini bisa membantu siswa dalam mengatasi kesulitan pembelajaran menyimak cerita anak dan memotivasi siswa untuk belajar. Sedangkan bagi sekolah, Research ini sebagai referensi tentang pentingnya media pembelajaran. Bagi peneliti, Research ini bisa dijadikan sebagai bahan masukan bagi Research lanjutan yang berhubungan dengan keaktifan siswa dan jika kelak menjadi seorang pengajar supaya bisa menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik bagi siswa.

Research ini menggunakan desain Research tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek Research ini adalah keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas VI SDI I Ma’had Isalam Pekalongan. Variabel dalam Research ini yaitu keterampilan menyimak cerita anak dan penggunaan media animasi


Contoh abstrak skripsi bahasa perancis


EXTRAIT

Cette recherche a pour but de : 1) idéntifier les types du langage argotique utilisée par les jeunes français dans le groupe Rencontre Facebook ; 2) décrire la fonction de l’utilisation du langage argotique pour les jeunes français dans le group Rencontre Facebook.

Le sujet de la recherche est des mots, des groupes de mots, et des phrases dans l’accueil du groupe Rencontre Facebook téléchargés de février 2015 à juillet 2015, tandis que l’objet de la recherche est la variation du langage argotique dans le groupe Rencontre Facebook. Les données de la recherche se repartirent par la méthode de la lecture attentive (SBLC), la technique de note, et la technique d’enregistrement. L’analyse des données s’effectue à travers de la méthode d’identification référentielle. Ensuite, ces méthodes se poursuivent par la technique de la base de segmentation immédiate (PUP) et la technique de la comparaison de l’élément essentiel (HBS). La fonction de l’utilisation du langage argotique est analysée selon le contexte en employant des composants SPEAKING. La validité des données est obtenue grâce à la validité sémantique, la fiabilité de précision, et le procédé d’intrarater.

Les résultats de la recherche montrent que: 1) il existe trois variations du langage argotique utilisées par les jeunes français dans le group de Rencontre Facebook, telles que l’argot, le verlan, et les mots grossiers. L’argot dans cette recherche elle-même, est divisée en cinq, à savoir : a) la troncation, b) la siglaison, c) l’emprunt, d) la prononciation, et e) la création pure. La variation de l’argot qui est couramment utilisée est l’argot en forme de la siglaison. Cette siglaison vise à aider la communication efficace entre le locuteur et l’interlocuteur en facilitant l’écriture courte dans la conversation sans perdre le sens majeur des mots utilisés. La formation de siglaison est que ce ne sont que les jeunes français qui la comprennent ; 2) il existe huit fonctions de l’utilisation du langage argotique dans le groupe de Rencontre Facebook. Ce sont a) la fonction expressive, b) la fonction conative, c) la fonction référentielle, d) la fonction phatique, e) la fonction poétique, f) la fonction interactionnelle, g) la fonction heuristique, et h) la fonction imaginative. La fonction la plus courante dans ce groupe est la fonction expressive montrée par des paroles qui indiquent des sentiments directes du locuteur envers le thème discuté dans le groupe. Des expressions transmises sont liées aux émotions du locuteur, telles que la colère, la joie, la tristesse, et la déception.


Contoh abstrak skripsi hukum


ABSTRAK

Research ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Putusan Hakim Pengadilan Negeri Surakarta terhadap Tindak Pidana Korupsi dan mengetahui kesesuaian pemidanaan yang dijatuhkan oleh hakim dengan UU Nomor 31 Tahun 1999 jo UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Research ini termasuk jenis Research hukum normatif yang bersifat preskriptif, karena Research ini adalah suatu Research ilmiah untuk menemukan kebenaran berdasarkan logika keilmuan dari sisi hukum. Research ini menggunakan pendekatan peraturan perundang undangan dan pendekatan kasus. Jenis bahan hukum yang penulis gunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder.

Berdasarkan Research ini diperoleh hasil bahwa terdakwa I dan terdakwa II terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan bersama-sama dan berlanjut. Masing-masing terdakwa dijatuhi pidana penjara selama 5 (lima) tahun. Pidana yang dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surakarta pada dasarnya telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Putusan hanya menjatuhkan pidana minimal yang tercantum dalam Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Hakim Pengadilan Negeri Surakarta sudah memandang urgensi pada Pasal 183 dan 184 KUHAP.

Hasil Research ini diharapkan memberi dasar dan landasan untuk Research lebih lanjut serta memberikan sumbangan pengetahuan dan pemikiran yang bermanfaat bagi pembangunan ilmu hukum khususnya Hukum Acara Pidana dan mempraktikkannya di lapangan. Manfaat praktisnya adalah dapat memberikan data dan informasi mengenai putusan hakim Pengadilan Negeri Surakarta. Hasil Research ini pun dapat menjadikan referensi dalam penjatuhan sanksi sesuai dengan aturannya dan demi tegaknya hukum Indonesia serta memberantas tindak pidana korupsi di berbagai kalangan.

Kata kunci : pidana minimal, korupsi

Baca juga : Revitalisasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change


Kesimpulan


Menulis abstrak membutuhkan teknik dan sistematika penulisan yang jelas, sehingga isinya dapat mudah dipahami oleh pembaca dan bisa sebagai representasi dari penelitian skripsi secara keseluruhan.

Semoga dengan membaca tips dan contoh abstrak skripsi di atas dapat menjadi referensi bagi kalian yang akan menyusun skripsi tahun ini. Jangan lupa untuk tekan tombol share dan bagikan artikel ini di media sosial teman-teman sekalian, terimakasih banyak.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya