Contoh Kata Pengantar Tesis, Disertasi, Skripsi

Kata pengantar adalah bagian halaman pada sebuah karya tulis yang isinya berupa ucapan dari penyusun atas diselesaikannya penulisan karya tulis tersebut. Umumnya akan berisi kata ucapan terima kasih dan meminta kritik dan saran yang membangun.

Untuk lebih mengenal kata pengantar yang bisa Kamu jadikan bagian penulisan di skripsi Kamu, cobalah simak rangkaian referensi kata pengantar skripsi yang singkat dan jelas di bawah ini.

Komponen penting dalam Kata Pengantar Skripsi :

  • Dari bagian kata pengantar diatas ada beberapa unsur penting yang perlu Kamu perhatikan sebelum membuat sebuah kata pengantar yang singkat dan jelas. Komponen yang harus ada adalah :
  • Tuliskan Ungkapan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Tuliskan Tujuan atau maksud dibuatnya skripsi tersebut
  • Tuliskan ucapan syukur kepada beberapa pihak secara spesifik yang turut membantu atau berperan penting dalam upaya penyelesaian skripsi tersebut.
  • Tuliskan bagian penutup

Sesuai dengan contoh yang sudah mimin kosngosan berikan diatas, kata pengantar yang dibuat untuk skripsi dengan tesis atau disertasi dan yang lainnya jelas memiliki perbedaan. Jadi, Kamu perlu teliti dan cermat menentukan gaya penulisan Kamu. Penulisan Skripsi umumnya sifatnya lebih profesional dan tersusun rapi seperti contoh pertama dalam pembahasan kali ini.


Contoh Kata Pengantar


contoh kata pengantar skripsi, tesis, disertasi

Umumnya, ada banyak gaya penulisan dalam kata pengantar. Hal ini bisa dibedakan berdasarkan kesesuaian atau kebutuhan pembaca serta cara penulis mengemukakan rasa syukurnya. Secara garis besar, seperti inilah contoh kata pendahuluan atau pengantar yang baik dan benar untuk penulisan skripsi, tesis atau disertasi milikmu.

Berikut beberapa contoh kata pengantar yang mimin ambil dari beberapa referensi di internet, mungkin bisa kamu jadikan sebagai ide dalam penulisan kata pengatar pada tugas akhirmu.

Baca dulu : Sistematika Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi


Kata Pengantar Tesis


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, saya dapat menyelesaikan penelitian ini. Penelitian yang beijudul "Pengembangan Persamaan Dasar Tingkat Keadaan Sifat-Sifat Termoolinamika R-1234ze(E) Dan R-1233zd(E) dengan Optimasi Simultan" disusun sebagai sa1ah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Teknik pada Program Studi Teknik Mesin dari Institut Teknologi Bandung.

Saya menyadari bahwa tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak akan sulit bagi saya untuk menyelesaikan tugas akhir dari program magister ini. Oleh sebab itu, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya di antaranya:

1) Prayitno dan Dwi Agustina selaku orang tua yang telah memberikan motivasi dan doa.
2) Tyas Kusumawati, Galih Rumpoko, Muhroji, dan Arya Wisnu Kawindra yang telah memberikan motivasi, doa, dan hiburan selama pengeijaan studi ini.
3) Ir. I Made Astina, M.Eng., Ph.D. yang telahmembimbing danmemberikan motivasi selama penyusunan penelitian.
4) Seluruh staf pengajar Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung yang telah memberikan saran, nasihat, ilmu pengetahuan, dan pengalaman selama ini.
5) Sehu-uh staf tata usaha Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung yang telah membantu clalam proses aolministrasi.
6) Seluruh staf peipustakaan Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung yang telah membeii kemudahan cialam peminjaman buku yang menjadi literatur dalam studi ini.
7) Rekan-rekan mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung yang telah memberikan saran, nasihat, dan motivasi.
8) Rekan-rekan M-Jowo yang telah memberikan motivasi dan hiburan selama ini.

Sebagaimana pepatah "tak ada gading yang tak retak" saya sadar sepenuhnya dengan segala keterbatasan sumber daya yang dimiliki, penelitian ini masih memiliki kekurangan, namun hal itu tidak akan menghambat kelanjutan proses belaj ar untuk mendapatkan penga1aman yang berharga.

Oleh karena itu saran, masukan, dan dukungan secara konstruktif akan menjadi sumber yang sangat berharga dalam menyempurnakan penelitian ini. Walaupun demikian, saya berharap bahwa penelitian ini dapat bermanfaat bagi berbagai pihak.


Bandung, Juli 2021

Penulis


Kata Pengantar Disertasi


KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim
Maha Suci Allah yang telah mempertemukan penulis dengan orang-orang arif bijaksana yang mengajarkan lebih banyak hal-hal yang jauh lebih bernilai dari pada sekedar bimbingan dalam penelitian dan penulisan disertasi. Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia-Nya, sehingga penulis telah dapat menyelesaikan disertasi ini.

Penulis mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Prof. Hermawan Kresno Dipojono MSEE., Ph.D sebagai ketua tim pembimbing yang senantiasa sabar memberikan saran, bimbingan, dan nasehatnya selama penelitian berlangsung dan selama penulisan disertasi ini. Penulis juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas arahan, saran, kritik dan nasihat dari anggota tim pembimbing: Dr. Ir. Nugraha M.Eng dan Prof. Dr. Ir. Subagjo, yang selalu dengan sabar memberikan bimbingan dan ilmu-ilmunya.

Terima kasih yang tak terhingga penulis sampaikan kepada kedua orang tua penulis, ibunda Nur Latifah dan ayahanda Alip Sukirno yang senantiasa berdoa untuk penulis, adinda Estiningtyas Wulandari yang selalu menyemangati dan menjadi teman berbagi cerita, serta adik ipar Muhammad Farid.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada guru penulis, Abah KH. Nur Afifuddin dan Bapak Febdian Rusydi S.T., M.Sc., Ph.D atas semua nasehat yang telah diberikan kepada penulis hingga saat ini.
Penulis juga berterima kasih kepada:

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek DIKTI) untuk bantuan dana beasiswa BPPDN, yang merupakan bantuan dana utama penulis dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan Program Doktor Teknik Fisika di ITB, juga beasiswa program sandwich dari Japan Student Services Organization (JASSO) yang mana penulis dapat melakukan riset di Osaka University dan Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST), Jepang dan program beasiswa Linnaeus-Palme dari pemerintah Swedia untuk melakukan riset di University of Boras, Swedia.

Prof. Hideaki Kasai (Osaka University), Prof. Kim Bolton (University of Boras), Prof. Ryo Maezono (JAIST), Dr. M. Kemal Agusta, Dr. Adithya Gandaryus Saputro, Dr. Fadjar Fathurrahman dan Dr. Musa Alaydrus.

Prof. Supriadi Rustad, pimpinan dan segenap sivitas akademik Universitas Dian Nuswantoro atas semua dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada penulis untuk dapat menyelesaikan tugas belajar sebagai mahasiswa program studi doktor Teknik Fisika di ITB.

Seluruh staf dan karyawan di lingkungan Teknik Fisika dan Teknik Kimia, khususnya Ibu Tanti (TF) dan Bapak Setiawan (TK) atas semua bantuan selama penulis menjadi mahasiswa program studi doktor Teknik Fisika ITB.

Keluarga besar penulis, keluarga besar lab. Computational Material Design (CMD) ITB dan keluarga besar RRI Universitas Airlangga yang tidak dapat penulis sebut satu-persatu.

Tim Pembaca dan Tim Penguji atas kritik dan saran serta kesediaannya menjadi penguji pada ujian tertutup dan sidang terbuka disertasi ini.

Sahabat serta rekan penulis; Satriyaji Wibisono, Biantoro, Mas Nafi’, Mas Enggar Alfianto, Mas Setyo Eko, Uda Khairul Amri, Bapak Faozan Ahmad, (Almh) Mbak Retno Rahmawati, Vera Khoirunnisa, Mbak Lusia Silfia P dan mas Zaki yang selama ini senantiasa tidak bosan mendukung penulis.

Hanya dengan Rahmat Allah SWT, dzat Yang Maha pengasih, Maha penyayang, Maha mengetahui dan penguasa ilmu dunia akhirat, yang mampu membalas semua kebaikan mereka.

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamin

Bandung, 21 Maret 2021

Penulis


Kata Pengantar Skripsi


Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul "Pengembangan Website Informasi Sawit Pedia Dan Persepsi Pengguna Terhadap Desain Dan Kemudahan Penggunaannya" yang diajukan sebagai salah satu syarat untuk mendapat gelar Sarjana di Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau. Penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung atas kelarnya skripsi ini :

1. Erhan Harahap, sang tulang punggung keluarga. Walaupun dengan penyakit asam urat-nya masih gigih memperjuangkan kehidupan anaknya di perantauan. Semoga engkau diberi kesehatan wal afiat oleh Allah swt, tunggu sebentar lagi putera bungsumu ini bakal membahagiakanmu
2. Syam Anna Siregar, S.Sb, M.IRt, (Sarjana Serba bisa – Master Ibu Rumah tangga). Seorang wanita tangguh bin perkasa menyabet gelar kepahlawanan dalam membentuk karakter anak – anaknya. Tanpa gelar akademik sekalipun tetap menjadi suksesor sarjana bagi anak – anaknya. Izinkan aku membentuk senyum simpul manis di ujung bibirnya ketika sukses nanti
3. Abang Riswan Harahap, Ade Ikhwan Harahap, S.Pd, Kakak Ermila Zuliana Harahap, S.Pd, dan Rini Novi Harahap, S.Pd. Keempat saudara tersebut yang selalu support. Teruntuk buat ponakan – ponakan terhebatku, Kalian adalah ponakan terlucu yang pernah aku miliki. Terimakasih telah menyemangatiku!
4. Mister Dr. Ir. Fajar Restuhadi, M.Si sebagai pembimbing I dan Abang Debby Kurnia, SP, M.Si sebagai pembimbing II yang telah memberikan kontribusi berupa bimbingan, motivasi, kritik dan saran atas terselesaikannya skripsi ini.
5. Terimakasih kepada Dr. Ir. Syaiful Hadi, M.Si sebagai penguji I, Didi Muwardi, SE, Ak sebagai penguji II dan Ahmad Rifai, SP, MP sebagai penguji III yang banyak memberikan kritik dan saran berharganya demi terselesaikannya skripsi ini.
6. Prof. Dr. Ir. Usman Pato, MSc sebagai Dekan Fakultas Pertanian. Bapak Dr. Ir. Saiful Hadi, M.Si sebagai Ketua Jurusan Agribisnis dan Ibu Shorea Khaswarina, SP, MP sebagai ketua Program Studi Agribisnis
7. Seluruh Dosen Fakultas Pertanian Universitas Riau, yang tidak bisa disebutkan satu per satu disini. Terimakasih atas ilmunya!
8. Seluruh teman-teman seperjuangan Agribisnis angkatan 2012, terimakasih telah menemani, berjuang bersama duduk di bangku kuliah penuh kenangan.
9. Trims temen-teman kos Shopia yang menemani dari masih culun-culunnya hingga menjadi senior kosan, walau otaknya pada geser semua
10. Trims teman-teman KKN Desa Suka Mulya, atas pengalaman sebulan dua minggu penuh intrik kebahagiaan dan penderitaannya dan untuk semua yang sudah berkontribusi, berdoa, perhatian, kepoo, stalking dan menyayangi secara implisit maupun eksplisit. Untuk semuanya, terimakasih telah menyisihkan sebagian dari kehidupan berharga kalian buat seonggok daging seperti penulis

Pekanbaru, April 2021

Muhammad Reza Harahap


Kata Pengantar Bahasa Inggris


kata pengantar bahasa inggris

Contoh 2

kata pengantar bahasa inggris


Baca juga : Contoh Hipotesis Skripsi, Tesis, Disertasi


Kata Penutup


Kata pengantar merupakan bagian pembuka dari suatu karya tulis yang keberadaannya seringkali terabaikan atau dianggap remeh. Namun dengan penulisan yang tepat, ini akan bisa menarik perhatian para pembaca untuk mengikuti penelitian secara menyeluruh. Ibarat sinopsis dalam karya tulis non ilmiah, kata pengantar harus dibuat berdasarkan kaidah yang telah ditetapkan sebelumnya

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, Semoga kamu bisa menjadikan artikel kita kali ini sebagai pembelajaran dan bisa menciptakan skripsi, tesis atau disertasi yang berkualitas dan juga unggul dibidangnya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini dan sebarkan ke teman-temanmu yang lain
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads