Contoh Akibat Channel YouTube Kena CopyRight

Bagaimana cara menghindari copyright video dan lagu YouTube? Copyright Youtube adalah suatu hak cipta atau kekayaan intelektual yang dimiliki oleh pembuat karya (dalam hal ini youtuber) untuk melindungi karya tersebut dari penjiplakan hingga masalah lain yang merugikan si pembuat. Hak cipta sangat erat kaitanya dengan dunia bisnis untuk melindungi suatu karya yang yang sudah dengan susah payah dibuat

Tujuan dari adanya copyright memang sangat bermanfaat sekali bagi content creator. Coba kamu bayangkan ketika sudah susah-susah membuat suatu video atau lagu kemudian diambil dan di curi oleh orang lain tanpa adanya aturan hukum. Tentunya orang akan malas membuat karya yang kreatif dan inovatif seperti saat sekarang ini bukan?

Begitu juga dengan YouTube suatu media yang di dalamnya banyak menghasilkan berbagai konten kreator yang kreatif dan inovatif sehingga hal ini menjadikan pihak YouTube sangat ketat sekali dalam aturan copyright atau hak cipta

Akibat terkena copyright YouTube maka channel milikmu bisa hangus seperti kasus belakangan ini yang menimpa Calon Sarjana dan YtCrash. Banyak sekali ciri-ciri video YouTube yang terkena copyright yang akan kita bahas saat lagi

Intinya ketika sobat kosngosan mengedit video dan ingin tidak terkena copyright maka gunakanlah konten yang bebas hak cipta, dan salah satu yang paling aman adalah buatan sendiri. Mengupload video atau lagu di YouTube yang mengandung copyright (walaupun beberapa detik dengan alasan fair use) tidak menjamin kamu bebas dari klaim strike lho

Oleh karena itu mimin sarankan tidak menggunakan konten yang eksklusif dan juga komersil. Tentunya akan sangat bahaya sekali ketika kamu terkena strike dan mengharuskan video YouTube mu harus dihapus

Baca dulu : Channel YouTube ReUpload Indonesia yang Masih Aktif



copyright youtube

Channel YouTube terkena copyright berarti terdapat konten di dalam video ada yang mengandung unsur hak cipta yang dimiliki suatu perusahaan atau Individual. Mekanisme copyright ini sering disebut juga sebagai strike.

Macam-macam chanel yang terkena copyright strike, tergantung dari seberapa parah konten yang mengandung hak ciptanya, dan juga bagaimana respon si pemilik hak cipta. Setidaknya sobat kosngosan akan mendapati beberapa hal dibawah ini :

  • Video di take-down (dihapus) langsung
  • Video berubah ke private
  • Video tetap tayang, namun dimonetisasi oleh pemilik copyright


Tingkatan strike ada 3, jadi ketika kamu mendapati strike pertama, channel mu tidak langsung menjadi hangus. Berikut prosesnya :

Strike pertama


Artinya apabila pihak youtube menemukan konten didalam channel youtube mu tidak mengikuti kebijakan (melanggar copyright) yang kedua kalinya, maka kamu hanya akan mendapatkan teguran. Selama seminggu kamu tidak bisa melakukan :

  • Mengunggah video dan live streaming
  • Membuat thumbnail dan mempos ke halaman komunitas
  • Membuat, mengedit, dan menambahkan cplaborator ke playlist
  • Menambahkan dan menghapus playlist dari halaman tontonan menggunakan tombol "Save"


Larangan tersebut secara otomatis akan dihapuskan setelah periode 1 minggu, tetapi teguran yang kamu dapatkan akan tetap ada di channel mu selama 3 bulan kedepan

Strike Kedua


Apabila sobat kosngósan sudah mendapatkan teguran kedua dalam periode 3 bulan yang sama dengan teguran pertama, maka kamu tidak akan bisa memposting video apa pun selama 2 minggu.

Apabila tidak ada masalah lebih lanjut, larangan tersebut akan dipulihkan otomatis setelah 2 minggu, tetapi setiap peringatan strike tetap akan berakhir 3 bulan sejak muncul di pemberitahuan

Strike ketiga


Teguran ketiga dalam periode 3 bulan yang sama akan membuat channel youtube mu dihapus secara permanen.

Setiap teguran berakhir dalam 3 bulan sejak dikeluarkan dan ketika kamu sudah mendapati peringatan yang ketiga ini, menghapus video yang bermasalah tidak akan menyelesaikan strike tersebut.

Baca juga : Ide Nama Channel YouTube yang Keren


Contoh Kasus


Dihapusnya Channel Calon Sarjana


Channel ini terakhir sudah memiliki subscriber 13 jutaan, dan ini adalah channel dengan jumlah subscriber terbesar dari kategori channel kompilasi. Pada akhirnya, terkena suspend oleh Youtube karena pelanggaran Copyright. Akun Calon Sarjana banyak menggunakan thumbnail video milik akun lain di luar negeri secara tanpa izin.

Kasus yang lebih parah terjadi pada beberapa waktu silam, yaitu ketika CS kedapatan mengambil video dari channel JT secara mentah mentah, tanpa memberikan credit link.

Kemudian youtuber luar ini, yang bernama JT berhasil mengklaim adanya pelanggaran hak cipta kepada YouTube. Setelah mendapat tiga copyright strike dari pihak tersebut, channel Calon Sarjana Pada akhirnya dihapus oleh YouTube.

JT melihat beberapa video lain buatan Calon Sarjana yang juga meniru konten buatan YouTuber lain. Youtuber yang tidak mau berdamai ini pun langsung menghubungi beberapa YouTuber yang kontennya ditiru Calon Sarjana melalui Twitter. Dan kemudian dia berhasil mengajukan copyright strike terhadap video Calon Sarjana yang mencomot video orisinalnya.

Sekarang, sobat kósngosan sudah bisa menemui channel ini setelah mengubah nama channel Calon Ilmuwan yang masih saudaranya menjadi Calon Sarjana. Tentunya jumlah subsriber nya sudah tidak seperti dulu lagi.

Update: Channel CS sudah kembali muncul dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya. Meskipun jumlah subscribernya turun drastis (karena dibuat dari awal kembali), tampil dengan konsep baru menggunakan animasi buatan tim mereka sendiri.


Hilangnya Video YtCrash


Channel YouTube Yt Crash sebenarnya hampir sama dengan calon sarjana, memiliki konten kompilasi yang rentan terhadap strike copyright. Subscribernya memang tidak sebesar calon sarjana, dan mereka juga belum terbukti mencolong video dari orang lain secara utuh seperti yang dilakukan oleh Calon Sarjana.

Akan tetapi setelah kasus CS heboh, beberapa waktu kemudian seluruh video YTCrash tiba tiba lenyap tanpa sisa.

Bukan hanya videon didaam channel utamanya saja, tetapi anak channel dari Yt Crash juga mengalami hilang tanpa bekas, seperti YtCrash News, YtCrash Islam, YtCrash Plus, YtCrash Facts, YtCrash Tricks, YtCrash Comedy, YtCrash Feeds, YtCrash Hack, YtCrash Funny, YtCrash Music, YtCrash Life, YtCrash Foods, YtCrash Gaming, YtCrash Films dan YtCrash Kids

Apa yang menyebab Yt Crash kehilangan kontennya? Memang belum ada alasan yang pasti, apakah channel dan video nya ini sebenarnya dihapus oleh pihak YouTube atau disengaja oleh pihak mereka sendiri. Dua kemungkinan ini menjadi sesuatu yang menjadi misteri hingga saat artikel ini ditulis.

Update : Channel ini sudah muncul kembali dengan konten baru, konsep yang diberikan juga baru dan menggunakan animasi sendiri yang terbebas dari resiko copyright. Kamu bisa mencari channel ini di pencarian youtube


Kasus Pelanggaran CopyRight oleh Gen Halilintar


Siapa yang tidak kenal dengan keluarga yang satu ini? Salah satu dari anggota keluarganya adalah King of YouTube di Indonesia, yang memiliki jumlah subscriber terbesar se-asia Tenggara. Channel Gen Halilintar memang sering untuk melakukan cover atau mengubah lagu yang sedang viral di Indonesia

Kasus ini bermula saat Gen Halilintar mengubah beberapa bagian musik dari lagu "Lagi Syantik" yang dinyanyikan oleh Siti Badriah tersebut.

Lagu ini memang sempat viral di Indonesia. Sobat kosngosan pastinya pernah atau bahkan sering mendengarkannya. Keluarga Gen Halilintar juga disebut mengubah lirik dari lagu tersebut.

Hingga pada akirnya video cover itu diunggah melalui channel YouTube milik keluarga ini yang bernama "Gen Halilintar". Dengan alasan pelanggaran hak cipta, pihak Nagaswara menempuh upaya hukum lantaran tidak ada titik temu antara mereka dan Gen Halilintar.


Channel Anime Review, Diskus OP


Nah pada kasus yang terakhir ini mungkin sebagian dari teman-teman kurang mengetahui karena secara pribadi mimin kosngosan adalah penggemar anime One Piece.

Banyak channel di YouTube yang mengulas dan mereview manga dari One Piece ini. Dan kebanyakan dari mereka ada yang mengambil dan mencomot gambar dari mangsanya secara langsung

Hal ini lah yang sering dilakukan oleh salah satu channel review manga terbesar di Indonesia saat itu, yang bernama Diskus OP.

Mereka sering mengambil gambar dari manga One Piece dan setelah beberapa waktu mendapatkan teguran dan strike copyright, hingga pada akhirnya channel ini tumbang tak bersisa. Setelah mengetahui kesalahan tersebut maka konten kreator nya membuat channel baru dengan nama DOP Nime.

Download E-Book Panduan Menghasilkan Uang dari AdSensen YouTube bagi Pemula DISINI

Baca juga : Contoh Kata Opening Video YouTube Keren


Kata Akhir


Menjadi seorang youtuber saat ini memang bukanlah hal yang mudah apalagi banyak sekali aturan ketat dari pihak YouTube yang mengharuskan kamu untuk mematuhinya. Jangan mudah menyerah dan tetap untuk berkarya dengan menghasilkan konten video yang menarik dan bebas dari hak cipta, tentunya

Semoga beberapa contoh dari teguran hak cipta yang dicontohkan kosngosan di atas bisa menjadi pengawas bagi kita untuk berhati-hati dalam berkonten di YouTube. Apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke sosial media milikmu untuk dibaca teman-temanmu yang lain
By