Contoh Sistematika Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi

Apa yang dimaksud dengan sistematika penulisan pada karya tulis ilmiah? Seperti yang sering kita temui di dalam skripsi, tesis dan disertasi, Bab yang bernama "sistematika penulisan" merupakan suatu bagian yang menjelaskan tata urutan atau tata cara penulisan yang sistematis dalam suatu karya tulis ilmiah mulai dari bagian besar seperti Pendahuluan, Isi dan Penutup (yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa sub bab)

Sistematika penulisan dibuat sesuai dengan aturan baku yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga pendidikan (dalam hal ini adalah perguruan tinggi). Mungkin sebagian kecil dari sistematika penulisan yang ditulis pada mahasiswa di perguruan tinggi A, berbeda dengan perguruan tinggi B, namun secara garis besar memang terdapat persamaan yang mencolok.

Sistematika penulisan menjadi bagian dari penjabaran secara deskriptif mengenai hal apa saja yang akan ditulis secara garis besar. Untuk bagian awal, penulisan berfokus kepada penjelasan detail mengenai latar belakang dari karya tulis

Sementara untuk bagian isi menjadi salah satu bagian yang menjelaskan mengenai detail dari konten atau isi dari karya tulis, dan untuk bagian akhir adalah hasil kesimpulan atau pemaparan data pelengkap untuk kesempurnaan karya tulis ilmiah tersebut.

Daftar isi

Contoh Sistematika Penulisan


sistematika penulisan skripsi, tesis, disertasi

Secara garis besar, Sistematika Penulisan bisa dijelaskan seperti dibawah ini :

BAB I Pendahuluan yang terdiri dari beberapa sub bab, yaitu :

  • Latar Belakang Permasalahan (yaitu fenomena permasalahan yang diteliti atau sesuatu yang menjadi landasan dan alasan utama si peneliti dalam melakukan penelitian
  • Rumusan Masalah (yaitu bagian identifikasi dari latar belakang permasalahaan yang sudah dijelaskan sebelumya)
  • Tujuan Penulisan (merupakan uraian tujuan yang ingin dicapai peneliti sehingga membuat karya tulisnya benar benar bermanfaat)


BAB II Pembahasan atau Isi

  • Landasan Pustaka/Teoritis (yaitu sekumpulan teori yang digunakan dalam penelitian untuk mendukung pengembangan langkah dan metode penelitian sehingga menghasilkan kesimpulan yang ilmiah dan mendasar)
  • Analisis Permalasahan (berisikan penjelasan data, fakta dan informasi yang dianalisis dengan teori yang sudah ada)


BAB III Penutup atau Bagian Akhir

  • Kesimpulan (merupakan jawaban permasalahan penelitian atau suatu gambaran akhir yang didapatkan setelah melakukan analisis menyeluruh)
  • Saran dan Kritik (merupakan hal yang ingin diperbaiki dari suatu penelitian dan biasanya diharapkan untuk diperbaiki pada penelitian selanjutnya)

Baca juga : Contoh Konsep Operasional Penelitian


Contoh Sistematika Penulisan Skripsi


1.5. Sistematika Penulisan

Penelitian, skripsi yang akan dilaksanakan oleh penulis direncanakan memiliki beberapa pokok bab bahasan yang akan mengatur jalannya kelancaran proses penelitian tersebut. Bab bahasan dalam skripsi ini memiliki 7 pokok bab bahasan yang akan digunakan sebagai acuan dalam menyelesaikan penelitian/ skripsi ini. Pokok bab bahasan tersebut adalah :

Bab I : Pendahuluan

Unsur-unsur pokok yang termuat dalam bab pertama ini adalah tentang latar belakang penulisan, rumusan masalah penelitian, manfaat dan tujuan diadakannya penelitian tersebut dan urut-urutan dalam sitemetika penulisan penelitian.

Bab II : Tinjauan Umum Subjek Penelitian

Bab ini merupakan uraian/deskripsi/gambaran umum atas subjek penelitian yang akan diteliti. Dilakukan dengan merujuk kepada data ataupun fakta yang bersifat umum sebagai wacana umum variabelvariabel yang berkaitan dengan penelitian.

Bab III : Kajian Pustaka

Bab ini berisi tentang pendokumentasian dan pengkajian hasil dari penelitian sebelumnya pada area yang sama. Dari proses ini akan ditemukan hubungan, kelebihan dan kelemahan antar penelitian sehingga menunjukan penting dan bermanfaatnya penelitian ini bagi ilmu pengetahuan.

Bab IV : Landasan Teori dan Hipotesis

Bab ini ada dua bagian penting yang pertama adalah mengenai landasan teori yang harus memberikan diskusi yang lengkap tentang hubungan antarvariabel dalam penelitian yang saling terlibat.

Bagian kedua adalah formulasi hipotesis sehingga dengan diformalkannya hipotesis maka ia akan siap untuk
diuji.

Bab V : Metode Penelitian

Bab ini menguraikan tentang metode analisis yang digunakan dalam penelitian dan data-data yang digunakan beserta sumber data.

Bab VI : Analisis dan Pembahasan

Bab ini menguraiakan tentang semua temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian dan analisis
statistik.

Bab VII : Simpulan dan Implikasi

Bab ini berisi dua hal yang pertama adalah tentang simpulan yaitu akan menguraikan simpulan yang langsung diturunkan dari seksi diskusi dan analisis yang dilakukan dalam bagian sebelumnya, juga sudah dapat digunakan dalam menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah.

Hal yang kedua tentang implikasi yaitu sebagai hasil dari simpulan sebagai jawaban atas rumusan masalah haruslah dapat ditarik benang merah apa implikasi teoritis penelitian ini. Diharapkan dengan ketujuh proses pokok bab pembahasan tersebut kelancaran dan keberhasilan dari penelitian skripsi dapat terlaksana

(Diambil dari skripsi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Alokasi KUK Pada Bank-Bank Umum di Indonesia (Pada tahun 2004:02-2005:12) Oleh Condro Wahyu Sujati)

Baca juga : Contoh Batasan Masalah Penelitian


Sistematika Penulisan Tesis


1.4 Sistematika Penulisan

Bab I : Pendahuluan

Unsur-unsur yang yang dimuat dalam bab ini yaitu: latar belakang masalah, rumusan masalah, manfaat dan tujuaan penelitian dan sistematika penulisan tesis

Bab II : Telaah Pustaka

Bab ini berisi mengenai teori yang digunakan untuk mendekati permasalahan yang akan diteliti. Kemudian berisi pen-dokumentasi-an dan pengajian hasil dari penelitian yang sudah dilakukan pada ruang lingkup yang sama. Dari usaha ini akan ditemukan kelemahan pada penelitian yang lalu, sehingga dapat dijelaskan dimana letak hubungan dan perbedaan.

Bab III : Metode Penelitian

Bab ini berisi tentang metode analisis yang digunakan dalam penelitian dan data-data yang digunakan beserta sumber data.

Bab IV : Hasil dan Analisis

Bab ini merupakan uraian, deskripsi atau gambaran secara umum atas subjek penelitian pada tesis. Deskripsi dilakukan dengan merujuk pada fakta yang bersumber pada data yang bersifat umum sebagai wancana pemahaman secara makro yang berkaitan dengan penelitian. Kemudian berisi semua temuan yang dihasilkan dalam penelitian dalam tesis.

Bab V : Penutup

Bab ini berisi tentang jawaban dari pertanyaanpada rumusan masalah dan dari sini dapat ditarik benang merah apa implikasi teoritis penelitian ini beserta keterbatasan dari penelitian dalam tesis ini


Sistematika Penulisan Disertasi


sistematika penulisan disertasi

Sistematika penulisan Disertasi terdiri atas tiga bagian, yaitu: bagian awal, bagian utama dan bagian akhir.

A. Bagian Awal

Bagian awal Disertasi terdiri atas :
1. Halaman sampul depan
2. Halaman sampul dalam
3. Halaman prasyarat gelar
4. Halaman persetujuan
5. Halaman penetapan panitia penguji
6. Halaman pernyataan orisinalitas (bermeterai)
7. Halaman ucapan terima kasih
8. Halaman ringkasan
9. Halaman summary
10. Halaman abstrak
11. Halaman abstract
12. Halaman daftar isi
13. Halaman daftar tabel
14. Halaman daftar gambar
15. Halaman daftar lampiran
16. Daftar singkatan dan arti lambang

B. Bagian Utama

Bagian utama terdiri atas :
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian
1.2 Rumusan Permasalahan
1.3 Tujuan
1.3.1 Tujuan Umum
1.3.2 Tujuan Khusus 1.4 Manfaat Penelitian
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS
BAB 4 MATERI DAN METODE
BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN
BAB 6 PEMBAHASAN
BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN
7.1 Kesimpulan
7.2 Saran

C. Bagian Akhir

Bagian akhir terdiri atas :
1. Daftar Pustaka
2. Lampiran

5.1 Bagian Awal
Secara berurutan bagian awal terdiri dari 15 komponen tersebut di bawah ini :

5.1.1 Halaman Sampul Depan
Halaman ini menggunakan kertas Buffalo atau Linnen warna biru. Pada sampul depan memuat tulisan-tulisan yang dicetak dengan tinta hitam dan semua dengan huruf kapital. Tulisan-tulisan tersebut dari atas ke bawah berturut-turut sebagai berikut:

a. Disertasi, ditulis di sebelah kiri atas dengan huruf kapital.
b. Judul Disertasi, ditulis dengan huruf kapital Times New Roman 16, satu spasi dan tanpa tanda baca. Bila judul Disertasi lebih dari satu baris disusun menurut bentuk kerucut terbalik, letaknya simetris dari tepi kanan dan kiri. Judul Disertasi dibuat singkat, padat dan informatif, serta tidak membawa peluang penafsiran ganda. Jenis penelitian ditulis dibawah judul dengan ukuran 12 dengan jarak 1,5 spasi dari judul.
c. Lambang Universitas dicetak dengan warna biru pada bagian dalam (gambar garuda muka) dan warna kuning pada bagian luar yang melingkarinya dengan diameter 7 cm. Lambang tersebut diletakkan antara jenis penelitian dan nama mahasiswa.
d. Nama mahasiswa yang mengajukan Disertasi ditulis lengkap tanpa gelar (tidak boleh memakai singkatan), letaknya simetris dari tepi kiri dan kanan, dilengkapi dengan garis di bawah nama. Nomor induk mahasiswa ditulis di bawah garis namanya.
e. Nama Program Studi ditulis pada baris pertama, Sekolah Pascasarjana pada baris kedua, Universitas  pada baris ketiga dan Surabaya pada baris keempat
f. Tahun pembuatan usulan penelitian ditempatkan di bawah kata Kota tempat kampus berada, dicetak 5 cm dari tepi bawah dan terletak simetris dari tepi kiri dan kanan.

5.1.2 Halaman Sampul Dalam
Halaman ini berisi materi yang sama dengan halaman sampul depan, tetapi menggunakan kertas putih dengan ukuran dan berat sesuai dengan ketentuan diatas

5.1.3 Halaman Prasyarat Gelar
Halaman ini memuat judul Disertasi, maksud penulisan Disertasi, nama dan nomor induk mahasiswa dan program studi yang diikuti.
Setelah menulis judul Disertasi dan jenis penelitian maka di bagian tengah halaman ditulis : "Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Doktor Dalam Program Studi ………… pada Sekolah Pascasarjana Universitas...."

5.1.4 Halaman Persetujuan
Halaman ini merupakan lembar pengesahan dari Disertasi tersebut yang memuat tanggal, bulan dan tahun disetujuinya Disertasi dan tandatangan dari Promotor dan Ko-promotor

5.1.5 Halaman Penetapan Panitia Penguji Disertasi
Halaman ini diawali dengan keterangan tanggal, bulan, dan tahun pelaksanaan ujian. Setelah itu memuat nama ketua dan anggota penguji Disertasi yang ditulis lengkap dengan gelarnya

5.1.6 Halaman Pernyataan Orisinalitas
Halaman ini merupakan pernyataan originalitas naskah Disertasi yang ditulis mahasiswa. Pada halaman ini tertulis PERNYATAAN ORISINALITAS DISERTASI yang ditulis dengan huruf kapital di bagian tengah atas halaman, diikuti dengan Yang bertanda tangan dibawah ini : Nama, NIM, Program Studi, Judul Disertasi, kemudian diikuti Menyatakan dengan sebenarnya bahwa :

1. Disertasi saya ini adalah asli (hasil karya sendiri) bukan merupakan hasil peniruan etau penjiplakan (plagiarism) dari karya orang lain.
2. Disertasi ini belum pemah diajukan untuk mendapatkan gelar akademik.
3. Disertasi ini tidak mengandung opini yang sudah ditulis atau dipublikasikan orang lain, kecuali dengan tertulis dan jelas dicantumkan sebagai acuan dan disebutkan nama pengarang dan dituliskan didalam daftar pustaka.

Demikian, pemyataan ini dibuat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, apabila pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan norma dan peraturan yang berlaku di Universitas

Selanjutnya ditulis Surabaya, bulan dan tahun di sebelah kanan bawah dengan nama penulis di bawahnya dengan dilengkapi nomor induk mahasiswa. Halaman ini harus diberi materai sebelum ditandatangani oleh penulis

5.1.7 Halaman Ucapan Terima Kasih
Bagian Ucapan Terima Kasih ditulis pada halaman baru, menggunakan huruf kapital, tanpa garis bawah dan titik, ditaruh pada bagian tengah halaman pada baris paling atas. Jarak antara judul dengan konteks isi yaitu 3 spasi. Isi Ucapan Terima Kasih dalam penulisan disertasi yaitu :

a. Ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya disertasi dengan menuliskan judulnya.
b. Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung yang ditulis secara lengkap. Jika nama maka tidak boleh nama panggilan.
c. Harapan penulis atau hasil penelitiannya yang terwujud dalam Disertasi.
d. Sebelah kanan bawah ditulis : Kota, bulan serta tahun dibuat satu baris, di bawahnya ada kata Penulis, disebelah kanan 4 spasi di bawah baris terakhir

5.1.8 Halaman Ringkasan
Ringkasan ditulis pada halaman baru, diketik dengan huruf kapital dan dicetak tebal, tanpa garis bawah dan titik, diletakkan di tengah halaman pada baris paling atas.

Judul Disertasi ditulis di bawah kata “RINGKASAN” dengan jarak 3 spasi dan diletakkan di tengah halaman baris paling atas, disusun membentuk kerucut terbalik dan ditulis dengan huruf pertama setiap kata di dalam judul dalam huruf kapital, kecuali kata depan dan kata penghubung, dengan jarak satu spasi, serta dicetak tebal (bold).

Ringkasan adalah rangkuman dari penelitian yang mencakup semua bab dalam satu Disertasi dengan lengkap, tetapi singkat dan jelas. Ringkasan ini meliputi latar belakang, tujuan penelitian, materi dan metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan yang perlu ditonjolkan, serta kesimpulan dan saran. Disarankan penulisan ringkasan ini tidak lebih dari dua halaman dan diketik dengan jarak satu spasi

5.1.9 Halaman Summary
Halaman ini memuat ringkasan yang ditulis dalam bahasa Inggris. Tata cara penulisan sama dengan “Ringkasan”

5.1.10 Halaman Abstrak
Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, satu alinea dengan jarak satu spasi yang berisi tujuan, metodologi dan hasil penelitian dalam satu alinea, disertai kata kunci (Key words) di akhir halaman abstrak. Jumlah kata dalam abstrak paling sedikit 200 dan paling banyak 250 kata.

Jumlah kata kunci maksimum 5 kata. Judul diletakkan di tengah halaman baris paling atas, disusun membentuk kerucut terbalik dan ditulis dengan huruf kapital, dengan jarak satu spasi. Nama penulis diletakkan di tengah-tengah secara simetris dengan jarak tiga spasi dari judul. Kata ABSTRAK ditulis dengan huruf kapital, diletakkan di tengah halaman secara simetris di bawah nama penulis dengan jarak tiga spasi. Kemudian tiga spasi di bawahnya diletakkan konteks dari abstrak dalam satu alinea

5.1.11 Halaman Abstract
Halaman ini memuat abstract yang ditulis dalam bahasa Inggris. Tata cara penulisan sama dengan “Abstrak”

5.1.12 Halaman Daftar Isi
Judul ditulis pada halaman baru menggunakan huruf kapital tanpa titik. Ditaruh pada tengah halaman pada baris paling atas. Bagian ini disusun secara teratur menurut nomor halamannya yang memuat halaman sampul dalam, prasyarat gelar, persetujuan, penetapan panitia ujian, ucapan terimakasih, ringkasan, summary, abstract, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, daftar singkatan dan judul dari bab , sub bab dan anak sub bab, serta daftar pustaka dan lampiran. Keterangan yang mendahului daftar isi tidak perlu dimuat dalam daftar isi. Penulisan sub bab dalam daftar isi maksimal sampai pada 5 ketukan terakhir dan tidak boleh memotong kata.

Perkataan "Halaman" diketik di pinggir kanan, dua spasi di bawah daftar isi. Susunan daftar isi diletakkan dua spasi di bawahnya. Bila daftar isi memerlukan lebih dari satu halaman maka diteruskan pada halaman berikutnya. Jarak antar bab 2 spasi, dan antar bagian anak bab 1 spasi. Penulisan judul sub bab yang lebih 1 baris ditulis dengan jarak 1 spasi.

Judul dari tiap bab diketik dengan huruf kapital. Huruf pertama setiap kata di dalam judul sub bab diketik dengan huruf kapital, kecuali kata depan dan kata penghubung (Title case) . Judul pada anak sub bab hanya pada huruf pertama kata pertama saja yang menggunakan huruf besar selanjutnya menggunakan huruf pertama setiap kata pada menggunakan huruf kecil (sentence case). Pola penulisan dalam daftar isi harus sesuai dengan penulisan di dalam teks

5.1.13 Halaman Daftar Tabel
Daftar tabel diketik seperti mengetik daftar isi. Daftar tabel dibuat pada halaman baru dan diketik dengan huruf kapital. Nomor tabel menggunakan angka Arab. Dua spasi di bawah judul daftar tabel, di pinggir kiri tepat batas diketik perkataan “Tabel”, sedangkan perkataan “Halaman” diletakkan di sebelah kanan dan keduanya berada dalam satu baris.

Judul tabel dalam daftar tabel harus sama dengan judul tabel dalam naskah. Akhir dari setiap judul tabel dihubungkan titik-titik dengan nomor halaman tabel tersebut dalam naskah Disertasi. Judul yang memerlukan lebih dari 1 baris diketik 1 spasi dan dimulai di bawah huruf kelima kata pertama baris kalimat di atasnya dan tidak boleh memotong kata. Jarak antara 2 judul tabel adalah 2 spasi

5.1.14 Halaman Daftar Gambar
Daftar ini diketik pada halaman baru seperti daftar tabel. Tidak dibedakan antara grafik, peta dan foto. Semua diberikan nomor urut angka

5.1.15 Halaman Daftar Lampiran
Daftar lampiran diketik pada halaman baru dan disusun seperti daftar tabel

5.1.16 Halaman Daftar Simbol, Singkatan dan Definisi
Pada Disertasi seringkali terdapat simbol, singkatan dan yang hanya digunakan dalam lingkungan yang terbatas. Oleh karena itu perlu diberikan penjelasan arti simbol, singkatan dan definisi tersebut agar hasil penelitian dapat dikomunikasikan dalam lingkup yang lebih luas dan tidak memberikan bias pengertian. Halaman daftar simbol dan singkatan memuat simbol/besaran dan singkatan istilah/satuan. Cara pengetikannya sebagai berikut:

- Pada lajur/kolom pertama memuat singkatan,
- Pada lajur/kolom kedua memuat keterangan singkatan yang disajukan pada lajur pertama,
- Penulisan singkatan disusun berdasarkan abjad latin dengan huruf besar diikuti dengan huruf kecil
- Bila simbol ditulis dengan huruf yunani, penulisannya juga berdasarkan abjad yunani
- Keterangan pada lajur kedua diketik dengan huruf kecil kecuali huruf pertama diketik dengan huruf besar.

5.2 Bagian Utama
Secara berurutan bagian utama terdiri dari 6 komponen tersebut di bawah ini:

5.2.1 Pendahuluan
Bab pendahuluan merupakan bagian pertama dalam naskah Disertasi, tulisan BAB 1 PENDAHULUAN mengawali bagian ini. Bagian ini memberikan gambaran singkat kepada sobat kosngosan tentang latar belakang penelitian yang berkaitan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti terdahulu. Bagian ini memuat secara singkat tentang perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini bagi ilmu pengetahuan juga bagi pembangunan negara dan bangsa.

1.1 Latar Belakang Penelitian
Latar belakang penelitian berisi pernyataan masalah, skala masalah, kronologi masalah dan solusi masalah. Penjelasan secara umum tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang menjadi obyek penelitian sesuai dengan alur penelitian, mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan, terdapat objek penelitian, variabel eksogen dan endogen, mengandung keterangan penguat (tujuan/manfaat/dan lain-lain).

1.2 Rumusan Permasalahan
Rumusan permasalahan ini memuat masalah-masalah yang akan diteliti secara jelas dan disusun dalam bentuk kalimat tanya. Pernyataan masalah sesuai dengan judul. Ada penjelasan kenapa masalah belum teratasi.

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian harus menyebutkan secara spesifik tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian. Pada bagian ini dikemukakan tujuan umum dan tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian. Tujuan umum adalah tujuan dalam disertasi secara keseluruhan yang ingin dicapai melalui penelitian.

Tujuan khusus adalah penjabaran tujuan umum, sifatnya lebih operasional dan spesifik. Jika semua tujuan khusus tercapai, maka tujuan umum juga terpenuhi. Dalam beberapa hal, seharusnya tujuan penelitian juga tersirat di dalam judul penelitian. Jika dalam rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, jumlah pertanyaan tidak harus selalu sama dengan tujuan penelitian.

1.4 Manfaat Hasil Penelitian
Pada bagian ini dikemukakan secara jelas manfaat yang diharapkan dari penelitian ini, baik bagi ilmu pengetahuan maupun pembangunan negara dan bangsa. Disebutkan pula sasaran spesifik yang akan memanfaatkan hasil penelitian ini seperti manfaat teoritis, produktif dan praktis. Manfaat penelitian relevan dengan tujuan penelitian. Bagian ini pada hakekatnya menyatakan keterkaitan antara hasil penelitian yang dirumuskan dalam tujuan penelitian dengan masalah kesenjangan yang lebih luas atau dunia nyata yang rumit dan kompleks.

5.2.2 Tinjauan Pustaka atau Kerangka Dasar Teoritik
Bab ini harus diawali dengan judul BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA yang ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan di tengah halaman pada baris paling atas. Tinjauan pustaka ini disusun berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan yang menunjang atau yang ada hubungan dengan penelitian. Tinjauan pustaka mencakup semua teori dan variabel yang diteliti.

Tinjauan pustaka dapat dianggap sebagai suatu kesimpulan kutipan yang diulas dan ditujukan untuk menjelaskan perhatian terhadap suatu masalah. Di dalamnya dikemukakan hal-hal yang sejalan atau berlawanan dengan pendapat yang dipakai untuk memecahkan masalah dalam penelitian. Substansi kutipan pustaka relevan dengan penelitian. Tidak ada kutipan dari buku saku/petunjuk praktis.

Tidak ada kutipan dari internet yang bukan jurnal. Semua kutipan sesuai dengan daftar pustaka. Seluruh sumber yang dipakai wajib disebutkan dengan mencantumkan nama penulis dan tahun penerbitan, yang tertulis dalam daftar pustaka. Tata cara penulisan kepustakaan wajib sesuai dengan ketentuan pada panduan yang digunakan. Seyogyanya pustaka yang digunakan adalah yang terbaru tidak melebihi dari 10 tahun, relevan dan asli, misalnya dari jurnal.

5.2.3 Kerangka Konseptual dan Hipotesis
Bab ini harus diawali dengan judul BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS yang ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan di tengah halaman pada baris paling atas. Bab ini menjelaskan mengenai :

3.1 Kerangka Konseptual
Kerangka konseptual merupakan bagan hasil rangkuman teori-teori yang mendasari penelitian dalam rangka memecahkan masalah penelitian yang disertai dengan narasi.

3.2 Hipotesis
Hipotesis merupakan proporsi keilmuan yang dilandasi oleh kerangka konseptual penelitian dengan penalaran deduksi. Hipotesis merupakan jawaban sementara secara teoritis terhadap permasalahan yang dihadapi, yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan fakta empiris. Hipotesis disusun dalam bentuk kalimat pernyataan.

Jika penelitian Disertasi yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitastif maka tidak perlu dimunculkan hipotesis, namun perlu memunculkan proposisi.

5.2.4 Materi dan Metode
Bab ini harus diawali dengan judul BAB 4 MATERI DAN METODE yang ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan di tengah halaman pada baris paling atas. Bab ini menguraikan secara terinci mengenai :

4.1 Jenis dan Rancangan Penelitian
Jenis penelitian dan rancangan penelitian yang digunakan diuraikan secara terinci sesuai dengan tujuan penelitian.

4.2 Populasi, Besar Sampel dan Teknik Pengambilan Sampel
Pada bagian ini harus dikemukakan dengan jelas populasi sampel, besar sampel dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian.

4.3 Variabel Penelitian
Pada bagian ini dijelaskan variabel eksogen, variabel endogen, variabel kendali dan definisi operasional yang dimaksud dalam penelitian.

4.4 Bahan Penelitian
Bagian ini berisi uraian mengenai macam, spesifikasi bahan penelitian yang digunakan. Bahan adalah segala sesuatu yang dikenai perlakuan ataau yang dipakai untuk perlakuan.

4.5 Instrumen Penelitian
Bagian ini berisi uraian tentang macam spesifikasi instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data. Disertai uraian mengenai reliabilitas dan validitas, juga pembenaran dan alasan menggunakan instrumen.

4.6 Lokasi dan Waktu Penelitian
Lokasi penelitian dilakukan harus dijelaskan secara rinci (di mana penelitian tersebut dilakukan, di kecamatan dan kabupaten apa bila di lapangan). Waktu penelitian juga harus disebutkan (tanggal, bulan dan tahun dimulai sampai dengan berakhirnya penelitian).

4.7 Prosedur Pengambilan dan Pengumpulan Data
Bagian ini yang menguraikan secara terinci bagaimana cara melaksanakan penelitian itu sesuai dengan kriteria pengamatan yang diinginkan dan cara pengumpulan data.

4.8 Bagan Kerangka Operasional
Bagan Kerangka Operasional merupakan bagan atau skema yang menerangkan urutan prosedur penelitian yang dilakukan mulai dari awal sampai dengan pengumpulan data.

4.9 Analisis Data
Hal ini menguraikan mengenai pengolahan data dan model analisis statistik yang digunakan dan taraf signifikasinya.

5.2.5 Analisis Hasil Penelitian
Bab ini harus diawali dengan judul BAB 5 ANALISIS HASIL PENELITIAN yang ditulis menggunakan kapital dan diletakkan pada tengah halaman di baris teratas.

Bab hasil penelitian bertujuan untuk mengemukakan hasil penelitian. Di dalam bab ini harus disajikan secara ringkas data yang sudah diolah misalnya dalam bentuk tabel atau gambar.

Hasil yang ditulis adalah hasil observasi dan pengamatan yang diolah secara deskriptif/statistik berdasarkan jenis penelitiannya (bukan data kasar atau mentah). Apabila dinilai perlu mencantumkan data kasar, maka seharusnya ditempatkan dalam lampiran.

Uraian hasil penelitian bukan merupakan uraian yang bersifat membahas ataupun memberikan alasan dari hasil tersebut, melainkan merupakan penyampaian deskriptif dari apa yang tercantum pada tabel atau gambar. Tabel/gambar harus memiliki judul yang jelas serta menggambarkan perlakuan penelitian disertai penjelasan dan tanda khusus yang digunakan dalam gambar.

5.2.6 Pembahasan
Bab ini harus diawali dengan judul BAB 6 PEMBAHASAN yang ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan di tengah halaman pada baris paling atas. Bab ini memuat bahasan tentang hasil penelitian yang dikaitkan dengan acuan kepustakaan yang ada hubungan dengan hasil penelitian. Tidak dibolehkan membuat ulasan kepustakaan yang tidak relavan dengan hasil penelitian.

Sebelum memutuskan hal-hal yang perlu dimasukkan dalam pembahasan, hendaknya dibaca dahulu dengan cermat hipotesis penelitiannya. Sebab dasar pembahasan adalah hipotesis yang sedang diuji. Bila terdapat beberapa pengamatan atau beberapa hipotesis sebaiknya dibahas secara berurutan.

Pembahasan diawali berdasarkan atas semua hasil penelitian, baik yang mendukung atau yang menolak hipotesis. Pembahasan yang lengkap dapat disusun secara logis dan biasanya merupakan bagian Disertasi yang paling banyak mengandung informasi. Pembahasan minimal harus mencakup yaitu :

(1) penalaran hasil penelitian secara teoritis, empiris dan non empiris, sehingga bisa menjawab dan menjelaskan rumusan masalah yang diajukan
(2) gabungan temuan penelitian dengan hasil penelitian sebelumnya dan konsekuensi dan pengembangannya dimasa akan datang
(3) pemahamnan mengenai keterbatasan penelitian yang dilakukan sehingga bisa memberikan saran bagi penelitian selanjutnya

Sebaiknya Disertasi mengandung paling sedikit 60 % hasil dan pembahasan dari bagian utama Disertasi, sedang sisanya untuk bab yang lainnya. Sebagian besar daftar pustaka yang sifatnya menunjang dasar dan tujuan penelitian tersebut sangat diperlukan dalam jumlah yang cukup serta akan banyak muncul dalam bab pembahasan.

5.2.7 Kesimpulan dan Saran
Bab ini harus diawali dengan judul BAB 7 KESIMPULAN DAN SARAN yang ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan di tengah halaman pada baris paling atas.

Kesimpulan adalah suatu bagian dari simpulan pembahasan minimal terdiri atas :

(1) jawaban terhadap rumusan masalah serta tujuan penelitian
(2) hal baru yang ditemukan dan prospek temuan
(3) pemaknaan teoritis dari hal baru yang ditemukan

Saran merupakan implikasi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan penggunaan praktis. Minimal memberi saran bagi penelitian selanjutnya, sebagai hasil pemikiran penelitian atas keterbatasan penelitian yang dilakukan sekarang

5.3 Bagian Akhir
Secara berurutan bagian akhir terdiri dari 2 komponen tersebut di bawah ini :

1. Daftar Pustaka
Judul dan Teks "DAFTAR PUSTAKA" diketik menggunakan huruf kapital, tanpa garis bawah dan titik, secara simetris pada baris pertama. Judul ini tidak perlu didahului dengan perkataan bab.

Penulisan bagian ini memperhatikan kecermatan, kemudahan bagi sobat kosngosan dan bagi mereka yang akan menelusuri pustaka tersebut. Terdapat banyak sistem penulisan daftar pustaka. Akan tetapi yang banyak digunakan yaitu 2 sistem penulisan daftar pustaka, sistem nama dan tahun juga sistem nomor.  Pedoman penulisan Disertasi di Sekolah Pascasarjana Universitas hanya menganut sistem nama dan tahun.

Penulisan daftar pustaka dimulai tiga spasi di bawah judul DAFTAR PUSTAKA dimulai dari tepi kiri diketik pustaka yang dipakai dalam teks. Jarak baris dalam satu pustaka diketik 1 spasi dan antara baris terakhir dengan pustaka selanjutnya diketik 2 spasi. Baris kedua dan seterusnya dari setiap pustaka dimulai di bawah huruf keenam baris pertama.

Daftar pustaka harus memuat semua pustaka yang dikutip penulis, terkecuali bahan-bahan yang tidak diterbitkan dan tidak dapat diperoleh pada perpustakaan. Bahan-bahan tersebut seperti brosur, manual alat, dan lain-lain, harus dijelaskan pada catatan kaki dalam teks dan tidak dicantumkan dalam daftar pustaka. , disertasi yang tidak dipublikasikan adalah pengecualilan, karena biasanya dapat dibaca di Perpustakaan. Ini harus dicantumkan dalam daftar pustaka dan bukan pada catatan kaki

2. Lampiran
Lampiran merupakan bagian yang memuat keterangan atau data tambahan. Di dalamnya dapat dihimpun cara penelitian, data mentah hasil penelitian, contoh penghitungan statistik dan sesuatu yang dianggap dapat melengkapi penulisan disertasi

Baca juga : Contoh Hipotesis Karya Tulis Ilmiah


Kata Akhir


Sistematika penulisan dalam karya tulis ilmiah baik itu di dalam skripsi, tesis atau disertasi merupakan salah satu bagian yang cukup penting karena akan menjadi pedoman utama dalam menyusun karya tulis sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Jadi jangan menyepelekan bagian ini dan buatlah sesuai dengan apa yang yang menjadi standar penulisan

Dan semoga materi dari kosngosan di atas mengenai tips dan contoh sistematika penulisan dalam berbagai karya tulis ilmiah bisa menjadi referensi buat kalian para mahasiswa akhir yang saat ini sedang menyusun skripsi, tesis atau disertasi. Semoga cepat selesai, dan jangan lupa share artikel ini juga ke teman teman kalian ya
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads