Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Negosiasi Kenaikan Gaji Lewat Email

Bagaimana cara negosiasi gaji kepada perusahaan lewat email? Masalah gaji memang menjadi salah satu hal yang krusial apabila dibahas. Besar kecilnya gaji tergantung dari banyak faktor seperti jabatan fungsional / struktural, keahlian kerja, produktifitas dan juga jenis perusahaan dimana kamu bekerja. 

Bagi karyawan baik itu yang berstatus sebagai fresh graduate atau berpengalaman sering sekali bingung untuk berdialog atau menentukan percakapan yang tepat ketika berbicara mengenai gaji kepada atasan.

Dan pada kesempatan kali ini kosngosan akan mencoba membahas beberapa contoh dialog negosiasi seputar gaji yang baik dan benar supaya kamu berhasil untuk memperbaiki penghasilan mu dari perusahaan tersebut. Penasaran? mari kita simak ulasannya dibawah ini

Salah nego gaji berakibat kamu dinilai tidak konsisten dalam perjanjian kontrak kerja. Selain itu ketika kamu melakukan kesalahan dalam bernegosiasi seputar upah kerja, kamu akan dinilai sebagai karyawan yang lebih mementingkan hak ketimbang kewajiban. Jadinya serba salah dong? Tentu tidak

Oleh karena itu penting untuk mempelajari beberapa tips sederhana Bagaimana cara menegosiasi kan gajimu kepada pihak atasan. Kamu harus menjelaskan berbagai faktor yang memiliki urgensi seperti kebutuhan hidup, beban kerja yang semakin tinggi, jumlah tanggungan dan juga kredibilitas perusahaan yang semakin meningkat.

Kamu harus mengetahui seberapa besar daya tawar yang kamu miliki, seperti apakah kamu mendapatkan pengalaman dan keahlian yang lebih dibanding dengan karyawan yang lain? Apakah kamu lebih produktif dan loyal kepada perusahaan yang dibuktikan dengan absensi serta intensitas lembur yang lebih daripada karyawan lain? dan sebagainya


Cara Negosiasi Gaji Langsung Diterima

cara negosiasi gaji email perusahaan

Bagaimana cara membicarakan gaji dengan perusahaan secara langsung? Ketika kamu bertemu dengan pihak HRD atau divisi yang menang gaji karyawan, ini lebih baik untuk membicarakannya secara langsung dalam ruangan yang lebih privasi, sehingga pembicaraan lebih detail tanpa gangguan. 

Ikuti beberapa tips ini :

Baca juga : Cara Negosiasi Gaji Secara Langsung


Datangi atasan di ruang yang telah dijanjikan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan langsung menemui atasan di ruang kerjanya dan mengemukakan alasanmu untuk berbicara yaitu untuk bernegosiasi masalah gaji. 

Tentu ini sangat tidak sopan dan kamu akan dinilai sebagai karyawan yang tidak tahu aturan. Jadi buat janji bertemu terlebih dahulu kepada atasan


Awali dengan terimakasih dan kalimat pembuka

Jangan langsung to the point karena ini adalah masalah yang sangat sensitif untuk dibahas. Jadi alangkah baiknya kamu untuk mengucapkan terima kasih terlebih dahulu dan memperkenalkan dirimu secara umum dari divisi mana dan berapa lama kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut


Pilih kalimat sederhana

Buatlah suatu pernyataan yang mudah dimengerti mengenai apa alasanmu untuk mengajukan kenaikan gaji. Tentu saja kamu harus mengemukakan alasan yang tepat dan masuk akal untuk supaya perusahaan bisa memikirkannya kembali


Minta tambahan benefit

Seperti apa tambahan keuntungan itu? Misalnya kamu ingin gaji 5 juta di tahap awal. Tetapi pihak perusahaan ingin menawarkan 3 juta, lalu kamu bisa mencoba bernegosiasi dengan membicarakan keuntungan non material sebagai pengganti gaji yang belum sesuai harapan tadi, misal tambahan waktu istirahat, jatah cuti setahun, dan sebagainya.


Cara Negosiasi Gaji Via Email



Tulis email pakai bahasa formal

Pakailah alamat email resmimu, dan mulailah untuk menulis di body email menggunakan bahasa formal sesuai dengan cara menulis surat dinas. Kamu perlu membuat paragraf pembuka, isi dan penutup dengan proporsional


Ucapkan terima kasih kepada Perusahaan

Ucapan terima kasih sangat penting karena kamu akan dinilai lebih natural dalam mengajukan negosiasi gaji dibanding mereka yang langsung the point menyatakan keinginannya tersebut. 

Katakan bahwa kamu sangat berterima kasih atas tawaran pekerjaan yang sudah diberikan oleh perusahaan sehingga kamu bisa bekerja hingga saat ini


Jangan basa basi, to the point

Di awal memang kamu bisa sedikit menyatakan Kalimat pembuka, namun jangan terlalu bertele-tele dan langsung saja untuk menyatakan keinginanmu dalam bernegosiasi masalah gaji. 

Baca juga : Contoh Kata yg Sering Digunakan Sebagai Salam Pembuka Surat


Tulis kalimat yang soft dan tidak melunjak

Terkadang karyawan yang menyatakan keinginan untuk naik gaji itu menulis kalimat per kalimat yang terkesan ngelunjak atau tidak memberi ruang kepada perusahaan dalam berdiskusi dan hanya sepihak dari nya sendiri, hindari makna kata "saya hanya mau segini" "kalau tidak seperti ini, maka saya" dan makna lain yang bermaksud menantang atau mengancam

Baiknya kamu menulis permintaan ini dengan kata yang "negotiable", seperti menggunakan kalimat :

  • Apakah hal ini memiiliki kesempatan untuk dinegosiasikan kembali?
  • Apakah boleh saya bertanya mengenai gaji untuk posisi saat ini?
  • Bisakah kita berdiskusi mengenai komponen gaji setelah saya bekerja selama 2 tahun ini?


Berikan data dan fakta

Adakalanya kamu perlu untuk menyajikan data mengenai produktivitas atau prestasi yang kamu dapatkan ketika bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini untuk memberikan daya tawar yang tinggi dari kenaikan gaji yang akan kamu diskusikan tersebut


Alasan yang tepat

Ini adalah sesuatu yang sangat penting ketika mengajukan kenaikan gaji kepada perusahaan. Mengapa? Karena umumnya perusahaan akan menanyakan Apa alasanmu untuk meminta kenaikan gaji.

Dan kamu lebih baik langsung menyatakan alasan tersebut dalam email dengan menggambarkan alasan yang logis, tepat dan masuk akal. Jangan sekali kali mencoba mengarang alasan, karena perusahaan akan mengetahui hal tersebut


Contoh Email Negosiasi Gaji

Kalau kamu ingin mencari contoh email negosiasi gaji dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia, berikut sudah kosngosan rangkum untuk kalian :


Yang Terhormat Bapak HRD Kosngosan

Terima kasih telah memberikan kesempatan untuk saya bekerja sebagai sales marketing di divisi pemasaran kosngosan. Saya menerima tawaran ini dengan penuh semangat dan berharap bekerja maksimal dengan perusahaan.

Namun saya memiliki permasalahan seputar paket kompensasi yang anda tawarkan. Saya menyadari bahwa pekerjaan yang sebenarnya ditawarkan jauh dari penjelasan deskripsi kerja pada awal yang ketika saya melamar. Saya memiliki kemampuan dalam jabatan ini, diberikan beban tanggungan kerja yang besar, saya merasa tawaran gaji menjadi tidak proporsional.

Jadi perusahaan membutuhkan upah tambahan untuk menangani bidang ini. Oleh karena itu saya yakin tawaran saat ini akan lebih baik apabila dengan permintaan penambahan nominal gaji yang jika ditingkatkan sesuai dengan kesepakatan pertama.

Saya bisa membicarakan kesepakatan ini lagi bersama HRD Kosngosan untuk mencapai kesepakatan masalah ini. Bisakah kita mendiskusikannya pada pertemuan selanjutnya? Saya bisa menerima email atau kontak saya supaya masalah gaji ini bisa didiskusikan sebagaik mungkin. Terima kasih atas pertimbangannya.”


Contoh Email Nego Gaji

Subject: Permohonan Negosiasi Gaji

Kepada [Nama dan Jabatan Penerima],

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] sebagai [Jabatan yang Dilamar]. Saya sangat tertarik dengan pekerjaan ini dan siap untuk memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan.

Namun, saya ingin membicarakan tentang gaji yang ditawarkan dalam penawaran ini. Setelah melakukan riset dan mempertimbangkan pengalaman serta kualifikasi yang saya miliki, saya merasa bahwa gaji yang ditawarkan masih di bawah stkamur industri untuk posisi yang saya lamar.

Dalam mengajukan permohonan ini, saya ingin bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang lebih sesuai dengan pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki. Saya percaya bahwa dengan gaji yang adil, saya akan lebih termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik saya untuk perusahaan.

Berikut ini saya lampirkan ulasan singkat tentang pengalaman kerja dan kualifikasi saya:

[Disini bisa dijelaskan mengenai pengalaman kerja dan kualifikasi yang dimiliki]

Saya berharap bahwa perusahaan dapat mempertimbangkan permohonan saya ini dan membuka kemungkinan untuk bernegosiasi mengenai gaji yang lebih sesuai dengan stkamur industri. Saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan dan siap untuk membicarakan lebih lanjut.

Terima kasih atas perhatian dan waktu yang diberikan.

Hormat saya,

[Nama kamu]


Contoh email negosiasi bahasa inggris

Salary Negotiation Letter

I'd like to say thank you for job offer. I have always been looking for a position where I can exploit my abilities and reach into my best potential skill in kosngosan startup. The discussions we had during the interviews were very interesting and enlightening.

The salary that you offered me doesn't quite scale into my responsibilities. Thats not as my expected contribution. In my perspective, I deserve more given the increase in salary. These increases will totally eclipse any amount you will ever pay me. This fact alone merits a reconsideration of my salary, not to mention my qualifications and level of experience.

My interest in this post can't be overemphasized, but it's important that we all start off at the right foot. I kindly ask u to reconsider ur  proposal in way that gives more credit to my experience n  my contribution to the success of ur kosngosan startup


Contoh Email Negosiasi Gaji English

contoh negosiasi gaji

Contoh nego gaji bahasa inggris

contoh negosiasi gaji


Kata Penutup

Ketika kamu sudah berhasil untuk melakukan negosiasi dan kini gajimu sudah naik, selanjutnya adalah menjadi kewajibanmu untuk meningkatkan produktivitas dan keahlian di bidang sehingga akan memberikan dampak yang positif terhadap perusahaan. 

Tentu saja kenaikan gaji harus dibarengi dengan peningkatan omzet perusahaan. Sehingga perusahaan tidak melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan gaji karyawannya

Demikian berbagai tips dan trik sederhana dari kosngosan untuk mengkomunikasikan kenaikan gaji seorang karyawan kepada perusahaan dimana dia bekerja. 

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat teman-teman yang ingin segera cara menaikkan gajinya dengan berbagai alasan. Jangan lupa share ke teman teman mu yang lain ya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya