Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Kebudayaan Non Benda dan Penjelasannya

Apa contoh budaya non benda yang ada di Indonesia? Pengertian kebudayaan adalah istilah yang berasal dari kata budaya yang bisa didefinisikan sebagai sekumpulan cara atau metode untuk hidup dan mempertahankan kehidupan yang dimiliki oleh sekelompok manusia pada suatu tempat. 

Menurut pakar William H. Haviland, kebudayaan merupakan sekumpulan peraturan dan norma bersama yang dipakai oleh anggota masyarakat, dan apabila dilaksanakan untuk anggotanya akan memunculkan perilaku yang dipandang layak dan bisa di terima oleh masyarakat tersebut

Unsur kebudayaan sangat erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan. Karena tanpa ilmu pengetahuan maka kebudayaan tidak akan bisa berkembang dan maju sampai saat ini. Dan pada kesempatan kali ini kosngosan akan mencoba membahas mengenai contoh kebudayaan non benda yang ada di Indonesia.

Hubungan antara Kebudayaan dengan ilmu pengetahuan adalah salah satu unsur dari kebudayaan termasuk ilmu pengetahuan. Terdapat beberapa ilmu pengetahuan yang mempengaruhi perkembangan kebudayaan seperti ilmu pengetahuan tentang alam, tumbuhan, binatang, tubuh manusia, sifat dan tingkah laku manusia, serta pengetahuan ruang dan waktu.


Contoh Budaya Non Benda

contoh kebudayaan non benda

Kita akan mencoba membahas satu persatu dari beberapa aspek kebudayaan yang berbentuk non benda. Ini adalah jenis kebudayaan yang bisa menjauhkan kita dari fenomena Disintegrasi Bangsa.

Hingga saat ini, kita telah merasakan kebudayaan modern yang begitu memudahkan hidup berkat adanya teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang pesat.


Kearifan Lokal

Kearifan lokal adalah contoh kebudayaan non benda, seperti pengetahuan, praktik, dan tradisi yang diterapkan oleh masyarakat lokal dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan di sekitarnya. Kearifan lokal mencakup aspek sosial, budaya, lingkungan, dan ekonomi yang terintegrasi dan saling berhubungan.

Kearifan lokal juga mencakup nilai-nilai, norma, kepercayaan, dan mitos yang memandu perilaku masyarakat dalam mengambil keputusan dan tindakan terkait pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. 

Dalam banyak kasus, kearifan lokal menjadi sumber daya penting dalam mempertahankan kesinambungan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.


Sistem Peralatan dan Perlengkapan Rumah Tangga

Ilmu pengetahuan telah mengubah sistem peralatan dan perlengkapan manusia dalam menjalani hidupnya. Alat yang sudah mengalami perkembangan akibat ilmu pengetahuan bisa dibagi kedalam beberapa jenis, seperti alat produksi, wadah, senjata, makanan, minuman, pakaian, rumah serta transportasi.

Sebagai contoh orang yang menggunakan pisau dari batuan tajam untuk memotong digantikan dengan adanya mesin gergaji otomatis yang bisa bekerja secara otomatis untuk keperluan industri makanan dan sebagainya


Sistem Perekonomian

Cara masyarakat bertransaksi zaman dahulu mengandalkan barter atau tukar menukar barang, dimana ini bukanlah cara yang efektif dan efisien. Sehingga digantikan oleh teknologi ilmu pengetahuan yang bernama uang sebagai alat tukar.

Zaman dahulu orang orang untuk mendapatkan kebutuhan hidupnya mereka berburu, beternak dan bercocok tanam secara tradisional.

Sampai saat ini sistem ekonomi berkembang dari yang dulunya bercocok tanam atau bertani mengandalkan tanah, kini sobat kosńgosan sudah bisa menggunakan sistem hidroponik, bisa perdagangan dan berbisnis pengolahan makanan hingga dikirim ke luar negeri dan tahan selama bertahun tahun


Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan merupakan salah satu contoh kebudayaan non benda karena tidak dapat dilihat atau disentuh secara fisik. Sistem pemerintahan mencakup struktur dan proses kelembagaan serta aturan dan regulasi yang mengatur hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

Sistem pemerintahan merupakan produk dari nilai-nilai, norma, dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat. Oleh karena itu, sistem pemerintahan yang ada di suatu negara dapat berbeda-beda tergantung pada budaya, sejarah, dan tradisi yang dimilikinya.


Sistem Komunikasi

Dengan kata lain BAHASA. Coba kamu tebak apa yang paling dominan terjadinya perubahan di bidang komunikasi atau cara manusia untuk berinteraksi satu sama lain. Zaman dulu orang-orang berkomunikasi hanya menggunakan bahasa daerah, berkembang dengan penemuan huruf dan angka serta penulisan lewat batu dan kulit hewan.

Hingga saat ini kita bisa berkomunikasi lewat teknologi internet yang merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan, menggunakan smartphone, bisa chatting pakai whatsapp, telegram, line hingga bermain sosial media seperti instagram dan facebook.


Jenis Sandang, Pangan dan Papan

Dalam pemenuhan kebutuhan manusia pada tiga aspek di atas, telah mengalami perubahan akibat perkembangan ilmu pengetahuan.

Seperti contohnya sandang, dimana dulunya manusia hanya menggunakan pakaian sederhana dari balutan kulit hewan atau dari serat kasar tumbuhan, kini sudah memiliki banyak pilihan jenis pakaian seperti jeans, kaos, sutera, dsb.

Begitu juga dengan pangan yang dulunya hanya mengandalkan sumber mentah dari hewan dan tumbuhan, kini mengandalkan makanan olahan yang memiliki cita rasa dan warna bervariasi dan tahan bertahun tahun.

Juga papan dimana orang zaman dahulu hanya tinggal di gua atau membangun rumah dari kayu dan tanah liat sederhana, hingga saat ini sobat kosngosan sudah bisa membangun apartemen dan rumah modern yang tahan gempa


Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan zaman dahulu tentu sangat berbeda dibandingkan sekarang. Zaman dahulu orang hanya belajar menulis dengan menggunakan media batu, kayu, atau pelepah yang bisa menjadi media penulisan. Alat tulisnya juga sederhana dari bulu, menggunakan tinta dari cumi dan sebagainya

Sistem pendidikan zaman dahulu menjadi salah satu contoh kebudayaan non benda yang tidak mengenal adanya kurikulum, satuan mata pelajaran, serta spesialisasi tenaga pengajar.

Bandingkan saat ini yang kita sudah bisa belajar secara online menggunakan berbagai platform yang ada seperti Ruangguru, Zenius dan sebagainya. Ini merupakan perkembangan kebudayaan di bidang pendidikan yang sangat signifikan akibat kemajuan ilmu pengetahuan


Bidang Kesehatan

Orang-orang dahulu selalu mengandalkan bahan-bahan herbal ketika mengobati suatu penyakit. Selain itu masih banyak sekali mitos yang beredar ketika suatu penyakit harus diobati.

Teknologi pengobatan seperti pembedahan misalnya, masih belum mengenal adanya anestesi atau higienitas alat bedah. Dahulu juga profesi dokter belum terspesialisasi seperti sekarang ini.

Misalnya yang anak laki-laki yang dulu dikhitan menggunakan bilah bambu tanpa adanya anestesi, sedangkan sekarang sudah sobat ķosngosan sudah bisa menggunakan laser dan masa penyembuhan lebih cepat.

Atau penggunaan obat-obatan herbal dari tanaman, sekarang sudah mulai digantikan dengan obat-obatan kimia yang memiliki efek penyembuhan lebih cepat.


Sistem Transportasi

Transportasi adalah salah satu bagian dari kebudayaan manusia yang sangat tampak perbedaannya dari dulu hingga sekarang. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan industri, penemuan mesin diesel hingga saat ini penggunaan mesin Hybrid dan berbahan bakar listrik

Dahulu orang-orang menggunakan tenaga hewan sebagai transportasi atau hanya mengandalkan jalan kaki untuk melakukan perjalanan.

Kemudian berubah menggunakan mesin diesel dan hingga saat ini sudah banyak sekali kita temuin kendaraan yang berbahan bakar listrik. Bahkan ada pula kendaraan yang berbahan bakar hidrogen atau air


Kesenian Adat Tradisional

Kesenian adat tradisional merupakan salah satu contoh kebudayaan non benda karena sifatnya yang tidak dapat dilihat atau disentuh secara fisik. 

Kesenian adat tradisional mencakup berbagai bentuk seni seperti tarian, musik, seni rupa, teater, dan lain-lain yang telah terbentuk sejak lama dan diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat adat.

Kesenian adat tradisional mencerminkan identitas dan nilai-nilai budaya masyarakat adat seperti kepercayaan, kebersamaan, kesederhanaan, dan keterikatan dengan alam sekitar. 

Kesenian adat tradisional juga dapat menjadi sarana untuk mengajarkan generasi muda tentang nilai-nilai dan praktik budaya yang diwariskan oleh nenek moyang.


Acara Pernikahan

Acara pernikahan menjadi contoh budaya non benda karena sifatnya yang tidak dapat dilihat atau disentuh secara fisik. Acara pernikahan seperti serangkaian upacara dan kegiatan yang dilakukan oleh pasangan yang akan menikah dan keluarga mereka, dan masyarakat sekitar.

Acara pernikahan mencerminkan berbagai nilai budaya yang dipegang oleh masyarakat yang melaksanakannya. Nilai-nilai tersebut meliputi kesetiaan, kebersamaan, gotong royong, dan keterikatan keluarga. 

Selain itu, acara pernikahan juga merupakan kesempatan bagi keluarga dan masyarakat untuk berkumpul, berinteraksi, dan merayakan kebahagiaan bersama.


Infografis Contoh Kebudayaan Non Benda

kebudayaan non benda

Baca juga : Contoh Perilaku Budaya Politik Indonesia


Kata Penutup

Kebudayaan sejak dahulu sampai sekarang selalu mengalami perkembangan. Dari zaman penggunaan peralatan batu, hingga perang kata lewat social media, manusia selalu berubah kebudayaannya akibatnya kemajuan teknologi ilmu pengetahuan.

Semoga kita adalah orang yang tidak hanya sebagai target dari teknologi itu sendiri tetapi juga bisa berperan penting dalam pengembangan teknologi yang lebih positif dan maju

Demikian beberapa contoh kebudayaan non benda dari kosngosan apabila ditinjau dari perspektif ilmu pengetahuan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat teman-teman sekalian, Akhir kata selamat belajar dan silakan share artikel ini sosial media kalian juga

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya