Contoh Teks Berita Singkat tentang Sekolah

Apa itu teks berita? Jenis tulisan ini bisa didefinisikan sebagai penjelasan mengenai peristiwa atau kejadian yang ada di sekitar kita dan disebarkan melalui media. Contoh teks berita harus berisi fakta dan data yang sebenarnya. Namun yang perlu kamu ketahui tidak semua fakta dan data bisa dijadikan sebagai teks berita.

Kamu pasti sering membaca artikel berita di media online seperti detik, kompas, cnn, tempo dan tribun, bukan? Itu adalah beberapa contoh teks berita yang aktual. Tentu saja informasi yang kamu dapatkan dari media mainstream seperti itu akan menambah informasi dan wawasan mu mengenai berbagai hal baik secara singkat maupun panjang.

Sifat dari teks berita ada yang permanen, sekilas dan juga viral. Teks berita permanen adalah sesuatu yang mengandung informasi yang berlaku sampai kapan pun. Sementara berita sekilas dapat bertahan beberapa jam jam atau hari. Dan berita viral selalu berdasarkan hal-hal trending atau populer yang dibicarakan oleh masyarakat

Mungkin guru di sekolah sobat kosngosan pernah memberikan tugas mengenai bagaimana cara membuat teks berita singkat mengenai berbagai objek di sekitarmu. Dan yang paling banyak dicari adalah teks berita seputar sekolah. Selain juga ada berita mengenai bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor, gunung meletus dan tsunami.


Teks Berita Sekolah


teks berita sekolah

Nah apabila kamu kebingungan bagaimana cara membuat teks berita yang baik dan benar, kamu sudah berada pada artikel yang tepat karena disini kita akan membahas beberapa contoh dari tulisan berita yang berkaitan dengan lingkungan sekolah, guru dan siswa.

Baca juga : Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Pelajaran Sekolah Berlangsung


Teks Berita Lingkungan Sekolah


Berita gedung sekolah ambruk - Provinsi Jawa Timur menetapkan 2 pegawai kontraktor dengan inisial S dan D sebagai tersangka kasus ambruknya atap Sekolah Dasar Negeri Pasuruan, yang mengakibatkan korban jiwa. Dengan mengamankan tersangka dua orang yang berasal dari Kota Kediri

Tersangka D dan S berasal dari dua perusahaan kontruksi yang berbeda, yaitu perusahaan Andalus dan DHL Putra. Pihak sekolah mengaku kecewa atas ambruknya atap sekolah ketika kegiatan belajar mengajar hingga mengakibatkan siswa dan guru ada yang meninggal dunia.

Runtuhnya sekolah ini sungguh membuat kecewa banyak pihak. Harusnya tidak seperti ini. seandainya para siswa sekolah ini ada di kelas semua, karena sebagian meninggalkan kelas, kegiatan olahraga di luar (kosngosan.com)


Cara Supaya Tidak Bosan Sekolah dari Rumah


Pandemi Virus telah membuat sistem pendidikan di Indonesia berubah. Beberapa bulan ini pemerintah Indonesia meliburkan seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan menggantinya dengan sistem Belajar dari Rumah. Lalu bagaimana cara jitu menepis rasa bosan pada anak ketika Study From Home (SFH) berlangsung?

Sebagian anak akan merasa kesulitan dalam melakukan SFH karena sebagian ada yang tidak memiliki motivasi dari lingkungan. Anak belajar bersama teman-temannya, dan sekarang justru mereka menemukan situasi baru yang memungkinkan untuk bermalas-malasan.

Situasi ini harus membuat anak menyesuaikan diri supaya tidak bosan. Peran orangtua sangat penting. Dalam hal urusan pekerjaan, urusan rumah serta mendidik anak

Untuk membantu mereka supaya tidak merasa bosan, disarankan untuk melakukan pengubahan tempat belajar. Orangtua dapat menyiapkan ruang khusus yang nyaman untuk anak belajar. Bisa juga belajar ala piknik dengan menggelar tikar di halaman atau teras rumah

Anak harus diberi selang waktu saat belajar. Seperti membuat mereka bergerak dengan melakukan kegiatan rumah yang sederhana, dan bisa juga memasak masakan sederhana yang disukai mereka.

Mereka juga diberi ruang bermain mandiri. Dengan memberikan mereka ruang dalam mengeksplorasi permainan yang disukai untuk menciptakan hal kreatif. Membiarkan mereka bermain mandiri bukan berarti menelantarkan mereka.

Orangtua juga perlu untuk membuat sistem pembelajaran yang kreatif. Orangtua bisa memberikan pelajaran kepada anak dengan cara-cara yang unik. Seperti misalnya anak diminta mengambil daun warna hijau lalu belajar menggunakan daun itu.


Sekolah Umum Harus Lebih Terbuka untuk Siswa Difabel


Ketua Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan atau sering disingkat "Perdik" mendorong supaya sekolah formal yang ada di Indonesia supaya lebih terbuka terhadap siswa penyandang cacat. Sekolah umum inklusif sudah seharusnya menerima siswa yang berkebutuhan khusus, seperti tuna netra, tuna daksa dan tuna rungu.

Adapun konsekuensinya menjadi bagian dari inklusi pendidikan untuk mencapai kesetaraan bagi semua warga negara Indonesia. Pelajar difabel yang ingin duduk di bangku pendidikan sekolah formal punya banyak kemampuan yang dengan sendirinya membawa penyesuaian dan kesepahaman antara guru dan pelajar di dalam kelas.

Misalnya seperit pelajar tuna netra yang punya kemampuan membaca huruf braile, tentu ini berbeda dengan siswa non-difabel lainnya yang hanya bisa membaca tulisan biasa. Atas keberagaman tersebut, maka kurikulum pendidikan bisa beradaptasi dengan ragam kemampuan siswa difabel. Pelajar tuna netra misalnya membutuhkan aplikasi pembaca layar.


Teks Berita Singkat Sekolah


teks berita sekolah

Membangun Semangat Pendidikan di Sekolah Tapal Batas - Anak TKI yang tinggal di perbatasan Indonesia-Malaysia, membutuhkan perjuangan dan keberanian untuk berangkat ke sekolah. Mereka harus melalui berbagai pemeriksaan pasukan penjaga perbatasan di bawah senjata.

Tanpa adanya izin dari petugas militer, mereka bisa dipenjara selama dua hari karena melanggar batas negara. Setelah menyelesaikan proses pemeriksaan, para pelajar ini juga harus menempuh perjalanan 4 kilometer berjalan kaki selama 2 jam. Pelajar yang pantang menyerah dan selalu optimistis.

Daerah tersebut adalah Pulau Sebatik yang berada di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Wilayah ini merupakan perbatasan negara Indonesia dengan negeri jiran Malaysia. Pulau ini memang dimiliki oleh dua negara, bagian utara adalah punya Malaysia, sementara itu bagian selatan adalah bagian Indonesia.

Untuk menuju Pulau ini memang terbilang cukup sulit. Selain menaiki helikopter, kamu hanya dapat menjangkaunya dengan angkutan laut dari Nunukan atau dari Malaysia. Letaknya yang sulit menjadi permasalahan tersendiri bagi anak-anak yang ingin bersekolah.

Selain itu para orangtua mereka yang bekerja di Malaysia bukanlah menyandang status sebagai warga negara Malaysia. Hal inilah yang membuat anak-anak tersebut tidak berhak mendapatkan pendidikan (kosngosan.com)


Teks Berita Panjang Sekolah


Sengketa Lahan Menadi Momok Bagi Pihak Sekolah - Sengketa lahan yang dialami oleh sekolah di Indonesia memang tidak pernah habis. Akibat dari sengketa bisa mengganggu pelaksanaan belajar mengajar siswa. Tidak jarang murid harus belajar menumpang di sekolah lain atau lebih miris nya lagi di teras rumah warga karena sekolah masih disegel

Berbagai permasalahan banyak terjadi. Seperti lahan sekolah yang diklaim sebagai milik ahli waris atau penerima hibah bantuan dari pemilik lahan sebelumnya yang sudah meninggal dunia.

Ada juga sekolah yang mengalami kasus sengketa yang masih simpang siur. Namun memang kesalahan pihak sekolah yang memilih lahan tersebut dibangun pada lahan sengketa. Kasus lain sekolah dibangun diatas lahan tukar guling antara tanah milik desa dengan lahan milik salah satu warga. Kemudian masalah muncul setelah kepala desa setempat tidak lagi menjabat tanah itu kembali di klaim milik warga

Menurut berbagai informasi yang diterima kosngosan, lahan sekolah di Indonesia masih banyak yang belum memiliki sertifikat lahan dan ini sangat rawan disengkatakan oleh warga atau pihak swasta. Data tersebut diperoleh berdasarkan hasil pendataan ulang yang dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk bersama dinas pendidikan setempat.

Sebenarnya banyak kasus sengketa lahan sekolah memiliki modus yang persis sama. Hal ini seperti pada awalnya pelaku penyegelan mengaku atas nama ahli waris lahan. Pelaku ini juga menyatakan bahwa tidak mengerti mengapa baru sekarang menyengketakan lahan sekolah tersebut Padahal rata-rata gedung sekolah yang disengketakan sudah dibangun lebih dari 50 tahun, bahkan ada yang diatasnya.

Salah satu motivasi utama dari si pelaku adalah uang. Terdapat kasus sengketa lahan sekoah yang sudah selesai. Nah setelah penyengketa, pihak sekolah akhirnya menjadikan si penuntut sebagai tukang bersih bersih di sekolah itu.

Hal ini memang sudah seharusnya menjadi tugas kita bersama untuk melindungi sekolah dari perbuatan oknum yang tidak bertanggung jawab. Pencegahan yang paling efektif adalah dengan menyertifikasi seluruh lahan gedung milik sekolah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya sengketa lahan baru sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar nantinya. Ada pun memang permasalahan lainnya adalah dana yang diperlukan untuk melakukan sertifikasi lahan tersebut. Dan ini bisa dikoordinasikan dengan pihak pemerintah daerah untuk melindungi tempat belajar mengajar berlangsung, supaya tidak mengganggu proses pendidikan generasi muda kita (kosngosan.com)

Baca juga : Akibat Tidak Menghormati Guru di Sekolah


Teks Berita Terkini Sekolah


Kisruh Proyek Rehabilitasi Sekolah - Polisi harus mengusut ketidakberesan proyek renovasi gedung sekolah dasar di DKI Jakarta. Pada awal tahap tender hingga pengerjaan proyek ini, banyak masalah yang muncul. Selain deadline penyelesaian yang terlambat, bangunan justru banyak yang rusak meskipun baru beberapa bulan direnovasi.

Renovasi gedung sekolah dengan anggaran sebesar 196 miliar dilakukan sewaktu peralihan jabatan gubernur. Proses lelang diduga telah di intervensi oleh politikus, sehingga perusahaan yang tidak punya track record menjalankan proyek besar seperti ini, tiba tiba memenangkan tender pekerjaan renovasi ini. Banyak pihak meragukan kemampuan kontraktor ini.

Seharusnya bila perusahaan tersebut dinyatakan memenuhi syarat, pengawasan harus diperketat. Fungsi monitoring yang diserahkan kepada pengawas juga tidak optimal. Masalah ini seharusnya menjadi peringatan bagi pemerintah daerah Ibukota untuk selalu mengawasi setiap perusahaan yang memenangkan proyek pembangunan yang berhubungan dengan infrastruktur pendidikan, seperti gedung sekolah


Teks Berita Terbaru Sekolah


Sekolah Tidak Memiliki Izin - Nasib empat belas siswa Madrasah Ibtidaiyah swasta di kota Pekanbaru, gagal mengikuti UN karena status sekolah mereka yang tidak memiliki izin. Rapat antara lembaga memberikan saran kepada murid tersebut untuk mengikuti ujian susulan Paket A

Solusi terbaik adalah dengan mengikuti ujian Paket A. Akan tetapi status sekolah ini tidak jelas izinnya. Hasil pertemuan antar lembaga seperti Ombudsman, Kementerian Agama dan juga Yayasan Swasta ini memberikan solusi supaya siswa bisa mengikuti ujian paket A. Akan tetapi masalahnya adalah dalam aturan tersebut, siswa yang akan didaftarkan haruslah berasal dari lembaga sekolah yang terdaftar dan memiliki izin. Sementara sekolah swasta ini tidak jelas statusnya

Tidak bisa dipastikan para siswa ini bisa mengikuti ujian Paket A atau tidak. Karena berdasarkan aturan standar legalitas sekolah yang sudah ditentukan, harus dipertimbangkan kembali. Dinas Pendidikan akan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi untuk membahas masalah tersebut (kosngosan.com)

Baca juga : Contoh Kegiatan Positif Saat JasKos Sekolah Tiba


Kesimpulan


Menulis teks berita memang membutuhkan pengalaman di bidang jurnalisme. Oleh karena itu kamu harus berlatih untuk menghasilkan tulisan berita yang menarik untuk dibaca oleh banyak orang. Namun hindari untuk menulis sesuatu yang tidak berdasarkan fakta atau biasa kita sebut berita hoax

Semoga saja dengan mengikuti ulasan kali ini, mengenai beberapa contoh teks berita sekolah, sobat kosngosan bisa bertambah referensi dan wawasannya. Apabila kalian berkenan boleh Klik tombol share di bawah ini dan bagikan postingan nya ke teman-temanmu yang ada di social media. Terimakasih sudah berkunjung.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads