Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Kegiatan Positif Saat Jam Istirahat Sekolah Tiba

Apa saja aktifitas yang bisa dilakukan ketika istirahat sekolah? Bagaimana cara memanfaatkan waktu istirahat secara lebih positif? Jam istirahat adalah waktu dimana sekolah memberikan kelonggaran untuk berhenti sejenak dalam proses belajar mengajar di kelas. Biasanya jam istirahat berlangsung 2 kali dengan lama sekitar 10-15 menit. Waktu istirahat merupakan momen yang cukup dinantikan oleh para siswa, karena mereka bisa bebas melakukan hal yang yang disukainya.

kegiatan istirahat sekolah

Salah satu tujuan diadakannya jam istirahat adalah untuk me-refresh atau atau mereset ulang pikiran dari rasa penat dan bosan dalam belajar di kelas. Akan tetapi kebanyakan dari kita lebih sering menghabiskan waktu istirahat dengan hal-hal yang sepele dan terkesan tidak produktif.

Atau sebagian mungkin dari kamu seringnya memanfaatkan waktu istirahat dengan bercanda Ria dengan teman-teman, bukan? Sebenarnya hal ini memang tidak dilarang. Karena pada dasarnya tujuan dari istirahat sekolah memang untuk itu. Namun ternyata ada banyak sekali jenis kegiatan yang bisa kamu lakukan secara lebih positif daripada itu.

Memanfaatkan waktu istirahat dengan cara yang lebih produktif, menjadikan sobat kosngósan bisa lebih menghargai waktu luang. Siswa yang seperti ini adalah mereka yang terbiasa berlaku disiplin dan memiliki kemampuan manajerial yang bagus.

Tentunya ini akan berdampak ketika kamu kuliah dan bekerja nantinya. Memanfaatkan waktu istirahat secara lebih positif akan membentuk kebiasaan yang bernilai. Karakter yang tidak suka membuang waktu dengan percuma, akan sangat dibutuhkan oleh kamu ketika melakukan penelitian di bangku kuliah, dan perusahaan juga akan membutuhkan karyawan seperti ini ketika kamu masuk dunia kerja nantinya.

Nah, daripada harus melakukan ghibah sana sini, bercanda sampai lupa diri, atau kegiatan kurang produktif lainnya, mending kamu melakukan kegiatan positif seperti yang akan dijelaskan dibawah ini. Let's check these out!

Baca lainnya : Tips Menjaga Pertemanan Setelah Lulus Sekolah


Kegiatan Istirahat


Mengerjakan Tugas


Ketika kamu istirahat, bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mereview kembali pelajaran yang sudah diajarkan sebelumnya, atau mempelajari pelajaran yang akan dimasuki setelahnya, atau justru sobat kosngosan bisa menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Tidak ada salahnya kamu mengerjakan tugas supaya nanti kamu lebih memudahkan dalam mengerjakannya di rumah.

Mengelilingi Halaman Sekolah


Keliling keliling di lingkungan sekolah bersama teman-teman juga bisa mengisi waktu istirahat mu dengan lebih sehat. Tentu saja sobat kosngosan akan berinteraksi dengan teman-teman berbeda kelas dan jurusan denganmu. Jadi selain menyehatkan, kamu juga bisa mendapatkan pergaulan yang lebih luas dan siapa tahu sobat kosngosan ingin melihat gebetan mu juga, (hehehe)

Bercengkrama Dengan Teman


Meninggalkan kebiasaan tersebut lebih baik untukTeman-teman di kelas juga bisa diajak ngobrol bareng hal-hal positif ketika istirahat tiba. Mungkin sebagian dari cewek seringnya itu nge-ghibah. Dan disini mulailah untuk mengurangi hal tersebut. Lebih baik kalian ngobrol hal-hal yang positif misalnya mengenai hobi, cita cita, atau pelajaran.

Membaca Di Perpustakaan


Perpustakaan sekolah merupakan salah satu tempat yang sangat baik untuk mengisi waktu istirahat mu. Suasananya yang relatif lebih tenang bisa menjadi relaksasi untuk sobat kósngosan yang ingin menenangkan pikiran. Selain itu berbagai koleksi buku yang ada bisa menambah pengetahuanmu. ingat untuk menjaga kondusifitas supaya tidak berisik ketika berada di dalam perpustakaan

Makan di kantin Sekolah


Ini merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh siswa ketika istirahat sekolah tiba. Tentu saja ketika istirahat perut akan terasa kosong karena sudah menggunakan banyak sekali energi untuk berpikir dalam proses belajar di kelas. Dan ketika istirahat tiba Sudah saatnya untuk mengisi kembali pasokan energi sebagai bahan bakar otak nantinya. Intinya pesanlah makanan yang sehat, dan jangan berbuat curang kepada ibu kantin ya

Makan Bekal yang Dibawa


Hampir sama dengan makan di kantin, namun bedanya kamu makan dari bekal yang telah kamu persiapkan sebelum berangkat ke sekolah. Kamu bisa mengisi waktu istirahat dengan melahap bekal yang disiapkan oleh ibu. Tentu saja Ini bisa menjadi pilihan bagi sobat kosngosan yang sedang bokek atau tidak memiliki uang untuk jajan di kantin. Selain itu makan makanan bekal sendiri tentunya lebih sehat dan terhindar banyak micin.

Mendengarkan Lagu Favorit


Kamu suka mendengarkan lagu lagu yang lagi hits saat ini? Seperti lagu pop, dangdut, rnb, dj, remix dan berbagai genre dari dalam negeri dan luar negeri. Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu tersebut di aplikasi pemutar musik online seperti Joox dan Spotify. Namun apabila kamu tidak memiliki cukup uang untuk berlangganan kamu bisa mendownload lagunya secara ilegal di berbagai situs internet. Dan itu memang sudah menjadi rahasia umum sih.

Duduk Santai Menikmati Suasana


Nak buat kaum mageran yang tidak suka kemana-mana, Ata buat anak indie yang suka menikmati suasana dengan secangkir kopi atau teh, bisa menikmati waktu istirahat sekolah untuk duduk santai di dalam kelas. Atau apabila bosan, sobat kosngosan bisa keluar dan duduk di pelataran sekolah. Buat sekolah yang memiliki gedung bertingkat kamu bisa naik ke atas dan duduk menikmati suasana keramaian di bawah

Mendirikan Shalat


Khusus buat pelajar yang muslim, bisa memanfaatkan waktu istirahat sekolah untuk salat, baik itu shalat sunnah atau wajib. Misalnya antara jam 9-11 kamu bisa shalat sunnah Dhuha bareng teman teman di mushalla, atau ketika jam 12 sudah masuk Dzuhur, kamu bisa langsung jadi imam untuk shalat dzuhur secara jamaah di musholla.

Berikut panduan bagaimana cara menjadi imam shalat yang baik dan benar

Bermain Kegiatan Positif


Ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa kamu lakukan ketika istirahat sekolah tiba. Apabila sobat kosngosan ingin tetap berada di dalam kelas, kalian bisa melakukan kegiatan seperti bermain catur, truth or dare, tebak tebakan, dan kegiatan lain yang positif dan meningkatkan kekompakan antar anggota kelas. Untuk itu, kalian bisa baca beberapa jenis kegiatan ice breaking di dalam kelas berikut ini.

Tidur Sekejap


Buat kamu yang seorang introvert atau nolep, atau kaum rebahan, mungkin salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan ketika istirahat ibadallah tidur sekejap. Ada beberapa orang yang bisa tidur dalam sekejap dan menikmati proses durian tersebut walaupun hanya berlangsung selama beberapa menit. Apabila kamu memang suka tidur maka saya akan tidur saja di dalam kelas, tetapi mungkin resikonya adalah suara bising dari teman-teman sekitar yang bisa mengganggu konsentrasi tidurmu

Membuang Air Kecil dan Besar


Istirahat sekolah tiba adalah momen yang tepat untuk membuang semua kotoran yang telah kamu tahan selama proses belajar. Walaupun sebenarnya kamu tetap bisa izin untuk ke toilet, namun lebih baik kamu untuk membuang semua hajat mu ketika istirahat tiba, karena ketika proses pembelajaran berlangsung, dan kamu izin, sobat kosngośan akan kehilangan kesempatan untuk mengikuti pelajaran, dan mengikuti penjelasan dari guru

Diskusi dengan Guru


Kebanyakan dari murid mengalami fear syndrom terhadap gurunya. Atau bisa dibilang guru adalah sosok yang tidak terlalu akrab dengan murid muridnya. padahal sebagai murid kita bisa berdiskusi membicarakan pelajaran yang belum dimengerti kepada guru yang bersangkutan ketika waktu istirahat tiba. Tidak hanya itu kamu juga bisa berbicara mengenai cita-citamu untuk melanjut ke perguruan tinggi misalnya.

Membersihkan Kelas


Nah ada baiknya kamu membersihkan kelas ketika waktu istirahat tiba. Sebenarnya kelas sudah dibersihkan oleh petugas piket sebelum proses belajar berlangsung. Namun sebagian mungkin ada yang tidak bertanggung jawab membuang kertas atau sampah lain di kelas, atau tulisan di papan tulis whiteboard yang sudah penuh, semuanya itu bisa kamu bersihkan secara individual atau mengajak teman-teman yang lain secara bersama-sama

Memperbaiki Make Up


Khusus untuk para siswi yang memang memperhatikan penampilan, kamu bisa memperbaiki make up mu yang mulai tidak tertata rapi ketika proses belajar mengajar sebelumnya. Walaupun sebenarnya sobat kosngosan dilarang untuk berpenampilan menor, tapi mungkin sedikit kombinasi bedak, lipbalm, dan peralatan khas perempuan lainnya tetap kamu perlukan untuk dibawa, apalagi buat siswa sma yang ingin tampil modis di sekolah.

Baca juga : Contoh Kenakalan Saat Sekolah yang Sering DiLakukan


Kata Penutup


Nah itu dia beberapa kegiatan positif yang bisa sobat kosngosan lakukan ketika waktu istirahat sekolah tiba. Sebagian memang ada yang memanfaatkan waktunya untuk keluar kelas, dan ada juga yang bertahan di dalam kelas. Tidak masalah selama kegiatan tersebut positif dan bermanfaat untuk kalian.

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan atau tekan tombol share di bawah. Kalian juga bisa berbagi pengalaman hal-hal positif apa yang bisa kalian lakukan ketika istirahat tiba di kolom komentar di bawah ini.
Oleh rezaharahap